Seperti yang sudah kalian ketahui, musim gugur ialah salah satu musim paling indah. Bahkan seorang filsuf Perancis, Albert Camus mengungkapkan:

“Autumn is a second spring when every leaf is a flower”

yang artinya “Musim gugur ialah musim semi kedua dimana setiap lembar daun menjadi bunga”

Aku sendiri sepakat dengan ungkapan ini, sejak pertama kali mengalami musim gugur di Jepang aku sudah jatuh cinta pada musim ini. Mengunjungi tempat wisata di musim gugur pasti akan memberikan pemandangan yang jauh berbeda dengan musim-musim lainnya.


Jika kalian berniat melakukan wisata musim gugur di Okayama Prefektur maka beberapa tempat ini wajib kalian datangi:

 

Miyama Park di Tamano

Tempat wisata musim gugur ini terletak di kota Tamano, yang bisa kalian akses dengan menggunakan bus. Waktu tempuh perjalanannya ialah 50 menit dan biayanya ¥650 untuk satu perjalanan (bolak-balik ¥1300).

Miyama Park memiliki area yang sangat luas, terdiri dari tiga tempat rekreasi utama. Area pertama ialah arena bermain anak. Di lokasi ini terdapat tanaman ginkobiloba dan momiji yang daunnya berwarna kuning, orange dan merah di musim gugur.

Miyama Park di Tamano
Miyama Park di Tamano

Area berikutnya ialah danau yang berisi ratusan bebek. Danau ini menjadi tempat rekreasi memberi makan bebek.

Bebek di Miyama Park
Bebek di Miyama Park

Area terakhir ialah berupa jalan setapak memasuki hutan bagian dalam yang rimbun dan dihiasi dengan pohon-pohon momiji. Tempat ini sangat populer sebagai area trekking bagi para orang tua sebagai olah raga menjaga kesehatan mereka.

 

 

Sekolah Shizutani di Bizen

Tempat wisata musim gugur ini terletak di kota Bizen, yang bisa kalian akses dengan menggunakan kereta dari Stasiun Okayama ke Stasiun Yoshinaga kemudian melanjutkan perjalnaan berjalan kaki selama 45menit (lumayan jauh) atau bisa menggunakan taxi.

Sekolah Shizutani ini sangat terkenal di seluruh Jepang sebagai salah satu sekolah tertua yang didirikan pada awal periode edo. Salah satu alasan kenapa tempat ini menjadi tempat wisata musim gugur yang indah ialah adanya dua pohon Pistache Cina yang daunnya berwarna orange dan merah ketika musim gugur. Alasan lainnya yang membuat tempat ini terkenal ialah adanya kuburan dari Confucious seorang filsuf terkenal dari China.

Sekolah Shizutani
Sekolah Shizutani

 

Kampus Universitas Okayama

Tempat wisata musim gugur ini merupakan lembaga pendidikan perguruan tinggi di Okayama yang dapat diakses dengan menggunakan bus dan kereta. Dari Stasiun Okayama bisa menggunakan bus ke Okadai (Okayama University) atau menggunakan kereta ke Hokain (kemudian berjalan 15menit).

Universitas Okayama memiliki tiga spot untuk menikmati musim gugur. Spot Pertama berada tepat di depan jalan masuk kampus, ada deretan pohon ginkobiloba yang indah.

Spot berikutnya ialah di bagian Fakultas Pertanian (Departement of Agriculture) dimana juga terdapat deretan pohon ginkobiloba yang sangat lebat dan berwarna kuning cerah indah pada saat musim gugur.

Department Agriculture Universitas Okayama
Department Agriculture Universitas Okayama

Spot terakhir terletak tepat di depan perpustakaan Universitas Okayama. Di kanan, kiri dan bagian depan dari gedung perpustakaan terdapat pohon Pistache China yang daunnya berwarna merah terang (crimson red) ketika musim gugur. Selain itu di jalan menuju ke perpustakaan juga terdapat pohon-pohon mapple yang daunnya berwarna orange dan merah ketika musim gugur. Banyak orang yang datang ke tempat wisata musim gugur ini untuk melukis dan menikmati keindahannya.

 

Tsuyama Castle di Tsuyama

Tempat wisata musim gugur ini terletak di Kota Tsuyama yang bisa kalian akses dengan menggunakan kereta dari stasiun Okayama ke stasiun Tsuyama kemudian berjalan kaki 15 menit ke Tsuyama Castle.

Tsuyama Castle ini sebenarnya lebih terkenal sebagai Sakura Castle karena keindahannya di musim semi. Namun di bagian bawah kastil juga terdapat hutan momiji yang cukup lebat sehingga sangat layak menjadi destinasi wisata musim gugur. Atraksi menarik lainnya ialah pohon ginkobiloba raksasa yang terdapat di halaman kastil, pohon ini memiliki warna daun yang sangat cantik ketika di musim gugur.

Tsuyama Castle di Musim Gugur
Tsuyama Castle di Musim Gugur
Ginkobiloba Raksasa di Tsuyama Castle
Ginkobiloba Raksasa di Tsuyama Castle

 

Gokei Valey di Soja

Tempat wisata musim gugur ini terletak di Kota Soja yang bisa diakses dengan kereta dari Stasiun Okayama ke Gokei. Waktu tempuhnya ialah sekitar 30 menit untuk sampai ke Stasiun Gokei. Kemudian dari Stasiun Gokei ke menuju ke Gokei Valley bisa menggunakan bus dengan waktu tempuh 25menit.

Gokei Valey adalah spot wisata musim gugur terbaik di Okayama. Tempat ini terdiri dari aliran air yang deras dengan bebatuan berukuran besar yang memberikan kesan natural. Aliran air di sungai dihiasi dengan lambaian dahan dan daun momiji berwarna merah akan memberikan keindahan tersendiri yang tidak bisa kalian lupakan. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling ramai di Okayama ketika musim gugur.

Gokei Valley di Soja saat Autumn
Gokei Valley di Soja saat Autumn

Dari beberapa tempat tersebut memang yang paling menarik untuk dikunjungi ialah Gokei Valley, tetapi untuk rekomendasinya aku lebih memilih Tsuyama Castle, karena akses menuju ke Tsuyama Castle jauh lebih mudah dan memungkinkan. Sekian informasi tentang tempat wisata musim gugur di Okayama.

Yap, Enjoy your Autumn in Okayama!

Silahkan komentar jika ada pertanyaan,

Thanks for reading