Skip to main content
Frankenstein dan pengaruhnya dalam sains

Legenda Frankenstein – Etika Sains Penciptaan

Yap, kali ini kita akan bahas tentang salah satu tokoh fiktif Frankenstein. Karakter ini sangat terkenal, hampir semua anak pasti tahu, ada nggak sih dari kalian yang masih belum tahu? Pastinya udah pada tahu kan? Frankenstein ini mewarnai banyak sekali cerita fiksi dan kartun-kartun di dunia barat, bahkan menjadi karakter yang sangat populer di saat halloween. […]

Read More

Investigasi Kuantitas Makanan Halal di Kantin Okayama University – Pendekatan Saintifik

Akhirnya sempat juga posting investigasi penting ini. Ini adalah salah satu penelitian saintifik yang aku lakukan dan telah teruji kebenarannya. Aku selalu yakin kalau sains itu nggak pernah lahir dari kelas. Ilmu pengetahuan berkembang dalam kehidupan sehari-hari, inspirasinya datang dari pengamataan alam dan lingkungan di sekitar kita. Jika dituliskan dalam sebuah Jurnal Ilmiah, mungkin judul […]

Read More

Politisi Perlu Disuntik Lie Virus

Lagi-lagi seluruh media di Indonesia menjadi sangat “panas” oleh isu pilkada, kali ini ialah untuk ibu kota Negara, Jakarta. Telah berkali-kali kita mendapati pergantian kepengurusan negara ini, tetapi hingga sekarang pemerintahan yang ada belum mampu membuat bangsa Indonesia “merdeka” secara total. Di momen pemilihan, politisi kemudian menjadi sosok yang sangat baik dari berbagai sisi dan […]

Read More

Seberapa Cepat The Flash Bergerak? (Pendekatan Fisika)

Setelah sebelumnya topik Mystupidtheory aku mulai dengan menghitung Energi yang Dibutuhkan Harry Poter untuk Terbang, kali ini aku akan membahas tokoh fiksi lain, Seberapa Cepat The Flash Bergerak?. Ini adalah pertanyaan yang menarik menurutku, karena nama “The Flash” tentu saja memberikan imajinasi bahwa super hero ini mampu bergerak secepat kilat, atau secepat cahaya. Tapi apakah […]

Read More

Energi Yang Dibutuhkan Harry Potter Untuk Terbang Dengan Sapu Sihirnya

Belakangan sibuk banget ngerjakan riset di lab, pasalnya harus nyiapin presentasi minggu depan. Jadi beneran lho aku sibuk, terus kepikiran “Ehh.. Berapa yah energi yang dibutuhkan oleh Harry Potter untuk Melayang dengan sapu terbang?” Coba-coba hitung, lumayan seru juga ternyata. Makanya aku share dahh di sini. Harry Potter adalah novel dari penulis J. K. Rowling […]

Read More

Bagaimana Ngerjain Gosipers

Gosipers! Siapa yang tak kenal mereka? Sekumpulan manusia yang hobinya membahas kehidupan orang lain. Kebanyakan dari mereka ini adalah ibuk-ibuk(wanita) walaupun ada aja cowok yang kerjaanya juga kayak gitu. Sekarang gosipan ini menjadi aktifitas yang dianggap wajar karena adanya inovasi dari gosipan itu. Kenapa kubilang inovasi? Karena semakin samar. Tukang Gosip Dulu disebut gosipan karena […]

Read More

Humor Saintifik Yang Sulit Saya Pahami

Humor sains. Memang sesuatu yang rumit untuk bisa menemukan humor dalam kegiatan ilmiah ataupun pada materi-materi sains. Tetapi bukan tidak mungkin, karena pionernya Brian Mallow telah menunjukkannya. Selain sulit untuk menemukan humor sains, tapi yang tak kalah rumit ialah menmukan audiens-nya. Yang bisa menikmati humor mungkin banyak, tetapi yang punya pengetahuan sains yang cukup apa […]

Read More