Salah satu cabang paling penting dalam ilmu kimia ialah pengolahan metal dalam dunia industri. Ilmu yang mempelajari lebih lanjut tentang sifat logam dan campurannya disebut bidang kimia metalurgi. Material industri yang sering kita temui pada umumnya merupakan alloy. Lalu apakah pengertian alloy dan bagaimana penggunaanya? Simak disini:

 

Pengertian Alloy

Alloy ini telah ditemukan dan dikembangkan sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu dari berbagai kebudayaan. Pengertian Alloy adalah campuran dari dua atau lebih logam, logam dan non-logam yang membentuk material dengan sifat baru.

Pada masa lalu penggunaan alloy hanya terbatas pada pembuatan senjata tajam dan peralatan rumah tangga. Namun saat ini penggunaan alloy menjadi sangat luas dan spesifik.

 

Penggunaan Alloy yang Penting Dalam Kehidupan

Salah satu contoh paling populer dari alloy ialah material baja. Baja merupakan campuran dari dua element, yaitu besi, beberapa logam lainnya dan karbon. Tembaga(Cu) dan Timah (Tin/Sn) ketika dicampurkan akan membentuk alloy yang kita kenal dengan nama perunggu.

Perunggu ini memiliki sifat yang lebih unggul daripada timah dan tembaga. Perunggu memiliki karakter yang lebih kuat dibandingkan tembaga dan timah, selain itu juga lebih tahan terhadap korosi.


Walaupun emas yang diperoleh di alam bisa jadi merupakan emas murni, namun emas yang umumnya dipakai wanita tidak benar-benar murni, bisa jadi itu merupakan alloy. Emas (Gold/Au) memiliki sifat yang lembek dan mudah sekali bengkok sehingga perhiasan dibuat dengan menggunakan campuran alloy emas-silver. Ini dilakukan agar perhiasan dapat bertahan lebih kuat ketika digunakan.

Alloy memiliki manfaat yang sangat penting dalam mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan. Dengan digunakannya bahan-bahan alloy pada mesin pendorong jet, maka proses aviation dalam mesin jet berjalan dengan lancar dan lebih aman.

Penggunaan bahan-bahan alloy pada badan pesawat terbang sehingga memberikan berat badan pesawat yang seringan mungkin dengan kemampuan bertahan yang sangat kuat. Teknologi alloy ini memberikan kita teknologi transportasi udara yang sangat nyaman dan luar biasa.

Saat ini, penggunaan alloy sudah sangat luas. Bahkan pada body sepeda digunakan Alumunium alloy, Magnesium alloy ataupun Titanium alloy. Bahan-bahan ini memiliki kombinasi antara sifat ringan dan sangat kuat. Dengan menggunakan material alloy ini, sepedah lebih tahan dari korosi, lebih kuat di berbagai medan dan yang terpenting menjadi sangat ringan dan nyaman untuk digunakan.

 

Kesimpulan Pengertian Alloy dan Penggunaanya

Material alloy merupakan campuran dua logam yang memiliki sifat yang khas dan sesuai dengan pengaplikasiannya. Penggunaan alloy pada umumnya disesuaikan dengan kebutuhannya dalam dunia industri, ini mengacu pada kekerasan, berat, dan sifat spesifik yang dimiliki oleh material tersebut.

 

Sumber: Watkins, et all., 1989, General Science, Harcourt Brace Jovanovich inc., Florida, USA.