Skip to main content
aqua regia pelarut emas

Aqua Regia dan Kegunaanya

Beberapa dari kalian ada yang pernah mendengar istilah aqua regia? Apa itu aqua regia? Mengapa namanya “aqua regia”? Apa kegunaan aqua regia? Seberapa pentingnya itu? Yap.. Setiap pertanyaan kalian akan aku jawab satu persatu pada tulisan di bawah ini:

 

Aqua Regia

Istilah “aqua regia” merupakan bahasa latin yang berarti “air kerajaan”. Nama ini tak lain disematkan karena kemampuan aqua regia dalam melarutkan emas yang identik dengan kaum kerajaan dan bangsawan. Kemampuan tersebut membuat aqua regia digunakan dalam proses ekstraksi (pemurdian) emas.

Aqua regia adalah campuran dari dua asam kuat, yakni Asam Hidroklorat (HClO4) dan Asam Nitrat (HNO3) dengan rasio 3:1. Campuran ini memiliki warna oranye terang dan mengeluarkan asap. Dalam catatan sejarah, penggunaan aqua regia ini pertama kali diperkenalkan oleh kimiawan muslim yang juga dijuluki bapak kimia, Jabir Ibnu Hayyan, pada abad ke-8.

 

Preparasi Aqua Regia

Dalam menangani penggunaan aqua regia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Pencampuran Asam Hidroklorat dan Asam Nitrat harus dilakukan sesaat sebelum penggunaan. Dalam jangka waktu lama, dua asam kuat ini akan bereaksi dan menghasilkan senyawa nitrosil klorida (NOCl) ataupun Klorin (Cl).
  2. Campuran dari dua asam kuat ini bersifat sangat korosif dan berbahaya. Oleh karena itu harus sangat berhati-hati dalam menanganinya.
  3. Dapat menyebabkan peningkatan temperatur dan ledakan.
  4. Jangan pernah menyimpan larutan aqua regia.
  5. Zat ini dapat menyebabkan kulit terbakar, oleh karena itu pastikan kamu menggunakan peralatan lab lengkap.

Jadi untuk menggunakan aqua regia kalian harus berhati-hati bukan hanya saat membuatnya tetapi juga saat membuang sisanya reaksinya.

Pada tahun 2015, di Texas Tech University terjadi ledakan di laboraturium yang disebabkan karena seorang mahasiswa membuat sisa Asam Nitrat (HNO3) ke dalam botol yang telah berisikan campuran Asam Hidroklorat (HClO4), metanol dan dimetil glioksin. Ledakan ini disebabkan karena naiknya temperatur dan tekanan pada reaksi antara aqua regia.

Baca Juga: Pengertian Alloy atau Metal Alloy

 

Kegunaan Aqua Regia

Aqua regia digunakan dalam proses pembuatan asam kloraurik dan pada proses Wohlwill dalam pemurnian emas. Walaupun emas (Au) yang merupakan salah satu logam paling langka di dunai ini ialah logam yang inert (tidak bisa bereaksi) namun, dengan aqua regia, emas dapat larut. Ini karena campuran dari dua asam kuat tersebut memiliki sifat yang unik. Asam Nitrat memiliki kemampuan mengoksidasi emas ke bentuk ion Au3+ sedangkan Asam Hidroklorat yang mengandung klorin (Cl) mampu berikatan dengan emas dan membentuk anion tetrakloroaurat(III). Hasil dari reaksinya ialah berupa anion Kloroaurat (AuCl4). Dengan menggunakan reaksi ini maka ekstraksi untuk memperoleh emas dengan kadar 99.999% mungkin dilakukan. Metode serupa dapat juga digunakan untuk platinum.

Kegunaan aqua regia lainnya ialah dalam proses pencucian kolom sampel pada nuclear magnetic resonance (NMR). Karena sampel pada NMR biasanya berupa logam-logam yang akan dengan mudah dilarutkan oleh aqua regia.

 

Kemampuan Aqua Regia

Salah satu cerita keren tentang kehebatan aqua regia ini ialah pada masa perang dimana tentara Hitler memasuki Niels Bohr Institute di Denmark. Di dalam institusi tersebut ada dua plat logam emas murni yang diselundupkan dari German sebagai hadiah Nobel untuk saintis Max Vol Laue dan James Franck. Emas ini sudah pasti akan disita oleh tentara Hitler jika mereka menemukannya.

Saat itu kedua emas tersebut berada di ruangan seorang kimiawan bernama George de Hevesy. Ia yang bingung bagaimana menyembunyikan emasnya kemudian memutuskan untuk melarutkannya dengan aqua regia. Hasilnya ialah larutan emas yang berwarna cokelat keruh. Cairan keruh yang berada di tabung erlenmeyer itu tidak diperhatikan sama sekali oleh tentara Hitler karena tidak tahu bahwa itu adalah dua keping pelat emas.

Selepas perang, emas tersebut diekstrak kembali untuk memperoleh dua keping logam emas 99,999%.

See? Menjadi seorang saintis cerdas itu lebih keren khan?

Silahkan share agar lebih banyak manfaat.

Reff:
https://eic.rsc.org/magnificent-molecules/aqua-regia/3007792.article
https://ehs.princeton.edu/book/export/html/508

Saigo No Sora

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

4 thoughts to “Aqua Regia dan Kegunaanya”

  1. Aqua regia was discovered around 1300 AD, by the European alchemist Pseudo-Geber, when he mixed common salt with vitriol (sulphuric acid). In the Middle Ages it was one of the ways that alchemists tried to find the philosopher’s stone.

    mohon cek sumber luar untuk penemunya agar tidak menjadi bias. klaim sepihak akan merugikan sains. mohon bijak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *