Skip to main content

Menumpang Mobil Orang Tak Dikenal di Jepang dan Melihat Kebun Bunga NanoHana

Apa kalian pernah mendengar istilah hitchhiking? Yap ini adalah istilah untuk menumpang di mobil orang yang tak dikenal dengan tujuan yang (biasanya) sama. Walaupun tidak terlalu populer di Jepang, tapi aku sempat melakukannya di awal musim semi yang lalu! Simak ceritaku disini:

Kasaoka Bay Farm

Awalnya aku merencanakan perjalanan ini untuk motret kebun bunga NanoHana di Kasaoka BayFarm. Ini karena aku lihat di Instagram dan lokasinya kebetulan nggak jauh dari Okayama tempat tinggalku.
 
Tapi karena waktu itu ada temanku yang mau ikut, jadi akhirnya kami pergi bersama. Dia ini salah satu teman baikku di Jepang, namanya Yuya. Dulu kita sering party bareng, pas dia masih ngampus, sekarang dia udah lulus dan kerja.
Untuk ke Kasaoka Bay Farm, pertama kita harus mengambil kereta dari Okayama Eki (eki=stasiun) menuju ke Kasaoka yang biayanya ¥760. Lumayan mahal karena agak jauh, perjalananya memakan waktu 40 menit.
Kemudian dari Kasaoka-eki harus bersepedah sekitar 30 menit untuk sampai ke lokasi. Kita bisa menggunakan sepedah rental yang ada di eki, harganya sekitar ¥500 untuk satu hari sewa. Informasi ini aku dapat di web Kasaoka Kankou.
Celakanya aku nggak baca kalau hanya ada 3 sepedah yang bisa disewakan. Jadi ketika sudah sampai di Kasaoka-eki udah nggak kebagian sepedah. Akhirnya dengan mempertimbangkan kesehatan keuangan mahasiswa, kami putuskan untuk jalan kaki.

Hitchhiking (Menumpang Mobil Orang)

Setelah jalan kaki sekitar 20 menit meliuk-liuk di kota Kasaoka (kampung sih sebenarnya), akhirnya kami sampai di jalur jalanan terakhir, sehingga hanya perlu jalan lurus untuk sampai Kasaoka Bay Farm, tempat bunga NanoHana.
Nah.. Saat itu temanku kepikiran “Gimana kalau kita coba Hitchhiking? Karena jalurnya lurus, pasti banyak donk yang bisa ditumpangin?”. Aku sempat mikir sebentar (soalnya aku lupa istilah hitchhiking). Tapi akhirnya aku sepakat untuk menumpang mobil orang tak dikenal di Jepang ini.
Ternyata gampang-gampang susah untuk hitchhiking di Jepang ini. Setelah mencoba menyetop 5 mobil, temanku hampir menyerah. “Sepertinya nggak akan ada yang setop dan bukakan pintunya”. Terus aku bilang “Ah.. Nggak papa, sambil jalan kita coba aja menyetop mobil yang lewat, kalau nggak dicoba kita nggak pernah tahu hasilnya”
 
Kami nyoba menyetop sekitar 8 atau 9 mobil sebelum akhirnya ada yang mau membukakan pintu mobilnya. Atau ini karena melihat orang asing berwajah seram sepertiku? Entahlah.
Tapi akhirnya kami dapat tumpangan dari dua orang ibu2 bersama dengan satu orang anak perempuannya (usia sekitar 3 tahun). Mereka sedang menuju beberapa tempat untuk main Pokemon Go. XD
Setelah cukup lama berkendara bareng, mereka yang menyadari bahasa Jepangku yang cacat banget itu akhirnya berani nanyak “Kamu orang asing?”, aku Jawab “Iya orang Indonesia”. Setelah itu kita ngobrol cukup banyak tentang Indonesia dan Pokemon Go tentunya.

Melihat NanoHana

Setelah sampai di Kasaoka Bay Farm kami berterimakasih dan pamitan. Mereka melanjutkan perjalanan mulia mencari pokemon langka sedangkan kami sudah sampai di taman bunga Kasaoka Bay Farm.
Inilah beberapa foto di Kebun NanoHana Kasaoka Bay Farm:
 

Lebih banyak foto jalan-jalan lainnya di IGku @hudatnt Aku kesini bertepatan dengan diadakannya festival untuk anak, jadi banyak sekali orang yang datang bermain bersama anaknya. Suasananya cukup meriah untuk sebuah tempat yang jauh dari kota.
Baca Juga: Wisata Pulau Seni di Naoshima Jepang

NanoHana

Bunga Nanohana ini bahasa Inggrisnya ialah Canolia, bunganya warna kuning, dan seperti bunga liar aja sebenarnya, tetapi ketika ditanam dalam jumlah banyak bisa menjadi sangat indah seperti foto-foto di atas.
 
Jadi kalau kalian kebetulan ada rencana liburan di Jepang pada awal-awal musim semi, sekitar bulan maret, maka mungkin belum bisa melihat sakura, tetapi akan bisa melihat bunga Nanohana yang juga menjadi penanda dimulainya musim semi.
Kebun Bunga NanoHana ini ada hampir diseluruh wilayah Jepang pada sekitar bulan Maret (kecuali wilayah Hokkaido). Kalian bisa cek sendiri di beberapa perfecture yang mungkin akan kalian singgahi.
Salah satu pelajaran berharga dari perjalananku ini ialah kalian juga bisa mencoba hitchhiking atau menumpang mobil orang tak dikenal di Jepang kalau sedang dalam keadaan yang sama sepertiku.
Dalam hidup ini yang terpenting ialah take action! Kita ketika akan mencoba nggak tahu akan ada yang membukakan pintunya atau nggak, tapi kalau nggak dicoba, bisa dipastikan nggak ada yang membukakan pintunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *