Skip to main content

7 Tips Latihan Menulis Untuk Mahasiswa

Setelah mengetahui bahwa mahasiswa harus belajar menulis, selanjutnya ialah bagaimana cara memulainya? Pasti banyak yang bertanya seperti itu. Harus menulis apa?

Oleh karena itu aku akan memberikan beberapa Tips Latihan Menulis Untuk Mahasiswa.

Hampir semua tips ini berasal dari pengalamanku, jadi mungkin di beberapa bagian kalian bisa mengubahnya sesuai keinginan.

Baiklah langsung saja cek 7 Tips Latihan Menulis Untuk Mahasiswa:

1. Mulailah menuliskan catatan kuliah. 

Untuk tips yang pertama ini pernah aku lakukan ketika kuliah dulu.

Tetapi memang nggak bisa membuat catatan yang rapi. Mungkin kalau mencatat dengan rapi, kemampuan menulisku bisa jauh lebih baik.

Sekilas ini terlihat seperti perkara yang mudah, tetapi sebenarnya ini cukup sulit untuk dilakukan secara rutin.

2. Bacalah banyak Buku

Sebelumnya aku sudah sharing mengenai cara membaca buku agar cepat paham.

Dengan membaca banyak buku kita akan mengetahui berbagai gaya  menulis, beragam struktur kalimat, paragraf , dan sudut pandang.

Selain itu membaca buku juga memberikan wawasan dan informasi baru. Informasi baru ini biasanya menjadi sumber inspirasi dalam menulis artikel, karya ilmiah maupun fiksi.

3. Jadwalkan Untuk Menulis

Menulis adalah sebuah keahlian (skill) oleh karena itu untuk menguasainya diperlukan latihan berjam-jam bahkan berbulan-bulan.

Karena itu segeralah menyusun jadwal menulis.

Selain menjadi ajang latihan untuk menuangkan gagasan ke dalam sebuah tulisan, membuat jadwal menulis akan secara otomatis menginstall kebiasaan menulis dalam dirimu.

4. Tuliskan Apapun

Sebagai awalan jangan langsung menulis materi-materi rumit.

Misalkan ingin membahas terkait politik dengan analisis data yang akurat dan lengkap. Hal ini mungkin bertujuan bagus, tetapi kurang efektif jika masih dalam tahap awal.

Di tahap awal latihan ini, fokus kita hanyalah pada melatih kebiasaan menulis.

Walaupun kualitas tulisan di awal-awal sangatlah berantakan, tak apa, tak masalah. Asalkan mampu rutin untuk latihan menulis dulu.

Sepanjang pengalamanku menulis, dan beberapa kali melatih + mengajak orang menulis, membangun kebiasaan menulis itu jauh lebih sulit dibandingkan meningkatkan kualitas tulisan.

Jadi tenang saja, install dulu kebiasaan menulis setelah itu pasti kualitas tulisan akan meningkat seiring dengan jumlah kalimat yang kita tuliskan.

5. Gunakan Blog ataupun Diari

Kalau di zaman dulu, ketika aku masih SD dan SMP yang populer adalah menulis catatan harian alias diari. Aku nggak sempat ikutan trend menulis diari ini. Tapi kurasa diari juga bisa menjadi ajang latihan menulis yang sangat bagus.

Aku sendiri lebih banyak menggunakan blog sebagai tempat latihan menulis. Blog ini bisa disetting private ataupun yang umum dan bisa di baca orang.

Cobalah membuat blog dan share tulisanmu di FB ataupun Twiter., sebab akan sangat seru kalau dapat masukan dan komentar dari teman-temanmu.

Di Awal-awal mungkin tidak banyak yang membaca tulisanmu, tetapi setelah 3 bulan, 5 bulan, 1 tahun? Bisa saja ribuan setiap harinya.

6. Siapkan Catatan Kecil

Sampai sekarang, aku selalu membawa catatan kecil lengkap dengan pensil mini kemanapun aku pergi. Ini merupakan persiapan kalau sewaktu-waktu ada hal yang perlu aku catat.

Terkadang aku kepikiran ingin menuliskan sesuatu dari informasi baru yang aku terima ataupun pengalaman sehari-hari.  Tapi seringkali terlupakan karena tidak dicatat.

Itulah kenapa sekarang aku membawa catatan kecil ketika bepergian.

Mencatat hal-hal kecil,  yang unik dan menarik untuk kemudian diceritakan ulang membuatmu semakin terampil dalam menyusun sebuah judul tulisan.

7. Bergabunglah dengan Komunitas Menulis

Ada banyak sekali komunitas menulis, baik itu komunitas resmi di dunia nyata maupun yang hanya berupa group FB tentang menulis.

Aku sendiri belajar banyak di komunitas menulis FLP Malang.

Selain menambah jaringan, wawasan dan keterampilan menulis, bergabung ke komunitas seperti ini membuat kita semakin termotivasi untuk menulis.

Karena banyak dari anggota group yang jauh lebih pinter menulis dibandingkan kita, biasanya akan membuat kita iri dan termotivasi untuk menulis sebagus tulisannya.

Disinilah kesempatan kita untuk memperbaiki teknik menulis dan belajar ilmu kepenulisan yang benar.

Itulah 7 Tips latihan menulis untuk mahasiswa. Selama memiliki label mahasiswa teruslah pelajari hal-hal baru, hal-hal menarik.

Karena hidup terlalu ringan jika hanya untuk kuliah pulang-kuliah pulang.

Tulisan ini merupakan Bagian dari Proyek Sharing Mahasiswa:

# Skill Skill Yang Penting Untuk Mahasiswa
1 Cara Membaca Buku Agar Cepat Paham
2 Mengapa Mahasiswa Harus Belajar Menulis?
3 Tips Latihan Menulis Untuk Mahasiswa
4 Mengapa Public Speaking Itu Penting Bagi Mahasiswa?
5 Cara Berlatih Public Speaking Ala Mahasiswa
6 Menguasai IT Sangat Penting Untuk Mahasiswa

Thanks for reading Myst!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *