Yay! Uang baru… Tepatnya tanggal 19 Desember yang lalu, Indonesia meresmikan uang baru. Sebagaimana hal yang baru-baru, pasti harus diperbincangkan hangat, atau minimal dipamerin. Kali ini aku bawa tema yang nggak jauh-jauh tentang uang yaitu; Ilmuwan legendaris yang dijadikan figur pada uang kertas.

Aku pikir uang yang menampilkan banyak foto para pahlawan bangsa ini sebaiknya juga diikuti dengan penjelasan profile atau biografi para pahlawan yang menjadi figur pada uang. Harapannya sih ini akan  menjadi “pengingat” persatuan dan kesatuan Indonesia yang telah dieperjuangkan oleh para pendiri bangsa.

Wajah Ilmuwan Pada Uang Kertas

Oh ya, berbicara tentang wajah baru uang Indonesia, aku masih bertanya apa standard bagi seseorang agar wajahnya bisa tampil di uang? Mengapa wajah seorang Habibie belum tampil pada uang Indonesia?

Ternyata di negara-negara dengan perkembangan sains yang sangat unggul, uang mereka tidak hanya dihiasi oleh wajah pejuang, presiden, atau politisi, tetapi ada juga yang menampilkan wajah saintis dalam uang. Artinya negara yang menerbitkan uang dengan wajah saintis ialah negara yang mampu menghargai bahwa saintis ialah salah satu poros penting dalam perubahan. Berikut ini adalah beberapa ilmuwan yang terdapat dalam uang kertas:

Abu Nasr Al-Farabi (870-950)

Tampil pada uang 1 Tenge dari Kazakhstan. Al-Farabi ialah salah satu ilmuwan muslim paling mashur dibidang fisika, logika, matematika, kosmologi, filosofi, dan musik. Ia terkenal dalam bidang fisika dengan karyanya “On Vacum” yang menjabarkan tentang adanya ruang vakum. Ia juga menjadi ilmuwan pertama yang melakukan percobaan ruang vakum.

Hideyo Noguchi (1876-1928)

Tampil pada uang ¥1000 Yen dari Jepang. Uang ini hingga sekarang masih digunakan (aku baru tahu). Awalnya aku kira ini politisi, ehh.. ternyata ia adalah seorang Bakteriologist. Temuan yang membuatnya melegenda ialah menemukan bakteri sipilis yang menyebabkan kelumpuhan pada jaringan tubuh. Noguchi aktif dalam usaha menanggulangi penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Kristian Birkeland (1867-1917)

Tampil pada uang 200 Kroner dari Norwegia. Birkeland ialah seorang pioner dalam bidang  medan magnet bumi dan penelitian mengenai arurora borealis. Ia memberikan penjelasan dasar mengenai penyebab terjadinya aurora borealis berdasarkan medan magnet yang terdapat di atmosfer bumi.

Niels Bohr (1885-1962)

Tampil pada uang 500 Kroner dari Denmark. Kalian pasti sudah pada tahu kan siapa Bohr? Salah satu karyanya yang paling terkenal ialah model atom Bohr yang mendefinisikan sifat dasar dari materi. Ia adalah salah satu arsitek utama dari munculnya teori quantum. Jika kalian belajar di bidang fisika partikel ataupun di kimia fisika, maka pasti akan bertemu namanya di buku-buku cetak.

Ernest Rutherford (1871-1937)

Tampil pada uang 100 Dolar dari New Zealand. Nama ini juga pasti pernah kalian dengar, sebab ia juga salah seorang yang mengemukakan model atom Rutherford. Model atom Rutherford ini yang kemudian menjadi dasar dibuatnya model atom Bohr. Encyclopedia Britanica menyebutnya sebagai ahli eksperiment terbaik sejak Michael Faraday. Ia juga disebut-sebut sebagai bapak dari Fisika Inti (Nuclear Physics).

Leonhard Euler(1707-1783)

Tampil pada uang 10 Francs dari Swiss. Euler ialah seorang matematikawan, fisikawan dan astronomer. Jasanya dalam dunia ilmu pengetahuan ialah pada konsep infinitesimal calculus dan graph theory. Jika teman-teman berada di jurusan matematika, ataupun bekerja dengan teknik dan fisika pasti akan mengenal sudut Euler yang merupakan karyanya. Pada desain uang ini juga terdapat gambar konsep optik dan skema kuantum calam cahaya yang merupakan gagasan Euler.

Michael Faraday (1791-1867)

Tampil pada uang 20 Pound dari Inggris. Faraday terkenal sebagai penemu listrik dan energi magnetik. Ia adalah seorang eksperimentalis yang sangat luar biasa dan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam menjelaskan kaitan antara magnet dan listrik. Atas kerja dan eksperimennya kemudian kita dapat membuat motor dan dinamo, konsep penting dalam pembuatan generator listrik.

Galileo Galilei (1564-1642)

Tampil pada uang 2000 Lire dari Italia. Galileo diakui sebagai ilmuwan modern pertama di dunia. Ia banyak bekerja dalam bidang fisika dan astronomi, terutama yang berhubungan dengan gerak benda-benda (langit). Gebrakan serius yang diciptakan Gelileo pada masa itu ialah ketika ia menentang kekangan dari pihak gereja (yang berkuasa) kemudian tetap mempublikasikan buku ilmiahnya tentang gerak planet dalam tatasurya (Heliosentris). Salah satu temuannya yang menjadi masterpiece ialah teleskop buatannya dan pompa air.

Democritus (460 BC -370 BC)


Tampil pada uang 100 Drachma dari Yunani (Greek). Democritus ialah seorang yang paling pertama memulai pemikiran tentang materi. Ia mencoba menjelaskan bahwa materi terbentuk dari sesuatu yang sangat kecil dan tidak dapat terbagi lagi (atom) yang bergerak dalam ruang hampa. Lebih jauh dari itu ia terkenal dalam bidang filosofi dan merupakan pioner dalam budaya berfikir sistematis dan ilmiah.

Carl Frederich Gauss

Tampil pada uang 10 Mark dari German. Gauss ialah seorang matematikawan yang memberikan banyak kontribusi dalam bidang matematika. Salah satu karyanya yang paling terkenal ialah persebaran Gauss (Gauss distribution) yang gambarnya bahkan dimuat dalam desain uang ini. Kontribusi lainnya ialah pada teori elektromagnetik pada bidang fisika.

The Lord Kelvin | William Thomson (1824-1907)

Tampil pada uang 100 Pound Skotlandia. Kelvin seperti namanya memberikan kontribusi yang paling terkenal ialah definisi dari temperatur absolute zero 0K (sekaligus pembuatan satuan temperatur K, Kelvin). Selain itu kontribusinya yang utama ialah pada bidang termodinamika dan elektrik hingga ia mendapatkan gelar kehormatan “Lord”.

Marie Curie (1867-1934) 

Tampil pada uang 20.000 Zloty dari Polandia. Marie Curie adalah sosok fenomenal yang mungkin sudah kalian tahu. Ia merupakan saintis wanita pertama yang meraih Nobel Prize sekaligus sosok orang pertama yang mendapat Nobel Prize. Bidang penelitian utama dari Curie ialah radioaktif dan isotop. Ia adalah pioner dalam penemuan dan klasifikasi unsur-unsur radioaktif. Kemudian ia menemukan unsur radioaktif Radium yang membawanya meraih Nobel Prize keduanya. Cerita tentang Marie Curie pernah aku tuliskan disini: Pelajaran dari Marie Curie

Albert Einstein (1879-1955)

Tampil pada uang 5 Pound dari Israel. Einstein terkenal sebagai “The greatest Physicist of 20th Century”. Kalian pasti sudah tahu namanya, dan hingga saat ini belum ada satupun ilmuwan yang mampu menggeser namanya. Einstein tidak hanya menemukan “Theories of Relativity” tetapi juga memberikan kontribusi yang luar biasa dalam bidang fisika kuantum. Salah satu karya yang membawanya meraih Nobel Prize ialah Efek fotoelektrik.

Sir Isaac Newton (1642-1727)

Tampil pada uang 1 Pound dari Inggris. Kalian pasti sudah tahu nama Sir Isaac Newton, setidaknya kalian mengenal Newton sebagai penemu Gravitasi. Lebih dari itu Hukum Newton tentang gerak benda menjadi salah satu materi fisika yang wajib dikuasai oleh anak SMA. Hingga sekarang Newton masih menjadi “The Greatest Physicist in History”. Selain dalam bidang fisika Ia juga terkenal sebagai penemu Kalkulus dalam matematika dan beberapa temuan lainnya dalam sains.

Nikola Tesla (1856-1943)

Tampil pada uang 10.000.000.000 Dinar dari Yugoslavia. Uang ini terbit pada masa inflasi parah di Yugoslavia, bahkan banyak saintis yang mengusulkan untuk menuliskan 1010 pada nominal uang ini, karena memang angkanya sangat besar. Nikola Tesla berasal dari Kroasia yang merupakan daerah Yugoslavia pada masa itu. Pada desain uang ini bahkan ada gambar tesla coil. Yang lebih menarik lagi ialah terbitnya uang baru yang digunakan hingga saat ini, yaitu 100 Dinar Serbia.

Desain uang ini bahkan memuat rumus matematika di lembarannya, lebih dari itu ada skema generator listrik AC dalam desainnya. Sangat keren!

Biografi dari Nikola Tesla sendiri sudah aku tulis dalam bahasan Nikola Tesla The Master Of Lightning

Yap itulah beberapa ilmuwan legendaris yang dijadikan figur pada uang. Keren banget kan uang-uangnya.. Kebayang nggak? ada grafik Gaussian di uang kertas? Di uang kertas lho, bukan buku cetak Matematika. Apalagi ada desain generator AC dan lambang atom di uang kertas. Awesome!

Sebenarnya masih banyak lagi nama-nama ilmuwan yang mendapat kehormatan tampil dalam mata uang Negara. Kurasa ini bukan untuk menghargai jasa mereka, tetapi memberikan kesempatan dan keberanian bagi para penerus bangsa untuk berkarya hingga dapat memberikan perubahan pada masyarakat. Jadi bukan sekedar sebagai bentuk apresiasi pada para ilmuwan tetapi lebih kepada memberikan inspirasi bagi para pemegang uang untuk bisa berkarya lebih.

Jadi kapan yah kira-kira Rupiah ada wajah Habibie dan gambar desain pesawat R80-nya? Atau mungkin ilmuwan Indonesia lain yang telah memiliki patent dalam bidang-bidang sains terapan? Semoga saja segera muncul, agar kedepannya bisa lebih banyak anak Indonesia yang tertarik dan termotivasi serius menekuni sains dan keilmuannya.

Thanks for reading.. Semoga bermanfaat.