Skip to main content

Cara ke Shirakawa Go saat Winter dan Persiapannya

Yap sekarang temperatur di Jepang sudah mulai hangat, ini adalah momen peralihan dari musim dingin (Fuyu) ke musim semi (Haru). Tapi kali ini aku baru sempat nuliskan tentang pengalaman cara mengunjungi Shirakawa-Go di Gifu Prefecture yang terkenal dengan wisata saljunya.

Sebagian dari kalian mungkin ada yang belum tahu salju di Jepang bulan apa turunnya? Salju turun ketika masuk musim dingin di Jepang, ini dimulai dari akhir Desember, sekitar tanggal 24 hingga pertengahan Februari. Ini adalah jadwal di Jepang selain daerah Hokkaido, di Hokkaido salju akan turun lebih awal, jadi jadwalnya berbeda sama sekali dengan tempat lainnya.

Shirakawa Go

Oh ya, salju tidak turun di seluruh prefektur di Jepang, hanya di beberapa daerah saja, ini berdasarkan letak laut dan arah anginnya. Seperti di tempatku Okayama Prefecture hanya kebagian satu atau dua hari bersalju saja, selebihnya hanya dingin tanpa adanya salju.

Jadi saat liburan musim dingin di Jepang tahun lalu aku memutuskan untuk jalan-jalan ke salah satu tempat bersalju paling terkenal yaitu Shirakawa-go di Perfektur Gifu.

Menuju ke Shirakawa-go

Sebenarnya dari awal aku tahu Shirakawa-go juga dari Anggi, teman di PPI Chiba. Setelah itu aku langsung tertarik lihat gambarnya dan cari-cari informasi. Ternyata tempatnya memang bagus banget, Shirakawa-go termasuk ke dalam UNESCO world heritage. Setelah melihat betapa uniknya tampilan Shirakawa-go, aku tetapkan tempat ini menjadi salah satu tempat yang harus aku kunjungi.

Setelah masuk ke bulan Desember, akhirnya aku putuskan untuk liburan ke Shirakawa-go. Ini keputusan yang lumayan sulit saat itu, karena emang mengeluarkan biaya yang lumayan banyak. Tapi karena memang sebentar lagi liburan musim dingin dan aku juga bisa ‘escape’ dari Lab sekitar satu minggu, maka kuputuskan untuk berangkat walau merogoh kocek agak dalam.

Menentukan Jadwal Perjalanan

Waktu berangkat ke Shirakawa go ini awalnya aku rencanakan di tanggal 24 Desember, tetapi karena ada beberapa hal akhirnya aku batalkan dan menggantinya ke tanggal 30 Desember. Ini juga dengan pertimbangan bahwa di Shirakawa go sudah banyak salju yang menumpuk.

Jika ingin memastikan kalau salju di Shirakawa go sudah menumpuk atau belum, kita bisa menggunakan website ini: Snow Japan. Walaupun prediksi di web itu tidak 100 persen benar, tetapi biasanya jika kita datang pada bulan-bulan Desember akhir maka salju sudah cukup menumpuk di Shirakawa go.

Menentukan Rute Perjalanan

Setelah memastikan jadwal keberangkatan, langkah selanjutnya ialah menentukan rute perjalanan ke ShirakawaGo. Ini clue-nya “Shirakawa go selalu penuh pada musim salju!”. Jadi jika merencanakan untuk datang ke tempat ini, usahakan untuk mengaturnya jauh-jauh hari, itu jika kalian tidak ingin merogoh kocek lebih dalam.

Shirakawa Go merupakan wilayah prefektur Gifu yang dikelilingi dan diapit oleh gunung, sehingga akses menuju tempat ini cukup sulit. Akses ke Shirakawa go hanya bisa dengan menggunakan bus, dan itu hanya dengan tiga rute berikut:

Pertama dan yang paling umum ialah dengan menggunakan bus dari Kanazawa ke Shirakawa-go. Jika kalian memesan jauh-jauh hari, rute ini adalah yang terbaik. Pertama kalian harus mengambil kereta ataupun bus dari Osaka ke Kanazawa Station, kemudian baru mengambil bus Kanazawa-Shirakawago. Bus dari Kanazawa menuju ke Shirakawa-go ini bisa dipesan dan di cek di web Japan bus. Tinggal masukkan nama kota asal dan tujuannya, seperti gambar dibawah:

tiket bus di Jepang

Kedua ialah rute cadangan lainnya ialah dari Nagoya ke Shirakawa go. Cara pemesanannya bisa di cek di web Meitetsu Bus. Jika tidak ada yang langsung maka pilih saja ke Takayama, baru kemudian dari Takayama ke Shirakawa-go menggunakan Nohi Bus yang bisa dipesan di web Japan Bus (seperti yang pertama).

Ketiga ialah jika kalian ingin melihat-lihat Tempat Wisata di Kota Kanazawa sebelum melanjutkan ke Shirakawa go, namun tiket bus Kanazawa-Shirakawa Go sudah habis. Kalau begitu lewat jalur yang sama dengan yang aku gunakan. Pertama kalian ambil kereta dari Kanazawa ke Toyama, kemudian ambil Nohi Bus dari Toyama ke Shirakawa-go dengan menggunakan web Japan Bus seperti pada gambar diatas. Cara ini sebenarnya yang paling tidak efektif karena lebih jauh dan lebih mahal ¥300. Tetapi jika musim liburan musim dingin, ini adalah pilihan terakhirnya.

Cara ke Shirakawago dari Osaka dan Kyoto

Osaka  merupakan akses masuk wisatawan mancanegara melalui bandara Kansai (KIX). Sedangkan Kyoto merupakan magnet wisatawan asing dengan beragam budayanya. Karena kedua kota ini terletak di bagian tengah untuk perjalanan dari Kyoto atau Osaka ke Shirakawago bisa memilih dengan rute pertama, kedua maupun ketiga. Namun yang paling dianjurkan ialah yang pertama (jika Bus masih tersedia). Intinya ialah harus menuju ke salah satu kota yaitu Nagoya ataupun Kanazawa baru kemudian menggunakan bus ke ShirakawaGo.

Cara ke Shirakawago dari Tokyo

Untuk wisatawan yang berasal dari Tokyo, cara terbaik untuk ke Shirakawago ialah menggunakan rute pertama.  Jadi kita harus mengambil JR Hokuriku Shinkansen dari Tokyo ke Kanazawa yang harganya ¥14.000 dan lama perjalanan 3.5 jam, baru kemudian bus Kanazawa ke Shirakawa go.

Cara kedua ialah menggunakan bus malam Willer dari Tokyo ke Kanazawa yang harganya sekitar ¥4.500, dengan catatan perjalanan dilakukan malam hari dan memakan waktu 7 jam. Kemudian menggunakan bus Kanazawa-ShirakawaGo.

Jangan lupa untuk juga memesan tiket kembali pada hari itu juga. Ini sangat penting! 

Kalau kalian nggak ingin memesan hotel di sana (yang pastinya harganya sangat mahal) maka pastikan kalian dapat tiket untuk kembali ke Kanazawa ataupun Nagoya. Ini penting sekali karena Shirakawa go adalah lautan salju, kalau tinggal semalam di tempat tanpa penghangat kalian bisa mati beku ataupun sakit.

Persiapan Perjalanan

Setelah menentukan rute perjalanan, jangan lupa persiapkan tempat menginap berdasarkan rute perjalanan. Penentuan tempat menginap ini sebaiknya juga mempertimbangkan apakah tempat tersebut dekat dengan tempat wisata ataupun tidak. Dibandingkan Nagoya ataupun Toyama menurutku lebih menarik untuk menginap di Kanazawa, karena kota ini memiliki lebih banyak tempat wisata dibandingkan kedua kota lainnya. Atau jika memang mau bisa juga menginap di Hotel di Shirakawa go, dengan biaya yang tentunya cukup mahal.

Salah satu persiapan wajib sebelum perjalanan menuju ke Shirakwago ialah baju hangat, jaket, sepatu super tebal dan makanan. Terutama bagi kita turis Indonesia yang tidak pernah tinggal di negara 4 musim, penting sekali untuk menggunakan jaket, baju dan sepatu yang tebal. Kalau kalian khawatir dengan dingin,  bisa baca blog temanku tentang cara mengatasi dingin di Jepang.

Selain itu kita juga perlu menyiapkan makanan, kalau di Jepang biasanya aku mengandalkan onigiri Sevel ataupun roti Famima. Tapi jangan khawatir kalau kalian tipikal turis borju, bisa langsung beli makanan di Shirakawa go, ada banyak yang jual, tapi harap maklum deh dengan harganya.

Yap itulah cara ke Shirakawa Go saat winter dan persiapannya, selanjutnya aku akan menulis tentang Tempat Wisata Shirakawa Go.

One thought to “Cara ke Shirakawa Go saat Winter dan Persiapannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *