Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata?

Apa yang akan kalian katakan kalau ternyata ada teman kalian yang menyatakan teori bahwa bumi itu datar? Shock? Kaget? atau langsung mengatakan kalau dia idiot dan gila? Aku sendiri merasa wajar, saat mendengarnya.

Kenapa? Karena aku sudah dengar tentang pergerakan Flat Earther ini di Flat Earth Society beberapa tahun silam. Teman kontrakanku yang kasih tahu, kemudian saat itu aku browsing dan mendapati bahwa ternyata banyak ilmuwan yang juga mengikuti gerakan ini. Artinya apa? Flat Earth ialah sebuah teori konspirasi yang digagas dengan serius dan cukup cerdas!

Ketika tahun 2015 yang lalu gerakan ini kembali muncul di Amerika, seorang saintis Neil de Grease Tyson langsung maju dan menjelaskan (pada sebuah reality show). Kebetulan aku nonton di Youtube, dan dia mengatakan bahwasanya pemahaman ini tidaklah berdasar. 
Akhirnya, karena aku kurang kerjaan, aku tonton videonya dan mencoba menyampaikan beberapa kritik hal yang perlu untuk kalian ketahui. Tulisan ini merupakan respon dari video 1:

https://www.youtube.com/watch?v=E9tL-lPsDZM&list=PLQt5a4m_Y05VI4WwgOLKxWXIw655PlHH2&index=1

Foto Bumi Bulat ialah Rekayasa CGI

Kalau kalian mencari gambar bumi di google, maka semua gambar bumi berbentuk bulat ialah CGI (computer generated imaginary/buatan komputer). Ini benar, bahkan semua foto bumi bulat yang dipublikasikan NASA juga CGI. 
Tapi, darimana gambar CGI ini dibuat? Ternyata gambar-gambar CGI ini dibuat dari fotografi satelit NASA. Jadi gambar CGI ini dibuat berdasarkan sekumpulan gambar-gambar yang diperoleh oleh satelit luar angkasa yang dimiliki NASA yang kemudian digabungkan menjadi satu.

Kenapa perlu menggabungkan banyak foto untuk jadi satu foto bumi bulat? Karena bumi berukuran sangat besar dan satelit yang ada tidak cukup jauh untuk mengambil gambar satu bumi penuh (bumi bulat).


Misalkan saja kalian ingin memotret foto rumah, tetapi posisi kalian hanya satu meter di depan rumah, apa kalian bisa mengambil foto rumah kalian secara penuh? Tentu saja tidak, sekarang permasalahannya, kalian tidak bisa mundur, hanya bisa mengitari dalam jarak satu meter itu saja, bagaimana cara agar bisa dapat seluruh gambar rumah? Tentu saja dengan mengambil banyak foto dan kemudian menggabungkannya. 
Buktinya NASA menampilkan potongan gambar bumi ini di homepage-nya:

Ini adalah bagian dari bumi yang dipotret oleh salah satu satelit nasa. Terlihat disini kalau ada lengkungan dibagian pinggiran bumi.

Banyak Satelite di Angkasa

Setidaknya ada 1381 satelit di angkasa. Tidak semua foto satelite ini merupakan CGI, kalian bisa cari sendiri foto real satelit. Tetapi tetap saja kalau sudah nggak percaya akan susah urusannya. Di video dikatakan bahwa angkasa luar penuh sesak dengan satelite. Mari kita lihat dengan perspektif yang lebih baik.

Satelite yang paling dekat dengan permukaan bumi disebut sebagai LEO (Low Earth Orbit) yang beredar di bumi pada ketinggian 160-2000 km. Jumlah satelit LEO ini sekitar 500 satelit. Jika melihat luas permukaan bumi (bulat), maka ada 500 satelit yang beroperasi di luasan  510,072,000 km2. Jika kita bagikan  ialah 510,072,000 km2 : 500=  +-1.000.000 km2. Jadi hanya akan ada 1 satelit setiap 1.000.000 km2.

Selain jumlahnya yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan bumi, ternyata ukuran satelit juga sangat kecil, terlalu kecil untuk bisa teramati di teleskop. Ukuran dari ISS (International Space Station) ialah sebesar lapangan American Football (0.0055km^2) sedangkan bulan ialah 9.476.927 km^2, perbandingannya 1:1.723.077.636,3636. Satelit yang ukurannya 1/1.723.077.636,3636 kali ukuran bulan ini bergerak dengan kecepatan 28.000 km/jam (ket: kita bahas di Final Part). Sudah kecil, bergeraknya sangat cepat lagi, fakta-fakta inilah yang menyebabkan sangat sulit untuk melihat satelit melalui teleskop.

Maka menemukan sebuah satelit tidaklah semudah yang pembuat video ini katakan. Walapun begitu, tetap masuk akal sekali kalau kita seharusnya bisa melihat satelit di langit dengan teleskop. Oleh karena itu ada orang yang membuktikannya, ini sebuah video dimana seseorang mengamati satelit menggunakan teleskop:

https://www.youtube.com/watch?v=rIesWBTUeiI

Pasti akan muncul pertanyaan seperti ini “teleskop bisa menampilkan gambar planet-planet lain, tetapi satelit yang dekat nggak bisa dilihat dengan jelas?”

Itu karena ukuran satelit memang sangat kecil jika dibandingkan dengan planet. Seperti venus misalnya, kita bisa mengamati bahkan dengan mata telanjang. Jadi wajar kalau teramati dengan lebih jelas menggunakan teleskop, sedangkan satelit ukurannya sangat-sangat kecil bila dibandingkan dengan planet.

Baca Juga: Kecepatan Satelit 28.000 km/jam sangat masuk akal!

Kesimpulan

Video ini berisi informasi yang kurang lengkap. Karena hanya memuat informasi-informasi yang mendukung pendapat bahwa bumi itu tidaklah bulat. Seperti diberitahukannya bahwa gambar bumi bulat merupakan gambar CGI dari NASA, tetapi tidak pernah diberitahukan bagaimana gambar itu dibuat. (Sebagian besar orang akan mengira NASA 100% mengarang foto bumi tersebut).

Dipaparkan informasi kalau tidak pernah ada orang yang melihat satelite dari teleskop. Tetapi tidak pernah diberitahukan seberapa kecil satelite tersebut jika dibandingkan dengan bulan ataupun planet-planet di tata surya kita. Fakta bahwa satelite berukuran sangat kecil jika dibandingkan planet, membuat kemungkinan satelite terlihat oleh teleskop sangatlah kecil, dan ini hal yang wajar.

Itu adalah dua penjelasan dan fakta yang bisa aku jabarkan. Berikutnya kalian bisa membaca lanjutan dari ulasanku mengenai Flat Earth Ini:

  1. Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata? #part1
  2. Flat Earth Theory – Pembantaian Sains dan Logika #part2 
  3. Flat Earth Theory – Keping-Keping Sains #part3
  4. Teori Bumi Datar – Let’s do The Math #part4
  5. Teori Bumi Datar – Apa yang Dilakukan Habibie? #part5
  6. Teori Bumi Datar – Matematika Angkasa Dalam Narasi #part6
  7. Final Part – Not Rocket Science
Silahkan membaca.. 🙂
 Jika belajar sains itu logis dan menyenangkan, silahkan share tulisan ini. Biar teman kalian juga memiliki wawasan sains yang luas. 🙂

Jika ada komentar silahkan sampaikan dengan sopan, saya akan tampilkan semua komentar baik itu pro atau kontra. 🙂


Sumber:
wikipedia.org
Universetoday.com
Physicscentral.com
http://curious.astro.cornell.edu/about-us/41-our-solar-system/the-earth/orbit/87-how-do-you-measure-the-distance-between-earth-and-the-sun-intermediate
http://eaae-astronomy.org/WG3-SS/WorkShops/Triangulation.html
http://www.space.com/17683-earth-atmosphere.html
http://ds9.ssl.berkeley.edu/solarweek/THURSDAY/history.html
https://www.quantamagazine.org/20150113-a-proof-that-some-spaces-cant-be-cut/


Gambar:
http://peacefreedomprosperity.com/wp-content/uploads/2015/11/000044.jpg
http://photojournal.jpl.nasa.gov/jpegMod/PIA20591_modest.jpg

626 thoughts to “Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata?”

  1. Jadi gini mas, itu dihitung dari luas bola bukan lingkaran. Kalau situ masih mo pakai rumus luas lingkaran yah silahkan saja. Makasih link YT-nya, besok saya hapus komennya karena mencantumkan link, mohon jangan ngamuk yah.. 🙂

  2. permisi all.
    saya nggak tau jarak antara bumi,bulan dan matahari.saya juga nggak tau berapa kecepatan masing2 ( bumi n bulan ) saat berotasi dan berevolusi.yg saya tau bumi berotasi 24jam/hari dan berevolusi 365hari/tahun.
    kira2 lumayan kencang donk pasti nya kan!!!

    pertanyaan saya, saat pesawat/helikopter/balon melayang d udara apa bisa mengejar kecepatan bumi berotasi dan berevolusi kalo nggak dengan kecepatan super!!!!?

    atau saat maen layang2 kita kendalikan dengan benang yg mana kaki kita berpijak k bumi.
    jika bumi berotasi dan berevolusi pasti kecepatan nya cukup kencang, dan pasti benang ayang2 akan putus.
    itu alasan kenapa satelit kecepatan d atas kertas 28.000kmh yaaa untuk mengimbangi kecepatan rotasi dan evolusi bumi.

    kecepatan satelit 28.000kmh (katamya ).tapi kenapa design nya nggak aerodinamis untuk mengurangi tekanan angin seperti pesawat tempur. mobil sport d design seruncing mungkin untuk mengurangi gaya aerodinamis.

      1. Apakah nyamuk yang terbang di kereta super cepat akan bergerak dan ketinggalan jauh dengan kereta tsb? Jelaskan!!

  3. Mohon maaf sebelumnya gan.. Saya sudah mencari artikel" tetang bumi datar dan bumi globe.. Semuanya bisa saya ambil.. Yang buat saya bertanya" pada bumi globe sejak saya SMA… Ketika akhir zaman.. Ketika matahari terbit dari barat.. Apakah manusia dibumi tidak merasakan efek ketika bumi berubah rotasinya? Dengan kecepatan yang begitu cepat.. Sedangkan kalu dibumi datar.. Matahari yang berubah putarannya…
    Bukan berpihak pada flat earth ato apalah.. Saya hanya orang yang ingin blajar dan mencari kebenaran..
    Terima kasih

    1. perubahan rotasinya bertahap.
      mula mula kecepatan rotasi melambat
      terus menjadi nol
      lalu berbalik arah rotasi

      ada ilmuwan yg menyatakan perubahan arah rotasi tidak mustahil. search saja

      kalo berpikir bumi datar, kalo orang awam wajar tertipu. kalo saintis nggak mungkinlah. apa mau kembali ke abad sebelum masehi.

      semoga membantu

      1. Artix disaat kecepatan rotasi bumi=0 maka semua makhluk hidup di muka bumi melayang atau terlempar entah kmn termasuk lautan krn gravitasi 0…begitu ya…hadeh!!!

    1. ini yang jadi pertanyaan saya. saya lihat gambar dari nasa foto astronot sedang melakukan sesuatu di luar stasiun angkasa yg katanya bergerak sangat cepat, tapi astronot tetap di posisi semula. apakah pas di foto stasiun nya berhenti dulu atau gmana?

  4. Jabarkan juga ayat quran nya dong ka tadi ada yg nanya kan, kalau bisa part2 nya dibikin pake video lagi biar baca nya engga bosen gitu:3 mau nanya ya boleh kan 1. Kenapa presiden obama tahun lalu menolak rapat flat earth? 2. Kenapa daerah antartika dilarang dilintasi? 3. Perahu yg lama lama menghilang setelah dizoom masih ada adalah perspektif. Bagaimana menurut anda? 4. Jika bumi lengkung jika dilihat dari negara *** lupa lagi :d nyatanya tidak lengkung 5. Adakah rumus apabila setelah dimasukan angka2 diameter bumi bulan matahari dsb bisa menghasilkan siklus gerhana? 6. Tadi kk diatas bilang kalo teleskop bisa melihat satelit tapi ukurannya kecil tdk jelas juga kecepatannya yg cepat itu sehingga tdk bisa menghasilkan gambar yg akurat sedangkan bulan bisa dilihat dgn teleskop, padahalkan bulan juga berotasi serta berevolusi, gimana tuh ka? 7. Live video NASA diluar bumi dari satelit kenapa satelit yg lain tdk terlihat? Segitu aja dulu ka soalnya banyak-, trims

  5. Mau tanya kaka2 sekalian saya sdh liat video FE lagi nunggu eps 12 , 1. kenapa pihak amerika seperti presiden obama dlm pidatonya dulu menolak rapat tentang flat earth? 2. Perahu yg dilihat dari jauh padahal sebenarnya apabila di zoom berlipat2 adalah perspektif bagaimana menurut anda? 3. Apabila bumi berputar bagaimana bisa pesawat dapat terbang sampai ke tujuan? 4. Cara kerja balon apabila ada gravitasi? Sebenarnya saya mempertanyakan banyak hal, tetapi begitu saja dulu

    1. hal hal yg kamu tanyakan.. itu sudah membuktikan bumi tidak bulat.. kalw datar atw tidaknya.. Wallahualam.. suatu saat pasti akan terungkap benar tidaknya.. mantabz..

    2. untuk dapat mengamati lengkungan bumi, kamu harus naik sampai ketinggian beratus ratus kilometer, itupun lengkungnya hanya sedikit (masih terlihat datar) karena ukuran bumi yang sangat besar diameternya beribu ribu kilometer. begitu juga perahu, selama jaraknya hanya beberapa kilometer saja, maka faktor kelengkungan bumi tidak akan nampak bila hanya dengan mata atau teleskop biasa, coba diamati dengan teleskop laser atau yg lebih teliti lagi.
      semoga membantu.
      Tambahan di youtube ada penjelasan dari Dr Zakir Naik tentang Ayat Al Quran mengenai masalah ini.

  6. Lucu kalo melihat penjelasan diatas. Dibilang mungkin kalau kecepatan satelit 28.000km/jam. Silahkan liat video resmi NASA di YouTube ketika astronot berada diluar satelite. Wong orang ngumpet di deket baling baling pesawat yang kecepatannya gaada 10% dari 28.000km/jam aja pingsan. Ko 28.0000 km/jam biasa biasa aja��

  7. Terus negara AS dan uni soviet memborbandir langit pake bom nuklir dan ga tembus tembus ? Bom nuklir saja ga bisa menembus dan satu lagi temperatur diluar atmosfer itu berapa derajat celcius? Ko desainnya g dinamis mlah kaya kaleng?

  8. di video peluncuran bri sat, pd saat satelit sdh di orbit, kok ada bagian yg memperlihatkan bagian satelit yg jatuh ( krn satelit membuka ), satelitnya sendiri melayang-layang. dan lebih aneh lagi, bgitu satelit tiba di orbit kok sudah ada orang yg merekam satelit tsb dari jarak dekat di angkasa..

  9. Soal bumi datar atau bulat saya tidak begitu yakin..yang saya yakini terjadi nya siang dan mlam bukan karna bumi berputar tapi karna matahari yang mengelilingi bumi.. ..
    Bukti nyata (GE berkata roket tidak pernah terbang lurus ke atas karna efek bumi berputar) saya lantas mencari tau kecepata rotasi bumi berapa dan ketemulah angka angka nya 0.4km/s ya 0.4km perdetik..kalo roket bisa terbang melengkung itu karna rotasi bumi,bukan karna roket nya di seting terbang nya melengkung, harus nya saat saya menjatuh kan benda dari atas gedung,harus nya benda tersebut tidak jatuh tepat di bawah gedung karna ada rotasi bumi dan jika saya hitung harus nya benda tersebut bergeser sekitar 1km dari gedung karna saat benda tersebut jatuh lebih dari 2 detik buktinya benda tersebut jatuh tepat di bawah gedung… .kesimpulan nya BUMI TIDAK BEROTASI ROKET MELENGKUNG KARNA DI SETING TERBANG NYA MELENGKUNG ….

  10. Untuk TS dan para pro ball-earther gk perlu sinis dgn flat-earther. Justru dg adanya komunitas tsb kita disuguhkan peradaban dan pola pikir pra Galileo tanpa perlu mesin waktu. Buat yg hobi stand up comedy ini, bisa dijadikan materi yg sgt original. Thank's flat-earther!

  11. Saya hanya ingin bertanya, satelit terbuat dari apa? Berapa beratnya? Kok bisa tahan terhadap sinar matahari langsung? Tidak meleleh dan kuat melawan tekanan udara? Sedangkan pesawat yang dibuat hampir menyamai kecepatan suara aja bentuk dan bahan nya sangat kokoh?
    Lalu nasa menayangkan siara live dari satelit(bisa anda cek di youtube) kok satelitnya cuma satu ya? Kata nasa sendiri jumlah satelit ada lebih dari 13ribu? Mohon pencerahannya. Btw gambar bumi datar bukan seperti yang ada post diblog anda ini

  12. Klo atmosfir ada 8 lapis maka jika ada foto bumi dari bulan apakah atmosfir itu terlihat? Dan masing-masing atmosfir itu ketebalan nya brapa? Klo ada foto bumi dari bulan terlihat apakah awan akan terlihat? Lalu apakah satelit menembus atmosfir? Dan klo saya liat dari semua foto bumi yg ada di google itu background nya berwarna hitam pekat lalu klo begitu di mna sinar mataharinya? Dan saya juga pernah di ajarkan oleh guru saya bahwa di atmosfir itu sangat panas dan panas nya bisa melelehkan baja setebal/sekuat apapun lalu satlit dan roket itu terbuat dari apa? Klo di lihat dari foto bumi yg ada di google bagaimana proses terjadinya hujan? Dan saya juga liat foto bumi di google itu bulat sempurna dan tidak ada blurr sama sekali padahal bumi berputar dengan kecepatan 1600km/jam bagaimana bisa kita memoto objek yg bergerak dengan kecepatan tinggi tanpa ada blur sedikit pun kamera seperti apa yg di pke untuk memfoto bumi itu?
    Maaf mas sebelumnya saya hanya mau tanya saja, klo pertanyaan saya lucu dan hanya membuat tertawa doang karna saya sendiri blom tau apa-apa dan saya juga awam.

  13. Ibarat kita naik bus ya???
    Tp kenapa astronot saat peluncuran pesawat ulang Alik harus pakai sabuk pengaman extra kuat??? Padahal kan pesawat ulang Alik lebih rapat

  14. Teori Flat Earth sebenarnya mempertanyakan beberapa hal yang utama. Salah satunya adalah konsep jarak dan ukuran bumi, bulan dan matahari serta orbit dan rotasinya yang berkaitan dengan terjadinya gerhana. Dengan konsep angka-angka itu tidak dapat dilakukan perhitungan matematis untuk mengetahui kapan terjadinya gerhana bulan/matahari secara tepat. NASA justru menggunakan siklus saros dari 2000 tahun yang lalu untuk menghitung kapan terjadinya gerhana. Mungkin ada yang mengatakan bahwa sains itu berkembang dari zaman dahulu sampai sekarang sehingga wajar jika NASA menggunakan siklus saros dan dikembangkan dengan teknologi saat ini sehingga bisa mengetahui terjadinya gerhana secara tepat waktu dan titik/lokasinya. Yang mungkin lupa adalah bahwa siklus saros itu menggunakan konsep geosentris, bahwa matahari yang mengelilingi bumi. Sementara NASA dengan konsep teori (yg katanya) modern meyakini heliosentris. Jadi lucu pihak yang meyakini heliosentris tapi menghitung gerhana dengan siklus yang berdasarkan geosentris? Itu bukan sains yang berkembang, tapi memang hal bertolak belakang. Silahkan chek di situs NASA tercantum bahwa perhitungan gerhana yang mereka lakukan berdasarkan data geosentris!
    Perjanjian antartik memang tidak berbunyi larangan secara eksplisit, tapi menunjukkan bahwa hanya ada beberapa negara yang berhak menjaga lokasi tersebut. Negara-negara besar/maju tidak/belum mampu mengekplorasi antartika yang terletak di bumi dengan berbagai alasan, namun bisa mengklaim sudah mengeksplorasi bulan dan planet-planet lain yang jarak dan hambatan nya pasti jauh lebih besar (kalo benar jaraknya ratusan ribu atau jutaan km).

  15. trus terang gue jadi bingung ,,pertanyaan kusus untuk bumi datar ,,semua soal pandangan melihat bumi dari pesawat dll dan bukti2 bumi selalu datar walaupun di lihat dngan jarak yang jauh. sekarang pertanyaanya kalau matahari di lihat dari bumi dengan jarak 5ribu km otomatis bagian bumi sebalah barat ada yang melihat matahari sliding atau belok ke utara trus kalaupun belok otomatis klo mau terbit dari timur lagi kan membutuhkan matahari jalan ketimur lalu belok keselatan belok lagi kebarat seperti yang kita lihat setiap hari ,,dan adakah mahluk bagian bumi yang paling ujung entah itu barat atau timur melihat matahari belok untuk selanjutnya terbit lagi dari timur ini pertanyaan untuk bumi datar ,,

    1. itu karena kamu belum lihat model peta bumi datar.. padahal banyak di internet.. dilambang PBB saja ada.. coba deh cari.. pasti ada itu.. ok fix..

      1. kalo bumi datar bagaimana bisa terjadi matahari terbit dan tenggelam….harusnya cuman bumi menjauh kalo bumi dianggap datar.

  16. Kalau bumi ini bulat seperti bola dan berputar pada porosnya seperti yg di jelaskan selama ini. Kenapa waktu perjalanan dari 1 tempat ke tempat yg lain saat pergi, bisa sama saat pesawat kembali ke semula. Contoh pesawat pergi dari pulau sumatera ke pulau jawa, menempuh perjalanan 1 jam. Balik dr jawa ke sumatera waktunya sama, harusnya lebih cepat donk jika bumi ini berputar??

  17. 28.000 km/jam yakin….??? Itu kecepatan hypersonic loh,lihat gak wkt orang2 nasa mbenerin satelitnya…??kok gak terpental,kalah ama komeng naek jupiter mx 150cc udah pada hancur bajunya padhal 130 km/jam yg 28.000km/jam orangnya jadi apa…ehehehe

  18. Pernyataannya banyak yg menyangkal ttg bumi datar. Gausah debat ttg bumi datarnya, tujuan kita untuk ngeruntuhin "new world order"nya para satanisme ateisme yg udah memanipulasi kita semua selama 500tahun

  19. Dalam kecepatan sperti itu, bagaimana bisa panel2 nya tidak hancur.?? Bagaimana bisa bertahan pada hal suhu di ketinggian seperti itu sudah sangat extreme panasnya. Material apa yg digunakan untuk membangun sebuah satelit sehingga bisa sangat kokoh hingga bertahun2 & dalam kecepatan dan suhu yg konstan seperti itu??

  20. Bissmillah…..

    Perintah Allah pertama kali pada nabi! Iqra'!! Bacalah!! Bukan nontonlahh!!

    Jadi mari kita membaca semua perbandingan fakta melalui penjelasan Ilmiah dan matematis.

    Al-Qur'an itu dalam tingkat tafsirannya. Jangan langsung menangacu pada satu ayat. Banyak kata kata tersirat.

    Tidak pernah satu ayatpun melenceng dari ilmu pengetahuan. Kalaupun ada, pasti Tafsirannya salah atau Ilmu pengetahuannya yang salah.

  21. Yang agak bikin tergelitik pas percobaan di Inggris utk membuktikan ada lengkungan bumi (karena bundar). Pada jarak 7 km an, seharusnya benda tersebut tidak bisa kelihatan karena ada lengkungan tapi ternyata tetap terlihat dengan kamera jarak jauh. Itu juga fakta yang lumayan kuat ya? Atau seharusnya pembuktian nya utk jarak yang lebih jauh?

  22. oke mas admin, sebeneranya saya sudah sangat bosan dengan pembahasan dan komen komen yang sengat bejibun ini, luar biasa blog anda, sampai ada 500an komen yang tertera, tapi dari sekian banyak komen dan penjelasan anda di atas, mengenai satelit yang tidak aerodinamis karna memang bukan air craft, benar? oke beberapa hal yang saya ingin tanyakan kepada admin, saya ingin anda menjelaskan dengan fakta yang ada dan teori yang masuk akal,

    pertama, dengan kecepatan satelit 28000 km/jam tanpa bahan bakar karena satelit berada di ruang hampa, jadi tidak ada gesekan yang terjadi sehingga satelit tidak akan berhenti dan tetap berada di kecepatan yang tetap, benar? jadi bagaimana cara satelit ini mendapat dorongan pertama dengan kecepatan 28000 km/jam tadi, sehingga satelit tadi tetap berada pada kecepatan yang tetap, silahkan anda jawab dengan bukti,?

    Kedua, tanpa bahan bakar, bagaimana satelit bisa mengikuti perputaran bumi pada porosnya, sedangkan bumi berbentuk bulat? oke, kita pakai logika, pada ruang hampa jika benar ada dorongan pertama pada satelit, setelah itu tidak ada lagi dorongan pada satelit lalu satelit bergerak terus mengelilingi bumi yang "BULAT", sedangkan seharusnya ketika benda didorong di ruang hampa, benda tersebut harusnya bergerak lurus saja, lalu bagaimana bisa bergerak membulat mengikuti rotasi bumi? jelaskan dangan teori yang benar dan masuk akal!

    Ketiga, jika anda memiliki jawaban dari dua pertanyaan saya diatas harusnya anda juga bisa menjawab pertanyaan saya ini, pada pertanyaan kedua tadi saya menanyakan tentang kecepatan satelit yang mengikuti rotasi bumi, ketika satelit mengikuti rotasi bumi , maka secara tidak langsung satelit juga mengikuti bumi dalam evolusi matahari? pertanyaanya sama, bagaimana satelit yang tanpa bahan bakar tadi mengikuti rotasi bumi dan revolusi bumi dan satelit tersebut tetap berada pada orbitnya, sedangkan kembali lagi di ruang hampa tidak ada gesekan, yang dapat menhentikan pergerakan dan "membelokan" satelit tersebut. lalu relevankan, kecepatan 28000 km/jam dengan mengikuti kecepatan rotasi bumi dan juga revolusi bumi?????

    terakhir, pada pertanyaan ini saya tidak menbahas mengenai satelit dan ruang hampa lagi, kali ini saya akan mebhas mengenai barat dan timur, rotasi bumi itu bergerak barat kearah timur, sehingga matahari yang diam tampak bergerak dari arah timur kebarat, oke, yang kita bhas disini sebenarnya bukan masalah matahari, yang kita bhas adalah penerbangan, jika bumi berotasi dari arah barat ketimur, maka pesawat yang ada langit atau udara, tidak akan terkena atau terpengaruh oleh rotasi bumi, kecepatan pesawat boeing 747 yang dipakai oleh garuda indonesia adalah 909 KM/jam (Wikipedia) dan rotasi bumi adalah 1040 mph atau 1673 km/jam pada khatulistiwa, dengan kecepatan tersebut peawat boeing 747 dengan kecepatan 909 km/jam berangakn dari medan (barat indonesia) menuju jakarta (arah timur dari medan/Timur indonesia), lalu ketika diudara boeng 747 ini tidak bersentuhan lagi dengan bumi maka akan keluar dari zona rotasi bumi, lalu pesawat itu berangkat kejakarta dari kota medan, lalu anda pikirkan kecepatan rotasi bumi yang juga berputar kearah timur, siapa yang lebih cepat? apakan pesawat boeing ini bisa sampai jakarta dengan perbedaan kecepatan sekiar 700 km/jam antara pesawt dan rotasi bumi? yang ada selama ini adalah kecepatan berangkan dan kembali waktunya sama saja,(selain delay) hahaha

    mohon maaf ini cuma pertanyaan yang sempat membingungkan bagi saya, mohon dijawab admin, mohon pencerahnya!

    1. saya coba jawab prtnyaan ke 3.
      Bumi itu berotasi bukan hanya tanahnya, tpi ikut dgn casingnya, bisa jd atmosfer atau perkiraan saya ada lg lapisan melebihi atmosfer, lapisan inilah yg meng cover semua isi bumi supaya tetap dalam kecepatan rotasinya. saya analogikan sprti dalam pesawat penumpang yg bisa dikatakan melesat ckup cepat, kenapa pramugari bsa brjalan nyantai aja? atau dari bangku penumpang anda cba lemparkan sebuah donat lurus ke atas, kira2 jatuhnya dmn? sya rasa msh di bangku anda.

  23. Aku dah percaya bumi datar gara gara nonton video di youtube konspirasi bumi datar dari 1 sampai 10,pas udah percaya kali ehh admin ini ngejelasin yg masuk akal juga,jadi bingung ni bulat atau datar,, ,mana mata dah mau buta baca komentar dari pertama sampek habis

  24. Assalamualaikum,Saya netral sebagai orangIndonesia, semua orang Indonesia kan, saya ingin tau tentang satellite, jika satellite itubenar ada dgn kecepatan 28000km/h Alhamdulilah, tapijika satellite itu ga masuk diakal uang negara/kita/rakyat Indonesia bayar satelite dikemakan, rugi ga kita(pro flat earth, anti flat earth) minta bantuan pencerahaannya?

  25. saya sendiri tidak terlalu mengerti soal FET tapi pas ada pertanyaan kenapa kutub selatan tidak ada yg bisa dileati mungkin kadar oksigen yang rendah disana, karna ada dari beberapa film yg saya tonton pesawat tidak bisa terbang karna kadar oksigen yang rendah…. jadi banyak orang yg tidak kesana…
    sekali lagi ini cuma pendapat kalo bisa luruskan tolong diluruskan yah heheh

  26. Kalo saya liat di FET tentang uji coba bom nuklir yang tidak bisa menembus langit/kubah bumi/atmosfer, bagaimana bisa asteroid/komet/meteor bisa menembus bumi? Teory Flat Earth menurut saya malah lebih mengganjal jadinya.

    Lalu kalo bumi datar, kenapa siang hari di Kutub lamanya bisa 6 bulan? Padahal kalo bumi datar harusnya setiap hari di kutub pasti ada pergantian siang dan malam?

  27. Ini pendapat saya, lengkungan d pinggir bumi itu atmosfer, klau anda fto bola mainan pasti dari sisi manapun akan terlihat bundar dan datar, BUKAN BULAT. Klau mmang bumi datar, pasti dengan transportasi yg maju sekarang kita bsa mnemukan batas bumi di sekeliling bumi. Tidak harus k kutub, kutub itu titik sumbu bumi,bukan batas.

  28. haha ,bagaimana dengan proyek triliunan dolar milik AS ? mereka membuat bom atom yang kekuatan nya 2000 kali lebih besar daripada bom atom hiroshima nagasaki hanya utk menghancurkan kubah bumi, nyatanya kubah bumi tidak (akan) hancur,lalu bagaimana cara satelit bisa tiba di angkasa sedangkan bom atom yang kekuatannya 2000 kali lebih besar dari hiroshima nagasaki saja tidak mampu menembus kubah bumi. miris sekali , selama ini kita tlah dibohongi oleh nasa

  29. Admin bikin ulasan tentang game kerbal space program.
    Itu adalah game yang mendasari tata surya dan itu di sederhanakan dengan game tersebut.
    Saya merasa kasian pada orang2 awam dan juga sebagai dasar tentang satelit, roket dan planet dan satelit alaminya.

  30. Numpang tanya nih kalau misalnya bumi kita bulat pasti kan ada diameter bumi toh klo dilihat dari ketinggian itu pasti ada lengkungannya entah itu hanya beberapa cm aja . dalam video flat earth sudah diamati dengan pesawat yg terbang di permukaan laut di ketinggian dan hasilnya ttep aja datar itu menurut saya juga sudah membuktikan kalo bumi itu datar bukan bola !!! bukti lain coba deh tonton ulang video NASA ke bulan,katanya di bulan gak ada udara, tapi kenapa bendera AS bisa berkibar kaya gitu? masih banyak kejanggalan lain .coba cek aja di youtube dan nilai sendiri?

  31. At-Thabari meriwayatkan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu tentang Baitul Makmur.

    Jawaban Ali Radhiyallahu ‘anhu,

    بيت في السماء بحيال البيت، حرمة هذا في السماء كحرمة هذا في الأرض، يدخله كل يوم سبعون ألف ملك، ولا يعودون إليه

    Itu adalah bangunan di langit, sejajar dengan Ka’bah. Kemuliaan bangunan ini di langit sebagaimana kemuliaan Ka’bah di bumi. Setiap hari dimasuki oleh 70.000 malaikat, dan mereka tidak kembali lagi. (Tafsir at-Thabari 22/455 dan dishahihkan al-Albani).

    At-Thabari juga menyebutkan riwayat yang mursal dari Qatadah (ulama tabi’in), beliau mengatakan,

    ذكر لنا؛ أن النبي صلى الله عليه وسلم قال يوماً لأصحابه: هل تدرون ما البيت المعمور؟ قالوا: الله ورسوله أعلم، قال: فإنه مسجد في السماء، تحته الكعبة، لو خرّ لخر عليها

    Sampai kepada kami informasi bahwa satu hari, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda di hadapan para sahabatnya, “Tahukah kalian, apa itu Baitul Makmur?” jawab beliau, “Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.”

    Lalu beliau menjelaskan, “Baitul Makmur adalah bangunan masjid di langit, tepat di bawahnya adalah Ka’bah. Andai masjid ini jatuh, dia akan jatuh di atas Ka’bah.” (Tafsir at-Thabari 22/456. Riwayat ini juga dikutip Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, 7/429).

    Dalam Silsilah as-Shahihah dinyatakan,

    وجملة القول أن هذه الزيادة ((حيال الكعبة)) ثابتة بمجموع طرقها

    Kesimpulan keterangan bahwa tambahan riwayat ‘sejajar dengan Ka’bah’ statusnya shahih, dengan gabungan semua jalur periwayatannya. (as-Silsilah as-Shahihah, 1/476).

    gimana kalo bumi berotasi? dan baitul makmur ngikutin rotasi bumi? sedangkan posisinya di langit ke tujuh. mohon koreksinya kalau saya salah ya kawan2, saya hanya manusia biasa yg masih pgen bnyak belajar.

  32. Maaf anonim, cuma mau curhat aja, garagara Seorang dikelas saya yang "pinter" ngejelasin bahwa bumi itu datar, temen" saya yang jadi hampir nambah yang percaya kalau bumi itu datar, dia ngejelasin bahwa bumi itu berkubah lalu tidak akan ada yg bisa menembusnya tanpa "kekuatan"nya (nah, saat smp (skr sma) saya diajarin disalah satu bab tentang ilmu, nah ayat yang menjelaskan hal tersebut ada hubungannya dengan bab itu, yang dimaksud kekuatan itu ialah ilmu, jadi yang saya tangkap kita menembus bumi dengan ilmu yanv kita punya), lalu wilayah ujung dunia yang katanya diantartika Dan disitu ada wilayah yang sangat luas bewarna perak Dan dijaga oleh militer (ada yg memncoba kesana Seorang letnan (kata temen saya yg flat earth) tetapi ia mati Dan menyebutkan ada wilayah yang tertutup/misterius), dan film film seperti divergent dimana salah satu scene nya ada dinding pembatas, di sisi lain menurut mereka itu wilayah yg disebut tertutup/misterius, lalu opening Disney yg menara lalu ada garis kurva diatasnya yg menandakan bumi itu berkubah (jadi intinya kata mereka, orang" yg membuat film tersebut sudah memberi "kode" bawa bumi itu datar), saya awalnya gamau mikir, untungnya apa?tapi makin lama malah kepikiran, sekarang mungkin jawaban dari semuanya hanya di akhirat:)

  33. Misi mau tanya, saya masih ada yang ganjel, misal kita terbang/berlayar dengan satu arah saja, kenapa bisa kembali ke tempat semula ? Jika bumi datar, pasti itu ada ujungnya ? Brrti kalo bisa kembali ke tempat semula brrti bumi itu bulat dong ? Minta penjelasannya, terimakasih

  34. btw mas tanya… saya tadi baca di penjelasan nya kita gak bisa ambil foto bumi secara utuh jika jarak terlalu dekat… contoh logika nya bagus dan simple.. foto rumah dari jarak satu meter dan gak bisa mundur lagi.

    tapi kalo kasusnya foto bumi kan kita bisa mundur tanpa batas tuh… satelit nasa aja ada yg sampai jupiter bberapa waktu lalu. jadi bingung mana yg benar… mohon penjelasan logi nya 🙂 thanks

  35. tidak ada yg bisa menembus kubah langit. saya mau dong di perlihatkan secara langsung dari bumi gimana rupa satelit pake teropong bintang atau apaan itu namanya, terserah. jika ada yg jadi saksi.. di share pengalamannya melihat satelit dari bumi.
    saya juga penasaran apa yg terjadi jika kutub selatan di lalui oleh pesawat melintasi ya, bukan memutar dari arah pinggiran… mungkin yg terjadi adalah bang….. pesawat akan terpental menabrak kubah langit paling pojokan. yg pasti akan kehilangan arah.. hehe.. penjelasan org goblok seperti saya. mohon di tanggapi.

    1. menurut fakta yang sudah ada , luas cincin antartica itu malah belum diketahui pastinya , jadi belum bisa dibilang pesawat akan terpental begitu saja ketika melintas menerjang antartica.

      kalo soal kubah langit, saya sih udah liat ada yang udah buktiin kalo matahari itu gak sebesar dan gak sejauh teori buku geografi ^_^

  36. klo saya sih liat di video yg menangkap satelit pake teleskop merasa aneh, kok bisa cuma tertangkap seperti kilatan cahaya ?
    bukanya satelit itu mengikuti rotasi bumi dan diam pada orbitnya ?
    misalkan satil yg orbitnya di atas indonesia, kan seharusnya gampang untuk melihat satelit itu dr indonesia pakai teleskop meskipun terlihat seperti titik cahaya, tp kenapa video yg ada malah titik cahaya yg bergerak sangat cepat ?

  37. mau bulat atau datar emang kalian mau ngapain?
    GE selama ini percaya bulat yasudah kan memang begitu, ngapain nanggepin FE? ga ad kerjaan ?
    FE kalian mau balik ke jaman purba? silahkan, merasa dibohongi? trus mau ngapain? kenapa kalian ga demo aja ke kantor NASA, kok malah menghasut org lain ?
    penganut paham FE ada yg pinter dan genius juga? hahahahahaha yakin dia hidup di jaman ini? kalau jamanya firaun ya mungkin
    trus ini lagi ada yg ragu2 ttg GE maupun FE,kalau ragu bikin penelitian sendiri, cuman nanya? sdangkan anda tidak mudah percaya, sia2 semuanya
    orang bodoh, kurang pengetahuan sama ngeyel itu beda

  38. Bahan bakar apa yang bisa bereaksi dan tahan lama di ruang hampa ?

    Reaksi Nukliear melipat gandakan atomnya harus dengan udara.
    Elpiji di ruang hampa hanya menjadi cairan(korek api gas hanya berbentuk cairan dalam tabungnya).
    bensin bereaksi karna udara.
    Yang bisa hidup/gerak benda diruang hampa hanya gaya tolak atau tarik medan magnet dan radiasi medan elektro magnet.

    Kentut saja tidak berbunyi di ruang hampa karena suara memerlukan udara…hehehe

  39. Permisi om admin 😀
    Wah hebat nih orang" yg komen, percaya dgn teori & dalil dari :buku, kitab, fatwa & pendapat manusia 😀
    Sampai debat" seperti ini..
    Kok percaya sama foto bumi, gk ada yg bisa buktikan bumi itu bulat / datar dari foto..
    Kluar dari atmosfir bumi saja blum ada yg bisa, besi, baja, manusia, meteoroid, asteroid, dll saja hancur, Lalu tiba" ada fotonya.. Tiba" ada satelit.. 😀
    Benar-benar hebat, saking hebatnya, sampai tidak masuk akal..

  40. Para ahli hanya ber teori dngn segala rumus rumusnya.. Katanya bumi bulat dan berputar, faktanya..penerjun payung tetap bisa mendarat d titik tujuan, seandainya bumi itu bulat dan berputar.. Tentunya seorang penerjun akan jatuh d tempat lain yang jauhnya bisa puluhan km… Bumi bulat,. HOAX

  41. Maap mas mau nanya
    Waktu itu kalau tidak salah negara amerika pernah mencoba mengebom langit dan hasilnya gagal itu ada penjelasannya ga?
    Dan satu lagi mas kalau ada benda langit masuk ke bumi itu kan terkikis atmosfer dan akhirnya terbakar tapi kenapa apolo tidak begitu?
    mohon penjelasannya
    Makasih

  42. ada yg udah baca surat arrahman ayat 33 "Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kehendak/izin Allah

  43. Saya ingin mengetahui rasa penasaran saya selama ini, mngkin mas huda atau teman2 ada yg bsa bantu masalah bumi bulat atau datar…pertanyaan saya kalau bumi bulat yang manakah yang namanya "atas"…??
    Dalam agama manapun bahwa Tuhan, malaikat, syurga, langit berada di atas…kalau bumi bulat manakah posisi atas??
    Kita berdiri salah satu sisi bumi kita menunjuk keatas langit, saat yang sama kita ambil garis lurus,seseorang yang berdiri di bagian bumi dibawah kita, jga menunjuk keatas langit berlawanan arah dengan yg kita tunjuk..belum lagi seseorang yg berada diposisi kanan dan kiri bagian bumi yang lain, saling berlawanan arah…
    Contoh mudahnya orang berdiri di ujung kutub utara menunjuk ke atas langit…tapi di waktu yang sama org di kutub selatan menunjuk arah atas ke langit…mana atas..??
    Kalau bumi bulat, tidak ada yang namanya atas…mngkin ada yg bisa membantu pertanyaan saya…

  44. Maaf sebelumnya, saya hanya ingin meng kritik saya, jika saya baca seluruh komentar yang ada, mas yang nulis ini tidak bertanggung jawab dengan apa yang ia tulis, kebanyakan pertanyaan demi pertanyaan ngacir apabila sudah tidak bisa menjawab, dan jawabanpun kebanyakan mungkin, mas berbicara pysic tapi tidak mengerti pysc itu sendiri, mas menulis tapi mas gk ngerti dgn yg mas tulis,
    hanya itu maaf, hanya kritik agar membangun yang namanya bertanggung jawab dgn apa yg mas tulis 🙂

  45. mas klw bole tau nih, saya masih heran dengan kecepatannya yang melebihi kecepatan saura, yaitu 28.000km/jam. seperti yang kita ketahui bentuk satelit tidak seperti pesawat yang mempunyai kecepatan 3 kali keceepatan suara tpi bodiny akuat dan aerodinamis, yg jadi pertanyaan knpa satelit dengan bentuk yg sedemikian rupa bisa tahan pad akecepatan 28.000km/jam dan saat ada astronot keluar dari stelit tersebut kok dia cuma melayang2 aja ga terpengaruh dengan kecepatan trsebut. seperti yang mas jelasin juga diatas saya baca salah satu komen ibarat naik bus klw udara didalam bus sma cepat dengan bus tersebut. ok klw begitu nah bagaimana jika dia bergelantungan atau dudk diatap bus (pemisalan) begitu juga dengan astronot yg keluar dari satelit kok biiisa seperti itu? mohon dijawab, tpi pada intinya saya lebih percaya bumi bulatnya seperti piring. krna begitu yg saya pelajari selama dipesantren.

  46. sebagai orang awam, saya tambah bingung dengan bentuk bumi yg sebenarnya, soalnya kedua belah pihak (fe dan re) sama" bersikukuh. saya sih lebih condong bumi berbentuk bulat, namun ada beberapa pertanyaan yang bikin keyakinan saya sama bumi bulat melemah. di antaranya : "mengapa bisa terjadi gerhana bulan di pagi hari?, padahal posisi matahari dan bulan sama" di atas horizon, katanya gerhana bulan adalah bayangan bumi yang menutupi bulan",nah kalo posisi bulan dan matahari sama" di atas horizon sungguh hal yang tak mungkin kalo bayangan bumi melengkung terlalu tajam. tolong ada yang bisa jelasin hal ini, jangan sampe saya jadi pengikut fe gara gara hal ini. terima kasih.

  47. Orang logis hanya akan bertanya fakta tanpa menggunakan asumsi.
    Orang matematis hanya akan memghitung berdasar rumus tanpa teori kemungkinan.
    Saya orang biologi. Dalam biologi selalu ada berbagai faktor atas sebuah kejadian.
    Stop menanyakan fakta dan mencecar dg rumus saja.
    Pakai kepala dingin, pakai hati, dan ingat bahwa Allah Maha Berkehendak. Jika tersebut bhw kelak Allah akan menggulung bumi, bukan berarti yg bisa digulung hanyalah karpet atau benda datar.
    Membaca firman Allah tdklah se-saklek atau (maaf) se-samin itu, sahabat² cerdas yg saya kagumi.
    Jazakumullahu khairan katsiiraan.

  48. Aku mau berkomentar sedikit
    1. Terus bagaimana caranya menerbangkan sesuatu (satelite, dsb) ke luar angkasa, tetapi katanya ada lapisan bumi yg tidak bisa ditembus? (Kuba bumi)
    2.Dunia sudah penuh dengan ekonomi politik , bahkan sampai ke tataran pengetahuan tentang alam/bumi. Mungkin kalian2 disini perlu mempelajari faktor menganai ekonomi politiknya juga agar tau perkembangan sains didesain untuk siapa?
    3.I dont care bumi mau bentuknya bulat atau datar, tetapi satu hal yg saya percayai dari FET bahwa ada 1% kaum di dunia yg bisa menggerakan dan mengilusi 99% orang di dunia. 1% itu adalah imperialis. Segalanya mereka jadikan komoditas demi keuntungan mereka. Imperialis konkrit, saya pelajari itu di ilmu sosial. Banyak referensi buku2nya juga. Mungkin teman2 dari sains bisa mempelajari itu.
    4.Yg terpenting sekarang bukan pernyataan bumi itu mau bulat atau datar, tapi bagaimana menghancurkan imperialis. Mereka Hanya 1% tapi sangat kuat. Kita sebagai bagian dari 99% harusnya bisa menyatukan kekuatan untuk mengalahkan mereka. Karena secara kuantitas, kita menang. Tapi perlu cara yg handal untuk mengalahkan mereka. Karena imperialis punya berbagai cara untuk merekayasa, mengilusi dan menghalangi orang2 yg ingin menjatuhkan mereka.

    THANKS!
    #ImperialistNumberOneTerorist

  49. ada lagi yg jadi tanda tanya dlm benak saya, apakah satelit bisa memfoto dirinya sendiri/selfie, jika bisa mungkinkah misal bank bri meminta secara berkala kepada penyedia layanan jasa satelitnya untuk memberikan gambar, video atau apa saja untuk mengetahui kondisi satelitnya. ada sekian objek yg abadikan satelit dan ada jg foto satelit yg MUNGKIN selfie ATAU difoto oleh satelit lain ATAU bahkan difoto dr bumi http://www.jpl.nasa.gov/images/mro/mro-20060919-browse.jpg betapa hebatnya ketika MRO dr orbit mars bisa mengabadikan bumi dan bulan sekaligus https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:The_Earth_and_the_Moon_photographed_from_Mars_orbit.jpg
    jika memang semua ini benar dan semua satelit yg diluncurkan halnya seperti itu dalam arti bisa dibuktikan, sy yakin teori flat earth akan runtuh.

  50. Saya ingin tau kecepatan rotasi bumi dengan kecepatan satelit diberbagai ketinggian apa memungkinkan untuk dibuatkan rumus matematikanya sehingga org bisa membuat misal wahana berupa miniatur bumi beserta lapisan atmosfer yg bisa dilihat oleh awam, sehingga orang tau misalnya mengapa satelit selalu ketinggalan atau mgkn mendahului rotasi bumi. saya rasa ini sebuah tantangan untuk meyakinkan saya yg awam atau org2 yg msh ragu dgn explorasi luar angkasa yg dilakukan NASA selama ini.

  51. 1 pertanyaan mas,, SATELIT ADA ATMOSFERNYA JUGA YAH..?? koq bisa yah dia tahan di luar angkasa sana mengelilingi matahari mengikuti bumi dengan kecepatan yang luar biasa,, dari bahan apa mas itu dibuatnya…

  52. Satelit yang ukurannya 1/1.723.077.636,3636 kali ukuran bulan ini bergerak dengan kecepatan 28.000 km/jam (ket: kita bahas di Final Part). Sudah kecil, bergeraknya sangat cepat lagi, kalo satelit bergerak secepat itu… gmn receiver yg di bumi bisa ngikutin ya..? pengalamnku teknologi VSAT, harus presisi koordinat dan sudutnya baru bisa nyambung pertukaran datanya..

  53. Mengutip : …Satelit yang ukurannya 1/1.723.077.636,3636 kali ukuran bulan ini bergerak dengan kecepatan 28.000 km/jam (ket: kita bahas di Final Part). Sudah kecil, bergeraknya sangat cepat lagi… yakin tuh gan? pesawat super sonik aja kecepatannya sekitar 2000-3000km/jam.. ini sekitar 10 kali lipatnya… trus gimana bisa? bukannya malah satelit itu harus stabil, supaya bisa terkoneksi dengan yg dibumi…? kalo dia bergerak secepat itu utk apa…? yakin bisa nangkap gambar dengan kecepatan segitu..? saya kerja di perusahan telekomunikasi, salah satu yg kami jual adalah VSAT, dan setau saya koordinat,sudutnya harus presisi, karena kalau melenceng sedikit sinyal pasti gak dapat… nah kalo satelitnya bergerak secepat itu, brarti receiver di bumi gak bisa ngikutin dong… mohon pencerahan dari agan..trims

  54. coba pikir katanya satelit bergerak 28.000 km/jam bandingkan dg peswat super sonic yg beberap ribu aja kecepatannya, apa gak rontok tuh satelit bergerak dg kecepatan seperti diatas sedangkan bahan dan bentuk satelit yg banyak panel seperti sayap tidak sesolid pesawat supersonic, jd satelit itu tidak ada yg ada cm menara2 telkom biasa yg saling terhubung seperti teknologi white alice

  55. ehem maaf agan2 yg pada jenius2,sy numpang komeng,sy udah nonton videonya full,sebenarnya intinya kita harus sadar permainan oknum tertentu doang yg pembuat pidio ingin sampaikan mari kita selamatkan keuangan dunia dari para perampok 2 kekayaan negara yg memiskinkan kita semua,s y tdk percaya 100% mengenai flat eart dan sy juga sampe sekarang belum percaya 100% sama orang yg pergi kebulan,sy komeng agar kita semua sadar posisi kita saja,mau percaya atau tidak tergantung diri pribadi kita,karena ke sempurnaan hanya milik andra n the backbone dan ALLAH SWT,Terimakasih

  56. Klo terus koment diblog ini, otomatis yg punya blog ini akan terus dtrsferin uang oleh pihak google atw sponsor diblog ini jd paket data kita habis untuk membahas hal ini. Biasa orang butuh uang, jd bnyak cara untuk mendapatkan uang.

  57. banyak oknum flat earth meyakini satelit itu bohong, satelit tidak pernah ada, dan jika ada mana mungkin bisa bergerak dengan kecepatan 28rb km/jam? pesawat saja harus kokoh, kenapa satelit yg rapuh bisa kuat? rupanya kebodohan kaum flat earth sudah tidak tertolong lagi. dia lupa bahwa semakin tinggi kita berada maka tekanan udara semakin kecil. alat hitung tekanan udara di sebut barometer. sehingga semakin tinggi pesawat terbang maka semakin hemat BBM krn tekanan yg rendah. jadi silahkan coba beli barometer lalu anda berada di pantai silahkan hitung, lalu bandingkan dgn berada di puncak gunung misal ketinggian 2rb meter pasti hasil pengukuran barometer beda. itu sebabnya kabin pesawat di lengkapi barometer untuk menyesuaikan tekanan udara di bumi. jika pesawat terbang diatas 12km tanpa dilengkapi pengatur tekanan udara bisa dipastikan anda kesulitan bernafas.

    begitu juga dengan satelit, dengan memasang satelit di luar atmosfir bumi maka satelit bisa dibuat dengan berbagai bentuk yg tidak perlu aerodinamis. apapun bentuknya tidak masalah krn tidak ada tekanan udara atau gesekan udara seperti di bumi. dengan begitu satelit bisa mengorbit dengan kecepatan 28rb km/jam tanpa hambatan udara

  58. Mas, satelit bergerak di orbitnya kan mas. Mau nanya dong mas, kecepatannya berapa ya mas? soalnya desainnya ga aerodinamis tapi kq bisa gesit geraknya tanpa porak-poranda?
    Satu lagi mas, materialnya terbuat dari apa ya mas? perasaan kalo dari emas, tembaga aka logam mulia bukannya pasti udh meleleh di termosphere bahkan sebelum sempat mengorbit ya mas? suhu termosphere jauh tingginya loh mas dibandig titik leleh logam tsb.. apa logam nasa emang kualitas super ya mas? maaf ya mas, lagipula gaya apa yg bisa bikin satelit tetap berada di orbitnya, sudah bisa lolos ke orbit aj udh ajaib, apalagi kalo bisa melawan magnetik bumi sehingga ga bisa jatuh lagi ke bumi. Apa yah counter nya? ada elektromagnetik gitu? perasaan cuma atom deh mas yang elektronnya mengitari saling menyeimbangkan dengan proton dan neutron di inti. Emang karena ada gaya elektromagnetik dan bisa teramati di bawah mikroskop elektron.. cuma pertanyaan anak kimia kemaren sore. Mangga mas dibahas, makasih mas 🙂

    1. Nah, sekarang coba tanya orang tuanya mbaknya deh, bumi itu bulat apa enggak? kalau orang tuanya jawab bulat, berarti… ooppssss .. uhuk!

  59. Gerakan flat earth bukti bahwa makin banyak orang pintar.. Kebenaran akan segera terungkap.. .

    Terlalu banyak kejanggalan di dunia ini..

    Yang percaya bumi ini bulat pasti nenek moyang mereka berasal dari kera…

  60. mas satelit buat apa si? buat memperluas jaringan komunikasi kan?
    kok di desa sinyalnya dikit ya? situ masih percaya satelit?
    mikroskop sama teleskop itu sama gan, salah liat dikit aja kita bisa ngira2 doang itu gambar apa..
    lu ngomong pake angka kek apa pun satelit itu ga masuk akal.. tekanan atm, suhu, diketinggian segitu tuh ga mungkin ada yang bisa lewat.. prediksi iklim pun masih pake balon udara, atau alat klimatologi yang dipasang di bumi, ga ada hubungan sama sekali deh sama satelit..

  61. Terima kasih sudah memberi saya wawasan yang lebih baik… marilah bersikap bijak. silahkan yakini keyakinan masing2 tanpa harus memaksakan. Gak akan pernah ketemu kalo mau menghubungkan sains (dari manusia) dengan agama (dari tuhan). Yang yakin dengan sains silahkan, yang yakin dengan agama monggo…

    Sebagian besar kitab agama memang mengarah ke bumi itu datar. Tapi sains berkebalikan.

    Saya seorang muslim, dan gak pernah bisa menerima secara logika tentang perjalanan Isra & Miraj, tapi saya yakin. Dan kalangan sains mana yang bisa menjelaskan secara matematis atau fisika atau displin ilmu apa aja tentang kebenaran dan kelogisan Isra & Miraj? tapi saya yakin.
    Umat islam kalau kentut membatalkan wudhu, tapi gak ada gerakan wudhu yang membasuh dubur. logis?

    Logika dan agama akan selalu menjadi perdebatan. Yakin saja dengan keyakinan masing2. Setidaknya wawasan kita bertambah, dan makin nunjukin kalau ilmu itu luas banget. jadi nambah ilmu dan wawasan.

  62. Awalnya sya tidak percaya dengan bumi datar, tpi dgn menonton video konspirasi flat earth society 101 baru sya berfikir logis. Sya lulusan Teknik Sipil UNHAS. Hitungan fisika bisa terbilang makanan q setiap hari. Dgn menggunakan rumus yg ada, serta percobaan ilmiah secara sains. Apa yg di uji coba oleh para ilmuan dalam flat earth society adalah benar. Angka2 jarak bumi, matahari, bulan, nilai ukuran besarnya, serta lama rotasinya tdk bisa di gunakan. Yg paling gampang dan sederhana adalah uji coba kelengkungan jari2 bumi di lautan dengan menggunakan sinar laser/teleskop resolusi tinggi. Intinya bumi itu memang datar, tpi masalah bentuk peta datarnya sy msh coba kaji, seharusnya menurut Al'Quran dan Al'Hadist kabba/kiblat shalat moslem harus berada di tengah dan mnjadi pusat rotasi.

  63. Numpang nanya nih, ane benernya ga gitu ngerti nih bumi kayak piring apa kayak bola gepeng. Cuma diajarinnya di sekolah bumi tuh kayak bola, dan sepertinya masuk akal. Nah.. Kalo buminya kaya piring, siang malamnya gimana yak? Disini siang bolong di sana tengah malam. Kan harusnya sama-sama siang bareng malam bareng?

  64. ( Pembuat video dengan cerdas menggambarkan dinosaurus pada videonya, agar pikiran kita hanya berpikir bahwa fosil itu dinosaurus, dan fosil dinosaurus itu adalah batu padatan dan ada di kedalaman 2.3 kilometer. ),udah jelas si pembuat video gak bilang kalau minyak bumi gak berasal dr fosil,nah elu malah bikin opini kalo si pembuat video itu menggambarkan dinosaurus,justru dy nyindir yg otaknya kaya lu,berfikir kalo minyak bumi itu berasal dari fosil ! Terus lu bilang rocket gak ada bangkenya,ya jelas orang sblum mendarat jatuh ke bumi dy di ledakan kok,kapal malaysia aja yg bawa korban,gak kelihatan bangkenya sampai skrg ! rocket kena rotasi bumi kata lu? Terus pesawat knp enggak?kenapa kalo lu terbang dr jkrta ke amerika harus naik pesawat yg melaju? Knp gak diem aja di atas nungguin amerikanya dateng nyamperin lu,baru dah lu turun,,gausah terbang melaju,cukup diem aja karena kan di bantu sama bumi yg berputar 24jam sekali putar,,1 lg lu bilang bumi melengkung?mending lu itung yg nasa bilang bumi brp ribu mil,dan kalau bumi itu bulat,harusnya per brp km itu terlihat jelas lengkungan nya,walaupun di foto dari jarak yg tidak jauh dr permukaan bumi,tp kenapa motret di atas gunung himalaya pun ttp datar??? Intinya kalau bumi itu bulat harus ada lengkungan titik !!! Lu pegang globe lu hitung dan lu bikin gambaran diri lu sndiri dengan ukuran yg akurat,(sekecil apa) dan lu tempel di globe,,lu liat hasilnya dan pasti lu bertanya tanya,harusnya gua liat lengkungan dr bbrp jarak tertentu,logika,tidak ada yg datar dr setiap yg bulat !!! Fake grand master ! Kita adalah masyarakat yg di bodohi,gugat system yg zalim !!!!

  65. 28 kali kecepatan suara?what?, satelit itu……berjalan diorbit dgn sangat lajut
    ..tanpa ada gesekan dgn udara karena orbitnya hampa udara……kecepatan suara, satelit…bahan bakar tahan lama, udaranya gak ada, satelitnya berjalan….meteor gk punya orbit, manusia bikin orbit satelit?

  66. Gw cuma mau pesan coba kalian langganan internet yang unlimited dengan fiber optic…. Aah salah maksud gw cobalah mulai membuka dan mempelajari mengenai flat earth lebih dalam lagi.. Kalo gw liat sepintas koment2 diforum ini malah pada berantem bocah.. Hadeeh.. kapan negara kita maju kalo baru beda agama.. Aahh salah.. Maksudnya baru beda pendapat/paham udah pada ribut.. Toh kita juga hidup di bumi yang sama walaupun ada yg percaya datar ada yg percaya bulat atau bentuk lain.. Ya bebas aja sih.. Kita gak bisa maksakan kehendak orang supaya sama spt agama kita… Aaah salah lagi.. Maksudnya pemikiran kita.. Memang sih paling enak ya buka youtube karena udh ribuan orang udah berusaha mencari tau melalui penelitian flat earth disertai bukti nyatanya.
    Ya sudah cukup perkenalan "singkat" gw, mudah2an gk ketiduran saat baca.

  67. karena banyak yang masih internetnya disini dibatesin quota.. Eh salah.. Maksud gw banyak orang yang belom tau soal flat earth atau belum nonton videonya secara menyeluruh.. Udah pahamnya tuh orang yang percaya flat earth pasti ditertawakan, ditentang habis2an, lalu diterima, Dan masih banyak lagi para peneliti flat earth diluar sana yang masih mau menemukan/meneliti tentang kebenaran bumi itu sendiri..
    Tapi, teori flat earth masih bisa diterima dan masuk akal untuk orang yang open minded kayak gw.. (Kalo mahluk sempit mah jangan harap bisa terima pendapat laen selain pemahamannya sendiri.)
    Mangkanya gw salut sama flat earth, dan teori bumi datarnya Karena masih banyak banget hal yang harus di teliti..
    Banyak juga yang akhirnya menyimpulkan sendiri karena pengetahuan soal flat earth adalah pengetahuan baru contoh spt bulan bentuknya flat disk (kayak bentuk cd/dvd) dan bulan transparant ada bintang nya (mirip simbol masjid bulan bintang), bulan punya sinarnya sendiri (sinar dingin) Lalu ada juga misteri pesawat yang bisa menembus matahari.. Dan masih banyak lagi.. Itu semua ada video youtube teman2 flat earth di dunia.
    Yang berusaha mencari tau kebenaran mengenai bumi diluar dari yang udah dikabarkan oleh scient modern.
    Namun yang pasti setelah gw nonton video ini gw percaya kalo belum ada manusia yang bisa keluar angkasa karena atmosfer/kubah bumi tidak bisa ditembus.. Krn udh banyak bukti roket nasa yg hancur di angkasa karena lupa ngelengkung/belok dan akhirnya nabrak kubah bumi a.k.a atmosfer. Ternyata di kitab kitab suci juga udah dibilang, tapi kitanya aja yang bego atau gk ngeh karena menafsirkannya berbeda dan mungkin sudah masuk pada mind controlnya scient modern yang belum terbukti nyata juga.
    Gw baru banget ngikutin flat earth..

  68. Soal percaya gk percaya itu urusan masing masing, atleast hargain dulu apa yang udah diterapkan. Dan Alhasilnya.. agama gw jadi banyak.. eh salah maksud gw pengetahuan gw jadi banyak.. intinya ya gw tonton terus tuh teori flat earth sampe abis..
    Akhirnya.. sungguh luar biasa gw jadi mengerti soal macem macem di dunia ini dan bukan cuma sekedar bumi datar atau kebohongan nasa aja.. tp gw jadi ngerti soal sejarah dunia kyk perang dunia 1 dan 2, konspirasi kaum Global Elite, dan masih banyak lagi..
    Eneg juga sih tau soal Global Elite, Freemason, Illuminati, Secret Society, Yahudi Palsu, Al Masih Ad Dadjal.. dengan cara briliantnya menguasai dunia..
    Sangat Wajar banget sih kalo flat earth jadi gak percaya apapun yang disampaikan oleh elite global termasuk global earth (bumi bulat), global warming, global terorist, global market, global scient dan lainnya yang dibuat oleh mereka berhubungan dengan konspirasi global..
    Dan akhirnya gw ambil kesimpulan mereka (flat earth) buat video ini memang murni untuk memberi tahu kita dan gak ada unsur atau ajakan buat jadi pengikut atau apapun.. Apa lagi mau bikin konspirasi orang datar gila.. Hahaha.. Gak banget.. Semua terserah dari kita.. Menurut gw Flat Earth murni Scient/Pengetahuan yang benar benar bukan cuma teori aja namun disertai pembuktian walaupun pembuktiannya belom semua mutlak.
    Tapi wajarlah mereka pasti terbatas oleh dana kalau mau meneliti semua lebih detail pasti butuh dana dan dukungan juga.. secara flat earth minoritas

  69. Salam kenal, new comer nih.
    Awalnya gw bingung sama orang yg percaya bumi datar (flat earth)… Kok ada yah hari gini masih percaya aja sama bentuk bumi datar..?? Jaman udah canggih gan.. Memang sekolah gak diajarin..? Apa gak sekolah yah orang2 flat earth ini..?? Ah walau gak sekolah juga pasti tau keless kalo bentuk bumi itu ya bulat… Kalo jaman purba mungkin aja dia percaya bumi datar karena ga ada gambar, tv, berita, internet apa lagi youtube.. Tapi.. Haree gene.. Bumi datar.. OMG.. What the heck..!?!
    Orang bego gila macam apa yang mau bikin sensasi kalo bentuk bumi itu datar.. Mendingan kan juga ngomongin alien, ufo, monster laut atau apalah yang emang lebih ketahuan misterinya ketimbang ngomongin bumi datar.. Hadeh tolol banget.. Konspirasi apa ini…??
    Namun karena waktu itu gw juga lagi nyantai malem malem dan bosen mau nonton apaan lagi di youtube secara Internet wifi gw speed dewa (streaming 4K tanpa bufering) (ini yang ngerubah pikiran gw.. Apa internet anda unlimited??) ya udh sih gw klik aja tuh "bangkitnya kesadaran" dari hp gw sambil tiduran trus gw tonton deh..
    Wih intronya bilang find the truth, keren nih.. Namun.. buset panjang beeet pidionya mana banyak episodenya pula.. Belom tamat udh pasti ketiduran nih.. Tapi karena penasaran sama kata kata nya akhirnya ya gw tonton terus dan pastinya suka gw ulang ulang soalnya si pembawa vokalnya ngomongnya echo gitu.. Kyk karaokean jadi suka gk denger gw.. Belom lagi kalo ngantuk ketiduran.. Jadi ya gw ulang lagi nontonnya.. Untung bahasanya indo jd lebih gampang dicerna.
    Semakin gw ikutin dan tonton terus, pikiran gw makin "Terbuka".. Jadi maksudnya gini.. Gw saat nonton itu gw anggep gw gak ngerti apa2.. Arti kata selama gw nonton.. gw gak akan bantah apapun teori si flat earth.. Kan banyak tuh manusia yang baru awalnya udah gak sesuai dengan pikiran/pahamnya langsung di Bantah.. (si mahluk sempit gw bilangnya..) Macam loe percaya ama agama A trus agama B bilang laen.. Langsung gak percaya dah.. Nah gw orangnya gak kayak gitu.. Gw open mind.. gw dengerin semuanya kalo udah selesai dia ngomong baru deh gw rangkum trus kalo ada yang ganjal baru gw tanyain.. (maksud gw disini soal video flat earth episode 1-9 yah)

  70. Maaf nih Mas, saking oenasaran akibat baca blog sampeyan, jadi iseng nanya temen seorang petinggi AU RI, pas ditanya sebenernya nih apakah bumi itu bulet atau datar, ee dia malah ngomong, maaf saya sudah disumpah untuk tidak menjawab hal itu, ancamannya serius, jadi terima aja yang sudah ada sekarang ini bahwa bumi itu Bulat, wadduh gimana ini, makin Kepo niih… tapu karena saya muslim dan saya cari disemua ayat Al Quran gak adasatupun yang nyebutin bumi bulat, semua dihamparkan kayak tiker kali ya, ya a wallahu alam bi sawaab lah..

  71. sekedar solusi, 1) bagaimana klo NASA (USA) dan FET pergi bersama ke luar angkasa. setelah melihat hasil dari pengamatan harus dipublikasikan apakah bumi itu bulat atau datar. sekalian untuk mampir membuktikan 1300 satelit itu ada apa tidak… 2) NASA dan FET pergi bersama menembus antartika (kutub selatan) ada apa disana (pembuktian bersama atas nama sains)

  72. kalau begitu bagaimana terjadinya siang dan malam yang berbeda di berbagai daerah???
    jika bumi itu datar sangatlah mungkin cahaya matahari bisa menerangi keselurahan bumi karena volume matahari lebih besar dari pada bumi dan dan siangpun berlangsung disemua negara dan sangatlah mungkin planet yang berada di belakang bumi akan terkena paparan cahaya matahari yang cukup

  73. Yg jadi pikiran penasaran. Seorang admiral berani berbicara 3 point di public .

    Untuk memperingatkan serius ancaman tersebut

    Kemudian di songsong dengan 2 operasi militer yg serius ?
    Itu point yg bukan sepele
    Dan masih top secret

    Gmn pendapat admin.
    Thanks

  74. Mugkin dia mulai lapar…
    Mimin. Sekian pembahasan.
    Admiral yg beberapa kali ke kutub selatan . Bisa bicara di public seperti itu.

    Apa dia gila ?
    Atau emg mau membuat warga pada paham dan siaga ?

    Yg heran . Kalo bukan sesuatu yg serius . Dia juga ga akan berani mengucap 3 konsep penting itu. Seorang admiral loh .

  75. saya sudah tinggal di bumi lebih dari tiga puluh tujuh tahun tapi bumi yang saya tinggali datar datar aja. matahari juga segitu gak jauh jauh amat dan setiap hari saya bisa liat matahari. aja bulan juga segitu aja. langit dan bintang bintang tetap berada di atas saya.

  76. satelit bergerak dengan 28000 km bergerak kemana yah mas… trus dengan kecepatan seperti itu bawa berapa banyak bahan bakar yah satelitnya untuk bertahan setahun… hmmm apa bentuk satelit yg begitu rapuh emang bisa bergerak 28000 km.. mohon pencerahannya soalnya ini sudah sangat mengganggu di kepalaku

  77. Maap saya awam mau nanya nih, bukanya kalo ada matahari terbit dan tenggelam itu udah mmbktikan bumi itu bulat?Soalnya kata FET matahari dan bulan itu menglilingi bumi yng datar? Klo bnar begitu seharusnya saat senja matahari akan terlihat mengecil dan hilang bukan tenggelam seperti saat iniHehe maap kalo cetek wawasan ��

  78. sebelum komentar ada baiknya perkaya pengetahuan, baca habis sebuah artike dengan cermat, jadi gak perlu nanya lagi suatu hal yg sudah jelas di terangkan pada sebuah artikel, ini baru baca sedikit udah langsung komentar, jangan karna anda pemalas anda jadi nyusahin orang, jujur saya kesal lihat orang yg tau se-upil udah ikut ikutan debat, dan berdebat masih memakai ego. Btw… lHebat nih mas admin, tetap setia menjawab pertanyaan dari flatter :v

  79. min kasih teori Bulan bercahaya min.. kan para Umat FlatEarth101 bilang punya cahaya sendiri .. hahaha.. aq sodori pertanyaan masalah bulan para umat FE101 gak ada yg bisa jawab min ..malah disuruh nonton chanel FE101 min.. hihihi

  80. oh iya lupa, hari sadar kan waktu itu Venus pernah singgah didepan matahari. Ko itu ga di perdebatkan juga. Terus titik kecil yang ada di matahari pas saat itu apa dong?

  81. Sebenernya saya penasaran klo yang mikir bumi flat. Trus dunia ini ujungnya ada apanya. Ga ada ujunya gitu. Atau klo ketemu ujungnya kita kayak bisa loncat gitu ke angkasa liar. Cuman itu sih pertanyaan untuk yang mikir bumi itu flat. Saya mah nyimak ama nanya aja, ga terlalu faham sains. Tapi jujur saya masih mikir lebih masuk akal bumi itu bulat. Yah agak benjol dikit seperti yang telah di ketahui pada umumnya. Kalo antartika di jagain pihak Amerika emang bisa jadi mereka menyembunyikan sesuatu yang besar disana yang ga Mau di ketahui banyak orang (mungkin senjata yang amat canggih dan mahadasyat) yah siapa tau.

  82. star trail jika menghadap utara akan searah jarum jam. jika menghadap selatan akan berlawanan jarum jam.

    air pasti level waterpass lanjutkan logikanya

    matahahari terbit dlm 1 th akan berpindah pernah amati?

    perpindahan bintang fase bulan gerhana heliosenstris untuk asumsi sedangkan geosentris jadi acuan ini yg tidak di ajarkan si sekolah. artinya buminya diam benda langit yg berputar.

  83. Orang yg merasa paling benar itu salah, dan kita semua disini belum tau kebenarannya bumi bulat atau datar karena saya yakin 99% yang komen disini belum melihat secara langsung ke luar angkasa, jadi mari kita adakan piknik ke bulan agar kita tau bumi itu bulat atau datar �� berdebat bukan gaya gw soalny gw sukanya membuktikan, aliansi netral tak berpihak bulat atau datar.

  84. Awal2 saya hampir percaya theory flat earth, tp kepercayaan saya hilang setelah dicermati dengan experiment dan bukti2 kuat.

    1.Route Johannesburg-Sidney itu ada kok yg direct tanpa transit ke dubai, coba aja booking online di maskapai Qantas 11,5 jam perjalanan. Mustahil jika dihitung dengan peta bumi datar
    2. Antartika bukan batas bumi dan tidak dijaga seketat seperti yg ditampilkan di video. Saya baca di wiki "sumber yg dibilang FE bukan sembarang web dan sangat kredible" ternyata dulu ada penerbangan sipil yg melintasi antartika sebagai wisata udara, hanya karna cuaca yg extreme menyebabkan ada 1 pesawat yg jatuh jd ada larangan melintas disana. Jd anggapan tidak ada yg tau dibalik antartika tidak terbukti.
    3. Masalah satelit kan sudah ada experiment bulu ayam dan bola boling dijatuhkan di ruang hampa udara dan hasilnya sampai ke lantai diwaktu yg sama. Disitu sudah terbukti jika lingkungan sudah hampa udara kecepatan ga jadi masalah dengan aerodinamis, karna aerodinamis sendiri dibuat untuk mengurangi gaya gesek terhadap udara.
    4. Matahari tenggelam/terbenam, bukan menjauh "theorynya flat earth kan melintasi katulistiwa" berarti harusnya kita lihat mataharinya makin jauh.
    5. Ketinggian matahari 5.000km "menurut FE" jika menggunakan rumus segitiga saat malam hari kita harusnya bisa mencari sudut untuk meneropong matahari di daerah yg mendapat giliran siang. "Karna bumi bidang datar dan matahari tegak lurus"

  85. Konspirasi Flat Earth mnurut saya terlalu mengada ada dan mnciptakan imajinasi sendiri, bahkan mencoba melawan takdir Tuhan.
    Logikanya, kita sbg makhluk yg seukuran kecil berpijak di atas dataran Bumi yg jauh lebih besar dibanding makhluknya. Kita brada pda posisi berdiri di atasnya, secara kasat mata, kita melihat di sekeliling tak akan tampak menunjukkan lengkungan bumi ke bawah, krn jarak pandang jangkauan kta yg bgitu jauh masih kalah jauh dengan jarak lengkungan Bumi itu sndiri, yg kita lihat pasti titik lenyap atau yg biasa dikenal dg garis cakrawala. Kita bgitu mudahnya menyimpulkan bahwa itu datar. Ya memang datar krn dlm perbandingannya dg ukuran yg kita pijak kita sgt kecil di permukaan itu. Smua terkesan datar dan luas.
    Di sini sy abaikan yg tdk percaya dg keberadaan satelit.
    Utk satelit pun sperti itu, hnya seukuran rata2 hampir sama dg ukuran manusia, kta pasti butuh zoom yg lebih dr pda saat kta mengamati bintang2 atau planet2 walupun jaraknya lebih jauh, krn bintang/planet dpt disaksikan dg mata telanjang.
    Satelit dengan jarak/ketinggian ratusan Km bahkan ribuan Km. Di hamparan ruang angkasa yg luas.
    Saat kta hadapkan teleskop ke ruang angkasa dan kita gerakan scara vertikal maupun horisontal, sepersekianpuluh Drajat kta gerakan teleskop dg bidikan di ruang angkasa sma sperti kita bergerak sjauh lebih dr 10 Km di ruang angkasa sana yg kita bidik tsb (dlm hal ini kta mengamati dari permukaan bumi dg jarak LEO (Low Earth Orbit) satelit yg skitar 0-2000 Km). Kalo digrafikkan akan terbentuk segitiga sama kaki yg bertumpu di bawah, di mana titik tumpu itu adalah posisi kita. Coba ingat kembali teori dilatasi yg berhubungan dg jarak pandang dan kecepatan gerak. Itu pnyebab mengapa satelit sgt sulit diamati. Sperti kta mengamati 1 virus yg terbang di udara dg kecepatan konstan. kta cukup sulit menemukan titik fokus trhadap virus tsb wlaupun lewat mikroskop. Kcuali yg diamati itu benda diam. Diam pun kalo pngamatnya bergerak sedikit sja sulit menemukan, sperti halnya yg td sy katakan, dg gerakan spersekianpuluh Drajat saja kta kehilangan objek terkecil yg kta amati. Contoh pda saat tangan kita Tremor.

  86. ini pengetahuan jgn jadiin acuan keyakinan yg bkal ngejadiin 2 kubu yg berbeda ..

    Oleh karena itu pndapat sya , tlong mending rubah alur nya jgn berlanjut seperti sebuah berdebatan jadiin seperti sebuah diskusi yg sling bertukar pikiran , kalau kalian berdebat sma aja kalian menjadikan dir kalian TETAP sbgai kambing di panggung hiburan klompok elit diluaran sana yg sengaja memecah belah kita semua, berdebatan itu cikal bkal perselisihan , yg berdampak nanti nya cuman akan menciptakan ke 2 kubu yg berbeda paham, sehingga yg selalu terus menerus berselisih, NAH JUSTRU HAL INI YG DI HARAPKAN SEKALI OLEH PARA PENGIKUT DAJAL DILUARAN SNA, MEMECAH BELAH KITA, MENGADU DOMBA , PERANG SAUDARA ???????? Apa itu yg kita mau ?? 🙁

    So… STOP dri skrg dbat dbat gajelas apalagi tanya tanya tntang bentuk bumi, alam, atmosfer , mtahari bintang atau blablabla lain sbgainya lah, GA JELAS DAN GKAN MERUBAH APAPUN !! KITA CAPE CAPE NGEDEBATIN MATAHAoRI TERBIT DI TIMUR TENGGELAM DI BARAT, UKURAN KECIL UKURAN BESAR, KAALAU ALLAH BEKEHDAK MATAHARI DI TERBITIN DI SLATAN TNGGELEM DI UTARA TERUS SBESAR KELERENG, TERUS BUMI KOTAK BUMI TEBALIK , PARA SAINTIS DAN KALIAN KALIAN MAU NGMONG APAA ??????? Mau debat lagi ? MAU CAPE CAPE RISET LAGI LAGI DAN LAGI _? HAHAHA mknya stop !! Sederhana aja, kalau maslah bentuk ,jelas jelas yg bisa ngbuktiin 100% CUMAN MATA !! Beresss !! Kalau mau gunain AKAL NALAR DAN FIKIRAN MENDING pindah topik ke NEW WORLD ORDER, mending jelas jelar teliti ini, riset ini , diskusiin ini karena apaaa ??? KARENA MASIH BISA TEMBUS SMA AKAL DAN FIKIRAN PUN 😉

    Tnx

    (Mungkin jika ada yg keberatan dgn pendapat tegas dri sya ini boleh di bls ,dan pastinya akan sya terima atas sekurang kurangnya 🙂

  87. di titipkan ke org lain yaitu org barat , yg mnciptakan teknologi dan para ilmuan ilmuan saintis diluaran sana , yg mengaku nya beliau yg sudah lihat dgn jelas bentuk bumi itu sperti apa yg sudah terbang keluar angkasa sana dgn teknologi yg sudah ia buatnya, nah ini mslahnya, kita itu hanya sebatas berpacu trhdp orang, yg toh hanya "katanyah" bukan kita sndiri yg nyaksiin,
    mknya untuk dr itu udhlah gaperlu meributkan jagat raya alam semsta ini, semua udh jadi kuasa allah subhanahu wataalaa, semua jagat raya alam semesta itu sudh jelas di al-quraan kok jdi gakan bisa dibtembus oleh akar dan fikiran manusia , cukup dijwab dgn keimanan dri msing masing sja tlong !
    jdi mnurut sya gaperlu ada perdebatan yg brhubungan dgn mslah bentuk nya bumi terutama alam, sma aja kalian sperti org ateis aja kalu bgtu,,

    Nah PENDAPAT sya bgini : tolong ganti debat ini dgn diskusi , apalagi membahas alam, ini bukan ajang perlombaan membuktikan siapa yg terpinter dan ajang perlombaan investigasi mencari brang bukti, JUSTRU YG SYA TONTON DRI KONSPIRASI FLAT EARTH 1- 10 pun bukan ke arah situ kok maksudnya,si pengarang/pembuat video pun bertijuan bukan untuk perdebatan ini, BUKAN INI JUSTRU YG IA HARAPKAN ,INI YG SALAH !!
    flatearh itu cuman sebatas konsep daya tarik tajuk berita aja, pdhal sbtul nya gagasan pokok nya bukan untuk mebahas bentuk bumi tsb hahahaa, mungkin pembaca atau penonton video tanpa tersadar bnyak kurang menyimak isi isi penting dri tajuk alur cerita tsb "hnya memperhatikan permaslahan" yg brhubungan dgn bntuk buminya aja pdhal disitu terselip jelas sebab akibat yg dimaksud itu apa….

    Mnurut sya adanya konspirasi flat earth ini berbuahkan hasil positif juga, terutama bagi msyarakat yg awam akan pengetahuan global yg terjadi di dunia ini, "sperti saya"

    Sya PRO terhadap tajuk FLATH EARTH ini bukan dri sudut pandang permaslahan bntuk bumi, TAPI DARI GAGASAN POKOK YG MENGUNGKAP SEMUA KEBOHONGAN KEBOHONGAN YG SUDAH BERLANGSUNG LAMA
    TERJADI DI DUNIA INI, ITU !!!!
    Kalian harus sadar !! Jangan slah presepsi , tlong di cerna dan dipelajari lebih dlam lagi, konspirasi ini pengetahuan , bukan KEYAKINAN,

  88. Asalamualaikum wr.wb salam kenal kepada kawan kawan satu bangsa semuanya terutama kpada pemilik website ini tsb ma/bpk masfudsh huda , seblum nya sya berterimakasih terhadap forum diskusi ini, yg berbuah hasil positif dr sekian bnyak argumen" pendapat dan suara hati dari keyakinan masing masing. 🙂

    Sya Sdikit ingin mencoba ikut berpatisipasi dalam membahas persolaan yg sedang boming saat ini yaitu ; konspirasi tentang flat earth/bumi datar.

    Mohon maaf jika sya ingin memberi sedikit ulasan dari gagasan pokok bahasan tsb, langsung sja to do point trhadap pokok gagasan ..

    Mnurut sya pribadi konspirasi
    tentang adanya rumor bentuk bumi yg berbeda ini bukanlah point tajuk utama yg harus bgtu di pokok'an, masalah bntuk bumi dimana tempat tinggal kita berada saat ini kita bisa temukan sndiri dgn tingkat kepercayaan iman kita sndiri. Mnurut sy, kita tdk harus sangat sangat pula meyakini bhwa bntuk dr bumi kita ini bulat, datar lonjong, atau lain sbgainya, kenapa ?? Karena kita hanyalah manusia biasa , yg hanya sebatas bisa menerawang melalui akal dan fikiran saja ,
    semua hanya sebatas NALAR, LOGIKA, PERHITUNGAN MATEMATIS ?? semua HANYA menggunakan akal dan fikiran ?? Smentara yg kita perdebatkan ini sebuah BENTUK ?? BENTUK FISIK ? KEBERADAAN, ATAU OBJEK… HANYA DENGAN TERAWANGAN AKAL DAN FIKIRAN APA CUKUP UNTUK BISA MEMBUAT SEBUAH PERNYATAAN BUKTI BENTUK SEBUAH BENDA ???? hehe
    Kenapa ga di ambil simpel nya aja
    sih, ? Hehe ya jelas jelas lah bukti yg autentik dan terakurat dr sebuah bentuk satu satunya ya itu cuman hanya PANCA INDRA PENGHELIATAN ,itu baru 100% keyakinan asli, namun apa kita bisa melihat bumi dgn semudah itu, kita dgn gampang nya terbang ke atas langit teratas hingga kita bsa mlihat dgn mata kepala kita sndiri bentuk bumi itu sperti apa ? Haha ,huss siapa anda? Dimana manusia bsa terbang,hehe nah ini mslahnya, slama ini dr sjak kecil kita udh dibekali keyakinan yg

  89. Buat saran temen2 aja yah..
    Lebih baik tonton videonya satu2, trus cari tau informasi tentang itu satu persatu dan bandingkan dengan teori yang berlawanan. Kalo perlu bikin percobaan biar lebih meyakinkan, buat bisa buktiin sendiri mana yang bener. Kalo dibaca2 para komentar pertanyaan cenderung menjatuhkan penulis. Malah ada yang bawa2 agama si admin..
    Keyakinan atau teori akan selalu berubah ubah mengikuti zaman. Sekarang kalian mau percaya atau gak bumi itu bulat, kenyataannya banyak fakta membuktikan bumi itu bulat.
    Gitu aja repot…

  90. Nih bukti bumi datar menurut al-quran https://youtu.be/fKjwWFTk-Ww
    Simak simak ya mas mas, terutama buat yg bikin artikel ini
    Cobat itu yg katanya foto bumi asli download dulu, lalu buka pake photoshop terus contrasnya kecilin sampe nol, lalu brightnya gedein sampe seratus, liat disana itu foto asli apa rekayasa ?
    Saya disini bukan mendoktrin kalian mau percaya apa engga, tapi bumi datar itu ada dalam quran juga buktinya sangat masuk akal sekali (logic) disini bukan buat debat kusir semata, kita disini buat bepikir, jangan karna nasa atau nenek moyang kalian mengatakan bumi itu bulat kalian percaya aja karna kalian diajarkan oleh guru kalian bahwa bumi itu bulat, coba kalian tonton videonya dulu lalu berpikir sejenak kesananya terserah kalian mau berkomentar bumi bulat atau datar, tetapi al-quran gaakan pernah bohong dan kebenaran hanya milik allah

  91. ada lagi nih gan, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut menamai robotnya dengan kode "OSIRIS-Rex" (Origins, Spectral Interpretation, Resource Identification, Security-Regolith Explorer) untuk mengumpulkan sampel data dari asteroid dan nantinya akan kembali dibawa ke Bumi.

    Ia ditargetkan akan meraih asteroid tersebut pada September 2019. Setelahnya, ia akan MENGELILINGI MATAHARI dengan kecepatan 63.000 mil per jam.

    Robot spacecraft tersebut memiliki berat 2.110 kilogram dan akan meluncurkan sebuah roket dengan seri 411 Atlas V.

    nglilingin matahari loh yah, itu aja bisa..
    gimana moto bumi euy ?
    gmn tuh?

  92. Jika satelit memang ada, mengapa jaringan di pegunungan gak dapet?? Padahal satelit ada jauh di atas sana !!
    "Flasback sejarahlah, awal pembodohan ini yah penganut mata satu yang menginginkan orde peradapan baru (film "Now You See Me" temukan dan pecahkanlah symbolnya karena kode atau teka-teki mereka bisa menjadi elite global.
    Maaf jika tidak berkenan��

  93. Saya termasuk yang cukup salut dengan konsep flat earth, penjelasan secara logis lebih mudah diterima dengan akal sehat, terlepas dari bentuk bumi globe atau datar, yang justru menjadi mengernyitkan kening adalah video angkasa luar dan bintang2, dan matahari jika dilihat dari bumi. Jika benar bumi berotasi dengan sekian km/h dan berevolusi juga dengan sekian km/h, lalu ketika matahari terlihat berpindah tempat, kenapa bintang justru terlihat statis? Don coba dilihat video cahaya matahari diatas awan, jika matahari sejauh itu, kenapa hanya sebagian awan saja yang terlihat memedarkan cahayanya, padahal banyak awan di angkasa? Dan banyak lagi, semua butuh cernaan secara logis

  94. Bumi itu bulat,,bukan datar,di AL QUR`AN JUGA ADA ,ada kata menhamparkan,maksudnya bagi manusia hanya dapat melihat hamparan bumi yang luas,coba kalian jalan lurus ke barat terus tanpa henti,pasti akan kembali ke tempat semula,yang mbuat blog ini kristen apa islam sih ,blog ini sangat goblok isinya,,,terori bumi datar,songong

  95. Akhirnya ketemu…
    Izin nimbrung ya mas..
    Saya awalnya jg hampir percaya sama video itu, Tp rasanya kok janggal ya. Saya cuma mau minta penjelasan sama mas, biar lebih yakin aja bahwa video itu memang salah. Sbnrnya pertanyaan ini lebih tepat kalo ditanyakan kpd pembuat video, untuk membantah torinya. tp sy ga tau siapa yg buat, dan saya gak bisa bhs inggris. Jadi ya… sy cari dukungan gitu mksudnya.
    Yg pertama bagaimana penjelasan ttg horison yg katanya selalu lurus itu.? Dan yg kedua, bgmn penjelasan ttg matahari yg katanya gak pernah tenggelam ? Dan yg terakhir kalo bumi itu datar, bumi ini berpijak pd apa? Bgmn bentuk bagian bawahnya? Udah. Gitu aja. Makasih sblumnya ya mas…

  96. maaf hanya cuman mau memberikan sedikit penjelasan saja,…saya setuju dengan berbagai pendapat yang ada, yang muncul pertanyaaan bagi saya iyalah :
    1. Neil Amstrong tidak pernah pergi ke bulan
    alasannya : di bulan merupakan ruang hampa udara kenapa samapi bendera amerika bisa bergoyang seolah-olah tertiup angin.coba teman-teman perhatikan gambarnya. ini adalah merupakan rekayasa.
    2. sebenarnya saya rasa belum ada orang yang sampai ke bulan, ini di sebababkan ada beberapa hal, logika saja perhatikan dengan saksama peluncuran roket oleh NASA dan bandingkan dengan bom yang ada di nagasaki dan hirosima, jika bagi yang sudah melihat ini alasannya:
    ledakan nuklir yang terjadi di jepang merupakan kejadian yang tak akan bisa di lupakan oleh masyarakat di dunia. Ini di sebabkan hulu ledakan yang diciptakan sampai mendekati garis atmosfer bumi. perbandingan singkat ; dari hulu ledak bom itu berbentuk payung karna tidak dapat keluar dari atmosfir bumi,
    roket yang diluncurkan NASA tidak dapat samapai melewati atmosfir bumi dikarenakan daya tarik bumi sangatlah kuat, pesawat nasa tidak pernah samapai di bulan karena sudah hancur karena ledakan, sekalipun jenis plat besi yang dipakai untuk ke luar angkasa tetap akan hancur, meteor yang jatuh ke bumi hanya merupakan serpihan saja karena sudah terjadi ledakan karena masuk ke lapisan-lapisan luar bumi, secara logika meteor yang jatuh ke bumi lebih berat dari pada bebatuan yang ada pada bumi, jikalau sudah sampai di bulan pasti kembali pesawatnya sudah hancur, ilmu yang dipelajari dari SD yang kita tekuni selama ini hanya kebohongan semata, coba teman-teman berpikir seketika dan bandingkan apa yang saya sudah katakan.
    3. Satelit tidak pernah ada.
    Logika saja matahari yang besar saja bisa dilihat oleh teleskop, kenapa satelit tidak dapat dilihat padahal satelit sangat dekat denagan bumi, apakah satelit berputar terlalu cepat,..??
    sungguh tidak masuk akal. Dikarenakan 1000 lebih satelit pasti bisa dilihat 1 di antaranya oleh teleskop, jika memang 1000 satelit yang dikatakan oleh pihak NASA bagemana Amerika bisa mendapatkan dana sebesar itu untuk membuat satelit, logika saja sob 1 satelit harganya pasti sangatlah besar ini bukan harga yang sedikit, penghasilan negara mereka untuk membuatnya,..??
    sungguh tidak masuk akal,..
    gambar yang ada pada google map hanyalah kumpulan gambar yang di satukan bukan gambaran dari satelit.
    jika kalian haya tau dari SD lebih baik tidak usah tanggapi,..
    jika kalian belajar bukan hanya dari SD , dan bukan cuman melalu buku tetapi membandingkan beberapa teori-teori beserta gambar, kalian akan menemukan faktanya.

    sekian dan terimakasih

  97. saya baru mengetahui soal flat earth ini, dan baru menonton beberapa video yg membahas tentang ini, saya punya pertanyaaan, bila bumi ini datar, apa yg ada di ujung bumi itu??

  98. kalo saya mah gampang aja kalo ga ada penjelasan di al quran dan sunnah saya abaikan saja karna hidup kekal bukan di dunia (GLOBE EARTH / FLAT EARTH) yang diperdebatkan karna tak hakiki. banyakin ngaji /mengkaji agama saja dan banyak ingat mati dah itu pendapat saya..

  99. pake logika anda ya klo bilang bumi itu bulat , berarti manusia bisa terbang ke bulan serta meneliti planet2 laen , bahkan sains ada yg bilang matahari masilah kecil dibandingkan dengan benda2 langit laennya . sekarang pertanyaannya bagi orang beragama
    1. emang lo pada ditanyain di akhirat , ada brp planet total planet?, trs planetnya yg bisa dikatakan bisa dihuni?? dan apa lah ini lah itulah sebagainya , pertanyaan g penting bukan?! , tujuan kita d dunia ini buat spy lbh pintar dari Sang Pencipta kita ? atau mencoba utk lbh sok tau dari Sang Pencipta kita?? udah jelas2 global elit ingin menjauhkan kita dari KeTuhanan, membuat ilusi , membuat VIrtual reality , sp Scientist itu adalah TUHAN sesungguhnya, membuat kita lp dengan apa yg seharusnya kita lakukan d dunia ini selama kita hidup.
    berdasarkan alkitab ,mengatakan bumi bukan bulat tapi lingkaran datar(hamparan): Isaiah 40:22 (KJV,AMplified,Hebrew Bible) dikatakan "the circle" of the earth! the circle = lingkaran! bukan bulat (roundness/bulatan, globe, atau ball/bola)
    BUmi itu statis / tidak bergerak / tidak berotasi mengelilingi ,matahari (copernicus)
    Yosua 10:12-13 (jelas2 yg disuruh berhenti itu matahari dan bulan! bukan bumi , karena benda2 penerang itu yg bergerak, bukan bumi! bumi itu stabil , diam, tidak bergerak!(baca jg yesaya 38:8,kjv/amplified bible/hebrew bible, yg jelas2 dikatakan bahwa Tuhanlah membuat matahari mundur 10 tapak (derajat))
    bumi itu sebagai pusat galaxy , unique!! itulah pekerjaan tangan TUHAN psalm 19:1
    maknya oleh sebab itu terkadang scientist bertolak belakang dengan ajaran agama . karena g semua scientist itu benar2 scinetist! bukan scientist bayaran NASA! atau global elite!!
    klo dari muslim ; kalian harus bisa mengerti apa yg dimaksudkan dengan "HAMPARAN'
    di muslim dikatakan bahwa bumi itu stabil , diam , tidak bergerak, benda2 peneranglah yang bergerak
    Beberapa dalil yang menyatakan akan diamnya bumi adalah: 1)"Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan bergeser dan sungguh jika keduanya akan bergeser tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia itu Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." (QS. Fathir:41) 2)"Dan Dia menancapkan gunung2 di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kalian. (Dan Dia menciptakan) sungai2 daan jalan2 agar kamu mendapatkan petunjuk.(QS.An-Nahl:15), 3)"Dan telah Kasmi jadikan di bumi itu gunung2 yang kokoh supaya bumi (itu) tidak goncang bersama mereka..(QS.al-Anbiya:31), 4) "Dia Menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung2 di (permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoncangkan kamu…(QS.Luqman:10), 5)"Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkirbalikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba2 bumi itu bergoncang? (QS.Al-Mulk:16)—
    NOTE: menjungkirbalikan ?? klo bumi bulat bisa g dijungkir balik ??? berpikir cerdas!!!! Rohani dan logika itu harus seimbang , jgn jadi orang sok suci tapi jgn juga jadi orang sok scientist !! semua bisa dibuktikan dengan realita yang ada

    masih banyak yg pengen gw tulis bukti2nya , bagi yg tetap percaya bulat silahkan , yg datar / hamparan y silahkan 😀

    2.buat Atheis . jika kalian percaya Bumi itu bulat, kalian percaya bumi tercipta dari Big Bang , maka kalian juga harus percaya bahwa manusia berasal dari Kera

  100. Kalau emg bumi itu bulat trus gimana bisa ada perbedaan waktu yang sangat jauh antara 1 negara dengan negara lain. Maksudnya gini jika bumi datar trus posisi matahari di atas otomatis semua negara akan mendapatkan pancaran sinar matahari asumsinya semua negara kondisinya sudah bukan malam hari tetapi kenapa ada 1 negara yang kondisinya siang hari ada lagi 1 negara yang kondisinya malam hari?

  101. hallo, maaf sebelumnya.

    saya telah membaca seluruh artikel Anda tentang FET, dan juga telah menonton FE101 sampai part terakhir episode 10.

    dari semua yang saya lihat, menurut saya yang ingin diutarakan dalam youtube bukanlah hanya tentang FET, tapi tentang seluruh kebohongan didunia. seperti tentang bank dunia, nasa, illuminati, freemason, dll.

    disitu yang saya tangkap dari pembuat video hanya untuk menyuarakan agar kita semua berhati-hati, tidak terlalu percaya dengan apa yang belum kita lihat.

    dalam artikel Anda, yang ditulis hanyalah untuk menyanggah video FE101. dan hanya menggunakan sumber dari orang lain. itu sama saja dengan yang dilakukan pembuat FE101.

    bedanya, saya akui Anda lebih spesifik, sedangkan FE101 lebih ke terlalu menyimpulkan atau entahlah bahasanya.

    sebenarnya saya hanya mau mengkritik masalah artikel Anda yang terlalu Anda benar-benarkan. jika Anda berpikir lebih jauh lagi, mungkin Anda akan pusing seperti saya xD

    setelah melihat FE101, saya jadi bingung entah itu bumi bulat ataupun datar. setelah saya melihat artikel Anda, saya tetap tidak dapat menyimpulkan bahwa bumi itu bulat.

    entahlah, saya kurang suka dengan gaya bahasa artikel ini yang kesannya menjudge pembuat FET itu benar-benar salah.

  102. saya mau bertanya gan …..
    saya pernah di tanya sama temen saya kalo bumi kecepatan orbitnya mencapai 107.000 km/jam sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Bumi
    dan pesawat tercepat didunia paling 4.287 jam/km
    kenapa saat keluar angkasa bisa kembali lagi ke bumi?
    padahal sudah jelas berbeda jauh kecepatannya, bagai mana cara mereka untuk mengejar kecepatan bumi….
    maaf bahasanya jelek ga teratur ….

  103. Admin kenapa cahaya bulan lebih dingin dari yg tidak terkena cahaya bulan setelah diukur pakai thermometer, cahaya itu kan dari pantulan sinar matahari? Maaf pertanyaan orang yg belum pernah kebulan

  104. masih percaya bumi datar? bodo amat sih. peta google earth siapa yg motret? pesawat drone? atau pesawat boeing? pertanyaan adalah pesawat mana yg bisa terbang diatas 20KM diatas permukaan laut? tidak ada satupun yg sanggup terbang diatas itu kecuali roket. rata2 pesawat drone yg dibuat hanya mampu terbang dengan ketinggian 12KM – 15KM. yg jadi soal peta google eart di potret dari jarak 60km diatas bumi. dilihat dari fragment potongan2 foto, skala, lat-long pinggir potongan bahwa foto di google earth di ambil di ketinggian 60km. lalu mungkinkah ada pesawat terbang sampe 60km diatas permukaan bumi? tidak ada satupun pesawat yg sanggup terbang. satu2nya jawaban adalah SATElLITE. dan oknum2 FET bilang tidak ada satelit. benda angkasa itu hanya mitos dan bohongan. bisakah oknum FET itu menjawab, siapa yg memotret bumi dr ketinggian 60km?

  105. Saya seorang pilot . Saya sudah menghitung jarak sumbu antar kutub, alhamdulillah,akhirnya jawaban terbuka bumi ini memang Datar. D antartika adalah pagar mahaluas yang mengelilingi bumi.dijaga ketat oleh militer krn ada emas,uranium emas,uranium emas,uranium emas,uranium emas,uranium emas,uranium emas,uranium di tepian antartika ini.

  106. Saya seorang pilot . Saya sudah menghitung jarak sumbu antar kutub, alhamdulillah,akhirnya jawaban terbuka bumi ini memang Datar. D antartika adalah pagar mahaluas yang mengelilingi bumi.dijaga ketat oleh militer krn ada emas,uranium emas,uranium emas,uranium emas,uranium emas,uranium emas,uranium emas,uranium di tepian antartika ini.

  107. Ada yang masih JANGGAL dalam pikiran saya, Katanya kecepatan Satelit itu berdasarkan keterangan yang di sampaikan oleh nasa, kecepatan satelit, saya lupa berapa angka tepatnya, tapi yang jelas kecepatannya melebihi kecepatan pesawat jet tercepat saat ini dengan desain aerodinamis, NAH SEDANGKAN di tayangan LIVE Space Program Milik NASA itu, KOK orangnya atau pesawat satelitnya nyantai-nyantai saja, bukannya dengan kecepatan seperti itu pesawat akan rusak, Orang desain satelit kan kita tahu sendiri, cuma seperti itu, NAH yang menjadi permasalahan itu satelit benera atau akal-akalan NASA ? coba silahkan cari di youtube tentang SPACE PROGRAM milik NASA yang LIVE 24 jam di youtube.

  108. cara paling gampang membuktikan nasa itu bohong atau bener itu ambil foto yang sumber nya dari nasa cari yang foto bumi atau planet nya 2 sisi 1 nya terang dan1 nya gelap kemudian atur brightness dan contras dan level gelap terangnya, bisa diihat nanti itu editan atau asli. kalau asli planet pada posisi gelap pasti akan terlihat tapi kalau palsu pasti seperti terbelah

  109. Bismillahirrahmaanirrahiim, assalamualaikum wr wb, sebelumnya mohon maaf karena tidak membaca secara rapi. Tapi mohon kiranya dapat memberikan pencerahan tentang bentuk 3D Bulan (apakah bentuknya datar atau bundar) sebagai perbandingan, andaipun dapat dibandingkan. Karena, subhanallah, bergetar hati ini memandang bulan sabit malam hari ini dengan mata telanjang, alhamdulillah. Hamba hanya mampu melihat sebatas yang diizinkan pencipta langit dan bumi. Semoga segala pencerahan yang didapat ini nantinya dapat semakin mendekatkan diri kepada pencipta langit dan bumi. Wassalam.

  110. Klo satelit gk bisa memfoto bumi secara utuh, tpi kna bisa mengirim juno ke planet jupiter, pergi jauh kejuliter bisa, ngambil foto bumi secara utuh gk bisa?????

  111. Suatu hari nanti (klo bisa) saya ingin menembus Antartika dengan pesawat, klo saya berhasil benar bumi berbentuk bulat, tapi klo gak berhasil? Muncul diberita "telah hilang sebuah pesawat yang akan melakukan ekspedisi ke Antartika"

  112. Waw satelit kecepatannya 28.000 km/jam
    Apa gak rontok tuh panel2nya. Rossi aja 300 km/jam musti bikin badanya aerodinamis biar gak mental. Satelit udah pasti rontook.
    Trus ada video astronot yg "katanya" lagi benerin satelit melayang santai dngan kecepatan 28.000 km/jam. Inget Rossi bang

  113. Kita tak perlu saling berdebat, cukup buktikan saja,
    Memang satelit itu kecil, Sekarang dilogika saja kecepatan 28000KM/jam,
    1. dengan kecepatan secepat itu pesawat apa yg bisa bergerak dengan kecepatan itu??
    2. Lalu apa bahan bakar yang dipakai untuk bisa mendorong secepat itu? surya panel? batrai??
    3. berapa habis bahan bakar yang digunakan untuk sekian satelit banyaknya diluar angkasa??
    4. Bagaimana bisa design satelit yang berbentuk bukan seperti pesawat tempur bisa tahan dengan tekanan pada kecepatan 28000Km/jam?
    Tak perlu dijawab kalo hanya berakhir debat, cukup diresapi di buktikan sendiri saja dengan percobaan menggunakan data2 yang kalian pakai. CMIIW . Terima kasih

  114. Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembus nya kecuali dengan kekuatan. (QS. Ar-rahman. 33). Yakin min ad satelit dan ad yg kebulan ??

    1. jangan baca terjemah kang…. baca kitab tafsir…
      dalam Al Quran banyak bgdh makna kalau kita dalami sastra Arab.. brp banyak ulama2 yang pernah anda baca?? tau kitab tafsir dari ulama ada brp?
      RIBUAN

  115. bisa jawab gak? kenapa kalo bumi datar bisa ada siang dan malam? bagaimana proses terjadinya siang dan malam jika bumi datar? kan sudah jelas. kalo indonesia siang pasti amerika sedang malam. kenapa gak sama2 siang aja?

  116. mantappp, semudah ini orang orang pintar di kelabuhi, wkwkwkwkwk ujung ujungnya biar pada berantem rusuhh ribut maen bacok bacokann, trus pada mati dah trus yang bikin semua ini siapa hayoooo????

  117. Daripada begini, mending buktikan, jangan hanya bisa duduk diam trus asal komen. Buktikan, baca referensi dan jangan lanvsung dijadikan pedoman. Dilanjut dengan praktek. Hal sederhana yg bisa dilakukan, dengan mengecek teori 'kapal laut semakin lama semakin hilang'. Dan ingat jangan dipraktekan dengan mata telanjang saja, harus dengan peralatan yang memadai.
    Kalo saya percaya dengan flat earth, karna didalam Al-Qur'an dikatakan bahwa pada saat kiamat, bumi akan digulung.
    Jadi intinya berpegang teguhlah pada prinsip kalian masing masing. Kalo masih ragu, BUKTIKAN SENDIRI.
    Ilmu tanpa agama akan sia sia, begitu pula agama tanpa ilmu akan sia sia juga.

  118. Hati – hati…teori flat earth bisa memecah belah manusia dengan berdebat dan saling menyalahkan satu sama lain, yang namanya konspirasi kita ga tau bro…yang pasti logika sains lebih masuk akal, tentunya didukung dengan mengumpulkan sebanyak banyaknya data dan riset yang valid, pada intinya semua ilmu pengetahuan jika logika berfikir kita dilandaskan dengan iman, maka kita semua akan teringat betapa besarnya kuasa sang Maha Pencipta

    Kalau kita hanya mampu memahami sedikit informasi, kemudian langsung menyimpulkan dengan logika kita tanpa mencari data2 valid yang lain lebih baik dikembalikan dengan keimanan masing2 akan Ke-Agungan Tuhan.

    Jikalau keilmuan kita mencukupi untuk berfikir, mempelajari, menelaah dengan baik justru itu akan lebih bagus lagi untuk kita lebih dekat dan meyakini adanya sang Pencipta yang Maha Segalanya.

    Jadi ga usahlah kita saling ejek antara yang pro flat earth dengan yang tidak. Malah dengan adanya teori flat earth ini seharusnya manusia lebih rukun, karena bisa bertanya satu sama lain, mencari bersama2 fakta dari berbagai bidang keilmuan, dan berdiskusi, itulah Rahmat dan nikmat yang Tuhan berikan. Kalau jadinya gontok2an saling ejek saling jatuhkan itu mah kerjaan setan, persis yang diharapkan oleh Secret Society.

    "Maka, Nikmat Tuhan mana lagi yang mau kamu dustakan?" (QS:ArRahman).

    1. Itulah tujuan Elite Globae dan saudara – saudara kita ini sudah terpengaruh dan saling debat. Padahal belum ada yang tau kebenaran. Alqur'an sebagai petunjuk umat manusia sudah di abaikan dengan mereka yang mati – matian berdebat membela sains modern yg blm tentu kebenarannya. Karena kepada Allah kita akan di kembalikan

  119. kutub selatan itu bukan milik siapa siapa dan bukan milik negara manapun tapi milik bersama (dunia) jadi sudah sewajarnya disana di jaga untuk mencegah hal hal yang tdk di inginkan spt penerobos
    kan gk lucu kalau ada orang yang nerobos terus mati di sana ?

  120. halo.

    bumi bulat atau bimi datar itu jadi tidak penting lagi, kalau anda cermati 'pesan' yang ingin disampaikan oleh penggiat teori flat earth saat ini.

    yang menjadi penting ialah fakta bahwa dunia dikendalikan oleh para 'elite global'. siapakah itu? orang mengenalnya dengan anti-christ, sekte penyembah iblis, al masih addajjal.

    cobalah untuk membaca yang tersirat dari yang tersurat.

    salam hormat

  121. Salam kenal, Mas Huda. Saya menghabiskan waktu selama satu jam untuk membaca artikel dan seluruh komentar postingan ini. Sangat menari untuk segera bergerak ke artikel selanjutnya. Saya sendiri sedang mencari bacaan untuk menyegarkan diri kalau-kalau murid kembali hebohan dengan konspirasi FET. Saya sepakat dengan Mas Huda, jika yang dicari oleh seseorang adalah kepercayaan itu akan menjadi semakin sulit. Semangat dalam berbagi, Mas Huda. Terima kasih sudah menuliskannya. 🙂

  122. Sampai kiamatpun bumi tidak bisa dipastikan berbentuk bulat atau datar sebelum ada orang yg melihat langsung bentuk bumi di atas langit. saya rasa baru Rasul yg bisa naik kesidratul muntaha saat isra mi'raj. Bahkan saat sebelum menaiki langit pun hati beliau dicuci terlebih dahulu oleh malaikat. Dan dari peristiwa itu Baginda Nabi tidak berkomentar apa-apa tentang bentuk bumi, hanya membicarakan perintah Allah yg berisi ajakan shalat. Berbeda dengan nasa baru bisa nyampe bulan udah berani dengan sombongnya gembar gembor sana sini sebar foto yg sudah pasti tidak bisa dilihat oleh orang awam secara langsung kaya kita. sepertinya mereka iri dengan Rasul karena sudah berhasil naik ke langit atas ijin Allah. Logikanya gini ya bos, atmosfer mampung menghancurkan asteroid terbesar, roket mana yg bisa tembus melalui atmosfer yg segitu maha canggihnya bertahun-tahun melindungi bumi?? Harusnya roket hancur saat melewati atmosfer .. bom nuklir yg dasyat saja tidak mampu menembus atmosfer. apa atmosfer hanya akan aman jika yg melewati adalah manusia?? 😀 Bukti nasa banyak yg nyata jika yg diteliti masih berada disekitar bumi, mana mungkin ia bohong dalam penelitian yg bisa diketahui manusia. Berbeda dengan langit, rahasia langit tidak bisa diketahui oleh makhluk bumi, mudah bagi nasa membodohi manusia. Jadi saya rasa percaya dengan yg sudah nyata bisa kita lihat saja, rahasia langit hanya Allah yg maha mengetahui.

  123. bantuin dong pelajaran bangun ruang……bentuk bulat/bola/bundar/globe bisakah dihamparkan?soalnya di surah annabakata mihada maknanya dihamparkan….bantu dong biar bisa dihamparkan bang mahfudz huda…..ane awam soal teknologi tapi hafal 10 ayat awal surah al kahfi yg di pesan rasululloh tercinta….insya ALLAH terlindung dari dajjal/penipu…oh ya rumus phytagoras bisa di pake buat lihat lengkungan bumi ngga?klo bang mahfudz huda bilang ga boleh ntar anak ane ane larang menghitung jari2 lingkaran biar pinter kaya abang gitu….kan keren bilang bumi itu BULAT….kali aja di angkut NASA.okeh?

  124. bumi bulat, berotasi, tapi tidak berevolusi . Semua planet dan bintang berevolusi mengelilingi bumi. Kalau timbul pertanyaan kenapa bintang terlihat diam? Anda bisa bandingkan dengan pesawat terbang. Pesawat terbang dengan ketinggian rata2 kurang dari 15 km saja kalau pas terbang dengan speed 500 km/jam kelihatannya lambat banget khan diangkasa? Apalagi bintang yg jaraknya sekian triliun kilometer dari bumi. Sebenarnya bintang2 itu bergerak mengelilingi bumi dgn kecepatan sangat tinggi. Bandingkan juga dengan bulan yg mengelilingi bumi dengan kecepatan 50.000 km/jam ,seolah2 dilangit tampak diam kan? padahal jarak bumi -bulan hanya 400.000km . Bumi adalah pusat jagat raya . Mohon komentar admin utk pendapat saya

  125. menambahkan komennya mas fikar
    soal satelit

    bagi merka yang percaya bumi itu bulat bagaimana penjelasannya tentang astronot yang terbang menggunakan roket ke luar angkasa kemudian bagaimana mereka kembali ke bumi jika di luar angkasa tidak ada roket untuk kembali? padahal kita tahu di luar angkasa tidak ada material bahan mrmbuat roket betul?

  126. 1. Tentang Foto Bumi itu adalah gambar CGI
    Ada 2 Pertanyaan tentang ini :
    1. Apakah anda bisa menjelaskan tentang kesamaan gambar awan pada gambar globe earth yang di perlihatkan di google itu? Apakah benar itu hasil copy paste atau mungkin itu adalah hal yang kebetulan lagi? (Terlalu banyak untuk dibilang kebetulan)
    Kenapa anda tidak membahas hal ini?

    2. Kenapa gambar pulau-pulau pada foto globe earth yang diperlihatkan itu juga tidak konsisten ukurannya? Seperti benar-benar kentara edit.
    Kenapa anda tidak membahas hal ini?

    2. Ada banyak satelit di luar angkasa
    Ada 1 pertanyaan yang anda tidak bahas yaitu :
    Anda mengelak bahwa satelit ukurannya kecil oleh karena itu tidak bisa dilihat oleh satelit yang lain sedangkan anda sendiri menulis venus bisa diteliti bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang.
    Terus kenapa tidak ada satupun gambar asli planet venus di google yang kata anda kita bisa melihatnya dengan jelas itu?
    Dan bagi saya juga mustahil kalau hanya mengambir gambar satelit saja tidak mampu oleh satelit lain didekatnya.. Argumen anda seperti terlalu dipaksakan.

  127. nice blog. nampaknya penulis banyak menggali soal iptek ya. saya mau menambahi sesuatu yang barangkali bisa sedikit menolong pemahaman ttg FE ini. saat ini saya adalah engineer di LAPAN. sudah cukup lama saya bekerja disini, sehingga sudah dirasakan mumpuni dalam hal informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan LAPAN.

    berkaitan dengan teori FE ini, saya berani katakan bahwa bila FE ini benar maka nyaris seluruh penelitian di LAPAN tidak akan berjalan sebagaimana adanya sekarang ini. untuk info lebih detail dapat dilihat di situs http://www.lapan.go.id.

    mengenai keberadaan satelit, LAPAN telah memiliki 3 buah satelit mikro di orbit yang murni hasil litbangyasa anak bangsa. sudah sepatutnya diapresiasi. bahwa kami dengan segala keterbatasan baik dukungan pemerintah maupun anggaran ternyata bisa juga tuh meluncurkan sebuah karya.

    nah, satelit ini tentu saja tidak kami abaikan di orbit, pastinya kami kendalikan di stasiun bumi. untuk mengendalikan satelit, diperlukan adanya sistem pengendali ruas bumi, terdiri dari antenna dan perangkatnya.

    untuk mengetahui posisi satelit maka menggunakan sebuah informasi yang dinamakan Two Line Element. detail dari TLE ini adalah elemen orbit yang bisa diunduh situs NORAD (monggo di search). penjelasan dari elemen orbit ini sangat banyak tersedia sehingga saya rasa mudah dipahami.

    simulasi dari orbit satelit bisa dilihat dari situs http://www.n2yo.com dan banyak juga software satellite tracker misalkan NOVA (www.nlsa.com), dlsb.

    TLE juga berperan besar sebagai input dari autotrack system antenna yang dikonversi menjadi gerak antenna mengikuti arah satelit ketika melintas.

    9 tahun sudah LAPAN memiliki satelit di orbit dan data video real time yang diperolehnya yang sudah digunakan oleh masyarakat. selama ini pula satelit LAPAN dapat berfungsi dengan baik.

    kembali ke topik FE ini. bila tadi sudah saya sebutkan elemen orbit, maka apakah bentuk bumi itu datar? bagaimana elemen orbit dibuat bila bentuk bumi datar? konsekuensi lebih jauh, bagaimana system pengendali di bumi dapat mengendalikan satelit bila input TLE tidak ada? kesimpulannya, data dari satelit LAPAN TIDAK AKAN PERNAH BISA DIPEROLEH.

    lihatlah kembali software satellite tracker yang Anda dapat, bagaimanakah posisi lintasannya? bila bentuknya datar lantas bagaimanakah posisi satelit bisa demikian presisi? tentu saja TIDAK.

    lihatlah situs n2yo tadi apakah belum cukup menjadi referensi? itu adalah data real time satellite yang ada di orbit, termasuk satelit milik LAPAN.

    lebih lengkap lagi, LAPAN juga memiliki beberapa lokasi stasiun bumi penginderaan jauh dimana stasiun bumi ini menggunakan antenna untuk menerima data satelit remote sensing. kembali lagi, salah satu input autotracknya adalah Two Line Element. bagaimana bisa data tersebut didapatkan bila posisi satelit yang melintas tidak diketahui? sedangkan sudah banyak sekali instansi yang menggunakan data remote sensing dari LAPAN.

    selain input untuk antenna, TLE ini jg menjadi input data utama untuk software satellite tracker, dan situs n2yo. melalui elemen orbit ini pula kecepatan satelit dapat dihitung. semoga dapat menjawab masyarakat sekalian bagi yang ragu dengan seberapa kecepatan satelit. FYI. satelit LAPAN sendiri kecepatannya adalah 7,5 km/s. berdasarkan data sistem yang kami bangun sendiri.

    akhir kata, semoga tulisan saya ini bisa lebih memberi referensi bagi kita semua. bahwa kami adalah anak bangsa yang beriman dan bertaqwa. Jauh dari segala makar.. Insya Allah. Saya bangga anak bangsa semakin cerdas dan kritis, barengi dengan iman dan taqwa.. Mari mengkaji lagi lebih dalam ttg sains.

  128. nice blog. nampaknya penulis banyak menggali soal iptek ya. saya mau menambahi sesuatu yang barangkali bisa sedikit menolong pemahaman ttg FE ini. saat ini saya adalah engineer di LAPAN. sudah cukup lama saya bekerja disini, sehingga sudah dirasakan mumpuni dalam hal informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan LAPAN.

    berkaitan dengan teori FE ini, saya berani katakan bahwa bila FE ini benar maka nyaris seluruh penelitian di LAPAN tidak akan berjalan sebagaimana adanya sekarang ini. untuk info lebih detail dapat dilihat di situs http://www.lapan.go.id.

    mengenai keberadaan satelit, LAPAN telah memiliki 3 buah satelit mikro di orbit yang murni hasil litbangyasa anak bangsa. sudah sepatutnya diapresiasi. bahwa kami dengan segala keterbatasan baik dukungan pemerintah maupun anggaran ternyata bisa juga tuh meluncurkan sebuah karya.

    nah, satelit ini tentu saja tidak kami abaikan di orbit, pastinya kami kendalikan di stasiun bumi. untuk mengendalikan satelit, diperlukan adanya sistem pengendali ruas bumi, terdiri dari antenna dan perangkatnya.

    untuk mengetahui posisi satelit maka menggunakan sebuah informasi yang dinamakan Two Line Element. detail dari TLE ini adalah elemen orbit yang bisa diunduh situs NORAD (monggo di search). penjelasan dari elemen orbit ini sangat banyak tersedia sehingga saya rasa mudah dipahami.

    simulasi dari orbit satelit bisa dilihat dari situs http://www.n2yo.com dan banyak juga software satellite tracker misalkan NOVA (www.nlsa.com), dlsb.

    TLE juga berperan besar sebagai input dari autotrack system antenna yang dikonversi menjadi gerak antenna mengikuti arah satelit ketika melintas.

    9 tahun sudah LAPAN memiliki satelit di orbit dan data video real time yang diperolehnya yang sudah digunakan oleh masyarakat. selama ini pula satelit LAPAN dapat berfungsi dengan baik.

    kembali ke topik FE ini. bila tadi sudah saya sebutkan elemen orbit, maka apakah bentuk bumi itu datar? bagaimana elemen orbit dibuat bila bentuk bumi datar? konsekuensi lebih jauh, bagaimana system pengendali di bumi dapat mengendalikan satelit bila input TLE tidak ada? kesimpulannya, data dari satelit LAPAN TIDAK AKAN PERNAH BISA DIPEROLEH.

    lihatlah kembali software satellite tracker yang Anda dapat, bagaimanakah posisi lintasannya? bila bentuknya datar lantas bagaimanakah posisi satelit bisa demikian presisi? tentu saja TIDAK.

    lihatlah situs n2yo tadi apakah belum cukup menjadi referensi? itu adalah data real time satellite yang ada di orbit, termasuk satelit milik LAPAN.

    lebih lengkap lagi, LAPAN juga memiliki beberapa lokasi stasiun bumi penginderaan jauh dimana stasiun bumi ini menggunakan antenna untuk menerima data satelit remote sensing. kembali lagi, salah satu input autotracknya adalah Two Line Element. bagaimana bisa data tersebut didapatkan bila posisi satelit yang melintas tidak diketahui? sedangkan sudah banyak sekali instansi yang menggunakan data remote sensing dari LAPAN.

    akhir kata, semoga tulisan saya ini bisa lebih memberi referensi bagi kita semua. bahwa kami adalah anak bangsa yang beriman dan bertaqwa. Jauh dari segala makar.. Insya Allah. jangan tertipu dengan pengaruh pseudo sains macam FE ini yang hanya menguntungkan segolongan orang. like it or not, situs seputar ini adalah untuk jualan stuffnya mereka kan..

    Saya bangga anak bangsa semakin cerdas dan kritis, barengi dengan iman dan taqwa. mari kita mengaji dan mengkaji lebih dalam ttg iptek. semangat !!

    1. Komentarnya meyakinkan, jadi ingat ayat ini "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka"(Al-Kahf):47. Yang akan membuktikan kebenaran kalau sudah kiamat. Dan akan dipertanggung jawabkan setiap perbuatan dan kesaksiannya.

  129. Saya ingin bertanya masalah kiblat agama saya
    Agama islam mempunyai kiblat pada 1 titik di kakbah..
    Bagaimana kalau seseorang ingin menentukan titik kakbah kalau dia di posisi di belakang titik kakbah kalau bumi itu bulat…

  130. seneng ketemu blog ini, biar bisa tau dari 2 sumber yang berlawanan, cuman 1 yang masih terasa ganjel di pikiran yaitu tentang matahari yg jaraknya 150jt km. bagaimana bisa terjadi ray of light(sering liat tp ga terpikir aja sebelum tau versi FE),perumpamaanya seperti lampu panggung yg tertutup penyanyi,syaratnya kan jarak lampu dan penyanyi deket trus liatnya dari jauh. bisakah matematik trigonometri di gunakan buat menghitung jarak matahari berdasarkan bayangan yg ada di bumi? seperti menghitung tinggi gedung. terakhir klo memang 150jt km kenapa terjadi perbedaan panas yg cukup besar saat siang dan sore,padahal cuman beda jarak 6rb km saja(asumsi r bumi). tolong ya, yg FE bab ini membuat saya mencari penjelasan sampe ketemu blog mas huda.

  131. Sangatlah manusiawi ilmu dan pendidikan yang selama ini di dapat mulai tahap bawah, menengah, sampai perguruan tinggi, itu tidaklah gratis bahkan perjuangan yang teramat berat. Wajar saja siapa pun yang merasa pasti seakan tidak rela jika pengorbanan dan waktu selama membibitkan diri dengan ilmu dengan harapan besar kelak akan menuai hasilnya, tau² di pertemukan dengan hal baru yang bertentangan dengan apa yang selama ini didapat! tapi ya beginilah dunia tidak akan habis menjadi sumber pertanyaan.. bahkan orang yang pintar melebihi akal profesor pun bisa saja terjerumus ke arah yang tidak diinginkan, begitu pun sebaliknya. intinya perdebatan apapun itu kembali ke pribadi masing²

  132. Bumi itu datar… bisa dilihat dari sifat air yang selalu datar.. logika saja, pertukangan menggunakan air dalam selang untuk mengukur ketinggian bidang satu kebidang yang lainnya agar rata… ini fakta bukan teori

  133. Mas Mahfuzh, maaf agama anda Islam bukan? Lantas apa tanggapan anda ttg matahari dan bulan yg mengitari bumi? Anda percaya AlQuran dan berusaha utk mengujinya scr ilmiah atau mas lbh percaya informasi buatan manusia seperti org2 di NASA? Siapa yg lbh anda perjuangkan kebenarannya?

  134. saya yakin semuar orang di dunia ini ketika berdoa atau menganggap tuhan itu ada diatas langit, tapi kalau bumi itu bulay tuhan mu ada di mana? di kiri di kanan di bawah atau di atas ?

  135. Bolehkah saya ikut bertanya? Saya ingin mendapat jawaban yg pasti sebab mungkin kalian lebih tahu daripada saya.
    Mungkin ini oot ya maaf, tp masih berhubungan dengan SAINS ko hehe
    1. Saya ingin tau bagaimana proses terjadinya suatu benda padat menjadi cair, soalnya saya bingung gimana proses terjadinya fosil hewan yg jelas2 benda padat bisa jadi mencair yaitu minyak minyak, terus nama prosesnya itu apa?
    2. Terus ada yg bilang kalau matahari itu lebih besar daripada bumi, nah tenggelamnya itu berpindah ke bagian sisi bumi yg lain atau gimana? Terus itu salah satu foto bagian bumi yg dipajang di homepagenya nasa mataharinya sebelah mana ya om? Saya bingung, mungkin adakah salah satu foto yg bisa ngeliatin matahari yg sedang dalam posisi terbit atau tenggelam yg tampak jelas dari 13000 satelit yg bertebaran? Kan katanya matahari itu lebih dari ukuran bumi…
    Saya pengen tau banget ini…
    3. Satelit itu ada di bagian dalem segala macam lapisan yg melindungi kita dari sinar uvi atau berada di bagian luar lapisan2 tersebut ya om?
    4. Kalo bumi berotasi terus muter2 kenceng gitu sampe ga kerasa sama kita, si satelit itu ngikut2 bumi atau diem aja di tempatnya?
    Maaf om om saya banyak nanya, soalnya saya gatau…

  136. Dahulu bumi berguncang..Allah tancapkan gunung gunung sebagai pasaknya bumi agar seimbang..Agama itu bukan dasar sains tapi sebuah petunjuk bagi manusia manusia yg berpikir dgn logika, nalar dan ilmu pengetahuan.

  137. Agama nalar dan logika baru baru disanding sains..saya ga percaya dgn satelit yg bergerak 28.000km/jam dgn aerodinamis yg spt itu..ayolah stealth aja didesign kaya gitu buat bergerak sangat cepat alias aerodinamisnya diperhitungkan,,ini satelite designnya kaya gitu mau lari 28.000km/jam? Berpikir logika aja deh ga usah pake itung itungan yg cuma jd sok pinter.manusia bagian dari bumi pasti tau siapa itu bumi.

    1. Pergerakan satelit dipengaruhi oleh gravitasi bumi, sampai akhirnya bisa lepas pada jarak tertentu. Satelit mengitari bumi dengan bantuan energi dari panel surya terdapat pada satelit. Lagi pula diluar angkasa tidak ada hambatan. Pernah lihat satelit diluncurkan ? Pasti lintasan yang dilaluinya miring beberapa derajat atau minimal saat mau terbang pasti tidak terbang lurus dan sedikit bergeser

  138. hampir semua artikel bantahan flatearth hasilnya macam copas begini ya yang saya lihat gaaada bedanya. cuman dijelaskan tentang foto CGI sama satelit juga, coba tolong jelaskan tentang foto bumi rata kalo pake kamera biasa atau tentang penerbangan pewasat yang lebih logis kalau pake peta bumi datar. makasih

  139. Intinya beberapa teori yg mengatakan bumi bulat atau datar hanya bisa dibuktikan dengan rekam jejak yang selama ini disembunyikan sebagai contoh teori bumi datar yang menjelaskan kutub selatan yang dilarang untuk dimasuki oleh orang umum dimana dijaga oleh pihak kemiliteran sementara itu merupakan salah satu kunci teori mana yg paling benar yang kedua menurut saya sungguh sulit menyatakan bahwa sateleit bergerak dengan kecepatan 28.000km/jam dimana pada satelite ISS tersebut memiliki awak satelite atau astronot nah seperti yang kita ketahui astronot memiliki tugas bukan hanya sekedar tinggal diluara angkasa apakah mungkin astronot tidak pernah keluar dari satelit ISS untuk bertugas nah jika pernah bagai mana cara astronot untuk tetap berada sesuai dengan kecepatan dari satelite tersebut kalo itu adalah alasan kenapa satelit tak tertangkap telescope nah gampangnya kenapa tidak membuat video recording langsung dengan kamera untuk membuktikan bumi bulat dan kenapa harus menggunakan CGI untuk mengetahui bentuk bumi tapi yang menjadi masalahnya semua itu seolah olah dirahasiakan saran untuk ts kasih info jangan tanggung tanggung coba cari fakta yg benar benar kongkrit berfikir kritis dan objektif

    1. yup bener bos kaya fikiran ane, seharusnya gak sampe sehari bos, 1 menit aja heli dah pindah ke cina , kan 1600km/jam, hhhhhh tambah aneh kah, pasti ada yg mau komen gravitasi lah dan lain2

    2. Sebetulnya, posisi helikopter relatif terhadap pengamat di bumi. Kalau pengamat kita anggap bebas di ruang angkasa yang demikian sehingga dapat melihat helikopter tersebut. Maka helikopter tersebut telah bergerak mengikuti sistem yang ada di bumi, mudahnya bergerak relatif terhadap pengamat ke 2 hehe

  140. Wkwkkw saya merasa cangggung melihat admin beradu agrumen n gagal,Flath eart buknlah pemberontak tpi fakta yg di sembuyikan kalau U.S.A adalah tentara dunia kenapa perang gak selesai karna peperangan adalah keuntungan bagi mereka ya silahkan cek vidio FLAT EART 101 di u tube ^-^

  141. Disaat orang pintar dari negara tetangga sudah bisa melihat bumi langsung via satelit , orang bodoh di indonesia masih membicarakan nya .. Hahahaha

    1. Sangat tidak logis jika perbandingannya seperti itu. Coba di hitung berapa ukuran manusia ? jika dikatakan ada sebuah bola besar. berdiameter 1000Km dan di taruh semut di bola tersebut. faktanya semut gak akan pernah merasakan bahwa bola tersebut bulat. krn sepanjang semut berjalan semuanya serasa datar dan sama saja. tapi bukan berarti bola itu data bukan ?

  142. Memang Viral banget yah video tentang ToFE..
    Saya sudah nonton videonya, baca artikel+komentar2nya..

    Yang saya sayangkan memang komentar2 orang yang tidak ada aturan untuk beragumen.. Sembarangan dan tidak sedikit yang asal komentar saja..

    NAMUN, yang saya lebih sayangkan sikap mimin yang subjektif.. menganggap orang yg mempertanyakan artikelnya adalah bagian dari flater.. Dan dibeberapa kasus tidak menjawab dengan semestinya, hanya menjawab dengan kata "Sudah saya jelaskan, cari sendiri, baca sampai habis." Apalagi sampai ada jawaban seseorang yang sangat arogan, merasa paling pintar. saya tidak menyalahkan jawaban anda tapi hanya sikapnya saja..

    Mereka hanya ingin jawaban, berikan saja, bukan berkata baca part sekian, baca part sekian..
    Alangkah lebih baik jika berdebat sehat.. Bertanya/bantah dengan kata2 yang sopan..
    Dan dijawab pula dengan sopan, dijelaskan lalu boleh cantumkan refrensi..
    (cont: Untuk pergerakan satelit yang dengan kelajuan 28.000Km/Jam itu mengikuti gerakan/ rotasi bumi. Untuk lebih lengkapnya baca Part ini)
    Enak dibaca bukan?

    Jika dibiarkan forum diskusi biarkan siapapun beragumen, ada yang tidak berkenan tidak usah d tanggapi. Bersikaplah subjektif dan sopan, baik itu tuan rumah ataupun tamu.

    Anda bilang perkara kepercayaan dan fakta..
    Saya disini tidak berpihak ke bumi itu berbentuk apa.
    Saya tidak terlalu fokus pada hal ini. Kenapa? Karena pada kasus bumi bulat ada hal yg tidak ilmiah, begitu pula dengan kasus bumi datar, ada pula hal yg tidak ilmiah..

    Terlepas dari itu semua, yuk kita tarik benang merahnya..
    Jika kalian menitik beratkan ini tentang keagamaan, apakah kalian bertambah keimanannya setelah menonton+membaca+berdebadat atau ??
    Jika kalian menitik beratkan ini pada norma dan kesopanan, apakah kalian lebih berahkhlak atau ??
    Jika kalian menitik beratkan dengan saint+logic, apakah sekarang anda menjadi lebih mengerti tentang alam atau ??
    Jika kalian menitik beratkan dengan materi, apakah kalian sekarang lebih kaya(makna bercabang) atau ??
    Dst..

    Saya hanya menitik beratkan kepada semua aspek.. bukan hanya sekedar booming, lalu ikut2an, ketahui beberapa ratus tahun lalu teori ini pernah diperdebatkan, bahkan pernah ditetapkan.. Jadi jangan merasa 'kekinian' dan bangga, toh ini pembicaraan kuno..

    Ajaran formal di sekolah umum, apakah tidak sedikit yang salah? bahkan tidak logic?
    Teori manusia dari kera? Minyak bumi "hanya" dari sisa fosil?
    Diamond melebihi nilai logam mulia? sumber energy terbahurkan tidak pernah berkembang pengembanganya?
    sudah berapa banyak kasus kita sebagai manusia telah di "bohongi". Bahkan tanpa logikapun kalian pasti setuju kalau kalian bukan seekor/seorang yang memiliki Gen Kera..

    Ingat, jangan pula karena adanya perdebatan bentuk bumi, itu menjadikan kita lebih bodoh lagi, kita telah ulung dibohongi..

    Ingat untuk bijak dan bersikap..

  143. Mau nanya nih… Kalau mmng NASA gk bohong soal pendaratan di bulan. Siapa yang mengambil gambar kedua astronot. Bukannya hanya dua org dalam roket. NASA telah memanipulasi otak hingga percaya akan bumi bulat

  144. Salm untuk tmen2 semua,bagi saya percaya atau tidak tentang flat earth bukan lah permasalahan besar,toh dunia akan tetep berjalan seperti biasa.Einstein jg pernah berkata "bahwa kemampuan teknologi dan otak manusia masih belum mencapai batas maksimal 100% malainkan kurang dari 1%"itu tidak menutup kemungkinan kelak kita akan mengetahui wujud asli bumi melalui teknologi sains kedepannya,karna perjalanan kehidupan d dunia masih panjang…yg saya tidak kurang sependapat adalah sistem yg sedang kita jalani di seluruh dunia,hal yg d lakikan oleh elit global(illuminati) melalui nasa adalah satu dari sekian banyak kebohongan yang selama ini telah berlangsung selama puluhan tahun,contoh kegiatan NASA yg menghabis kan triliunan dolar hanya untuk menghasilkan laporan foto2 dokumentasi CGI yg kurang meyakinkan,untuk apa bayar mahal2 untuk sesuatu yg tidak pasti…?ini bukan mempermasalah kan benar tidaknya flat earth,tp ini bentuk pemberontakn sistem kepada elit global yg telah banyak merugikan orang2 d seluruh dunia,termasuk kita semua yg bertengkar ngk jelas seperti ini..inflansi,krisis ekonomi dan moral adalah bukti itu semua.

  145. 1. satelit nggak bisa dilihat karena bentuknya kecil, satelit "berotasi" sesuai orbitnya mengelilingi bumi, bergerak kalau dilihat dari luar angkasa, diam klo dilihat dari bumi, alasan kenapa satelit tidak bisa dilihat dari bumi karena melintas cepat sekali. Klo bgitu satelit bisa aja nyasar di negara lain karena nggak selalu berada di posisinya,

    2. Masalah cgi dalam gabung menggabungkan gambar nggak masalah klo memang tujuannya untuk proyeksi ke model simulasi animasi atau ke miniatur globe, klo nggak pake itu kayaknya mustahil, cuma yng jadi masalah kenapa foto di situs resmi nasa kok gambar bumi sama besar dengan bulan atau bahkan lebih kecil klo dilihat dari bulan.? Atau sya yang slah

    3. Klo mengenai siklus saros yang hanya bisa menentukan waktunya saja, dan sains modern nya nasa bisa menentukan posisi gerhana dengan tepat, sya rasa bukan jawaban yang tepat, kan bisa aja nasa tinggal ngembangin aja ilmunya. Apa susahnya.

    Yah.. terlepas dari itu semua yang cuma agak sya sayangkan kenapa bantahan ini nggak menyertakan pokok masalah yang ada kaitannya dengan secret sociaty yang juga dibahas di video tersebut. klo dirunut kebelakang terkait asal muasal kisruh di timur tengah yaa dari mereka2 juga, pasca kemerdekaan indonesia masalah timbulnya pemberontakan juga ada juga campur tangan mereka. Agenda mereka untuk memaskinkan semua negara2 didunia dengan dollarnya, propaganda media, menguasai negara lain tanpa harus berperang. Mind control cuci otak melalui media anak Disney chanel klo di cermat banyak disisipi materi dewasa. Tujuannya satu yaitu guna mereka dipersiapkan untuk New Word order menjauhkan manusia dari konsep ketuhanan.
    Jadi intinya Semua ilmu pengetahuan yang kita dapat sekarang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari sejarah.

  146. bumi datar "kenapa 13rb satelit g terlihat teleskop. awalnya aku g percaya

    alasanku "langit pasti lebih luas dari permukaan bumi ga kerjaan
    mencarinya

    alasan bumi bulat "ukuran kecil dan dia bergerak 23x kecepatan suara, hah. pesawat tercepat d bumi aja 3x kecepatan suara desainnya tajam2, nah satelit yg kubus berantena apa g berpatahan bergerak 23x suara

    bumi bola/datar ga masalah, bisnis satelit yg masalah bagiku

  147. Itu dijawab dulu, ada yang nanya "okelah kalau bener bumi ini bulat, tapi kita juga tahu bahwa air itu selalu dalam keadaan datar? bisakah ada yang memberi penjelasan kenapa air di laut bisa melengkung?" mohon dijawab untuk TSnya atau temen temen disini, terimakasih banyak

  148. Operasi militer yg di lakukan uni soviet da As pada tahun 1958-1962 ialah melakukan pemboman terhadap atmosfer salah satu ledakan terhebat yg terdeteksi ialah 2.150x lebih kuat daripada bom yg di jatuhkan di Naga-Hiro yg anehnya ledakan sebesar itu pada ketinggian 3600 kaki tidak mampu menembus atmosfer klo tidak percaya lihat sendiri bnyak videox d youtube ini fakta bukan omongkosong..dan radius ledakan pun jika d taruh d darat maka negara sebesar Rusia atau As akan hancur tak bersisa ampasx pun gak bkalan ktemu… Lalu Roket yg setinggi tiang tower mmpu mnembus atmosfer? Omong kosong apa itu??? Ada yg tau sistem Gps fan google maps gak??? Ada yg bilang pke satelite??? Hahaha noh tanya ajh ama google… Googlex ajh udah jelasin ngga butuh satelite..

  149. Thanks mas bahasannya, walaupun makin bingung dengan keadaan yg sebenarnya. Masih belum tau mana yg benar dan salah, pasalnya logika dan fakta fakta yg diberikan kedua belah pihak sama sama masuk akal dan ada yang sudah terbukti.
    Walaupun seperti yg kita tahu ada juga pro dari kedua belah pihak yg suka asal ceplas ceplos tanpa pikir panjang asal bantah -_-
    Jadi saya masih belum memutuskan, masih harus mencari informasi lebih dari ahli dibidang nya masing masing
    Sekali lagi terima kasih mas. Sukses untuk kita semua, semoga cepat cepat dibukakan jawaban supaya tidak terjadi pertikaian lebih jauh yang menurut saya konyol

  150. Operasi militer yg di lakukan uni soviet da As pada tahun 1958-1962 ialah melakukan pemboman terhadap atmosfer salah satu ledakan terhebat yg terdeteksi ialah 2.150x lebih kuat daripada bom yg di jatuhkan di Naga-Hiro yg anehnya ledakan sebesar itu pada ketinggian 3600 kaki tidak mampu menembus atmosfer klo tidak percaya lihat sendiri bnyak videox d youtube ini fakta bukan omongkosong..dan radius ledakan pun jika d taruh d darat maka negara sebesar Rusia atau As akan hancur tak bersisa ampasx pun gak bkalan ktemu… Lalu Roket yg setinggi tiang tower mmpu mnembus atmosfer? Omong kosong apa itu??? Ada yg tau sistem Gps fan google maps gak??? Ada yg bilang pke satelite??? Hahaha noh tanya ajh ama google… Googlex ajh udah jelasin ngga butuh satelite..

      1. Pake tower? Gw selama ini kerja di telekomunikasi blm pernah tuh denger perusahaan telepon satelit punya tower atau numpang ditower operator gsm.

  151. Tonton aja dulu videonya di youtube sampai abis, baru komen. Susah bahas ginian sama manusia yang dibudaki elite global. Bumi bulat NASA kaya, utang negara nambah terus. Tonton dulu semuanya gak usah ngotot dulu!

  152. Wew,, knp harus poto dri dekat buminya? Emang ngga bisa apa dri jauh biar keliatan jelas bentuknya?? Bukannya udah ada manusia yg prnah ke bulan?? Knp ngga sekalian aja ke bulan buat ngambil poto lengkapnya bumi? :v *pfft

    Berarti blm ada bukti yg jelas donk klo bumi itu bulat!? :3 Lol

    Kurang buktinya bro, bisa nambah lgi bukti nya ngga?
    Thx

  153. Misi mau nanggepi, kalau yang saya pelajari di sekolah satelit bisa mengorbit di bumi jika gaya sentripetal satelit sama dengan gaya gravitasi bumi, sehingga satelit tidak tertarik ke bumi. Sementara untuk menciptakan gaya sentripetal sama dengan gaya gravitasi bumi serta satelit memiliki kecepatan konstan 28.000 km/jam. Pertanyaannya adalah energi sebesar apa yang bisa menciptakan gaya dan kecepatan sebesar itu?saya sedikit tergelitik dengan ada atau tidaknya satelit, Maaf kalau ada yang keliru

  154. Foto bumi bulat merupakan GABUNGAN dari foto" satelit..
    Kalo ada sih boleh lah dikasih tau LINK download foto potongan" nya.. Disitu mau aku analisa seberapa DEWA'nya kamera + lensa yang digunakan "satelit". Teknologi foto warna aja muncul taun berapa.. Sedangkan foto bumi??
    Maaf dalam penyampaian pendapat kalo ada yang kurang berkenan 🙂 ini pure pendapat dari fotografer amatiran macam aku hehehe…

    deo.putra99@yahoo.co.id
    Fb : http://www.facebook.com/deoputrayuniarto

  155. NASA-nya Russia namanya apa sih? Kenapa gak kita desak mereka buat buka buku mereka tentang bentuk bumi? Atau apa gitu�� karna ini konspirasi sih menurut saya atau pengalihan isu atau entahlah pekerjaan orang pinter yg kepinteran mungkin������ #komentar ngawur #asikinajamas2 #mendingkitapiknik

  156. Kalau bumi itu datar,pasti bumi mempunyai ujung… prttanyaannya ujung bumi d mna??? Trus,mata hari kog terlihat terbit dan tenggelam??? Kalo bumi itu datar mata hari muncul dari ukuran terkecil menjadi besar dan mengecil lagi lalu hilang,itu yg terjadi kalo bumi kita datar… kenyataannya mata hari terbit dan tenggelam… menurut saya teori bumi datar terlalu KONYOL…

      1. menurut saya blm tntu ujung bumi itu kutub selatan.. krna dijelaskan masih ada benua benua lain diluar sana.. yg belum dijeljahi oleh orang-orang dari benua dalam lingkaran kutub selatan..

  157. Yang kita lihat sekarang dengan mata kita,mata hari itu terbit dan kemudian tenggelam dengan ukuran yg sama… nah kalo emang bumi datar, seharusnya mata hari itu bukan terbit,tapi muncul dari ukurang terkeci lalu semakin dekat semakin besar dan menjauh sehingga terlihat kecil lagi,keil,krcil dan menghilang.itu yg seharusnya terjadi jika bumi datar… seperti kita duduk di pinggir jalan yang lurus dan melihat mobil lewat… pasti mobil itu pertama terlihat ukurannya sangat kecil… dan semakin dekat semakin besar,kemudian menjauh lalu terlihat kecil lagi sehingga menghilang… kenyataannya kita sampai saat ini masih melihat mata hari itu terbit dan tenggelam dengan ukuran yg sama, berarti bumi kita bulat dong… teori bumi datar terlalu KONYOL…

  158. Kalau bumi itu datar,pasti bumi mempunyai ujung… prttanyaannya ujung bumi d mna??? Trus,mata hari kog terlihat terbit dan tenggelam??? Kalo bumi itu datar mata hari muncul dari ukuran terkecil menjadi besar dan mengecil lagi lalu hilang,itu yg terjadi kalo bumi kita datar… kenyataannya mata hari terbit dan tenggelam… menurut saya teori bumi datar terlalu KONYOL…

  159. aku pikir….fe,global sama aja toh(sama sama membuka mata kita)
    karena teori flath earth,banyak info yang kita dapat,meski tidak 100% akurat. setuju?
    karena munculnya teori flath earth kita tau,bahwa selama ini kita emang didikte(kalo konotasinya=cuci otak)bisa aja yang didikte itu benar,bisa saja salah,yang pasti,aku secara pribadi mengakui bumi ini bulat karena sudah ditanam mulai sejak kecil.
    dan secara ilmiah belum bisa memberikan bukti apa apa.
    bukti kuat yang dulu aku akui ,salah satunya kapal d tengah laut,ternyata kata flat earth itu hanya perspefkif(maaf jika salah ejaannya)kita ditantang untunk membuktikan sendiri,hanya dengan teleskop.
    trus pendukung bumi bulat itu bisa aja terjadi karna efek bias laut terhadap panas.lagi lagi flat earth membuktikan di malam hari(untuk menghilangkan efek bias)dan bla.bla…..
    nah,kalo bisa sobat,ayo kita buktikan sendiri.
    dan kalo ada sobat sekalian yang sudah praktek sendiri,sudi kiranya berbagi….
    dari cerita di atas,saya cenderung ke flath earth.

  160. admin atau siapapun yang tau, tolong jelasin kenapa terusan panama menggunakan lift untuk penyeberangan kapal? kenapa level airnya berbeda antar air laut di timur dan di barat? jika buminya bulat dan ada daya tarik grafitasi kenapa permukaan air bisa beda? kenapa permukaan air bisa melengkung mengikuti lengkungan bumi, tetapi tidak bisa menyamakan level permukaan air???

    1. Karena kanal terusan panama dibuat melalui danau yang permukaan airnya lebih tinggi dari permukaan air laut. ketinggian permukaan air laut dan permukaan air danau memang berbeda. Ketinggian permukaan aur di danau toba misalnya kurang lebih 900 meter diatas permukaan laut. Hehehe… jadi klo mau dibuatkan kanal seperti di panama, liftnya harus ngangkat 900 meter.

  161. "Ditunggu info lainnya"??>

    Saya juga nunggu info lainnya dari flat earth mas.
    Satu saja, yaitu bagaimana proses ilmiah gerhana matahari (eclipse) versinya flat earth, atau mungkin karena saya gaptek jadi gak ketemu-ketemu carinya.

  162. Alhamdulillah, bisa diterima , bergabung dan berkenalan dg Pa Mahfudh Huda dan rekan 2 lain komentator di blog ini.

    Terima kasih atas penjelasannya (sdh sy baca sampai tamat)…juga sdh sy baca semua komentar yg ditampung.

    Penjelasan ilmiah Pa Mahfudh sangat bisa sy terima (sy di bidang teknik mesin).

    Kalau saya amati, mengapa "masalah" ini kembali terangkat ke publik dan mudah sekali menggertak kesadaran logika umum…Mungkin karena informasi bahasa ilmiah yg kurang tersampaikan ke masyarakat umum (awam di bidang teknik fisika)

    Umumnya masyarakat tidak terlalu memusingkan bagaimana donat dibuat yang penting bisa dipegang, dimakan, kenyang dan sehat

    Demikian pula dg Bulat atau Datar nya Bumi kita…

    Kalau saja…
    Ada, video LIVE peluncuran astronot di televisi yg dilihat dari bumi dan dari roket/ astronot, kemudian secara LIVE pula dishooting bagaimana bentuk bumi dari atas sana…maka perdebatan bulat-datar akan selesai…

    Apalagi kalau NASA mengizinkan astronot Indonesia mendarat di Bulan…kemudian DI astronot mngadakan teleconference dg kita di bumi…maka kita akan semakin senang dan yakin ttg bentuk bumi…

    Sehingga kita bisa menyibukkan diri dengan ilmu dan ibadah lainnya…

    Mengapa Flat Earthers memunculkan video ini, sebetulnya mungkin bukan tujuan utamanya…atau mungkin ada tujuan lain untuk menggiring kita ke ranah pemahaman agama vs iblis….Sehingga teori ilmiah yg dikemukakan mereka terasa mentah oleh pakar fisika namun matang bagi orang umum.
    Ditambah lagi dengan fakta kekacauan politik, keamanan, ekonomi dan agama yang merebak di seluruh dunia belakangan ini….

    Saya tidak memihak Bulat atau pun Datar…namun saya siap menerima dg sportif FAKTA apapun yg logis, nyata dan bisa dibuktikan baik secara ilmiah maupun awam.

    Salam sukses

    Ditunggu info lainnya ya…

  163. mau tanya kenapa di kutub utara yang dikelilingi oleh tentara, tidak bisa lewat kesana, hanya itu yang bisa membutikan bumi ini bulat atau datar,, kenapa tidak bisa lewat kesana???

  164. Maaf sebelum nya awalnya saya tidak ingin berkomentar, namun melihat komentar dari admin mahfuz huda.. saya tidak kuat untuk menahan rasa untuk berkomentar..
    saya tidak membela bumi bulat (globe) maupun bumi datar (hamparan), karena saya yakin kebenaran hanyalah milik ALLAH SWT , manusia hanyalah bisa berasumsi saja dan baru percaya bila di lihat oleh mata kepala sendiri..
    namun saya heran ketika admin bilang

    Mahfuzh Huda delete
    Juli 13, 2016

    "Biarin aja video nggak jelas gitu. rugi saya buang waktu. "

    nah kalo rugi buang waktu buat liat video bumi datar, ngapain artikel ini di buat.. ngapain juga di posting? berarti kita semua hanya buang waktu..

    yang kedua

    Mahfuzh Huda delete
    Juli 17, 2016

    Saya bukkan orang yang mengerti itu.
    Pemahaman agama saya cetek, bahasa arab saya nggak ngerti, kitab-kitab arab saya nggak pernah baca. Dan memang saya tidak membahas kajian Al-Qur'an dalam penjelasan saya ini.

    itu yg sangat astagfiruloh, seorang muslim secara terang terangan berkata demikian.. apa tidak malu dengan nama?
    sesungguhnya kecerdasan tanpa di barengi akidah sama sekali bohong dan akan menjurus kepada ke kafiran dan kesesatan..
    untuk mengkaji kitab suci saja belum pernah.. lah ini so so an mau mengkaji planet bumi yang belum pernah dilihat..
    sungguh hidup anda hanya di buang percuma..

    1. saya tonton video nggak jelas karena ada komentar dari mas haday, tapi emang bener loh, ada banyak kekurangan dalam video itu, makannya admin menanggapinya seperti itu.
      coba deh tonton sendiri..

      tanggapan yang kedua,
      saya ga akan bilang klo admin so soan dalam mengkaji planet bumi,
      klo saya akan menyebutnya keterbatasan, admin mempunyai keterbatasan dalam ilmu agama dan admin menjawab komentar sesuai dengan kemampuannya dia, bisa dilihat disemua komentar, ada yang dijawab ada yang tidak, klo tidak dijawab berarti diluar kemampuan dia. kesimpulannya admin sangat berhati – hati dalam membalas komentar, bukan so soan.

      klo orang yang selalu berfikiran negatif, pasti akan mencari – cari kesalahan seseorang, tanpa memandang sisi positifnya.
      klo saya? saya melihat admin sebagai seseorang memiliki kelebihan dalam sains, senang berbagi ilmu, itu keuntungan buat saya, menambah wawasan saya.
      keterbatasannya dalam ilmu agama? ga akan saya cela, saya dengan senang hati mengajak admin berdiskusi dan berbagi wawasan agama.
      bagaimana jika admin tidak mau? ya itu sih haknya dia, akhlaknya dia, saya sudah berusaha mengajak, tapi saya ga akan mengatur akhlak seseorang apa lagi mencela.

  165. Sudahkah anda mengetahui misi US & Soviet thn 1958-1962?
    Kalo memang satelit bnr ada dan ribuan jumlahnya,knp tdk ada 1 pun yg tertangkap teleskop?
    Bknkah teleskop mampu melihat bintang bahkan planet yg kata nasa ribuan thn jaraknya?
    Hanya satelit sputnik milik sovietlah satelit satu"nya yg diterbangkan..
    Mslh neil amstrong saja adlh bohong dan semua org tahu itu,mengapa anda msh mempercayai nasa yg jelas" sudah berbohong?
    Satu lg mslh gerhana matahari adl ilmu bangsa babylonia yg hanya diikuti oleh nasa,bkn dari rumus jarak matahari ke bumi dan jarak bulan ke bumi
    Tdk ada satuoun ilmuwan yg mampu menghitung terjadi gerhana matahari dari jarak bulan – bumi – matahari

  166. Lucu2 yang komentar, kadang sedih juga melihat komentar yang ingin dianggap cerdas alias ngetes si TS sama yg beneran nanya. Btw flat earth harusnya sgt mudah dibantah apalagi di zaman modern saat ini, krn di zaman dahulu org masi takut bereksplorasi, sdangkan skg jangankan antartika planet mars sudah dijamah. Sangat buanyak artikel maupun jurnal eksplorasi menuju antartika, bahkan ada cuplikan videonya. Tambahan bagi yg skeptis tentang satelit, apalagi yg kecepatannya sampe 28000 km/jam coba buka di google kecepatan ikan tercepat di dunia ada "fastest fish speed" Anda bakal nemuin hiu putih dengan kecepatan maksimum 40km/jam! Padahal itu dlm aer logika cb kalo diluar angkasa yg hampa udara, masalah bahan bakar buat satelit itu gak relevan, karena satelit bukan pesawat,satelit didesain untuk misi jangka waktu yg lama. Artinya, kalaupun ada bahan bakar fungsi utamanya bukan untuk berjalan di luar angkasa terus menerus. Apalagi bahan bakar di luar angkasa veda sama yg biasa utk kendaraan (cari: cryogenic) yang pasti mahal dan inefisien kalo ngisi ulang bahan bakar buat satelit. SEKIAN JAWABAN HASIL GOOGLING DAN LOGIKA SENDIRI SEMOGA BISA DITERIMA. FAKTANYA FLAT EARTH THEORY MASIH JAUH DARI REALITA, KARENA ALAM SEMESTA YANG TERDIRI DARI PLANET2 DAN BENDA LANGIT HANYA BERUPA LEMPENG BISA DIBAYANGKAN BGMN MENGORBITNYA, BAGAIMANA BISA TDK SALING BERTABRAKAN KALO HANYA BENTUK 2 DIMENSI? INGAT ANDA PERCAYA FLAT EARTH. TAPI JUGA PASTI PERCAYA ALAM SEMESTA BUKAN HANYA BUMI KAN? THINK BOUT IT

  167. Kalau satelit tahan banting dari meteor & benda langit, berarti hebat banget dong yg bikinnya. Mau saingan sama sang pencipta? saking pinternya mereka, mereka bisa luncurkan bom nuklir untuk meteor yg akan jatuh ke bumi karena mereka khawatir atmosfer yg merupakan ciptakan Tuhan tidak akan bisa menghancurkan meteor yg besar itu. Padahal dampak nuklir juah lebih banyak bahahanya. Astagfirullah .. saya tidak tahu bumi ini bulat atau datar. Tapi saya jadi tahu bahwa kecerdasan manusia membuat mereka angkuh & meremehkan kebesaran Tuhannya, seakan-akan dunia bisa mereka selamatkan dg kecerdasan manusia & melawan takdir Tuhan. Tinggal tonton saja cicit-cicit kita yg akan tau kebenarannya di akhir zaman.

  168. okelah kalau bener bumi ini bulat, tapi kita juga tahu bahwa air itu selalu dalam keadaan datar? bisakah ada yang memberi penjelasan kenapa air di laut bisa melengkung?

  169. Hehehe…, mas Huda, saya juga org science loh :), sebagai org science kita gak bisa langsung membantah suatu teori, terkadang butuh waktu lama untuk membuktikannya, atau sebaliknya teori yang dianggap benar seiring waktu ternyata ada teori yang lebih benar. Jangan dibantah, beri kesempatan mereka mengembangkan dan membuktikan teori-teorinya, cermati teori mereka. Diantara mereka yang pro FET banyak pakar dan ahli dgn teori intelektual, tetapi juga banyak yang awam dan memberikan teori tidak relevan. Carilah sumber-sumber FET yang ilmiah. Tidak bisa kita bantah begitu saja, ada jutaan penghuni bumi yang meyakininya, tentu menjadi pertanyaan besar "Ada apa?"

      1. iya semoga dpt penjelasan dari blog ini.. tapi saya agak cenderung ke FE sih.. tapi kita tetep temenan kan.. hehe..��

  170. Mas M Huda yg sabar bngt, ikut nimbrung ya. Bukan pendukung flat earth, cm ada beberapa hal yg bikin sy penasaran. Gerhana matahari, krn penasran aq cr eksperimen dg skala yg sebenarnya, tp kok blm nemu ya. Mas Huda punya rekom link?

      1. Misalnya, bulan diameter 1cm, buminya sekian kali dr bulan, matahari sekian kalinya, dst. Begitu jg dg jaraknya, sesuai dg skala perbandingan yg sebenarnya..

  171. Gan tapi koq aneh ya . .
    Masa lampu dibumi yg buatan manusia jauh lebih terang dari benda angkasa yg terlihat lebih terang dibumi?? Satelit diangkasa? kira-kira berapa kali isi bahan bakar? Koq satelit gak pernah kena hanteman meteor & benda langit .. padahal kata NASA meteor & beda langit setiap detiknya saja selalu menabrak atmosfir bumi .. logika kah??

    1. Yg masalah lampu, aku bingung dengan kalimatmu. Coba strukturnya dirubah biar aku ngerti.

      Satelit didesain tahan terhadap benturan. Dikatakan Nasa setiap harinya atmosfer bumi dihantam oleh meteorite hampir 100 ton perhari, tapi ukuran meteorite ini kecil2 (ukurannya sebesar kacang atau lebih kecil). Satelit tahan terhadap benturan ini.

      Tetapi hingga saat ini sudah ada satu satelit yg terkena Asteroid dan rusak, yaitu Olympus baca: http://science.nasa.gov/science-news/science-at-nasa/1999/ast10nov99_1/

      Banyak yg mengira 13.000 satelit itu banyak, padahal kalau melihat luas permukaan atmosfer bumi, 13.000 satelit itu sama sekali nggak banyak. Logika kah? Sangat logis!

      1. mas, klo misal satelit kena benturan meteor, berarti seharusnya satelit mengalami penurunan kecepatan yah? krn ada gaya yang menghambat?

  172. Secara teori satelit memang memungkinkan bergerak 28.000km/jam, dan sekali sudah mengorbit kecepatannya akan tetap sama seperti halnya bulan mengelilingi bumi. Cuma sekarang yang menjadi masalah apa itu benar ada atau tidak? FET mengklaim NASA bohong, berarti tantangannya disini adalah membandingkan teori antara FET dan Globe.

    1. Silahkan dibaca, sejarah sains (terutama dalam geologi) sejak Eratosthenes (Yunani) – Al-Biruni (Islam) – Galileo Galilei (Eropa) hingga Newton. Itu sebenarnya sudah selesai dibahas oleh saintis baik secara teori matematis maupun eksperimental.

  173. om om sekalian, sy mau cari penjelasan kira2 bgimana para astronot bisa berlengak lenggok di luar satelite, sedangkan menurut penjelasan om om td, kecepatan satelite sampai ribuan kilometer per jam,, mohon pencerahannya om, admin

  174. KALO KECEPATAN SATELIT ITU 28.000KM/JAM MANA MUNGKIN? INGAT, JET DARAT AJA YANG BERKECEPATAN 2500KM/JAM SAJA HARUS DIDESAIN SEBAIK MUNGKIN, SE AERODINAMIS MUNGKIN AGAR BISA MELESAT DENGAN KECEPATAN PENUH, INGAT MAS BENTUK SATELIT APA YANG SEAERODINAMIS JET DARAT?? TIDAK ADA. SEMUA BENTUK SATELIT ALAY GITU DEH KAYAKNYA.. SORI CUMAN NUMPANG NYAMPAH…

  175. KALO KECEPATAN SATELIT ITU 28.000KM/JAM MANA MUNGKIN? INGAT, JET DARAT AJA YANG BERKECEPATAN 2500KM/JAM SAJA HARUS DIDESAIN SEBAIK MUNGKIN, SE AERODINAMIS MUNGKIN AGAR BISA MELESAT DENGAN KECEPATAN PENUH, INGAT MAS BENTUK SATELIT APA YANG SEAERODINAMIS JET DARAT?? TIDAK ADA. SEMUA BENTUK SATELIT ALAY GITU DEH KAYAKNYA.. SORI CUMAN NUMPANG NYAMPAH…

  176. Mas maaf nanya, gara-gara nonton video tentang flat earth logika saya mulai bermain dengan banyak pertanyaan, ada satu semoga mas atau kawan disini bisa menjawab
    kenapa disaat sudah banyak satelit yang ada di langit, perusahaan telekomunikasi dan google sendiri pun masih membangun BTS serta kabel bawah laut yang katanya untuk kecepatan transmisi lebih cepat, dan menurut link http://www.spaceacademy.net.au/spacelink/commdly.htm saya baca kok delaynya kecil sekali bahkan untuk jarak ke bulan yang lebih jauh dari jarak satelit ke bumi

    1. Bantu jawab, tp pemikiran sendiri, maap klo ngawur.

      Knp tidak beralih dari bts ke satelit
      1. Dari sisi kemanusiaan, bakalan banyak jd pengangguran contohnya teknisi jaringan, perusahaan konstruksi & vendor bakalan bangkrut, mungkin jg ada faktor politik.
      2. Dari sisi pelanggan, klo dipilih hp gsm sama hp satelit saya milih hp gsm, soalnya hp satelit berat, tarif mahal, ga bisa nelpon didalam rumah.
      3. Dari sisi perusahaan telekom, mungkin ribet harus 2-5tahun sekali meluncurkan satelit untuk memperbarui teknologi, klo melalui bts kan mudah, tinggal ganti bts contohnya ada 2g, trus 3g, baru tahun kmrn launcing 4g, skrg udh denger" mau ada 5g.

      Itu aja kali ya, klo kebanyakan nanti malah tambah ngawur, wkwkwk

  177. maaf jika kurang sopan, sy hendak ikut berkomentar.. saya ingin tahu juga klo kecepatan satelite itu adl 28.000km/jam (hebat bener yaa, klo di cari di google saya tidak menemukan tuh, pesawat buatan manusia yg bisa sampai menembus kecepatan 28.000km/jam)
    *nah yg ingin saya tanyakan adl, kenapa ada video NASA yg sedang oprak-oprek satelite tp orangnya terlihat santai saja ya..?
    *terus, itu satelite isi bahan bakarnya kapan? apakah ada dokumentasi saat satelite isi bahan bakar?
    *satu lagi, itu satelite jalurnya(path) mengelilingi bumi ya? klo begitu, kenapa satelite tidak terkena efek "grafitasi"?
    atau ada teknologi canggih yg bisa membuat sabuah benda tidak terkena efek grafitasi?

  178. haha, yg komen kayaknya kurang ngerti fisika ya? memangnya tidak bisa ya, satelit mengorbit bumi dgn kecepatan 28.000 km/jam? Setau saya satelit masih berada dalam pengaruh gravitasi bumi, artinya sama seperti kita naik kereta dengan kecepatan 100 km/jam, penumpangnya nggak akan amburadul di dalam kereta, tapi anteng2 aja. Begitu juga dengan satelit, serta astronot yg bekerja didekat satelit.

  179. Bisa jelaskan tentang dokumen report NASA sendiri tahun 1988 yang menyebutkan kata "a flat, non-rotating earth". Perlu diketahui ini dokumen research asli NASA.
    Dan juga saya kurang setuju dengan adanya satelit berkecepatan 28.000 km/jam. Sepertinya belum ada suatu aircraft yg diciptakan melebihi kecepatan suara. Bagaimana pendapat Anda?
    Saya menyertakan link report NASA 1207 thn 1988 di bawah. Terimakasih.
    Link : https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.nasa.gov/centers/dryden/pdf/88104main_H-1391.pdf&ved=0ahUKEwjYjcnbmJrOAhUBro8KHVg2DkcQFggeMAE&usg=AFQjCNHLWRuGflX5CAmtMdF5Y-qx2xW3og&sig2=PkLmTYN1qlKtjT3QQ5cDvg

    1. Seriously? NASA mengatakan dan menyajikan ribuan kalau nggak jutaan data bahwa bumi bulat, tapi yg km ambil cuma pernyataan ketika NASA bilang Flat bon rotating earth satu kali?

  180. Kalo kecepatannya 28.000/jam brarti melebihi kecepatan pesawat yang tercepat di dunia…pesawat bentuknya aerodinamis kalo satelit?…..kalo kecepatan secepat itu butuh bahan bakar brapa mas? Trus kapan ngisi bahannya? Dan dimana pom bensinnya?

    1. Diluar angkasa itu nggak ada gaya gesek, jadi selama diluar angkasa gk perlu memakai tenaga buat ngejalaninnya, udah tau satelit new horizons belum? Satelit yang melewati planet Pluto 26 Juli 2016. Selama 9,5 tahun perjalanan gk membutuhkan tenaga biar bisa melesat dengan dengan kecepatan 10x dari peluru. Hanya membutuhkan 20 Watt buat sekali kirim sinyal ke bumi

  181. tadi diatas ada yg ngasih link video malah dibilang rugi kalo nonton 🙁
    saran aja sih jangan dikotak-kotakin kalo emang yakin sama bumi itu bulat jangan takut karena nonton video baru itu jadi goyah, kesannya kayak pake kaca mata kuda
    kalo gua sih belum yakin sama keduanya, kalo bicara logis dua2nya logis soalnya

    1. Saya nonton videonya beberapa detik, dan saya merasa rugi dan buang-buang waktu saya ketika menontonnya. Karena tidak mendapatkan sedikitpun manfaat dari videonya. Ada yg salah?

  182. Gini deh. Mau bumi itu bulat, datar, Ketupat atau Piramida ya tetep dunia ini cuma sementara. Gitu2 aja. Yang penting gimana caranya selama di bumi yang entah datar atau pun bulat itu kita bisa jadi Hamba Allah yang Shalih/Shalihah dan jadi manusia yang paling banyak manfaatnya bagi manusia lain. Yang penting kalau kita BAB, si tokai nya tetep ke bawah kan? Aman. Case closed!

    1. Allah juga ga nyuruh kita hanya shalat dan ibadah saja kan?justru itu,allah menyuruh kita untuk mencari kebenaran,dan berpikir juga.kalau dibilang kita harus menaati allah,justru dengan tidak memikirkan ilmu seperti ini kita tidak taat kpd allah,karena allah memerintahkan kita untuk juga berpikir dan bernalar.jadi berpikir seperti ini termasuk menaati allah.

  183. Korban brainwash, mengabaikan banyak fakta hanya bermodal Youtube…
    Yang teknologinya juga berasal dari Teori sains,
    Posting dan Koment Menggunakan internet yang menggunakan satelit yang katanya tidak ada…
    dll…
    Para Insinyur memikirkan banyak hal rumit untuk menciptakan produk yang dicela, padahal mereka juga memanfaatkan penemuan itu…?

    1. Benar,saya bingung mereka menyandarkan kepada tuduhan ilmiah yang sudah bisa terjawab.. Anggaplah ada pertanyaan yang belum terjawab secara ilmiah karena kita belum sampai kepada ilmu itu,tapi itu sama sekali tidak sebanding dengan fakta dan banyak tuduhan yang bisa terjawab..
      Justru itu,logika saya,kalau insinyur mempelajari selama bertahun tahun tentang satelit,dan insinyur juga bukan ratusan orang,tapi jutaan,tapi apakah ada yang mengatakan bahwa satelit itu tidak masuk akal?kenapa demikian?karena mereka tau mekanisme kerjanya,hukum fisika dan hal lain yang ilmiah,coba bandingkan dengan tuduhan FET,saya ambil contoh dari tuduhan FET indonesia di youtube tentang mengapa saat astronot keluar dari satelit untuk membenarkan satelit,mereka tidak terbang kebelakang tertinggal oleh satelit yang kecepatannya 28000 km/jam.kalau anda orang awam yang tidak belajar fisika,anda mudah tertipu dengan teori FET ini,tapi kalau anda belajar fisika dengan baik dan benar,anda sangat sangat mudah dan mengerti dan dengan mudah menjawab tuduhan tsb.. Dari tuduhan pada video FET indonesia saja,sudah terlihat sang pembuat video tidak dengan benar menguasai fisika.. Kalau orang yang tidak mengerti,pasti akan langsung terjerumus.tapi kalau mereka sudah terdesak dengan tuduhan ilmiah mereka yang sudah terbantahkan,apa yang mereka lakukan?mereka menghindar dengan menghubung hubungkan teori mereka dengan elit global lah,iluminati lah,yang tidak bisa dibuktikan secara sangat jelas,dan masih ambigu.. Gimana kita bisa berdiskusi secara ilmiah kalau gitu?

  184. Bang admin yang terhormat dan komentator yang lain yang sok tau segalanya dari pengetahuan text book. Cobalah berfikir terbuka tanpa memihak pada flat earth atau pihak NASA. Buktikan keduanya, dengan uji coba yang sama. Mana yang mendekati fakta?

    Jika ternyata NASA salah ya harus diakui salah, kalo flat earth salah ya sama. Tapi saya harus minta maaf dengan berat hati, bahwa NASA banyak melakukan KESALAHAN. Bahkan di video2 resmi mereka, mulai wawancara di ruang angkasa, foto2 yang diatas menjadi perbincangan. Cobalah lebih objektif dalam menilai… Apakaha tuduhan oleh FET itu tidak layak di nilai seccara objektif. Masalah ini saja kalian semua tidak bisa berfikir secara logis. Bagaimana kalian berfikir masalah pergerakan kaum Iluminati???

    WAKE UP GUYS.

    1. Sekarang gini,FET menuduh sangat banyak hal yang ilmiah dari nasa,berarti kita asumsikan mereka bersandar kepada yang ilmiah kan?
      Sekarang sudah banyak tuduhan ilmiah(walaupun ada tuduhan ilmiah FE menuduh tanpa penjelasan ilmiah yang jelas) sudah dijawab dengan pengertian sains logis,matematis.sekarang,saya meminta tuduhan tuduhannya dijelaskan secara ilmiah ,tapi mereka menyandarkan tuduhan mereka kepada iluminati yang masih samar samar??
      Kita gak bisa memperdebatkan hal yang masih samar samar,kalau mereka menyandarkan sesuatu kepada yang samar samar gimana kita bisa diskusi ilmiah,nanti kalau udah mentok mereka beralasan kepada hal yang tidak bisa diperdebatkan karena tidak ada bukti jelas

    2. Justru kalau anda bilang untuk lebih objektif dalam menilai,apakah iluminati obyektif dalam hal hal yang ditudukan?
      Karena tidak ada bukti sangat jelas,hal yang ambigu bisa dikatakan benar,ataupun salah..
      Tapi untuk apa membicarakan yang ambigu,makanya disini dijelaskan bahwa tuduhan tuduhan FET tidak ilmiah,kalau FET ingin membuktikan mereka ilmiah,buktikan bahwa hal ilmiah yang dijawab di sini adalah salah.. Tapi kenyataannya tuduhan mereka bisa di jawab dengan ilmiah kan.. Dan kenyataannya saat tuduhan mereka bisa dibantah,mereka menghubungkannya dengan iluminati yang masih ambigu.. Apakah ini menunjukan mereka dapat dinilai objektif…

    1. Kalo dari pandangan saya,orang kaya gitu memang susah diajak debat cerdas,yang ada melenceng keluar dari topik,sangat jauh,malahan sampe sampe ke harta materi,kerjaan,apalagi merendahkan sains,ga bisa ada pointnya kalau debat dengan orang yang melenceng gitu kalo menurut saya

      1. sains tidaklah rendahan,tetapi anda semua yang rendahan,yang terlalu mendewakan sains,padahal ada ilmu yang lebih kekal dan pasti,yaitu al-qur'an.coba anda lebih membaca kitab anda al-qur'an,injil,tripitaka,ataupun yang lainnya.coba bandingkan mana yang lebih bermakna.dan jangan sekali-kali mendewakkan sains,yang belum tahu kebenarannya.saya sendiri memang percaya sains tetapi hanya 50%dan ajaran agama 50%,agar seimbang.bagaimana dengan anda

  185. Yaelah bahas bumi aja pada ribet, buang2 waktu aja, mending urusin hidup aja deh gw mah! Mau datar kek bulet kek ga ada pengaruhnya buat negri kita 😀

  186. Anda bilang saya angkuh… Anda meminta saya untuk memahami pertanyaan anda dulu baru emosional?justru karena pertanyaan sendiri saya menjelaskan seperti itu.anda mengatakan attitude banyak yang kurang… Kalau mengutip dari anda,anda mengatakan sendiri bahwa jangan sombong seolah melebihi tuhan… Justru dari kalimat pertama anda di komentar saja,dengan menertawakan dengan mengatakan kata"ngakak" pada pendapat orang lain saja sudah sangat sombong seolah pendapat penulis adalah konyol dan pendapatmu melebihi pendapat penulis,padahal setelah dibukti kan sama sekali tidak.. Jadi justru yang sombong dengan menertawakan argumen orang tanpa bukti dan ternyata salah siapa?yang sombong duluan siapa?
    Anda memberi tahu orang jangan sombong tapi anda yang ternyata duluan sombong sgn menertawakan pendapat orang lain…
    Kalau kata mas,saya sombong karena lebih paham,lalu mas,yang belum paham tapi sombong dengan menertawakan pendapat orang lain lebih buruk kan?
    Kalaupun anda bilang saya sombong,setidaknya saya tidak duluan mengatakan orang lain sombong terlebih dahulu,tanpa memikirkan diri sendiri,padahal etika anda berbicara atau menanggapi pendapat orang dengan menggunakan kata "ngakak" sudah salah etika,yang memancing orang menjadi emosi.
    Berarti,sebenarnya yang terlebih dahulu sombong dan seolah olah melebihi kemampuan tuhan siapa?
    Setidaknya walaupun saya terkesan dan dianggap sombong,saya tidak langsung menilai orang lain sombong tanpa memikirkan diri sendiri,seharusnya kalau orang ingin mengkoreksi orang lain,harus ngaca pada diri sendiri,agar bisa memberi contoh,tapi kenyataannya kan berbanding terbalik,justru mas men"judge" saya sombong terlebih dahulu.setidaknya walaupun saya dianggap sombong saya tidak men"judge" orang duluan tanpa memikirkan kesalahan diri sendiri

    1. Lu ga cape nulis panjang2? Hidup lu rumit amat bro ?, udah sukses dalam hidup blum? Brapa royalti yg anda punya skrang? Sya mungkin g paham sains dibanding anda, cuma hidup saya di sebagai pengusaha muda saat skrang jauh lebih baik dari anda yg paham sains! Hidup jangan kebanyakan teori bro! Bawa santai ?? payah guru fisika ??

      1. Anda kan sudah menghubung hubungkan pendapat dengan tuhan,berarti anda percaya tuhan kan,Padahal tuhan bilang ilmu itu sangat penting,dan materi tanpa ilmu itu percuma..,oke lah saya terima nasihat mas yang sudah sukses dan mengakui dirinya lebih sukses dari orang lain.mungkin mas menertawakan pendapat orang lain dan mengatakan orang lain payah tandanya mas orang yang lebih baik?

    1. ato begini,satelit yang jadi rongsokan di daratkan di bulan,mana tau ada yang berguna…untuk cikal bakal stasiun di sana,ga mungkin setelah masa orbit habis ga ada yang bisa di pake(bautnya mungkin?)nyeretnya gampang kok,tinggal dorong dikit ke arah bulan,selanjutnya ga butuh pendorong,kan ga ada gesekan fluida?

      1. Kalau untuk masalah kecil spt baut mungkin ga usah susah susah ngirim satelit bekas untuk dipake ke yang lain,ga perlu hal susah kayak gitu,walaupun tenaganya hanya butuh dorongan awal,tapi mungkin pengarahannya,perhitungannya ribet,lagian baut baut gitu ga terlalu penting kali?

  187. Intinya sih ga perlu bertele2, NASA kan tau banyak yg menhujat karna paham konspirasi flat earth, kenapa g dibawa aja tuh berkunjung ke bulan sana bagi yg paham flat earth, biar bukti dimata kepala mereka sendiri, malah meberikan bukti2 teori apalah foto apalah, kan dah sering kesono, tingga angkut! Kelar, selesai, itu aja kok repot! Malah di jawan dengan bukti2 yg bikin antara percaya g percaya

    1. mas hasbi,NASA tidak mau mengajak berkerjasama kaum FET,karena mereka tidak mau rugi.rugi kenapa,karena kebohongan mereka selama ini yang menguntungkan mereka dalam bidang ekonomi dan politik.teritama dalam bidang satelit.kenapa meraka harus rugi2an membuat satelit yang biayanya mencapai milyaran,padahal mereka bisa membuat tower komunikasi yang cuma 150 jutaan,dan mengaku bahwa mereka yang membuat satelit.padaha semua itu kebohongan.

  188. Loh sya liat ini uma perhitungan matematika, jd luas bumi dibagi2 sama jumlah satelit wkwkw ngakak, 1 satelit/ 1.000.000 km2 ???? �������������������������������� kecepatan 28rb km/jam dalam ukuran satelit yg kecil, bahan bakar nya gmn? Semakin besar mesin semakin besar pembakaran, dan lagipula sudah adakah kecepatan berkali2 lipat kecepatan cahaya itu?
    sulit di cerna dengan logika wajar

    Itu semuanya mas cari via googling yah? Owh saya kira mas paham dan bikin sumber sendiri dengan melakukan riset

    1. Perhitungan matematika tsb ngakaknya dibagian mana mas?ga logisnya dibagian mana?jujur saya agak geli ngeliat komen mas.
      Mas waktu sekolah pelajaran fisika ketiduran apa gimana sih?belajarnya kaga bener ya?makanya belajar dulu,baru argumennya logis.

      Mas belajar hukum 1 newton ga?hukum inersia?
      Benda yang bergerak,akan terus bergerak dengan kecepatan yang sama atau tidak berubah,kecuali ada gaya yang bekerja pada benda tsb,contoh,gaya gesek.mobil di bumi kalau sedang dalam keadaan digas lalu lepas gas tanpa menginjak rem pun sebenarnya akan berhenti dengan sendirinya,karena ada gaya gesek dari udara dan aspal yang menghambat laju mobil.
      Mas udah tau kan diluar angkasa hampa udara?(semoga tau)
      Jadi menurut mas disana ada gaya gesek ga?
      Artinya kalo mas nembak peluru dengan kecepatan 500 km/ jam,peluru itu ga akan berhenti atau akan terus tetap berjalan dengan kecepatan yang sama selama itu tidak terhambat atau menabrak sesuatu.jadi satelit itu nggak perlu terus terusan didorong jet kayak pesawat pesawat di bumi,jadi hanya perlu dorongan awal untuk memulai kecepatan 28000 km/jam.setelahnya?tidak perlu didorong oleh alat lagi karena akan melaju dengan kecepatan konstan karena tidak ada gaya gesek sama sekali.ngeliat komen mas yang tentang kecepatan cahaya,justru malah ngebuat saya ketawa.mas sendiri tau ga sih kecepatan cahaya itu berapa?
      300.000 km per DETIK
      INGET!PER DETIK!
      Terus mas nanya MEMANG ADA KECEPATAN BERKALI KALI KECEPATAN CAHAYA?YA MEMANG GA ADA,MAS AJA YANG KURANG BELAJAR.mungkin ini hanya sulit dicerna oleh logika mas sendiri aja kali ya.terus mas nanya lagi INI CARI VIA GOOGLING YA?JUSTRU MAS YANG HARUS GOOGLING TENTANG BERAPA KECEPATAN CAHAYA.terus mas bilang ga perlu bertele tele???!!
      Pendapat mas aja udah salah dan harus dijelaskan secara "bertele tele".jadi yang mancing orang bertele tele siapa?

      1. Owh begitu ya, thanks buat penjelasan nya, ya meskipun jawaban nya sangat angkuh dan sombong dan menghina gpp lah biasa orang pinter emang atittude nya banyak yg kurang ya mas ?,
        Cepat tamat kuliah dan jadi prof atau doctor,
        Masing2 orang punya keahlian atau bidang masing2, berpendapat dari berbagai nalar itu soal biasa, cuma cara orang saja menanggapinya layak nya km mengajar murid yg sama sekali tidak mengerti dan km memberintahu dengan cara sperti itu, miris

        Jangan sombong bung!

      2. Pikar pikar pahami baik2 perkataan saya, baru emosional! Maksud bertele2 itu gw ngarahin pada kalian yg saling debat. Km bole tau lebih dari sya dalam bidang ini, tp blum tentu di bidang lain! Jd lain ke depan pakai kata2 sopan untuk menjawab argument orang! Jangan angkuh seolah ilmu mu melebihi tuhan sob

  189. Penjelasannya logis, tp tetep aja ga bs ngebuktikan klo bumi itu bulat. Fto trlihat lengkung, mngkin bs aja ditambahin lensa cembung.

  190. DISKUSI INI TETAP GAK AKAN KETEMU ,…. KARENA SETIAP ORANG PUNYA PEMIKIRANNYA MASING2 JANGAN – JANGAN NANTI ADA KONSPIRASI BUMI LONJONG ATAU SEGITIGA, TRAPESIUM JAJARAN GENJANG, PENGOK DSB, SILAHKAN AGAMAMU UNTUKMU AGAMAKU UNTUKU….

  191. sekilas mengenai satelit,apakah maksudnya ga bisa dilihat karna kecilnya? ato kecepatannya yang 28.000 km/jam.bisa jadi karna ukurannya.sebab sebagian besar satelit ada lokasinya,makanya tv parabola gampang diarahkan,sekalipun kecepatannya 28.000 itu.
    nah yang saya bingung mas,katanya rotasi bumi berputar bervariasi antara 150 sampai 1.050 mil per jam.(241,402 sampai 1689,811 km/jam.
    (http://global.liputan6.com/read/812293/tebak-seberapa-cepat-kita-berputar-pada-poros-bumi)
    sedangkan satelit diklaim 28.000/jam apa bisa tetap di orbitnya? contohnya palapa d(113°east)

      1. logikanya begini,kamu putar bola di telunjuk kirimu(mewakili bumi) trus kelilingi benda lain pake tangan kanan(mewakili satelit)
        apa bisa parabola nangkap siaran palapa(jika kecepatan bumi tidak sama dengan satelit)
        belum lagi bumi mengitari matahari.
        maaf mas jika salah,saya hanya ber andai andai saja,artinya ini bukan penjelasan ilmih…peace…..

      2. Boleh saya tanya? Bagaimana pengaruh orbit satelit pada saat satelit berada diantara gravitasi bumi dan bulan, bagaimana orbitnya bisa bertahan untuk jenis satelit yang jenisnya tidak memiliki pendorong.

      3. coba pikir ulang, tangan mas dengan bola itu tidak mewakili apapun… logika kita berbeda… hahahaha, satelit itu pertama tergantung program satelit itu apa, apa diprogram untuk kebutuhan komunikasi, militer, observasi, atau penelitian atau mungkin yang lainnya. dan kedua satelit itu tergantung orbitnya… dan orbitnya akan mengacu pada program yang dibuat. misal satelitnya diprogram untuk keperluan komunikasi maka orbit satelit itu disarankan GEOSTASIONER, kenapa karena di orbit itu satelit akan bisa megikuti rotasi bumi, orbit satelit = rotasi bumi. kalo misalkan satelit komunikasi itu disimpan di orbit yang salah, sebut saja orbit LEO (low eart orbit) kalo mas pake telepon satelit mas cuma punya waktu 4 jam untuk komunikasi begitupun klo mas mau nonton tv kabel hanya 4 jam saja, kenapa.? karena diorbit itu(LEO)kecepatan satelit tidak setara dengan rotasi bumi. artinya satelit lebih cepat berotasi. intinya semakin kecil lintasan orbitnya satelit akan lebih cepat padahal semua kecepatan satelit hampir sama. coba buat 2 lintasan tamia yg melingkar, satu lebih kecil satu lebih besar dan siapkan dua tamia dengan kecepatan yang sama. jalankan kedua tamianya. lihatlah, lintasan yang kecil tamianya lebih cepat berbutar atau kembali keawal bukan? seperti itu satelit juga. ada rumus untuk menghitung orbit satelit agar mereka dapat ditempatkan diorbit yang tepat dan sesuai dengan rotasi bumi (rotasi bumi berpengaruh untuk menentukan data yang diperlukan). terlalu panjang untuk dijelaskan disini, saya rekomendasikan masuk elektro atau telekomunikasi buat kuliah dan pilih mata kuliah jaringan telekomunikasi satelit. tapi yang jelas, saya TIDAK MUNGKIN BELAJAR PROGRAM JIKA BENDANYA TIDAK ADA. kecuali kalo saya mau melakukan penemuan. dan bagi yang masih menyangkal keberadaan satelit, silahkan gabung dengan kami…. jangan dulu membuat pernyataan jika anda belum melihat kenyataan…. jangan terpaku pada OTAK BTS…. hahahahahaha. sepertinya anda-anda semua tidak mengerti dengan yang saya jelaskan, silahkan sangkal jika satelit tidak ada tapi berikan buktinya bukan FOTONYA. dan saya yakin yang menyangkal bukan orang yang bersangkutan dengan telekomunikasi. jika ada mari kita diskusikan lebih lanjut lagi, bila perlu kita buat forum pernyataan bersama JIKA SATELIT ITU TIDAK ADA tapi ini hanya berlaku untuk orang-orang yang bersangkutan dengan TELEKOMUNIKASI aja. FAHAMkan?!!!!! jika belom faham biar saya jelasin lagi… coba anda jelaskan tentang keluarga sendiri saya yakin penjelasan anda akan menjadi buku biografi ribuan halaman, tapi coba anda jelaskan tentang keluarga temen anda sendiri bisa nyampe 10 halamanpun itu sudah hebat, lalu bagaimana jika anda menjelaskan keluarga orang yang belum pernah anda kenal, ada 2 lembar kertas aja itu mustahil. nah itu… makanya harus orang telekomunikasi yang menyatakan satelit itu tidak ada…. karena kalo bukan, itu seperti menjelaskan keluarga orang yang belum kita kenal… mengertikan…

  192. Gabung lg gan.
    Kembali ke pertanyaan 1.
    Satelit berada di ruang hampa udara.
    Agak ngeganjel nih gan.
    Berarti ada lapisan lagi yah gan di atas exosfer. Ketika satelit buatan manusia mengambang di ruang hampa udara dan mengitari bumi, namun di saat bersamaan, bumi mengitari matahari, dan matahari mengitari galaxi.
    Kok lebih logis jika satelit milik manusia hanya diam tak bergerak di ruang hampa udara tersebut dalam pengertian. Satelit tidak berputar mengeliling bumi. Karena buminya diam. Karena jelas, lapis terluar bumi akan terkena gaya gesek ketika bumi berotasi terhadap matahari, dan apapun yang terkena gaya gesek akan mengakibatkan energi lain.Lintasan satelit JUNO jadi tambah tidak masuk akal.
    Pertanyaannya. Exosfer terkena gaya gesek tidak ketika mengelilingi matahari?

    1. Silahkan cari sendiri informasinya. Aku udah cukup menjawab pertanyaan. Urusan km percaya atau nggak bukan masalah buatku. Silahkan cek cara kerja satelit, cari disemua sumber, pahami.

    2. that's why , jangan di campur adukkan RET dengan FET saat melakukan mencari suatu pembuktian.
      kalau cari pembuktian dengan cara mixing antara RET dan FET seperti itu sama saja dengan "mencampur aduk agama" karena sudah beda iman/kepercayaan, beda kiblat, beda aqidah, meskipun sama-sama manusia yang jalanin ^_^

  193. Tadinya niat cari info kesana kesini tentang flat earth, eh begitu tau kenapa Antartika gak boleh dikunjungi lagi malah jadi keponya ke Antartika bukan ke soal flat earth lagi lawl

    1. Lah sama gan… Gw Bukan anak IPA, Gw jg ga suka pelajaran Fisika, tp ada 1 materi yg gw suka dari IPA dan fisika yakni BAB tentang antariksa yg mempelajari planet2, blackhole, Galaxy dan segalanya yg ada di angkasa.

      Gw jg tertarik banget ttg teori flat earth apalagi setelah liat video flat earth nya. Gw baru nonton smp episode 7 sih skrg. Dan justru yg skrg bikin gw penasaran bukanlah flat earth nya, tp antartika nya. Apa bener ga ada yg bs lewatin antartika? Apa bener ada kehidupan lain setelah antartika? Apa iya sih klo bener sekalipun antartika di jaga militer tapi ngga ada yg bisa lewatin Antartika, secara Antartika kan luas? Ya kali militer bs jaga seluruh luas antartika tsb?

  194. Jarak bumi ke matahari 150 juta km, ukuran dari nasa atau yunani kuno? Kenapa dengan jarak sejauh itu ukuran matahari tampak lebih besar di siang hari drpd di pagi atau sore hari? Semua kitab suci agama samawi, bahkan hindu menyatakan dengan tegas bahwa bumi adalah hamparan rata, matahari mengelilingi bumi,lalu lebih percaya kepada siapa kita? Kepada Tuhan atau manusia yang ilmunya sangat sedikit, bahkan tidak mengetahui yang ghaib kecuali atas izin-Nya?

    1. Beberapa ilmuwan Yunani kuno melakukan perhitungan, tetapi salah. Jarak Matahari Bumi yang digunakan saat ini itu diukur oleh ilmuwan modern.

      Itu hanya ilusi optik, namanya ponzo illusion. Sebenarnya keduanya sama besarnya. Tapi karena di horizon kemunculan matahari dapat dibandingkan dengan benda-benda lain yang dekat maka otak kita berfikir matahari lebih besar. Aslinya nggak.

      Jangan menabrakkan sains dengan kitab suci, seolah2 pemahaman kita tentang kitab suci telah sempurna. Justeru karena ilmu manusia sangat sedikit itu makanya kemungkinan kita salah menafsirkan isi kitab semakin besar.

  195. Pertanyaan ke 2. Masih tentang gesek -gesekan. Asik sihhh. Dan geser menggeser.
    Melihat jawaban 1.2, saya msh blm "puas". Dan 1.3, saya harus ikut mencari ilmu juga.
    2. Pergesekan di hampa udara di angkasa mengakibatkan seolah olah bumi mengambang, tapi masih tertarik oleh gravitasi matahari. Sama seperti mars dan venus, mengelilingi matahari sesuai orbitnya. Karena lebih dekat dengan matahri, harusnya mars dan venus juga bisa mengakibatkan gerhana. Kapan gerhana mars atau venus terjadi?

    1. 1. Merkurius, 2. Venus, 3. Bumi, 4. Mars
      Melihat posisi kita di Bumi yang nomor 3, maka gerhana Mars tidak mungkin (terjadi) kita amati Mas.
      Gerhana Merkurius dan Venus disebut sebagai Transit Merkurius dan Transit Venus. Nah ini persis seperti yang Mas Wisma Bayangkan, Merkurius atau Venus posisinya sejajar dengan Matahari dan Bumi. Ini dapat diamati tetapi karena jarak venus yang sangat-sangat jauh dari bumi dan ukuran matahari yang sangat besar, maka venus dan merkurius hanya terlihat sebagai titik kecil yang menutupi matahari.

      Silahkan cek di youtube: "Transit of venus" atau "transit of mercury"

    1. Oh ya, Jangan dianggap saya menulis ini biar banyak yg memihak. Saya cuma berusaha meluruskan beberapa pandangan sains yang keliru dalam video yg populer itu. Ketika ada yg semakin penasaran dan mencari tahu lebih dalam, saya malah lebih senang. 🙂 Keep learning aja lah.

  196. Ikut gabung gan.
    Saya dah baca semua artike anda. Dan logis, saya cuman blm ambil sikap memihak yang mana. Anggap netral.
    Ada pertanyaan buat agan, untuk memperkaya pengetahuan bersama.
    1. Ketika bumi melakukan rotasi mengelilingi tatasurya dng kecepatan nya. Selubung apakah yang menyelimuti bumi?
    Selubung tersebut terkena gaya gesek apa tidak?
    Bagaimana perhitungan gaya gesek selubung bumi dengan angkasa?
    Pertanyaan ke dua nanti saya lanjut. Mohon pencerahannya untuk pertanyaan pertama.
    Trims

    1. 1. Selubung yg menyelimuti bumi ini namanya Atmosfer gan, karena atmosfer bumi dibagi menjadi 8, maka yg lebih tepatny bagian terluar atmosfer bumi(exosfer)
      Selubung terkena gaya gesek apa tidak? Emm.. Selubung ini jangan dibayangkan suatu batas(yg fix) antara luar angkasa dan bumi, jadi bukan seperti batas kaca, tetapi lapisan dimana perlahan2 kerapatan atomnya semakin sedikit dan berkurang, hingga akhirnya kerapatan atomnya sangat kecil (sama dengan luar angkasa). Jadi dalam rotasi bumi, sebagian exosfer rotasinya lebih lambat dan sebagian lainnya tidak berotasi sama sekali(angkasa). Artinya untuk melihat efek gaya gesekan akan bergantung pada seberapa jauhnya dari bumi. Ini sepengetahuan saya, silahkan cari infonya lebih lanjut. 🙂

      1. Mau meluruskan saja mas bahwa bumi dan atmosfer itu satu kesatuan planet yang bergerak dengan kecepatan yg sama thdp matahari pada ruang hampa. Jadi pergerakan planet ini tidak mengalami gaya gesek, sehingga konstan mengitari matahari dalam waktu setahun.

    2. kalau pake teori Round Earth, dan berasumsi bahwa exosfer itu fixed edge seperti kaca, tetap saja jawabannya adalah nol gesekan. kan ruang angkasa itu hampa udara ^_^

      kalo pake teori Flat Earth, lain cerita. karena FET tidak menggunakan Heliosentris melainkan Geosentris ^_^

  197. Makasih Mas buat informasinya,membaca penjelasan secara detail dan tdk memperhatikan ego,itulah hal yg diperlukan, informasi tentang bumi itu datar ataupun bulat {entahlah klu bumi itu bulat sempurna, tapi menurut saya tdk) memperlukan bukti yg akurat mungkin banyak orang mengatakan klu foto dari nasa itu kebanyakan hasil cgi atau buatan animasi gitu, iya memang itu hasil cgi, tapi apa mungkin mereka bisa foto secara dekat klu bumi itu bulat? tentu tidak pasti ada potongan gambar yg tak terlihat, maka dari itu mereka membuat animasinya,yg masih saya bingung apakah iya ada sebuah dinding es yg katanya setinggi 42m kurang lebih gitu, di jaga oleh para tentara agar manusia tdk mengetahui apa yg di luar sana? suatu hal yg sangat di masuk di nalar begitu, mungkin itu saja mas, thanks buat wawasan msalah bumi itu datar atau bulat, saya sbnrnya tdk terlalu peduli dgn hal ini, tapi saya meyakini kita harus mencari lebih lagi bukti bukan hanya dari video yang mengatakan bumi itu datar, cari lah lagi refrensi lainnya, saya sempat menonton video itu, karna saya merasa masih kurang jawaban dari video tsb maka saya cari lagi informasi" lainnya, itu saja mungkin, thanks masbro

    1. "msalah bumi itu datar atau bulat, saya sbnrnya tdk terlalu peduli dgn hal ini"
      Awalnya saya punya pikiran yang sama mas. Setelah teman saya memberikan link (share berkali2), akhirnya saya tonton. Tetapi ketika menonton videonya, ternyata banyak kesalahan sains yang dimuat dalam video tersebut. Dari situ saya terfikirkan untuk menuliskan sedikit pemahaman saya tentang sains.

  198. +gagah robbani anda aja kalau ditanyakan seperti itu bisa menjawab nggak? jangan cuma bisa berteori, coba anda pikirkan hal ini baik2. NASA sering meluncurkan roket ke ruang angkasa bukan? kenapa ketika roket di luncurkan ketika sudah di angksa sudah berubah bentuk menjadi satelit yang ukurannya bisa sampai sebesar 10 – 12 kali ukuran roket? sedangkan melakukan peluncuran roket itu saja tidak setiap minggu? sedangkan di katakan kita punya ribuan satelit? pdahal coba anda pikirkan lagi dalam setahun ada brpa kali peluncuran roket? jika meluncurkan sebuah roket hanya bisa membawa sebagian kecil bahan untuk membuat satelit perlu berapa ratus kali peluncuran untuk menjadikan itu sebagai sebuah satelit

  199. kalau pesawat tertutup rapat nggak ada udara donk terus bernafasnya bagaimana? pasti didalamnya panas donk? kalau bisa bernafas berrti tetap ada udara donk? msalahnya udaranya dalam keadaan tenang atau angin kencang? hayo?

    1. entah saya harus menjawab bagaimana sampai kenapa pesawat itu harus di tutup rapat sampe katanya gak ada udara di dalamnya? baru anda terus darimana anda bernafas ? di dalam pesawat tentu masih ada udara tapi kita jgn langsung mengatakan klu udara yg di maksud ini ada udara yg bisa menerbangkan begitu, udara yg di maksud ini lebih ke O2, jadi untuk masalah kenapa masih bisa bernafas dalam udara? pelajari lah lagi masalah mekanisme pesawat itu sendiri dari mana udara atau o2 itu ada di dalam pesawat, tentu para enginer pesawat itu sendiri tdk sebodoh itu membuat pesawat tenpa ada udara di dalamnya, untuk sarannya coba searcing lah bagaimana ada udara di dalam pesawat itu, makasih

    2. Buat mas fadli, dan flatter lainnya, sila belajar lagi tentang vektor, kecepatan, percepatan, dan hukum newton tentang gerak supaya bisa paham. Kalau tetep ndak paham sila bertanya.

      1. saya tidak paham,tolong jelaskan!(saya menantang anda)jangan pernah sekali-kali meremehkan FET.karena anda sudah membaca teori,bukan fakta.kaum FET sudah banyak melakukan kajian.apa anda pernah membaca/melihatnya?jika anda pernah,apa sudah anda baca dan tonton seluruhnya?

    3. mas, fadli belom pernah naik pesawat kayanya… hahahaha, saya maklumi aja. yang jelas, pesawat itu tertutup sangat rapat sekali ketika take off. artinya semua pintu sudah tertutup rapat baik passenger door (pintu sebelah kiri, pintu penumpang masuk) ataupun servis door (pintu sebelah kanan, pintu khusus kru peasawat untuk mempersiapkan penerbangan)bahkan pintu roda pun menutup ketika take off (ketika kapal terangkat). oh ya, kaca pesawat nga bisa dibuka ya, soalnya bukan metromini. hahahahahahaha kenapa semuanya tertutup? logikanya,coba kalo pake motor dengan kecepatan 150 kilometer perjam itu kulit diwajah udah kaya mau copot. bagaimana dengan kecepatan pesawat yg mencapai 900 kilometer perjam lebih tubuh kamu sudah menjadi apa.? daging yang dilumat abis. sesuai yg dijelaskan mas mahfuzh huda. rapatnya pesawat untuk membentuk perbendaan tekanan udara didalam dan diluar pesawat, jadi penumpang nga jadi daging atau tulang doang keika di tujuan kecuali kalo kecelakaan ya hehe… (itu juga kenapa kita dilarang membawa peralatan komunikasi terutama hp ke dalam kabin pesawat karena rapatnya pesawat dapat menyebabkan terperangkapnya sinyal yang dapat menyebabkan gangguan komunikasi bagi pilot bahkan bisa jadi terganggunya pilot otomatis tergantung kekuatan sinyalnya). mengenai oksigen ada sistem oksigen yang mengatur ketersediaan oksigen bagi penumpang sampai ke tujuan disisi lain sistem ini juga ditunjang oleh system air conditioning (mengatur tekanan udara dan temperatur dikabin pesawat yang dijalankan oleh pilot di cocpit). yang saya pelajari seperti itu… soal teori bumi datar atau teori bumi bolat… silahkan lanjutkan debat tanpa ujungnya…. hahahahahahahah saya hanya menggaris bawahi tentang pesawat aja… takut nanti ada teori kaca pesawat bisa dibuka tanpa bisa membuktikannya padahal teknologi pesawat udah ada. bahaya bro…. kalo itu terjadi sampai kapan pun saya tidak mau naik pesawat, nanti samapi tujuan tinggal tulang… hahahahahaha, kecuali kalo sudah ada alat yg dapat membuat tekanan udara sendiri tapa ada ruang. baru saya mau naik lagi. hahahaha

  200. kalau kita di dalam bus kan nggak mungkin anda menutup semua ventilasi udara.. pasti akan tetap di buka bukan?nah, walau pohon ranting tidak bergerak tapi tetap ada udara yang masuk yang berefek pda kibaran baju kain atau hal lainnya. nah rumus matematika mana yang akan kita pakai kalo gerakan kendaraannya tidak beraturan. apakah akan menggunakan rumus baru? cb saja lakukan percobaan ketika sebuah tisu yang panjang, di pegang kemudian kita berkendara mutar2 kota. maka kita akan lihat gerakan tisu nya selalu berlawanan dengan arah kendaraan kita. contoh kalo kita ke arah barat terpaan angin tisunya ke timur, kalo ke seletan tisunya ke utara. kmnapun arahnya selalu berlawanan. pdahal ktanya bumi berputar ke 1 arah saja

    1. Ya elah kan udah saya bilang kalau asumsinya ialah tertutup rapat. Dan sangat mungkin tertutup semua, sengaja saya misalkan bus biar mudah aja. Di pesawat aja kita tutup semua kok. Kalau sulit membayangkan bus yang tertutup rapat silahkan gunakan pesawat, pesawat tertutup rapat.

      Percobaan tisu itu lakukan di pesawat, nggak akan ada gerakan berlawanan arah (sekali lagi saya paparkan ini kondisinya tertutup rapat). Nah bumi sendiri terisolasi (tertutup rapat) oleh atmosfer bumi. Itulah yang dikemukakan dalam General Theory of Relativity.

      1. mas huda apa anda percaya seratus persen terhadap teori dari GENERAL THEORY of RELATIVITY?.namanya saja THEORY,ya pasti masih teori.saya memang bukan ahlinya,tetapi:
        1.pertama,kebenaran itu di ejek dan di tolah mentah2
        2.kedua,kebenaran itu mulai di lihat
        3.ketiga,kebenaran itu adalah yang hakiki.tolong mas huda jangan pernah sekali-kali memposting artikel,yang akhir2nya menjadi perdebatan sok pintar,tanpa sebuah landasan agama yang pasti jika hanya teori,saya bisa membuat teori bahwa sebenarnya di luar angkasa sana ada udara,buktinya ya matahari yang sampai sekarang bisa tetap bersinar dengan apinya yang menyala dengan dan harus ada udara,jika tidak pasti kan mati,coba anda buktikan sendiri.

      2. Mas, kan katanya sebuah teori harus dibarengi dengan agama yah? kalau Tuhan udah berkata "jadilah", maka jadilah mas. Matahari gaperlu udara juga bisa ada apinya. Ini kalo dikaitkan dengan agama lo mas.

  201. haha, faktor udara ya atau angin ya? kita ini kan berada di tempat terbuka mas bukan tempat tertutup. kalau di dalam bus emang nggak terkena angin tapi bagaimana dengan bis nya sendiri pasti dapat efek nya kan. begini aja buka aja jendela nya sdikit kain di baju kita kan pasti berkibar2 kan. rumus matematika mana yang akan kita pakai jika gerakan kendaraannya bergerak tidak beraturan?

    1. saya coba ikutin alur alkisah "Fadli On The Bus"..
      dengan asumsi
      – bumi adalah bus.
      – permukaan bus adalah atmosfer.

      jika permukaan bus nya tertutup (ada atmosfer), maka kita tidak terkena dampak ekstern dari laju bus.
      jika permukaan bus nya terbuka (gak ada atmosfer), maka kita terkena dampak ekstern dari laju bus.
      jika permukaan bus nya terbuka sedikit (sebagian atmosfer tidak ada) maka sebagian kita terkena dampak ekstern dari laju bus.

      maksudnya?
      coba anda naik bus (gausah mobil pribadi yg keren jg gpp, dimaklumi kok, saya jg ga punya) dan casing bus masih utuh, penumpang akan jauh lebih aman toh?
      sekarang buka jendela bus di dekat anda, semeriwing ya? tapi bahaya kan kalo anda melambaikan tangan? lebih bahaya lagi kalau ada yang 'melambai' masuk tepat menuju anda saat itu. nah, itu namanya dampak ekstern tong.
      lanjut, bayangkan kalau casingnya menghilang seada-adanya hilang.
      – makin semriwing
      – makin banyak 'lambaian' yang mungkin terjadi dari luar ke dalam
      – makin banyak yang kena dampaknya
      – supir mati kelilipan kerikil yang 'melambai'
      – kenek mati terbang bareng pintu yang terpasang di casing yang telah hilang
      – penumpang???? (termasuk anda)

      ^_^

  202. Untuk yang membawa ayat al-Quran, munkin bisa dilihat disini : https://muslim.or.id/28368-apakah-bumi-bulat-bola-atau-datar-menurut-pandangan-syariat.html

    Saya kutip kesimpulannya saja dari link di atas :
    "Apakah bumi itu bulat atau datar maka dikembalikan kepada penelitian dan fakta ilmiah dan tentunya oleh para ahlinya dalam masalah ini"

    "Dalil Al-Quran dan Sunnah yang sudah pasti dan tegas (dalil qath’i) tidak akan bertentangan dengan fakta ilmiah dan akal manusia yang sehat. Sebagaimana dijelaskan bahwa tidak ada dalil tegas apakah bumi itu bulat atau datar"

    Nah, para ulama aja bilang gak ada dalil tegas yang mengatakan bahwa bumi itu bulat atau datar.

    1. memang para ulama tidak menegaskan bentuk bumi itu bulat ataupun datar, TAU KENAPA??
      pernah denger gak? kalau nabi dan rasul bukan cuma 25?
      pernah denger gak? kalau beberapa hadist tidak muncul ke permukaan (wacana publik)?

      kalo blm pernah denger, cek dulu aja, nanti kesini lagi ^_^

  203. Saya mau tanya , kalau bumi itu datar berarti tidak ada perbedaan waktu dong di seluruh dunia? Misalkan di Indonesia malam berarti di Inggris atau Amerika juka malam dong? Mohon penjelasannya

  204. CGI yang mereka pikir itu mungkin CGI yang dipake untuk film2 hollywood kalii… sekelas NASA kayaknya CGI nya lebih canggih.

    dan ada yang mengatakan kenapa gak gunakan cara terbalik satelit milik google yg bisa zoom sampe rumah dan pohon itu. pertanyaannya, buat apa google melakukan itu ? hanya untuk membuktikan kalo di angkasa itu ada satelit gitu ? biar foto satelitnya jelas dan tajam gitu ? penting bagi google untuk melakukan itu ? emangnya foto google map yg bisa sampe rumah dan pohon itu difotonya pake apaan kalo bukan dari satelit ?

    1. sepertinya anda harus cek percobaan Baloon Dog Cam deh (atau apalah itu keywordnya), sinopsis percobaannya itu krg lebih spt ini:
      nerbangin kamera menggunakan alat sejenis balon udara, ada momen ketika alat tersebut mentok (gabisa naik lagi karena 'something') , trus cuma bisa look around dengan posisi matahari serta penampakannya yang FANTASTIC ^_^

  205. Mas Huda yang sabar ya, saya lihat banyak sekali komen tanpa membaca pembahasan Anda seluruhnya. Btw terimakasih pembahasannya yang sangat simpel dan logis

  206. Pertanyaan tentang satelit. Seperti yang ente katakan, satelit itu kecil, nah gini ex:satelit punya google dg teknologinya entah apa bs memotret permukaan bumi rumah, pohon bs di zoom sebegitu dekat. Sekarang klo d balik dg teknologi sama entah teleskop super ato apa harusnya bs juga melihat satelit dong. Tidak sebesat kunang2 jg harusnya.
    Sampai saat ini apakah ada foto2 satelit yg d ambil dr permukaan bumi?

    1. Sudah saya jelaskan dengan lengkap. Tapi yang dicari bukan fakta yg masuk akal, tapi kepercayaan kan? kalau mencari percaya atau tidak itu yg sulit. Sepanjang membaca tulisan saya, mungkin Mas bukan sedang mencari pengetahuan tetapi mencari bantahan "pasti ada yang salah disini".

      Silahkan cari teori lengkap FET yang menjelaskan semua fenomena alam. Gerhana, jarak bulan, jarak matahari dan intensitas cahayanya, perubahan posisi bumi terhadap matahari dalam 18 tahun 11 hari dan 8 jam, perubahan posisi bulan dalam satu bulan, gravitasi, semua kalkulasi gravitasi, pasang surut air laut, dan perubahan musim, pergeseran kalender hijriyah dan masehi. Jika FET bisa menjelaskan itu dengan baik, barulah koreksi lagi tentang bumi bulat.

  207. Untuk menjelaskan satelit tuh menurut pengalam ane simpel aja. Klo menurut FET gelombang sinyal radio(ane ambil contoh HP) dipancarkan ke langit yang dipantulkan ke kubah bumi dengan memanfaatkan BTS. ane pernah tugas di pedalaman papua tepatnya di distrik agandugume kab. Puncak papua (monggo dicek lokasinya di mbah google) yg samasekali tidak ada BTS, pernah menggunakan telpon satelit. Nah, klo menurut FET ama pengalaman ane sendiri kelihatannya tidak pas deh. Ane tidak tau bgmn teori saintnya, yg jelas klo hanya memanfaatkan BTS saja untuk memancarkan low frekuensi dengan jarak 200km kelihatannya terlalu canggih untuk teknologi telpon satelit yang ane gunakan. Asumsi ane nih, satelit itu ada, dan apa yang dikatakan ama FET tuh kurang pas deh.
    Gimana menurut agan? Monggo dikoment.

    1. itu kan menurut ane,mungkin juga telpon (satelit) itu punya kemampuan lebih kuat buat nangkep sinyal yg di pancarin tower…ke satelit yg jaraknya jauh aja bisa,masa ke tower yg ga seberapa jauh ga bisa…ane ga pinter tapi ane yakin fet itu bener…

  208. kata adminya "satelit bergerak sangat cepat (8km/s)" haha ternyata Selama ini Satelitlah yang mengelilingi bumi dengan 13.000 satelitnya 😀 CGI CGI CGI

  209. terus gimana tuh mas ? Penjelasan di Alkitab Taurat , Injil dan Al-Qur'an , bahwa di tuliskan banyak ayat disebutkan bahwa Matahari lah Yang mengelilingi Bumi dan bumi itu berbentuk datar , dan Bumi dalah Pusat Alam Semesta ,,, 😮

      1. Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, pada hal kamu mengetahui.
        QS. al-Baqarah (2) : 22

    1. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu (Albaqarah: 22).

      Banyak ayat lainnya yang menyebutkan hal serupa.

      Bisa saja tafsirnya hampir sama seperti datar.

      Atau bisa saja hanya tampak, seolah-olah, seperti hamparan bagi manusia.

      Ada ayat yang bisa ditafsirkan langsung.

      namun, ada juga ayat yang tersembunyi maknanya, tidak semua orang bisa menerjemahkanya.

      Bahkan Para ulama ahli tafsir sangat berhati-hati dalam menafsirkan ayat-ayat Alquran.

      Mas Anggi Dr. zakir naik dikenal hafal dan faham kitab Injil dan Alquran bahkan beberapa kitab suci agama lainnya.

      Dia pernah menyinggung tentang bentuk bumi.

      silahkan dicari videonya…semoga membantu

    2. tahu Al Qur'an gak Anggi???, saya kok pengen tahu "KARANGAN" anda seperti apa klo saya tanya kalimat dalam Qur'an mana yg mngatakan bahwa matahari mengelilingi bumi???, bumi datar????, bumi pusat alam semestaa???,

      nglibatin masalah agama jangan ngawur!!!.

  210. saya pernah menyaksikan secara lansgung ketika gerakan awan melewati bulan, sedangkan posisi bulan berada di depan awan. awan tidak menutupi bulan. yang kedua saya tidak tahu apakah bumi ini datar atau bentuknya seprti apa. tapi yang jelas. secara logika kenapa gerakan bumi yang kalau bumi itu berputar pada poros nya dengan kecepatan 1600 Km/jam tidak mengakibatkan pohon2 tertiup angin, padahal jika kita mengambil sebatang pohon kecil saja dan kita bergerak menggunakan kendaraan dengan kcpatan 50 Km / jam batang pohon yang dalam keadaan tegak bisa menjadi miring karena efek terkena angin

    1. mencoba menganalogikan, maaf kalo salah…

      coba liat tangan anda yang berbulu, kemudian gerak-gerakkan tangan anda, apakah bulu-bulu itu bergerak tertiup angin ? tidak. atau gak gunakan rambut dikepala, tapi rambutnya dipotong hampir gundul,,sisakan sedikit, lalu gerak-gerakkan kepala, apakah rambutnya tertiup angin ?

      berbeda ketika rambutnya panjang, kepala digerakkan, pasti tertiup angin. sama halnya dengan bumi, jika ada pohon dibumi yang tingginya mencapai ribuan meter, pasti akan tertiup angin. tapi apakah ada pohon dengan tinggi mencapai ribuan meter ?

      atau lebih gampang lihat pepatah,,,semakin tinggi pohon maka semakin mudah tertiup angin. (maaf kalo salah kata pepatahnya hehe, tapi sy yakin pasti anda paham maksut saya)

      jadi tinggi pohon di bumi jika dibandingkan dengan luas bumi, ibarat bulu-bulu pendek yg menempel di tubuh kita. itulah mengapa meski kecepatannya 1600 km/jam, pohon tidak tertiup angin.
      kan beda kalo kita mengambil sebatang pohon, mungkin emang sebatang, tapi kan perbandingannya kecil.

      datarannya seluas 1 m2, tinggi pohon 20 cm, kecepatan 40km/jam. sudah pasti akan tertiup angin.

      bedakan jika datarannya 1 m2, tinggi pohon hanya 0,01 cm, kecepatan 40 km/jam. apakah akan tertiup angin ?

      bumi kita itu luasssss banget. stadium aja menurut kita udah luas,,tapi ketika diliat dari langit, cuma seiprit. apalagi pohon.

      ini hanya analogi saya aja sih, maaf kalo salah. hehe.

      1. Hehe.. Maaf Mas Candra, pemahamannya sudah benar, tetapi Einstein sudah menjelaskan hal ini dengan lebih cemerlang (yaiyalah, Einstein gitu loh).

        Gini Mas Fadli, coba pergi beli pohon kemangi, terus dibawa pulang naik bis atau kereta(asumsi kereta/bis tertutup). Dengan kecepatan bus 80km/jam perhatikan pohonnya, apakah batang pohon akan miring? Pohon tidak akan miring, alasannya karena materi (dan udara) yang ada dalam bus semuanya dalam keadaan bergerak (sesuai kecepatan bus).

        Nahh.. Beda ceritanya kalau kita membawa pohon kemangi tersebut naik motor. Maka kecepatan gerak kita ialah 80km/jam(sama dg kecepatan motor) tetapi udara di sekitar kita (angin) tidak bergerak dengan kecepatan yang sama. Akibatnya pohon kemangi yang kita bawa di atas motor akan patah karena mengalami tekanan dari kecepatan 80km/jam tersebut.

        Di dalam bumi kita seperti dalam bis. Ada yang namanya atmosfer, nah atmosfer ini melindungi kita dari dunia luar (seperti dinding pada bus), semua yang ada di dalam atmosfer ini akan bergerak dengan kecepatan 1600 km/jam mengikuti rotasi bumi.

      2. Analogi itu untuk kondisi di bumi yang dianggap menyatu dalam atmosfer ya? Lalu bagaimana dengan kondisi astronot saat di luar satelit? Jika satelit tersebut mengorbit dengan kecepatan ribuan km/jam, saat astronot keluar dari badan satelit dan melayang (diikat dengan semacam kabel)seharusnya kondisinya tidak stabil/tenang seperti dalam video. Kan tidak mungkin astronot dikeluarkan/dilontarkan dari satelit dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan satelit itu.

  211. Peta penerbangan saat ini berbasis pada peta bumi datar. (Keyword : flight plane proof flat earth)

    Rasi bintang disebelah Utara bumi kenapa juga terlihat sama di sebelah kutub selatan. Apabila bumi benar seperti bola, maka rasi bintang di kutub Utara akan berbeda dengan kutub Selatan bumi.

      1. Namun sayangnya mata kita mempunyai keterbatasan melihat sampai pada jarak tertentu mas. itu artinya, logika yang dihasilkan dari cara berfikir otaaklah yang menjadi faktor keyakinan kita. So, jangan terlalu menganggap diri ini besar dan kalau tidak tahu dengan "mata dhohir" menganggap hal yang kita tidak sampai melihatnya malah jadi ujub dan takabur. Gitu kan Mas Mahfuzh Huda…salam buat semuanya

    1. Jangan percaya Tuhan, Malaikat, nabi karena kita belum melihat secara langsung dengan maa kepalamu semdiri. Begitu maksudnya? 🙂

    1. Terimakasih Mas Hendra. Silahkan, ini kalau perlu versi WA-nya:
      EARTH WAS NEVER FLAT
      Bantahan terhadap Teori Bumi Datar. [saintifik]

      1. Ada banyak foto bumi bulat —> CGI —> Iya, tetapi CGI ini berasal dari potongan-potongan foto bumi asli dari satelit di beberapa sisi. Letak satelit tidak terlalu dekat terhadap bumi sehingga perlu menggabungkan beberapa foto untuk membentuk satu foto utuh | http://goo.gl/gfYZ6b

      2. Banyak satelit di angkasa —> tak terdeteksi teleskop —> Terdeteksi, tetapi sangat sulit. Ukuran satelit teralalu kecil dan satelit bergerak sangat cepat (8km/s). Banyangkan saja ukuran satelit ialah seukuran lapangan American Football (0.0055km^2) sedangkan bulan ialah 9.476.927 km^2, perbandingannya 1:1.723.077.636,3636

      3. Ada GPS & Google Map —> Gunakan Menara —> Ini hanya untuk fitur My Location pada Google Map, tetapi untuk fitur lengkap seluruhnya, harus menggunakan GPS (Silahkan cek “how does google map works”. | http://goo.gl/DpejsU

      4. Gerhana Bisa Dihitung Secara Akurat —> Gunakan Siklus Saros —> Benar. Tetapi siklus saros dibuat oleh ilmuwan Inggris, siklus ini hanya bisa menentukan waktunya, sedangkan ilmuwan bisa menentukan poisisi gerhana dengan tepat. | http://goo.gl/Grs0tx

      5. Newton Membuktikan Gravitasi —> Elektromagnetik & Berat Jenis —> Gravitasi berbeda dengan konsep perbedaan berat jenis Archimedes, Gravitasi tidak hanya bekerja dari atas ke bawah tetapi juga dari kanan ke kiri, ini telah dijelaskan dalam eksperiment Cavendish. | http://goo.gl/q0aWQe

      selengkapnya: http://www.mystupidtheory.com

      Silahkan di share kepada teman jika mereka terhasut oleh video Flat Earth.

      1. 2. Banyak satelit di angkasa —> tak terdeteksi teleskop —> Terdeteksi, tetapi sangat sulit. Ukuran satelit teralalu kecil dan satelit bergerak sangat cepat (8km/s). Banyangkan saja ukuran satelit ialah seukuran lapangan American Football (0.0055km^2) sedangkan bulan ialah 9.476.927 km^2, perbandingannya 1:1.723.077.636,3636

        Saya kurang setuju dg pernyataan anda pada nomor 2.
        Satelit buatan manusia itu benar ukurannua sangat keciljika dibandingkan dg bulan. Satelit itu juga memiliki kecepatan yg sangat tinggi, itu juga benar. Tapi perlu diingat, bukankah kecepatan tinggi itu dibuat untuk mendekati kecepatan bumi?

        Kalau ada 2 benda A dan B bergerak lurus memiliki kecepatan yg sama maka jika kita amati dari benda A, maka benda B akan keliatan diam. Begitu jg sbaliknya, benda A akan diam jika kita amati dari benda B.

        Sifat ini berlaku juga pada satelit buatan manusia yg ada di luar angkasa. Maka satelit itu akan tampak diam diatas wilayah suatu negara, mau siang malam, satelit tersebut sharusnya ttp diatas wilayah suatu negara trsebut.

        Lalu apa susahnya jika kita amati dg teropong??? Kan bendanya keliatan diam dari bumi!!

        Oo itu karena satelitnya sangat kecil om!! Hmmm…

        Bukan kecil yg dijadikan alasan tidak keliatan, justru tidak logis kalau kecil dijadikan alasan tidak keliatan.

        Memang, ukuran satelit sangat kecil dibanding bulan. Orang yg memiliki teropong khusus untuk bulan seharusnya bisa melihat satelit tersbut. Bukankah orang yg meneropong bulan tujuannya melihat detail dataran yg ada dibulan?
        Dataran yg lebarnya sebesar lapangan bulutangkispun seharusnya kelihatan dg jelas jika menggunakan teropong bulan. Lalu kenapa satelit yg katanya lebarnya sebesar lapangan football amerika tidak bisa kelihatan? Aneh kan penjelasannya!!

        Oh itu karena fokus teropongnya jatuh di bulan om, jadinya benda yg ada di jarak lebih dekat dg bulan tidak bisa keliatan alias kabur…
        Well.. memang benar alasannya masuk akal,
        Walau demikian, bukankah di teropong tersebut ada pengaturan fokus lensa teropong? Sm seperti di lensa kamera, jatuh fokusnya bisa disesuaikan.

        So apa susahnya meneropong satelit??
        Saya rasa sangat gampang meneropong satelit jika memang bemar satelit itu ada di angkasa sana.

      2. mas huda,apa mas yakin akan adanya gravitasi?saya sih tidak yakin.jika memang bumi bulat punya gravitasi,kenapa air dan seluruh benda di bagian bawah bumi tidak terbang keatas?pasti banyak yang akan menjawab karena gravitasi.lalu bagaimana anda bisa menjelaskan pesawat dan balon udara yang bisa terbang,apa itu anti gravitasi.hahahaha jelas jawabannya tidak.

    1. Saya bukkan orang yang mengerti itu.
      Pemahaman agama saya cetek, bahasa arab saya nggak ngerti, kitab-kitab arab saya nggak pernah baca. Dan memang saya tidak membahas kajian Al-Qur'an dalam penjelasan saya ini.

    2. Wah g bisa kita lngsung putuskan dr terjemahan al-quran sist…

      Al-Baqarah ayat 22: “ Dia (Allah) yang telah menjadikan bumi itu firasy (hamparan, kapet) BAGIMU ……” Perhatikan kata-kata “bagimu”. Kenapa ada "bagimu"??? karena bumi luas. Sehingga bagi "kita" bumi seperti hamparan.
      Kata firasy dalam bahasa Indonesia juga dapat diartikan karpet, atau ranjang adalah sesuatu yang nyaman dan aman dan dipakai untuk tidur. Dan faktanya struktur bumi memang berlapis2 semakin dalam semakin panas. Dan lapisan teratas adalah yang kita injak sekarang, yang paling aman dan nyaman untuk ditinggali. Untuk kita tidur. Layaknya karpet 🙂

      Lagian dari duluuu sekali, para ulama sudah sepakat kalau bumi itu bulat, meskipun banyak umat lain yg mengatakan bumi itu datar.

      ref:
      http://www.lampuislam.org/2013/09/menjawab-tuduhan-bahwa-al-quran.html
      https://www.youtube.com/watch?v=48D468WzDeQ&index=68&list=WL

      Semoga membantu 🙂

      1. bulat bukan berarti bulat telur lho bos, datar juga bukan berarti rata lho ya. ulama dulu juga percaya yg paling kecil adalah zaroh=biji bayam/sawi, tpi sekarang yg paling kecil adalah inti atom, ho ho ho. yg berrotasi adalah matahari kalau di alquran dan bumi tidak di jelaskan berotasi

  212. bagaimna dgn rute penerbangan pesawat ? kan sudah ada bukti nyata saat pesawat dari bali menuju LA ada seorang wanita melahirkan kemudian mendarat di alaska ? bisa anda beri penjelasan ?

    1. Kl dicrmati pndaratan mndadak di alaska tidak aneh.krn psawat yg dimaksud dlm brita trsbut china airlines tdk mlakukn pnerbngan lngsung dri bali to LA, tp dari bali to taoyuan Taipe to LA. Diberitakn proses prsalinan tjd 6 jam stelh take off dr taoyuan. pilot mngajukn prmohonan pndaratn darurat di anchorage airport alaska.krn mrupkn airport trdekat dri lokasi psawt saat pnumpng mlai mlahirkn. kl dr prhitungn kalkulator online yg mngacu pd google map, jark taoyuan ke anchorage lbih dekat drpd jark taoyuan ke LA.

      "Jakarta, CNN Indonesia — Dalam perjalanan dari Taiwan menuju Los Angeles, sebuah peristiwa tidak disangka-sangka terjadi di dalam sebuah maskapai penerbangan China. Seorang penumpang mengalami pecah ketuban, dan terpaksa harus melahirkan di atas pesawat. Ketika tepat berada di atas Samudra Pasifik, pilot terpaksa MEMBELOKAN pesawat menuju ke Anchorage, Alaska."

      Kl mgacu pd peta kutub utara sbgai pusat,pilot tdk prlu belok (klaupun belok hanya sdikit) karena dikatakan rutenya satu garis lurus. Dan gris lrus tsb tdk smpai ke tengah Samudra Pasifik. Pdahal pd knyataannya,psawat brada di atas Samudra Pasifik dan utk mnuju Alaska pilot benar2 mmbelokan pesawatnya. Kl mgacu pd google map, memg berada di atas Samudra Pasifik dan perlu memblok.

      Knyataan sehari2, dalm prjalnan ke suatu lokasi kita srg mnt btuan Google Map. Apakah Google Map mngacu pada bntuk bumi datar dgn kutub utara sbg pusatnya? Sya katakn tidak. Google Map itu spt PETA PD UMUMNYA yg kita pakai dan peljari SLAMA INI (BUMI BULAT). Misal, saat rute pd map ditunjukkn belok ke kiri/kanan, ke arah brat/timur, utara atw slatan, pd knyataan memg benar.

      Dalam video FET 101 peristiwa pesawat jurusan Los Angeles belok ke Alaska, dikatakan sebagai pembuktian TELAK..menurut saya pembuat video TELAK NGAWURNYA. Perlu blajr lg ttg peta. Khususnya trkait Metode AEP.

      Peristiwa tersebut malah jd bukti telak…TEORI BUMI DATAR DG KUTUB UTARA SBG PUSATNYA HANYALAH TEORI YG TDK SSUAI KNYATAAN.

      1. apakah anda sudah membaca kitab dalam al-qur'an dan injil?di kedua kitab itu ada bukti telak teori flat earth bisa dinalar.memang terasa ambigu,namun anda bisa mencarinya.dalam kitab injil,yang biasa saya gunakan untuk masalah perbandingan,disitu ada sebuah ayat yang masih murni,yang berkata"iblis mengangkat yesus kristus/isa a.s keatas langit dan memperlihatkan kepadanya(isa)seluruh kerajaan bumi".bagaimana mungkin nabi isa bisa melihat seluruh kerajaan bila bumi itu bulat?apakah anda bisa menjelaskannya?saya sebagai muslim yang mempelajari perbandingan,memang banyak ayat di kitab injil yang sudah di ganti,tetapi ada beberapa ayat yang masih asli,yang dianggap orang sepele,namun sejatinya itu yang akan mengungkap kebenaran yang hakiki.

      1. Maaf pak karna penasaran akhirnya ikut bertanya di link inihttp://www.jpl.nasa.gov/video/details.php?id=1260 yg agan kasi ada video bumi asli dri space crwft juno apa gitu, itu asli ya pak, kalo asli dri situ bintang memang tidak terlihat ya pak.. D videonya saya cuman liat bumi dan bulan.
        Maaf bukan menmvonis palsu hanya saja saya penasaran.. Kenapa bintang yg memiliki cahaya sendiri tdk terliht tp bumi dan bulan yg cahaya pantulan terlihat di video itu..

      2. http://curious.astro.cornell.edu/about-us/150-people-in-astronomy/space-exploration-and-astronauts/general-questions/926-why-do-photos-of-space-taken-from-space-never-show-any-stars-intermediate

        Intinya:
        Fotografi luar angkasa sangat jauh berbeda dengan yang kita alami di bumi. Di bumi cahaya akan tersebar karena atmosfer bumi, sedangkan di luar angkasa ini tidak terjadi. Bisa membayangkan bagaimana rambatan cahaya yang melintasi ruang hampa yang nyaris tidak ada materi-nya?

        Saya selalu dihadapkan pertanyaan seperti ini, pun ada yang bilang gini "Sedikit banyak saya ngerti banyak teknik fotografi Mas, yang aneh adalah kenapa NASA yang uangnya banyak nggak bisa ngambil foto bumi yang asli?"

        Orang yg nanya gitu itu sy bilangin baru bisa klik kamera aja udah mengira paham fotografi. NASA memiliki banyak saintis yang paham fotografi bukan cuma teknis tapi juga masalah dari cahaya masuk ke lensa sampai bisa berbentuk data itu mereka paham bener, lah mereka buat sendiri kok teknologinya.

        Jadi silahkan gali informasi sains lebih dalam.

  213. manusia cenderung harus lihat dengan mata kepala sendiri. jd kita doakan semoga organisasi ini punya dana untuk beli roket dan lihat langsung bentuk bumi dari atas. dan semoga mereka jujur gak kaya nasa bikin video di hlywd n mudah2an gw jg bisa ikut liat dr bulan tar gw selfie disana terus gw bawa pilox tar gw tulis denis was hir n denis lope caca…

    satu lg klo mikirin flat earth kayanya ga usah pada sekolah lg. mending libur dulu sampe nemuin teori2 yg baru n terpercaya. soalnya sekolah umum di kita kebanyakan pake ilmu2 yg ditentang sm pendukung fet

    sekian

  214. Lihat satelit pakai teleskop itu bisa, tp emg bener g bs detail. Pergerakan satelit cukup cepat jika dilihat pake teleskop dengan mounting tanpa motor, biasanya temen2 saya di Surabaya Astronomi Club pake metode mencegat/menghalau jalur lintasan satelit yg akan diamati, dan hasilnya kadang yg terlihat di teleskop cuma kilatan cahaya tipis dr pantulan badan/solar panel satelit tsb, biasanya diberi istilah "flare". Itu setahu saya, maaf klo ada salah info. Tp tulisan mas Mahfudz logis sekali, salut

      1. "Pergerakan satelit cukup cepat jika dilihat pake teleskop dengan mounting tanpa motor, biasanya temen2 saya di Surabaya Astronomi Club pake metode mencegat/menghalau jalur lintasan satelit yg akan diamati," dri kutipan diatas jelas klo anda bilang satelit bergerak mendekat atau menjauh. Kenapa komentar lain diatas bilang " Klo anda melihat satelit dari luar angkasa maka satelit bergerak mengikuti rotasi bumi, tapi klo anda melihat dari bumi maka satelit dikatakan diam sesuai orbitnya, jadi satelit palapa ato satelit BRI akan di atas Indonesia terus dan tidak akan keluar dari orbitnya menuju negara lain." nah lho… ini penjelasan ambigu atau memang sya yang gagal paham?

  215. Salut dengan pemahaman dan ulasan Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu!

    Seharusnya sangat mudah, bahkan terlalu mudah untuk meruntuhkan pemahaman FET, tanpa harus berdebat ilmu dan agama karena tinggal angkat mereka ke titik ketinggian tertentu yang bisa membuka
    mata mereka bahwa inilah bukti dan faktanya bahwa bumi itu BULAT.

    saat ini sudah cukup banyak pengikut FET, dan herannya kenapa mereka tidak bisa berkolaborasi bersama agar mampu untuk menunjuk salah satu dari mereka yang paling mereka percaya untuk bisa terbang karena teknologi yang ada sekarang seharusnya cukup untuk sekedar terbang tinggi ke posisi dimana bumi bisa terlihat BULAT, kalau tidak terbukti barulah mereka bisa bicara tentang FLAT EARTH

    hmmmm…

    FET memang sebuah pola pikir yang aneh, tapi saya salut akan pendirian dan kegigihan mereka bahwa mereka, setidaknya mereka berpikir berani untuk tidak begitu saja menerima namun sayangnya mereka berkomentar tanpa berpikir sedikit berpikir lebih panjang

    Like Elephant on the box,

    gajah itu pipih………
    gajah itu panjang…..

    just open the box, it's simple to do

    1. Flet earth bukan untuk awam vs awam

      Flet earth untuk para elit global "dia tahu, aku tahu, dia tahu bahwa aku tahu"

      Manusia itu pada dasarnya pintar secara perorangan terapi lemah dalam jumlah banyak mereka mudah panik dan terbawa arus

    2. mas rusli anda terlalu menganggap ramah FET,saya sendiri pendukung teori bumi datar.dulu saya sangat setuju dengan teori bumi bulat,tetapi saat saya sudah mengkaji sedikit dari segi agama dan ilmu pengetahuan yang logis.saya sangat setuju dengan apa itu flat earth.

  216. Ini yang postin sepertinya cuma copas ajah, opini pribadi
    Coba buktikan secara ilmiah foto bumi yang posting
    Dari ketinggian berapa foto di ambil, kapan, nama satelit apa?
    Mohon jangan hanya copas

      1. Pernahkah anda melihat bulan sabit, bulan setengah dan bulan purnama? Itu adalah media tiga dimensi yg biasa kita lihat pada malam hari. Mata kita secara terbuka tanpa menggunakan alat apapun dpt melihat fenomena itu. Inilah bukti nyata bahwa planet itu bulat.

  217. Terima kasih banyak atas pencerahannya, mas Mahfuzh Huda. Artikel Anda benar-benar mencerminkan arti nama Anda, Yang menjaga petunjuk, semoga Allah jaga itu.

      1. Belom lengkap mas, coba yang katanya anda sudah nonton semua video cuma 6&7 yg belum dtonton. Kami tunggu penjelasan ilmiah dari pernyataan flat earth society dari video 1-5. Terimakasih semoga sukses selalu gan

      1. saya izin untuk komentar,saya baru baca artikel ini.mas Mahfuzh huda,mas bilang NASA memotret banyak gambar?apakah pihak NASA tidak bisa berbohong?lagi pula saya kumpulkan satu-persatu foto bumi,tetapi setiap tahunnya selalu berbeda.Anda bisa menjelaskan hal ini?

  218. Iya… Kan tadi bro bilang satelit terlalu kecil utk dilihat oleh teleskop… Sedangkan teleskop itu fungsinya utk mendekatkan penampakan object…
    Kalau bro bilang satelit terlalu kecil utk dilihat teleskop… Berarti satelit yg dimaksud juga tidak dapat dilihat oleh mata telanjang meskipun dalam jarak dekat… Alias dilihatnya kudu pake mikroskop… Whkwkwkwk.. ?
    Sejak kapan teropong tidak dapat melihat object besar bro… Satelit kan katanya "besar" dan kalau memang "misalnya" teropong bintang yg super canggih gak mampu lihat satelit… Ya bisa donk teropong2para amatiran melihat satelit2 yg "katanya" ada belasan ribu jumlahnya… ?

    1. Mampu, itu banyak videonya di youtube.

      13.000 memang jumlah yang banyak, tetapi kalau disebarkan diatas permukaan bumi, itu nggak lagi banyak kok. Diatas sudah saya kasih logika matematisnya.

      1. Salam kenal. Izin komentar. Sebenarnya sih sudah banyak pertanyaan seperti itu, tapi kok gak dipublish secara umum ya? pastinya kan tiap satelit ada kameranya? atau memang gak ada ya? maksudnya, minimal sebagai pembuktian bahwa satelit itu eksis.

      2. pak gunawan sudah pak.. kalo memang mereka yakinin nasa itu benar.. buat apa bapak cape2 menjelaskan.. soalnya ga akan selesai.. inget pak kata ini "tidak ada gunanya kita berdebat sesama rakyat" inget kan pak.. udah yuk

  219. Tadi gw hapus krn ada salah ketik… (Gw mau ketik mikroskop… Tapi malah ketiknya teleskop… Bisa fatal penjelasannya ?) Dan klo dah terlanjur send, gak bisa diedit… Ya mau gak mau dihapus… ?

  220. Gunawan Tirtawidjaja
    Whkwkwkwkwk… Kalau cuma masalah sudut lensa yg katanya kurang lebar, gampang bro… Kan katanya manusia bisa ke bulan… Masak gak bisa foto bumi dari bulan ? ? Kalau perlu kupinjamin hp ku deh buat para astronot foto bumi dari bulan ? Dan asumsi mau tetep keukeuh foto dari satelit (jika benar ada), Google aja cuma bermodalkan drone bisa foto peta permukaan bumi, mreka satukan foto2 yg terkumpul dan kemudian jadi peta… Dan itupun bukan digambar ulang… Hanya tempel/ menyatukan foto2 yg terkumpul… Masak satelit yg harganya katanya trilyunan gak bisa menyatukan foto2… ?

    Seingat gw pas SMP diajarin ama guru fisika (jangan2 guru gw ngaco.. ?), bahwa teropong/ teleskop fungsingnya untuk mendekatkan pengelihatan pada object (seolah2 object menjadi tampak dekat)… Sedangkan mikroskop fungsinya utk memperbesar pengelihatan pada object (seolah2 object menjadi tampak besar)… Salah gak guru SMP gw ngajarinnya.. ??. ? apa jangan2 gw kebalik jelasin fungsi kedua alat ini ?? ?? krn klo penjelasan gw benar, maka kudu dipertanyakan lagi apakah benar satelit ada… Dan seberapa kecilnya sampai tidak bisa dilihat oleh teropong… ?

    1. Udah di jawab yah di atas itu, yg komen terhapus. 🙂
      1. Bisa, tetapi fotonya tidak akan detail, makanya NASA selalu menggabungkan dua atau lebih satelit untuk menghasilkan satu foto. Itulah yang disebut oleh NASA CGI.
      2. Bisa, itu yg selama ini dilakukan NASA dan sudah saya jelaskan di atas.

      3. Saya nggak tahu guru kamu yg ngaco atau kamu yg lagi bingung. Teropong dan Teleskop itu sama fungsinya untuk melihat benda-benda yang jauh sehingga lebih jelas. Hanya saja teleskop itu digunakan untuk melihat bintang yang dalam bahasa indonesia lebih populer dengan nama Teropong-bintang. Asal dari kata teleskop sendiri dari bahasa inggris "telescope" bahasa inggris mengambil dari bahasa latin modern "telescopium" dengan "tele" berarti "pada suatu jarak" dan "scopium" yang berati "mengintai/mengamati". Artinya teleskop itu adalah alat untuk melihat/mengamati sesuatu yang jauh sehingga terlihat dekat dan jelas.

      4. Sekali lagi saya tekankan, bisa. Itu saya sudah kasih link dimana orang mengamati satelit dengan teleskop.

      1. Gw adalah photographer, klo menurut gw seharusnya bisa diliat, satelit itu, dengan memakai lensa tele di atas 1000mm dan pakai f 22 iso di 10rb keatas, seharusnya ketika di foto, akan ada butiran kecil yg klo di zoom bentuknya ada pola satelit nya, harusnya gitu

    2. Gunawan Tirtawidjadja : Google aja cuma bermodalkan drone bisa foto peta permukaan bumi, mreka satukan foto2 yg terkumpul dan kemudian jadi peta. Eh mas sejak kapan drone nya google lewat di atas rumah lo klo memang google cuma memanfaatkan drone untuk mendapatkan foto permukaan bumi ? ?

      1. "Eh mas sejak kapan drone nya google lewat di atas rumah lo klo memang google cuma memanfaatkan drone untuk mendapatkan foto permukaan bumi ? " –> bener banget bro.. 😀

  221. 1. Bisa, tetapi fotonya tidak akan detail, makanya NASA selalu menggabungkan dua atau lebih satelit untuk menghasilkan satu foto. Itulah yang disebut oleh NASA CGI.
    2. Bisa, itu yg selama ini dilakukan NASA dan sudah saya jelaskan di atas.

    3. Saya nggak tahu guru kamu yg ngaco atau kamu yg lagi bingung. Teropong dan Teleskop itu sama fungsinya untuk melihat benda-benda yang jauh sehingga lebih jelas. Hanya saja teleskop itu dalam bahasa indonesia lebih populer dengan nama Teropong-bintang. Asal dari kata teleskop sendiri dari bahasa inggris "telescope" bahasa inggris mengambil dari bahasa latin modern "telescopium" dengan "tele" berarti "pada suatu jarak" dan "scopium" yang berati "mengintai/mengamati"

    4. Sekali lagi saya tekankan, bisa. Itu saya sudah kasih link dimana orang mengamati satelit dengan teleskop.

    1. Saya sudah tonton kali.. Tuh link-nya masih nempel di atas.. Tinggal no 6 dan 7 saja yg belum. Maklum mahasiswa.

      Santai saja, komentarnya tidak perlu dihapus… Di cek ulang dan pikirkan saja dulu sebelum tekan enter. 🙂

      1. Saya sih baru nonton episode 1 aja udah males, apalagi sampe eps. 7.

        Tapi yang paling seru sih nyari dari sumber yang pasti dan ga ada yang bisa bantah2 lagi… Apalagi klo bukan Sumber yang Haq yaitu Al Qur'an…

        Klo penasaran tonton deh video ini :
        https://www.youtube.com/watch?v=rltTaWLxJVQ
        Dr. Zakir Naik | Bumi Berbentuk Bulat Telur Burung Unta atau Geo-Spherical

        Klo masih ada yang bisa bilang klo bumi itu bentuknya datar… Saya jadi meragukan ke Imanan dan ke Islaman orang tsb…???

    1. Silahkan Mas kalau mau di-share.
      Buat saya sih ini ditulis di blog pribadi biar kalau ada yang penasaran dan bertanya2 bisa menemukan jawabannya. Kalau di share di FP mereka pasti cuma debat ujungnya.. Malas lahh.. 😀

      1. Kami menghindari debat mas, kami mencari kelemahan pada teori yang kami percaya,sehingga kami dapat memaksimalkan teori ini hingga berujung fakta. sejauh ini kami hanya bisa mengamati dan membantah, bukan berdebat. Terima kasih atas info nya

  222. Nice article. Pembahasannya terhitung komplit. Tapi saya agak merasa janggal soal satelit. Benar ukuran satelit lebih kecil dari planet, tapi bukankah jaraknya dengan bumi jauh lebih dekat? Benda kecil yang dekat bisa terlihat lebih besar atau setidaknya sama besar dengan benda besar di kejauhan. Atau bagaimana? Terima kasih.

    1. Terimakasih sudah mampir Mas Eko. Iya, satelit itu memang dekat, tetapi dekatnya itu 200km, kalau kita ingin membandingkan dengan bulan saja, jarak bulan ialah 384.400 km. Perbandingannya jaraknya ialah 1: 1.922. Sekarang perbandingan ukurannya, diameter bulan ialah 3,474 km, sedangkan satelit itu hanya sebesar tubuh manusia (kalau lihat video-video dari space station terlihat sekali ruangan tabungnya sangat sempit) diameter tabung maksimal 3meter (0.003km) maka perbandingannya ialah 1:115.800. Jadi kalaupun satelit terlihat dari teleskop, ukurannya ialah 100 kali lebih kecil dari bulan. Nah diatas itu ada saya berikan link Youtube dimana orang mengamati satelit dari teleskop, ukurannya terlihat sangat kecil, hanya seperti kunang2 yang bergerak.

      1. Sepengetahuan saya satelit di luar angkasa itu diam pada orbitnya, spt satelit palapa ato satelit BRI stelah diluncurkan pake roket, dia akan bergerak munuju koordinat orbitnya dan kemudian diam di orbitnya. Seharusnya klo diam meskipun kecil tdk akan sulit dilihat pake teleskop?? Tp mengapa mjd sulit?

      2. Klo anda melihat satelit dari luar angkasa maka satelit bergerak mengikuti rotasi bumi, tapi klo anda melihat dari bumi maka satelit dikatakan diam sesuai orbitnya, jadi satelit palapa ato satelit BRI akan di atas Indonesia terus dan tidak akan keluar dari orbitnya menuju negara lain….itu maksud sy satelit itu diam sesuai orbitnya….

      3. Itu kalo periode orbit satelitnya sama dengan periode rotasi Bumi (Orbit Geosinkron). Maka, ia (satelit) akan nampak diam, jika diamati dari Bumi. Penempatan orbit yang ujung2nya akan menentukan periode orbit satelit sangan dipengaruhi oleh ketinggian satelit. Diukur dari pusat Bumi.

      4. Satelit yang terlihat diam itu namanya geostationary orbit yaitu kecepatan orbit satelit sama dengan kecepatan perputaran bumi dan menjadi seolah-olah diam…

      5. ,biarpun jarak bumi dgn satelit itu kisaran 200km,setidaknya msh bs dilihat antara 1 sampai 10 unit saja,tdk perlu ratusan atau bahkan ribuan.tp tak satupun satelit yg bs di lihat oleh teleskop.padahal,planet yg sebegitu jauhnya bs teropong menggunakan teleskop. Pdhl satelit hanya berjarak 200km saja.sebagaimanapun kecil ukuran satelit,pasti sehrs nya bs dilihat kalau mmg bener2 ada. Tdk msk akal kan? Kita rasional saja.