Kurashiki adalah nama sebuah kota di Okayama yang terkenal sebagai kota tua yang masih memiliki ciri khas bangunan Jepang masa lalu. Di Jepang pada umumnya hampir setiap prefektur memiliki kota tua yang menjadi obyek wisata. Contohnya seperti Gion di Kyoto, Higashi Chaya di Kanazawa dan Naramachi di Nara.  Berikut ini keunikan dari Kurashiki, Kota Sejarah di Okayama:

Tempat wisata Kurashiki ini memiliki keunikan berupa bangunan bergaya lampau yang berjajar rapi dipinggir sungai. Di kedua sisi sungai terdapat jalan dimana wisatawan bisa menikmati tampilan kota dan kondisi sungai.

Di  sungai juga disediakan kapal untuk para wisatawan yang ingin menikmati kenampakan kota dari sudut pandang sungai.  Selain itu juga ada becak orang yang sering kita lihat di film-film China masa lalu. Becak orang ini lumayan menarik lho, pasalnya ada orang Indonesia yang niat naik becak orang ini demi “membalas dendam” agar orang Jepang (yang narik) merasakan penderitaan bangsa Indonesia di masa lalu. Konyol banget.. XD

Beberapa Tempat Wisata yang Menarik di Kurashiki

1. Ohara Museum Of Art.

Museum seni ini sangat terkenal di wilayah Kurashiki karena koleksinya yang sangat banyak. Walaupun biaya masuknya lumayan mahal tetapi bisa dibilang sangat layak, karena koleksi seni-nya sangat banyak dan berasal dari berbagai negara, bahkan tempat ini juga memiliki karya Picaso.

Buka: 9:00-16:30
Tiket: Adults ¥1,300 (Main Gallery / Annex / Craft Art and Asian Art Gallery / Kojima Torajiro Memorial Hall)

2. Museum of Folkcraft

Ini merupakan museum yang didirikan untuk menyimpan koleksi-koleksi benda-benda keseharian yang bersejarah seperti guci, tembikar dan peralatan sehari-hari lainnya.  Bangunannya sendiri merupakan arsitektur era Edo dengan warna khas putih hitam.

Keindahan dan nuansanya ada pada kesederhanaan dan ornament yang disematkan pada peralatan sehari-hari ini. Buat kalian yang suka sekali dan terobsesi pada objek-objek unik, tempat ini akan sangat menyenangkan.

Buka: 9:00-16:30
Tiket: ¥700

Baca Juga: Tour Gratis Pembuatan Katana Jepang 

3. Kurashiki Ivy Square

Ini adalah tempat terbuka hijau yang dimiliki kota Kurashiki. Tempat ini seperti taman berupa ruang publik yang bisa dinikmati keindahannya dari arsitekturnya yang unik.

Biasanya di tempat ini sering diadakan pameran seni, fotografi, workshop pembuatan tembikar (pottery), dan berbagai aktivitas kesenian menarik lainnya.

Buka: 24jam
Tiket: Free


4. Museum Mainan Jepang

Bangunan ini memuat mainan-mainan dari seluruh Jepang dari era Edo, Meiji dan Showa (1603-1989).  Tidak diragukan lagi jumlah koleksinya sangat banyak, ini sangat bagus kalau kamu penggemar atau penggiat seni, bisa menjadi inspirasi baru untuk karyamu selanjutnya.

Selain itu tempat ini juga menyediakan cafe, toko dan galeri yang bisa kamu nikmati untuk berlama-lama di tempat ini. Suasananya sangat hidup dan colorfull.

Buka: 9:00-17:00
Tiket: ¥400

Baca Juga: Pendidikan Karakter Anak Jepang

5. Honmachi dan Higashi Machi

Merupakan konsep kota pada masa lampau di Jepang. Tempat ini sangat menarik karena memberikan gambaran betapa uniknya kehidupan di Jepang pada masa lampau.

Walaupun tempat-tempat ini telah beralih menjadi toko-toko dan cafe, namun struktur dan konsep bangunan yang rapat masih menyisakan kisah hidup masa lalu di Jepang.

Buka: 24 Jam
Tiket: Free

6. Kurashiki Light Up

Khusus pada bulan-bulan tertentu, area di seputar kanal di Kurashiki ini akan mengadakan light up. Acara ini memberikan nuansa baru untuk wisata malam di Kurashiki. Biasanya pada bulan-bulan Februari hingga akhir Maret di setiap akhir pekan, tempat ini dihiasi berbagai lampu dan hiasan warna-warni (seperti payung) dan beberapa icon unik yang mendapatkan sorotan lampu.

Ini beberapa foto yang aku ambil beberapa pekan lalu: