Skip to main content

Teori Bumi Datar – Let’s do The Math #part4

Nah kali ini di blog ini, aku akan mencoba menjelaskan beberapa penjelasan ilmiah yang akan menjawab apakah teori bumi datar itu adalah fakta atau hanyalah konspirasi HOAX? Kalau kalian baru mengikuti tema Flat Earth Theory ini, silahkan baca part1, part2 dan part3 terlebih dahulu.

Kalau kata Neil Grease Tyson “If you want to see the fact, let’s do the math”

Tulisan ini terutama akan memberikan kritik dan masukan terhadap video ke 4 di channel ini:

https://www.youtube.com/watch?v=gkb0y6Sr0gM&index=4&list=PLQt5a4m_Y05VI4WwgOLKxWXIw655PlHH2

Teori Bumi Datar -Let's do The Math

Jarak Bumi dan Bulan

Dalam video tersebut telah dijelaskan bahwa jarak dari bulan ke bumi telah diukur oleh ilmuwan zaman Yunani kuno dengan memanfaatkan gerhana bulan. Untuk memahami teknik ini, awalnya aku kesulitan, tapi akhirnya paham, ini sebuah penerapan teori matematika sederhana (dipelajari di SMP).  Silahkan baca: Bagaimana Mengukur Jarak Bulan ke Bumi.

Pertanyaan pertama yang dimunculkan ialah kenapa data jarak antara bumi dan bulan hanya berdasar pada perhitungan ilmuwan Yunani Kuno? Mengapa NASA tidak melakukan perhitungannya sendiri?

Jawabannya sangat sederhana, karena ini sains! Ada sebuah kutipan yang mengatakan “The first time you do something, it’s science. The second time, it’s engineering”

Perhitungan yang populer tentang jarak bulan-bumi yang paling populer memang berdasarkan kalkulasi ilmuwan Yunani Kuno. Sama seperti ketika Joseph Priestley menemukan oksigen tetapi namanya tidak tercatat karena Carl Wilhelm Scheele telah mempublikasikan temuannya tentang oksigen setahun lebih dahulu.

Karena memang mereka yang pertama kali melakukannya. Apakah NASA dengan peralatannya yang canggih bisa melakukannya? Bisa! NASA melakukan perhitungan jarak bumi-bulan dengan memanfaatkan pantulan gelombang ketika ditembakkan ke bulan. Dan data yang diperoleh oleh NASA jika dibandingkan dengan perhitungan yang dilakukan oleh ilmuwan Yunani kuno hanya berbeda 10%(ini hasil yang luar biasa akurat jika mengingat mereka tidak menggukan peralatan yang kompleks). Ini sudah aku jelaskan juga di artikel : Bagaimana Mengukur Jarak Bulan ke Bumi.

Dalam video, dikatakan bahwa asumsi dasar bahwa bayangan yang menutupi bulan itu adalah banyangan bumi merupakan asumsi yang keliru (salah). Tetapi, satu-satunya penjelasan kenapa asumsi dianggap salah ialah: “Karena ilmuwan NASA masih menggunakan siklus saros untuk menentukan kapan terjadinya gerhana”

Baca juga: Bagaimana cara ilmuwan menghitung Jari-Jari bumi?

Prediksi Gerhana dan Siklus Saros

Pertanyaan paling sederhana yang muncul dipikiranku ketika mendapat informasi bahwa NASA menggunakan Siklus Saros untuk menentukan waktu terjadinya gerhana ialah : Apa itu Siklus Saros? Bagaimana cara NASA menggunakan Siklus Saros?

Pasti ketika melihat di video, kalian merasa kalau Siklus Saros ini adalah catatan Yunani yang berisi kapan gerhana terjadi? Iya sama, aku juga gitu. Karena memang pembuat video berusaha mengarahkan agar yang menonton berfikir seperti itu. Seolah-olah siklus saros itu seperti tabel perkalian yang hanya cukup melihat kita sudah tahu hasilnya.

Ternyata siklus saros merupakan sebuah siklus gerhana bulan yang dibuat oleh Astronom Edmund Halley. Penggunaan nama Saros sendiri digunakan Edmund Halley karena dia membaca Souda (Ensiklopedia Bizantium), ia mengira bahwa siklus yang ia gunakan ini sama persis dengan saros dalam ensiklopedia tersebut. Ini dijelaskan dalam artikel ini –> http://www.astronoo.com/en/articles/eclipse-saros-cycle.html.

Jadi siklus Saros bukan sebuah catatan tentang kapan terjadinya gerhana, tetapi merupakan siklus gerhana dalam 18 tahun 10 hari dan 8 jam yang dihitung dan dipetakan oleh ilmuwan Edmund Halley (1656-1742).

Siklus Saros

Siklus saros sendiri hanya mampu memperkirakan waktu terjadinya gerhana bulan, tidak mampu menentukan lokasi terjadinya. Jika berbicara dalam ruang 3 dimensi, maka mungkin kita bisa tahu waktu terjadinya, tetapi kalau kita tidak tahu tempat terjadinya? Ada sebanyak tak-hingga kemungkinan akan lokasi teramatinya gerhana di bumi.

Tetapi dengan kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh NASA puluhan tahun yang lalu, gerhana bulan dan gerhana matahari dapat diprediksi waktu dan tempatnya dengan sangat tepat.

Nah.. Yang perlu digaris bawahi ialah, fakta bahwasannya dalam siklus saros tidak terdapat prediksi tempat terjadinya gerhana, tetapi NASA mampu melakukan perhitugan kapan dan dimana terjadinya gerhana tersebut. Artinya apa? Asumsi dan seluruh perhitungan yang dilakukan oleh NASA ialah benar, karena memang mampu menghitung titik tepat dimana kita bisa menyaksikan gerhana, baik itu gerhana bulan dan gerhana matahari. Sekarang apa Flat earther bisa menghitung kapan terjadinya gerhana dan titik mana di peta yang bisa menyaksikan gerhana?

Selanjutnya, kalau kita pelajari secara seksama fakta bahwa ilmuwan bisa menentukan waktu terjadinya gerhana tidak ada hubungannya dengan perhitungan jari-jari bumi. Jadi gerhana matahari dan bulan hanyalah sebuah alat untuk melakukan pengukuran jarak bulan sama seperti pada pembuktian Teori Relativitas Einstein yang menggunakan gerhana Matahari. Seperti penjelajah masa lalu yang hanya dengan melihat gugus bintang bisa menentukan posisinya secara tepat.

Jadi kalau diminta dari semua data jarak matahari, bulan, bumi beserta diameternya untuk mendapatkan angka pada siklus saros yaitu 18 tahun, 11 hari dan 8 jam tidak akan diperoleh, tetapi dengan data tersebut bisa diperoleh letak (titik geografis) dimana akan terjadi gerhana bulan dan matahari.

Matahari itu Dekat (Flat Earth Reality)

Penjelasan tentang matahari itu dekat yang didasari oleh sinar matahari yang menembus awan itu menyebar, sangat menarik menurutku. Karena ini adalah fenomena yang “kimia banget”.

Kenapa matahari yang menembus awan itu menyebar? dalam video dijelaskan bahwa para ahli (yang menganggap bumi bulat) mengatakan hal ini karena atmosfer  bumi. Kemudian pembuat video menarik kesimpulan bahwa ini tidak masuk akal karena pasti atmosfernya bumi cekung, maka sinar yang datang akan semakin difokuskan.

Baiklah, kalau membayangkan bahwa atmosfer bumi itu merupakan kaca yang melindungi bumi, maka sinar matahari yang masuk ke atmosfer bumi akan menjadi lebih fokus (bukan menyebar). Tetapi apakah ada ilmuwan yang mengatakan kalau atmosfer kita adalah kaca? Tidak! Atmosfer bumi merupakan gas yang didominasi oleh Nitrogen, Argon, Oksigen, dan Karbondioksida.

Peristiwa ketika cahaya matahari menembus awan dan sinarnya menyebar itu disebabkan oleh Efek Tyndal dari awan. Dalam ilmu kimia, kabut dan awan merupakan koloid, dan salah satu sifat paling mencolok dari koloid ialah Efek Tyndal, peristiwa menyebarnya cahaya yang dilewatkan pada partikel koloid.

Peristiwa Efek Tyndal ini telah kita pelajari ketika di SMA, bahkan seringkali dipraktekkan, karena murah dan mudah. Jadi yang sebenarnya terjadi ialah sinar matahari yang datang akan disebarkan oleh awan tersebut. Tersebarnya cahaya ini, kalau melihat ilmu fisika merupakan merupakan peristiwa gabungan dari refleksi, absorbsi, dan refraksi cahaya (pemantulan, penyerapan dan pembiasan/pembelokan) oleh uap air (awan).

Sedangkan di video dijelaskan dengan eksperimen menggunakan kardus dibolongin kemudian disenterin itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang sedang terjadi. Bandingkan saja bedanya kardus dan awan, coba saja ganti kardusnya dengan kabut ataupun koloid sejenis, pasti jauh ataupun dekat sumber sinarnya pasti akan disebarkan (direfraksi).

Jadi keterangan video bahwasannya matahari itu begitu dekat merupakan klaim semata(tidak ada bukti ilmiah). Kemudian aku tertarik karena pembuat video mengatakan bahwa “semua orang bisa menghitung jarak matahari ke bumi”. Dan gambar serta keterangan berikutnya membuat aku tertawa:

Sekali lagi, sebaran cahaya yang dilihat dari awan itu merupakan hasil Efek Tyndall, jadi ketika menghitung menggunakan triangular dengan asumsi bahwa sinar yang keluar dari awan ialah sinar langsung dari matahari, yang akan diperoleh ialah ketinggian awan penutup sinar tersebut, bukan ketinggian dari mataharinya(sumber cahaya). Bahkan dengan percobaan senter-kardus yang dilakukan sekalipun, dengan menggunakan triangular maka hanya akan menghitung jarak dari dasar(bayangan) ke kardus, bukan ke sumber cahayanya.

Bulan Punya Sinar Sendiri(Flat Earth Reality)

Pembuat video mengatakan bahwa cahaya matahari dan cahaya bulan berbeda. Bulan dan matahari punya cahaya sendiri-sendiri yang membuat hewan bereaksi berbeda. Menurutku reaksi dari hewan terhadap dua cahaya ini tidak membuktikan apa-apa. Karena yang berbeda ialah karena gelap-nya malam itu. Coba saja kamu lihat reaksi hewan yang disinari senter pada siang bolong dan disinari senter pada malam hari, apa reaksinya sama? Pasti beda, tapi cahayanya sama-sama cahaya senter. Kemudian dikatakan juga “Matahari merupakan simbol keseimbangan alam, Yin dan Yang”, statemen ini cuma sampah, nothing have to do with the topic.

Yang membuat aku terkejut ialah pada video diberikan percobaan pengukuran temperatur dari cahaya bulan yang menunjukkan nilai yang lebih dingin dibandingkan kegelapan. Tak lama setelah itu aku langsung browsing, ternyata memang metode ini populer di Flat Earther (khususnya YT). Tetapi penjelasan mengapa ini terjadi justeru karena yang melakukan eksperimen ialah amatir, atau complete amatir. Karena mereka tidak tahu fungsi sebenarnya dan cara penggunaan dari alat yang mereka gunakan (untuk mengukur temperatur radiasi sinar). Silahkan baca disini —>

http://www.physicscentral.com/buzz/blog/index.cfm?postid=1590436706491009951

Benda Salestial Yang Melewati Bulan dan Matahari

Di video ini disebutkan pula bantahan tentang gerhana bulan merupakan bayangan bumi yang menutupi bulan. Alasannya adalah karena adanya benda salestial. Sedangkan benda salestial yang dimaksudkan ini ialah cahaya yang tertangkap oleh kamera, ini bisa kita lihat dimanapun ketika kita memotret objek dengan cahaya terang. Semua orang yang mengenal fotografi pasti familiar dengan ini. Coba aja ambil kamera HP dan arahkan ke lampu diatas kamarmu:

Benda Salestial

Di dalam video ini, dia mengatakan :

“Jangan sekali-sekali berdebat kusir tanpa data, mengandalkan persepsi dan opininya sendiri. Bisa dibilang 95% informasi yang ada di google adalah opini-opini dan persepsi-persepsi tanpa dasar yang jelas”

Sebuah statement yang sangat brilian menurutku. Tapi coba cek ulang dari semua video, video satu dia menampilkan data dari Google Analytic dan penjelasan tentang perhitungan triangular diambil dari Youtube Dr. Zack(flat earther). Video 2 Penjelasan tentang GPS dia ambil dari Google. Video 3 penjelasan tentang peta bumi datar diambil dari USGS, sebuah lembaga amerika serikat (apa yang membedakannya dengan NASA?)

Kalau benar-benar berprinsip 95% informasi di google dan Youtube ialah opini dan persepsi, kenapa justeru semua informasi yang ditampilkan di video ini dari Google?

Oke lah.. Kita biarkan Allah dan pemilik video yang tahu tentang itu.

Bedford Level Experiment

Dalam video memberikan informasi yang setengah matang dalam Bedford Level Experiment. Bedford Level Experiment memberikan hasil bahwa seluruh bagian kapal akan terlihat sepenuhnya, ini membuktikan bahwa bumi tidaklah bulat.

Bedford Experiment
Bedford Experiment

Ketika mendengar eksperiment ini aku langsung cek ulang informasinya. Dan ternyata benar memang ada eksperiment ini. Pada musim panas tahun 1838, Samuel Birley Rowbotham mengadakan sebuah ekperimen untuk menentukan bentuk bumi. Persis seperti di video, eksperimen ini mencoba melihat kapal yang berjarak sangat jauh, yaitu 9.7 km. Seharusnya berdasarkan lengkungan bumi, maka bagian bawah kapal sebanyak 4.8m tidak akan terlihat. Dilaporkan hasil dari percobaan ini ialah, kita tetap bisa melihat kapal secara utuh.

Apakah bumi datar?

Setelah eksperiment ini dilakukan, kritikan muncul dari angkatan laut bahwasannya mereka tidak menghitung reflaksi cahaya oleh uap air laut yang pasti terjadi ketika temperatur sangat tinggi. Mengingat percobaan ini dilakukan saat musim panas, maka penguapan air laut pasti terjadi, dan akibatnya ialah reflaksi cahaya(pembelokan cahaya) oleh uap air laut.

Seorang fisikawan lapangan bernama Alfred Russel Wallace akhirnya mempertaruhkan namanya dan melakukan percobaan ini. Yang pertama ingin ia pastikan ialah menghindari efek refraksi cahaya oleh uap air laut maka dia melakukan percobaan yang sama tetapi pada ketinggian titik pengamatan 13 kaki = 4 meter. Hasil dari percobaan ini membuktikan bahwa bagian bawah kapal menghilang, hasil yang berlawanan dengan yang diperoleh pada awal experiment Samuel Birley Rowbotham. Hasil ini diakui oleh kongres kemudian eksperimen yang sama telah dilakukan oleh orang lain dan memberikan hasil yang sama.

Ingat! Prinsip sains ialah jika percobaan tersebut diulangi dengan metode yang sama, di waktu yang berbeda, oleh orang yang berbeda, harus menghasilkan hasil yang sama. 

Kesimpulan akhir dalam percobaan Bedford justeru hanya mengkonfirmasi sistem navigasi yang dilakukan oleh angkatan laut, yakni adanya refraksi cahaya oleh uap air laut. Ini diakui oleh semua ahli fisika dibidang geologi, tetapi tidak bisa diterima oleh Flat Earther.

Lintasan Matahari Melingkar Di Atas Bumi Datar

Aku sendiri tidak akan bisa menanggapi bagaimana matahari yang difoto dari bumi terlihat lebih kecil daripada yang difoto ketika di pesawat. Karena percobaan semacam ini tidak punya standard yang jelas. Apakah kamera yang digunakan sama? Apakah waktu pengambilan gambar sama? Terlihat jelas bahwa waktu pengambilan gambar-nya tidak jelas. Di bagian sebelah kiri gambar diambil saat matahari pada fasa paling terang, sedangkan di kanan matahari baru saja terbit.

Sekarang mari kita pikirkan kalau lintasan matahari berbentuk lingkaran yang berkeliling diatas bumi. Pertama, jika lintasannya seperti kembali ke pertanyaan awal, bagaimana peristiwa gerhana bisa dijelaskan?

Pertanyaan lainnya buat flat earther: Darimana mereka bisa memastikan kalau matahari itu bulat? Jangan jangan mataharinya itu nggak bulat? Bisa saja matahari itu bentuknya seperti bagian depan lampu senter(lingkaran datar). JANGAN PAKAI DATA DARI NASA BAHWA MATAHARI ITU BULAT, karena kenyataanya kan tidak percaya dengan data NASA?

Dan kalau perspektif mereka bahwa bulan dan matahari itu beredar beriringan dengan lintasan lingkaran yang sama diatas langit, maka kenapa penanggalan ummat muslim/Hijriyah yang berdasar pada posisi bulan bisa berbeda sekali dengan penanggalan Masehi yang berdasarkan posisi matahari? Karena kalau gerakan matahari dan bulan hanya melingkar dengan kecepatan yang sama, maka tidak akan ada perbedaan jumlah tahun antara penanggalan Masehi dan Hijriyah.  Jelaskan kenapa Ramadhan selalu berganti-ganti ditanggalan Masehi?

Kalau menggunakan data NASA, ini bisa dijelaskan dengan sangat logis bahwa setiap posisi antara tiga benda langit, Bumi, Bulan dan Matahari memiliki lintasan yang berbeda. Artinya, walaupun bulannya sudah memasuki fasa yang sama (posisi bulan terhadap bumi sudah sama seperti tahun sebelumnya) tetapi posisi bumi terhadap matahari tidak sama dengan tahun sebelumnya. Inilah yang menyebabkan pergeseran tanggal Ramadhan setiap tahunnya jika dilihat dari kalender Masehi. Ini juga menjelaskan kenapa Ramadhan di Jepang bisa bergeser dari musim dingin ke musim panas. Karena musim ialah pengaruh posisi matahari sedangkan penentuan Ramadhan bergantung pada posisi bulan.

Ehh.. Tapi para Flat Earther nggak akan bilang kalau kalender Masehi salah total kan? Kalau mereka berprinsip kalender Masehi itu salah total, maka aku nggak bisa lagi menjelaskan dengan ilmu pengetahuanku.

Ini merupakan series Teori Bumi Datar yang sudah Aku tuliskan:

  1. Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata? #part1
  2. Flat Earth Theory – Pembantaian Sains dan Logika #part2 
  3. Flat Earth Theory – Keping-Keping Sains #part3
  4. Teori Bumi Datar – Let’s do The Math #part4
  5. Teori Bumi Datar – Apa yang Dilakukan Habibie? #part5
  6. Teori Bumi Datar – Matematika Angkasa Dalam Narasi #part6
  7. Final Part – Not Rocket Science

Silahkan membaca.. πŸ™‚
Jika belajar sains itu logis dan menyenangkan, silahkan share tulisan ini. Biar teman kalian juga memiliki wawasan sains yang luas. πŸ™‚

Jika ada komentar silahkan sampaikan dengan sopan, saya akan tampilkan semua komentar baik itu pro atau kontra. πŸ™‚


Sumber:
Wikipedia.org
Universetoday.com
Nasa.gov
Youtube.com
Astronoo.com

157 thoughts to “Teori Bumi Datar – Let’s do The Math #part4”

  1. Kita singkapi ini merupakah ilmu yg menarik dan bukan mencaci atau mentertawakan teori yang baru. Toh ilmu yg kita pelajari yg diyakini baik teori, rumus dll hasil ciptaan orang lain juga. Seharusnya makin berilmu makin santun spt ilmu padi. Ya teori bumi datar ini ibarat ketemu candi baru ujung stupa saja dan belum digali.

  2. simple aja kalo mau tau gerhana matahari tuh beneran ditutupi oleh bulan atau enggak.
    dalam teori globe earth dikatakan 'gerhana matahari terjadi akibat cahaya matahari ditutup oleh bulan'. nah buat gampang aja
    contoh. gerhana matahari terjadi dipalembang kurang lebih jam 08.00 pagi, kalo bener cahaya matahari ditutup oleh bulan, kita lihat dinegara yang zona waktu nya berlawanan yaitu malam hari, kita lihat bulannya ada gak disana. kalo gak ada berarti bener bulan nya menutupi cahaya matahari. sebaliknya kalo bulannya ada,lah terus yang nutupin cahaya matahari di palembang itu apa dong??? bulan juga? bulan ada 2?!!
    satu lagi kalo mau bantah riset orang jangan cuma pake tulisan artikel yang tidak berbobot. riset sendiri jangan cuma koar" aja dimedia.

    gua gak dukung siapa". gua cuma percaya pada alquran bahwa 'matahari dan bulan beredar menurut garis edarnya yang sudah ditentukan'
    kalo kalian muslim yah harus 100% percaya. kan ada juga ayat allah yang berbunyi. ' tanda bagi orang" yang berpikir' artinya ya kita disuruh mikir. udah jelas banget itu.

    1. bahkan oleh sains (pelajaran jaman sekolah yang didasari globe earth), disebutkan bahwa matahari memang tidak diam, dia pun berputar terhadap pusat galaksi. jadi sesuai dengan Al-Qur’an juga kan.

  3. tanya juga donk mas,
    jarak rata2 bumi-matahari menurut sains 149.6 juta km,
    diameter matahari 1.3914 juta km
    dengan jarak sejauh itu,dan diameter matahari segede itu,
    dan karena matahari sifat cahaya nya memancar ke segala arah
    kenapa ada perbedaan intensitas cahaya ( termasuk panas) yang di terima bumi saat menhadap matahari(siang)
    dan kenapa berbeda dengan intensitas cahaya dan panas yang di terima saat kutub musim panas,dan di indo saat siang hari,
    padahal kan matahari jauh nya ampyunnn dan gede nya ampyunnn
    masih gak mudeng aku

  4. Mas huda. Tolong dijelaskan dengan simple dong terkait gravitasi matahari terhadap bulan lebih besar dibanding bumi terhadap bulan. Saya sudah pakai rumus gravitasi menghitungnya, tapi hasilnya memang besar gravitasi matahari terhadap bulan. Saya juga sudah baca Hills sphere untuk memahaminya. Tapi penjelasannya terlalu rumit bagi saya.

  5. NASA tidak bisa menggunakan jarak matahari, bulan, bumi beserta diameternya untuk mendapatkan siklus saros yaitu 18 tahun, 11 hari dan 8 jam. berarti jarak bumi, bulan, dan matahari salah, bagaimana mungkin NASA pergi ke BULAN teatapi jarak bumi-bulan salah

  6. Kecenderungan tulisan ini kepada penolakan teori bumi berbentuk datar, kl mau berpikir secara ilmiah. tolong berpikir secara ilmiah,tulisan ini lebih ke konspirasi tanpa ada bukti nyata n data. tolong tulis dgn tanggung jawab bukan sekedar ngeluarin pikiran semata, boleh dah masuk blog. atau kagak. mestinya masuk sub menu curhat bro..

  7. Sebenarnya dengan munculnya teori bumi datar itu untuk meruntuhkan system yg dzolim,bukan untuk perdebatan datar atau bulat,banyak orang percaya bahwa bumi itu bulat,karna itu yg di ajarkan di sekolahan,wong ya aslinya belum tentu bahwa bumi itu bulat,bisa jadi kubus/trapesium,hehe

    Tapi lebih masuk akal kalo datar(menurut pelajaran sekolah).
    Karna di pelajaran sekolah yg diajarkan, yang ada dataran rendah/dataran tinggi.,bukan bulatan rendah/bulatan tinggi,itu…!οΏ½οΏ½

    1. Ya tergantung, elu terbang ngikutin arah kompas atau kagak. Klo elu ngikutin arah kompas sudah pasti gak bakalan nyampe.

  8. inti dan kesimpulan dari yg saya lihat dr atas sampai bawah, anda harus taau dulu sejarah nasa dibentuk dan untuk kepentingan apa. karena disini ada segelintir orang yg menggunakan sistem propaganda, terutama dalam sains. disinilah kita kena propaganda kaum elite global yg ingin kuasai dunia. mereka(elite global) sejatinya tau bahwa bumi itu tak bulat dari dulu. hanya saja mereka menutupinya dan dibuatlah rekayasa. itu untuk apa? ya demi kepentingan ekonomi dan politik tentunya. jadi intinya nasa itu adalah orang2 elite global juga yg menguasai. sy rasa penjelasan saya itu cukup jelas.thanks

  9. Dialog dengan para fanatik akan membuang buang waktu
    ——

    Bukti bumi tidak datar
    – Gerhana matahari
    – Gerhana BULAN
    – BULAN SABIT karena terhalang sudut bumi
    – Bulan purnama
    ——–

    Jika bumi datar,
    -mKa setiap hari akan ada bulan purnama
    -maka matahari terbit akan kecil, pas tengah hari akan besar, pas tenggelam akan kecil
    Buktinya bunderan matahari dari terbit sampai tenggelam sama

    Itu bukti bahwa matahari sangat jauh dan besar. Sehingga di belahan bumi manapun akan cenderung sama besar lingkarannya

    Di dalam ayat Al quran tidak dijelaskan sama sekali bumi itu datar. Yang ada dihamparkan.
    Seolah olah datar di hadapan manusia karena lebarnya / tidak merasakan lingkungannya karena saking lebarnya,, seperti seekor kuman nempel di bola,, dia tidak akan merasakan cekungannya

    Itulah maksud ayat Alquran
    —-

    Cek saja pemahaman para ulama salaf

    1. “seperti seekor kuman yang nempel di bola… dia tidak akan merasakan CEKUNGANNYA”

      Oh my god bumi itu cekung.teori apa lagi ini

  10. Sebelumnya saya tenang -tenang aja menjalani hidup tanpa memikirkan bentuk bumi. Seakan semuanya baik-baik saja. Tapi setelah saya liat FE video sampe episode 11, semua jd berubah. Ini seperti sebuah bisikan yang membangunkan kesadaran akan apa yg telah dan sedang terjadi di bumi ini. Sejarah, politik, ekonomi, dll. Pernyataan di FE video sangat masuk akal. Walaupun ada hal yg masih jadi tanda tanya bagi saya. Salahsatunya, "Seperti apa posisi matahari & bulan terhadap bumi saat terjadi gerhana versi FE, kalo besar dan kecepatan matahari hampir sama dengan bulan?".
    Dan Antartika begitu misterius buat saya. Apa yg disembunyikan disana selain sumber daya alamnya? Apakah elite global sedang merencanakan dan melakukan sesuatu yg besar disana?
    Lalu darimana keluarnya Dajjal? Apakah mungkin dari tanah gersang Antartika?

  11. Klo bumi bulat, arah kiblat bisa kemana saja dong… mau ke timur, ke barat, ke utara, ke selatan atau kemanapun toh akan kembali ke satu titik kemanapun kita menghadap, terutama yang posisinya bersebrangan dengan Mekkah. Tapi klo bumi datar, arah kiblat pasti hanya satu arah.

    1. saat dalam perjalanan kita diperbolehkan sholat tanpa harus tepat ke arah kiblat di makkah. kalo mau dihubungkan secara ilmiah mungkin karena kemanapun ujungnya ke makkah, hanya saja memang jarak terdekat sesuai kompas bukan.

  12. Ntah apa aj yg di bahas, skt kpala yg ada
    rumus ini, rumus itu, tp gk bs buktikan terjadinya gerhana mnggunakan rumus tsb, buat videonya hitung di kertas, share kan, bs terbukti gk kpn gerhana berikutnya terjadi, gk ush tentukan lokasinya, buktikan itu aj dl
    gampangnya tentang kiblat aj deh
    buktikan arah kiblat menggunakan peta bumi datar dan bumi globe
    mn yg lbh msuk akal, menggunakan peta datar atau globe
    trs tentang antartika, mmg bnyak penjelajahan di antartika, tp hnya di tepi nya saja, saya maunya anda mmbuktikan, org naik ke dinding antartika tsb, trs jln smpai kliatan tmpt lain
    trs tntg satelit juga, yg LEO, meteor aj bs terbakar, msak satelit nggak, terbuat dr ap tu satelit bs bertahan, trbuat dr bhn yg lbh awet dr meteor?
    sbnrnya kita bs mikir pakai logika, gk usah lah pakai angka2, kalau bumi datar mngkin lbh msuk akal, air laut tidak tumpah atau pun berkurang, krn di halangi oleh dinding es di antartika, cb msukin air ke dlm kolam, bakalan kluar ataupun berkurang gk

  13. Saya percaya bumi bulat karena saya suka sains sejak sd karena mampu menjawab pertanyaan2 tentang fenomena alam. Saya dapat nilai bagus di ipa, waktu belajar saya memperhatikan, tidak tidur di kelas, atau smsan sama pacar. Di sma saya jurusan ipa, jadi saya tahu semua penjelasan dari paparan di atas. Kalau saya anak ips, saya rasa saya masih percaya bumi bulat karena teori2 yg di paparkan di atas sudah dipelajari di sd, smp, dan kelas 1 sma. Hanya beberapa yg dipelajari di jurusan ipa. Bagi saya, maaf untuk penganut fe, anda hanya org2 yg tidak menghargai guru di sekolah,tidak memperhatikan guru di kelas, tidak merenungkan penciptaan (seperti perintah quran) berdasarkan sains yg telah diketahui manusia. Jadi wajar saja kalu mudah terbakar konspirasi.

  14. Saya bukan pro padasalah satu teorinya… Cuma jadi tambah bingung aja…

    Kalo memang bumi bulat peta penerbangan yg di shere paham bumi datar lebih masuk akal…
    Tapi kalo memang bumi datar peredaran matahari yg di simulasikan akan membuktikan malam yg lebih banyak dipermukaan bumi jika cahaya matahari bersifat lokal seperti yg di jelaskan pada video bumi datar.. Tapi saya baca Qs.Al-kahfi :47 mengatangan bumi datar…

    Tapi bisa saja kita dapat penafsiran yg berbeda saat yg kita rujuk al-qur'an tapi yg pasti saya masih bingung atas kedua teori…

  15. Kalo aq tetep percaya bahwa bumi itu datar….diliat dari atas gunung pun cakrawala gak terlihat adanya lengkungan bumi….hehe…terserah kalian mau percaya yang mana,,…tapi aq lebih percaya bumi datar….hehe…

  16. Jadi menurut tulisan anda, premisnya kurang lebih begini?

    1. Siklus SAROS sudah dianggap akurat oleh NASA maka dari itu NASA tidak perlu mengupdate – riset lagi begitu?

    2. Edmund Halley adalah yang menemukan Siklus SAROS dan ternyata memiliki kesamaan begitu ya mas?

    "Ternyata siklus saros merupakan sebuah siklus gerhana bulan yang dibuat oleh Astronom Edmund Halley. Penggunaan nama Saros sendiri digunakan Edmund Halley…"

    Kita ikuti apa yang mas bilang: "Science is first" harus ilmiah donk yah?

    Premis itu saja sudah salah mas bro.

    "The earliest discovered historical record of what we call the saros is by the Chaldeans (ancient Babylonian astronomers) in the last several centuries BC.[2][3][4] It was later known to Hipparchus, Pliny[5] and Ptolemy.[6]" (wiki).

    Inilah hebatnya sejarah dan sains modern: KLAIM.

    Edmund menemukan, lalu 'ternyata' dibilang tepat dan mirip dengan perhitungannya.

    Itu sih argumen subjektif situ karena saintis gak mau kehilangan muka dengan orang Babilonia kuno.

    Apa bedanya dengan kritikan sains, bahwa agama itu #cocoklogi ? lah itu Edmund klaim 'kebetulan'?

    Konsepnya Edmund, start from scratch dari zero, apa cuma patokan yang lama, terus dicocok-cocokkan?

    Disinilah, awam selalu main telan bulat-bulat tanpa untuk investigasi dan 'percaya' gitu aja hanya karena based on

    "Yaa mereka saintis bro, masa elu gak percaya? udah cape-cape neliti"

    Hehe, kalau menurut sains dan heliosentris, Kepler yang menyempurnakan eclipse orbit dari De Revolution-nya Copernicus. Dan berarti Copernicus salah – kurang.

    Apa itu validasi kira-kira mas bro?

    Itulah yang dinamakan: self-ego-religion-science.

    Dibalik itu, ada Jesuit. Tapi kita gak bahas ini, nanti dikira
    konspirasi ini itu lagi, walaupun sejarah mencatat ada peran Jesuit dibalik helio-nya Copernicus.

    Cuma, sains kan katanya absolut dan eksakta toh. Jadi kita hindari argumen ini yah.

    Btw,
    Copernicus itu sendiri, lempar jurnalnya setelah 7 tahun disimpan. Dan sebelum mati dia baru declare.

    Osiander sendiri buat note di awal jurnal 'De Revolutions', kurang lebih bilang,

    "Bahwa buku ini belum tentu tepat dan benar, karena bersisi perhitungan teori yang baru, rumit dan belum pasti kebenarannya, tetapi bila ini bermanfaat bagi peradaban manusia silahkan digunakan. "

    Mas udah tahu belum, sebelum Copernicus, Protestan disaat itu sudah tahu lebih dulu heliosentris?

    Siapa tahu saya salah yah hehe, ini linknya monggo http://newadvent.org/cathen/04352b.htm

    Sengaja itu dimulai dari siapa si Copernicus itu dulu, mas saya rasa demen 'ngulik' karena saintis kan, silahkan cari sisa penjelasannya disitu selebihnya.

    Argumen di postingan ini udah salah di awal sih, jadi kita seharusnya udah gak perlu lagi debat kusir, kenapa NASA pakai siklus SAROS?

    Udah jauh-jauh maen ke Pluto, ngukur Big Bang kapan kejadiannya, Uranus dan matahari segala.

    Sederhananya:

    Masa iya, sains modern main percaya gitu aja dengan orang Babilonia kuno yang hidup ribuan tahun lalu?

    Jawabannya?

    Karena wallahu alam kenapa saat itu bisa ditebak dan akurat (kita bisa lihat buktinya dengan mengalaminya),

    Disaat NASA katanya keliling planet dan bilang ke manusia di bumi, eh ada ini loh disana ada ini loh disitu.

    Tanpa kita bisa kita double check lagi dan lagi.

    Hehe. Kalau saya bilang hal itu tipis dengan kata 'propaganda' boleh juga gak?

    Sama kaya kenapa WHO larang rokok, tapi masih legal dijual di semua negara. Disaat sains jelas bilang itu racun!

    Framing situ, masih 'kasar' dalam membela sains.
    #caseclosed πŸ™‚

    Oh iya mas, saya ingin tanya. Bagaimana ilmuwan NASA bisa melewati radiasi Van Belt yang kata mereka sendiri mustahil dan sulit?

    Dan Corialis effect yang sifatnya 'pilih kasih' hanya kepada peluru?

    Respect.

  17. NASA yang punya budget ratusan milyar, harusnya yang buktinya bisa authentic cuma dia, kenapa dia masih bohong? Kalau mereka dibantah, harusnya mereka gampang saja menampilkan foto asli mereka(yang bukan hasil CGI), kenapa mereka tidak lakukan itu?, flat earth theory tidak punya budget sebanyak nasa, menurut saya wajar saja kalau fakta-fakta nya cuma dari amatiran (saya bicara sekarang, bukan jaman dulu). Jangan suruh FET buktikan data sains, yang harusnya membuktikan itu NASA, karena mereka yang punya budget ratusan milyar. CMIIW

  18. Saya selaku orang yang membaca dan tidak tertarik da memihak salah satu. Namun, membaca artikel ini Penjelasannya buat saya logis dan empiris (ada keinambungan dengan beberapa disiplin ilmu, seperti efek tyndal dll. Karena saya sendiri pernah belajar hal itu waktu kulian Fisika..salam

    Tambahan juga, buat rekan pembaca lain yang mungkin kurang sepakat (gaya bahasa maupun ulasannya atau karena tidak berdasarkan pengetahuan yang dimiliki) alangkah baiknya menyerap informasi secara subyektif saja. Yang sepakat silakan, yg tidak juga silakan. Semua tergantung dari seberapa jauh bisa menerima informasi yg disandarkan dengan keyakinan (infomasi ilmu yang telah diperoleh dari lahir sampai sekarang). dan tidak perlu memberikan perkataan yg kurang sopan antar rekan lain.

    Salam

  19. Pada tahun 1870 seorang pendukung konsep Bumi datar bernama John Hampden menawarkan uang taruhan sejumlah Β£500 (setara dengan sekitar Β£43000 pada zaman sekarang[154]) dalam sebuah iklan majalah kepada siapa saja yang dapat membuktikan adanya lengkungan cembung dalam suatu kumpulan air seperti sungai, kanal, atau danau. Wallace yang tertarik dengan tantangan tersebut, dan pada saat itu mengalami kesulitan keuangan, lalu merancang suatu percobaan di mana ia mendirikan dua objek di sepanjang 10 km bentangan kanal. Kedua objek berada pada ketinggian yang sama di atas permukaan air dan ia memasang teleskop di sebuah jembatan juga dengan ketinggian yang sama di atas permukaan air. Ketika ia melihat melalui teleskop tersebut, salah satu objek terlihat lebih tinggi daripada yang lainnya sehingga memperlihatkan adanya kelengkungan permukaan bumi ini.

    Juri untuk pertaruhan tersebut, yakni editor majalah Field, menyatakan Wallace sebagai pemenang, tetapi Hampden menolak untuk menerima hasil ini. Ia menggugat Wallace dan melakukan suatu kampanye, yang berlangsung selama beberapa tahun, dengan menuliskan surat ke berbagai penerbitan dan organisasi di mana Wallace menjadi anggotanya berupa kecaman bahwa ia adalah seorang penipu dan pencuri. Wallace memenangkan berbagai tuntutan fitnah yang diajukan Hampden, tetapi Wallace menghabiskan lebih banyak uang untuk biaya proses pengadilan daripada yang ia dapatkan dari taruhan tersebut, dan kontroversi ini membuatnya frustasi selama bertahun-tahun.[155]

  20. Dari pada bahas bumi bulat datar gepeng benjol penyok. Saya cuma kasih tau aja yg realnya yg sering kita lihat sehari hari. Kalo tahu bulat itu bulat. Kalo tempe itu gepeng ato datar.kalo karpet itu hamparan. Hehehe saya jd bingung harus percaya yg mana, bumi bulat bisa di percaya, bumi datar juga bisa aja tp kalo bumi datar bawah nya bumi apa? Trus kalo bumi bulat coba foto real nya dr luar angkasa mana? Trus kalo bumi bulat tengah tengah bumi teh apa? Udah pernah emang gali sampe tengah tengah bumi? Fotoin apa isinya. Penasaran akut tp saya bingung harus tanya sama siapa. Mohon pencerahannya ☺

  21. sibuk berdebat nggak tentu
    alangkah baik nya di dalami ilmu agama
    dari pada nyari tahu bulat atau datar ini bumi
    kan lebih baik intropeksi diri
    inti nya: untuk apa?

    apakah tuhan nyuruh kita.kalian semua silahkan pahami dan teliti tentang alam dan angkasa luar yang saya ciptakan.

    apakah tuhan nyuruh gitu

    coba pikir?

    bukan nya udah sering kita dengar,orang beriman banyak cobaan nya,banyak ujian nya

    koreksi aja, hal pertama tentang peta?
    mohon di jawab
    kamu yakin yang mana peta globe atau peta datar?

  22. Sangat menarik tulisan Anda,Bung Huda
    Sejak saya belajar Ilmu Falaq di SMP dulu, saya ga pernah punya pikiran lain selain bumi berbentuk bulat, suatu ilmu yg berdasarkan teory dan percobaan2 para ahli Fisika yg sangat pintar, apalagi setelah kemajuan teknologi, roket, satelit dll. maka bentuk bumi bundar itu bukan teory lagi, tapi suatu fakta.
    Memang, bagi kita yg tidak mendalami sains, bisa berbeda pendapat, itu tidak masalah. Tapi bagi saya yg suka pada sains, pada waktu ada teman mengatakan adanya vido ttg bentuk bumi yg datar, saya bahkan tidak ingin sama sekali melihatnya. Saya lebih ingin mencari penjelasan2 sederhana dan mudah diterima orang umum bahwa bumi itu ya harus buat.
    Teman saya bahkan tidak percaya bhw bumi kita berputar (rotasi) begitu cepat, alasannya kalau kita melompat, jatuhnya tetap pada titik yg sama. Padahal kalau kita naik pesawat udara benda yg jatuh ke lantai tidak melesat kearah belakang, padahal kecepatan pesawat udara mencapai 800 km/jam atau sekitar 13 m/detik.
    Saya juga katakan, kalau bumi datar bagaimana bisa di Amerika Serikat 12 jam malam hari tapi di Indonsia sekitar jam 12 siang hari.
    terimakasih bung Huda.

  23. Salam

    Suatu waktu pada jaman dahulu mereka percaya bumi itu datar kemudian suatu waktu mereka semua percaya bahwa bumi tiu bulat. Suatu waktu mereka percaya bumi itu pusat semesta kemudian suatu waktu mereka percaya mataharilah pusat semesta.

    Ilmu pengetahuan tanpa agama itu buta berbahaya. Ilmu pengetahuan dengan agama itu mencerahkan.
    Jangan berpegang teguh dengan hal yang disampaikan oleh scientist barat secarah utuh tanpa memperhatikan nilai nilai agama.

    salam

  24. Sebenernyw point dari video flatearth101 bukan tentang bumi datar atau bulat. Jika liat video 1-10 poinnya adalah ttg DAJJAL.
    Dimana tembok Dzulqarnain? Bilakah di daerah paling selatan bumi?
    β€œHingga apabila dibukakan (tembok) Ya`juj dan Ma`juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (Hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata); β€œAduhai celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim” (QS. Al-Anbiyaa` [21] : 96)
    Yajuj majuj di isolasi sebegitunya apa masih bisa hidup? Atau di tempatnya luas bisa bercocok tanam temboknya gak bisa dipanjat gk bisa dibongkar

    RFID bisa jadi di pasang dalam tubuh manusia, ini mengindikasikan tentang Dabbah yg memberikan cap statusnmereka pada manusia.

    Btw authornya dah capek jawab ya

  25. Meskipun anda berasumsi bahwa bumi bulat, sampaikanlah dgn lebih bijak tanpa arogansi. Setuju pendapat anonim di atas. Saya suka artikel ini dari part1,2 dan 3 tp pas dibagian ini saya kurang suka dgn penyampaiannyan. Terimakasih

  26. Saya sangat tertarik dengan tulisan2nya yang telah menambah informasi dan khasanah berfikir saya. Trima kasih untuk itu pak.
    Saya jadi bertanya2 gimana seandainya bapak mencoba mencari kebenaran tentang teori bumi datar dan keanehan teori bumi bola (globe), tapi ini gak maksa loh pak, cuman ide aja dari rasa penasaran saya. Atau kalau memang gak ada satupun kebenaran di konsep bumi datar, dan teori bumi bola mungkin sudah sempurna, juga gak pp. Makasih untuk pencerahan dari tulisan2nya pak. terus berkarya.

  27. permukaan datar bukan berart lurus…kl uji coba di tanah pst hslny tdk sesuai harapan karena tidak rata…emg tepat uji coba di air pda jarak brp pun mau 5 km atau lbh…qt ingt yg pling datar di bumi qt tu air yg menepati ruangan…..apa pun ruangnya pst air datar dan valid…aq percaya tu…tanpa panjang lebar lebar bicaranya…..

  28. Yang dimaksud obyektif itu adalah subyektifitas kolektif. Bagaimanapun obyek tetaplah hasil korespondensi realitas di luar subyek. Yg dimaksud subyektif adalah pencerapan subyek atas obyak secara sendirian. Ketika subyektifitas seseorang disertai subyektifitas banyak org maka disebut obyektif. Subyektifitas saya mengatakan apa yg disampaikan penulis lbh ilmiah drpd video itu yg pendekatannya menggunaka teori konspiras

  29. Terimakasih buat mas Mahfuzh Huda penjelasannya sangat keren dan logis.

    Saya ingin bertanya pertanyaan yang simpel untuk orang FE yang baca ini…
    jika seluruh proses gerhana yang di jelaskan oleh NASA itu salah..
    jadi Bagaimana proses gerhana bulan yang terjadi jika bumi kita ini datar??
    gerhana bulan yang terjadi bukan CGI kan ya??

    setelah saya nonton vidonya saya merasa fokus pikiran kita dialhkan ke benda selestial dan siklus saros.. FE tidak menjelaskan proses Gerhana bulan..

    sebelumnya juga saya sudah bertanya di beberapa video flathearth di youtube, tpi belum ada yang mau jawab.
    ada sih dua orang yang balas komenrat saya.
    – orang pertama bilang : "saya tidak tahu, saya hanya share saja"

    – orang kedua bilang : "gerhana bulan bukan hal priortias, observasi permukaan air dari jarak puluhan kilometer itu hal yang lebih valid, saya masih memikirkan gerhana bulan tap saya tidak bisa menjabarkan"
    bisa chek disini tentang diskusi saya dengan org yg percaya FE
    https://www.youtube.com/watch?v=CLoN0bZcJ9o
    lihat di kolom komentar Hidayatullah A. R.

    saya hanya orang awam yang Penasaran.
    Mohon pencerahannya…

  30. ooooyyy para flat earther,, jangan cuman bisa ngomong doang,, kalo bisa buktikan sendiri..
    jangan cuman percaya sama katanya orang lain..
    itu bodoh namanya…

    buktikan..
    beli ko teleskop..
    (kalo lg bokek bikin sendiri aj, banyak tutor di internet)

    liat pake' itu teleskop planet lain yang ada diluar sana..
    apa mereka datar???
    kalo bumi datar berarti matahari datar, bulan datar??

    sekarang coba pake' itu teleskop digedung tinggi, trus tembak kedepan (bukan keatas), kalo yg kalian liat dinding es antartika seperti yg kalian percayai berarti bumi datar..
    tapi apa..
    yang kalian liat ya luar angkasa juga..
    masih yakin bumi datar??

    klo masih gak percaya..
    anggota flat earther kan banyak nih,
    knapa kalian gak patungan aja sewa roketnya NASA trus pergi liat sendiri dengan mata kepala kalian bumi itu bulat ato datar..

    buktikan jangn cuman ngomong doang..

  31. Yang pertama ingin ia pastikan ialah menghindari efek refraksi cahaya oleh uap air laut ???? mnrt sya ga ad hubx sama skali
    gampangx gini aj deh
    tolong bantahan pengukuran sinar laser yg di tembak ke laut.,dan di ukur dari permukaan laut ke sinar laser,., knpa hasil tingginya sll sama di jarak brp pun,.,

  32. Keren pembahasanya
    Sy org awam.. Sejak baca info FET sy jg ckup yakin ttg peta bumi datar. Krn byk di pake dan tnp kita sadari msh di gunakan smpai skrg.

    Bentuk bumi bulat atau datar bukanlah hal terpenting, tp dr ke 2 hal itu kita sbg umat manusia termasuk org yang beruntung.

    1. Jika mmg bener bumi ini bulat, maka manusia haruslah menjaganya. Krn kita bukan satu2nya yg terbesar.

    2. Jika mmg bener bumi ini datar, maka beruntunglah kita krn matahari tdk sbesar yg kita bayangkan dan bumi sbg pusat tata surya. Brti bumi ini sangatlah luas.

    Menurut al quran, jika seorang penulis ini adalah muslim wajib mempercayainya ya. Dlm surat al kahf ayat 47 disana disebutkan dengan jelas bumi itu datar.

    Saya hanya mengingatkan untuk wajib mempercayainya. Point2 dr keagamaan.

  33. Itu sumber acuannya kok ELITE GLOBAL semua:

    – Wikipedia.org
    – Universetoday.com
    – Nasa.gov
    – Youtube.com
    – Astronoo.com

    Kenapa gak pake acuan yang beda dari yg lagi dibahas bro?

  34. Dari yang saya pelajari dulu dari sd mengenai manzilah2 bulan masih belum nangkep kayak mana bisa terjadi dengan teori bumi bulat yang berotasi itu, ada yang bisa jelasin gak

  35. kan ada info jarak bumi, bulan dan matahari. ditambah info diameter masing2, juga ada waktu lamanya rotasi dan revolusi masing2. kalau masnya memang ngerti matematika, coba hitung pasti terjadinya gerhana dengan angka2 yang ada, kalau akurat saya akui bumi itu bulat, kalau salah, selamat anda dapat zonk dari NASA πŸ™‚

  36. terima kasih pak atas penjelasannya .. kedua teori itu menurut saya ada kelemahan juga kelebihan .. karena ilmu manusia kalau dimisalkan hanya butiran air di lautan .. ya ambil positifnya saja ,, agar manusia tidak sombong saat menemukan sebuah teori/ilmu .. kembalikan lagi ke yang menciptakan alam semesta ini .. karena Dia yang lebih mengetahui ..

  37. Ada dipostingannya tentang satelit terendah yang leo itu bilangnya mengorbit ketinggiannya segitu, bukannya ketinggian segitu ada dilapisan troposfer bilangnya, bilangnya juga meteor aja terbakar lewatin itu, laa gimana tih satelitnya bisa mengorbit enteng gitu, dan hampa udara dari mana itu masih dalam lapisan atmosfer

  38. Jika ada kesalahan penulisan mohon dirubah, bilang jika ada kesalahan mau dirubah, nyatanya masih, jika ada orang hanya membaca tulisannya tanpa baca bagian komentarnya malah jadi cuma tahu kesalahan itu.

  39. Mengutip kalimat anda "…ketika menghitung menggunakan triangular dengan asumsi bahwa sinar yang keluar dari awan ialah sinar langsung dari matahari, yang akan diperoleh ialah ketinggian awan penutup sinar tersebut, bukan ketinggian dari mataharinya(sumber cahaya)."

    Menurut sy ini ga sepenuhnya benar. Jika jarak horizontal dan sudut cahaya yg jatuh ke bumi diketahui, maka dg rumus trigonometri dpt menghitung tinggi sumber cahaya. Ini dg asumsi tdk ada pembelokan apapun oleh awan. Karena ada dua sudut segitiga yg diketahui. Tdk ada hub nya dengan awan.

  40. Mungkin jika bicara sains saya sama sekali ngga tau sama sekali. Tpi coba mas huda jelaskan tentang admiral termuda tersebut yg melakukan operasi high jump. Terimakasih

  41. Jadi pernyatan flat earth masih bisa dibilang kuat, karena mas pembuat blog belum menjelaskan tentang perjalanan keliling memutari tembok es antartika. Mungkin mas pembuat blog cuma membahas tentang opini dari flat earth. Makanya mas ini masih bisa memberi sanggahan. Itu alasan mengapa mas huda tidak mau memberi sanggahan tentanf fakta admiral termuda mengelilingi tembok es.

  42. Saya sudah pernah nonton tentang flat earth tapi saya percaya bahwa bumi itu bulat, apalagi ditambah dg data2 dalam artikel ini.
    Satu fakta yg perlu kalian ketahui adalah bahwa penganut paham flat earth emosinya naik :v wkwkkw

  43. Saya sudah pernah nonton tentang flat earth tapi saya percaya bahwa bumi itu bulat, apalagi ditambah dg data2 dalam artikel ini.
    Satu fakta yg perlu kalian ketahui adalah bahwa penganut paham flat earth emosinya naik :v wkwkkw

  44. Mohon maaf mo nimbrung tanya. Pak Huda, Saya sdh liat video flat earth dari 1 smpe 8. Apa bener ya kompas itu selalu menghadap ke utara walau posisinya di selatan jauh dari khatulistiwa? Boleh dijelaskan apakah FET benar tentang magnit bumi itu ada yg menarik dan menolak? Terus gaya tolaknya itu ada di mana? Menyambung pertanyaan netizen tentang arah sholat. Sampai sekarang saya belum pernah denger atau sy yg g tau, tidak ada kajian tentang arah kiblat bagi yg tempatnya kanan kiri sama jaraknya dg kiblat. Apa ke barat atau le timur? Ini membingungkan.

    1. Kompas kan punya dua jarum ujung Pak?

      Magnet bumi memang menarik dan menolak, sama persis dengan magnet yang kita jumpai setiap harinya, pasti ada sisi menarik dan menolak.
      Gaya tolakan magnet ini tidak bisa saya bahas Pak, saya tahu bagian sains yang membahas hal ini, tetapi saya sendiri tidak benar2 paham. Ini kaitannya dengan energi elektomagnetik yang terdapat pada logam-logam di dalam bumi.

      Kajian tentang kiblat itu, saya nggak paham yg dibingungkan mas Ruslan apanya yah? yg saya tahu sholat itu menghadap ke Ka'bah.

      1. Hahaha jleb!

        Dan mengidolakan sains disaat tidak bisa menjelaskan fenomena alam dengan simpel dan mudah.

        As Michio Kaku said: "The hardest part of science answers are simple question"

        Hahaha.

  45. min ada yang ketinggalan belum di jelaskan, gimana penjelasannya mengenai cahaya matahari bersifat lokal ketika terbenam sama seperti cahaya di sebuah kota, sebagaimana yang di sampaikan pada filem ke 4 gerhana dan horison dimenit ke 22:40,

  46. bos..bs dijawab Knapa Bulan Bs mncul disiang hari? cm memastikan bahwa cahaya bulan adalah hasil pantulan dr sinar matahari..mksh

  47. " Karena kalau gerakan matahari dan bulan hanya melingkar dengan kecepatan yang sama, maka tidak akan ada perbedaan jumlah tahun antara penanggalan Masehi dan Hijriyah." lah ini gimana ya saya gagal paham nih.. kalo jarak mereka ke bumi beda, bukannya waktunya bisa jadi beda ya

    anyway saya juga dari video pertama juga suka denial kaya mas berusaha cari celah yg ga sreg di hati, jadi emang ga memihak manapun hehehe

  48. aku sih nggak masalahin teori atau sains yang pernah dilakukan. Yang masih ragu tuh orang-orang yang melakukan eksperimen atau menemukan teori sains tersebut masih melibatkan Tuhan atau tidak. nah ini perlu ditelisik latar belakang para ilmuwan itu. Apakah ilmuan tersebut merupakan antek-anteknya freemason atau real berpatokan pada apa yang dilihat dan yang dipercayai(kitab suci)? ingat bung, bumi ini luas, masih banyak rahasia yang disembunyikan. bahkan orang indonesia belum tentu tahu apa yang ada di Indonesia

    1. Nggak ngaruh, saitis itu atheist atau fremason. Kalau penelitian mereka benar yah tetep aja benar. Lha dari dulu juga ilmuwan dan astronom islam belajar matematika dan astronomi dari ilmuwan Yunani yg nonmuslim. Nggak ada yg salah dengan itu.

  49. Sebenarnya gampang untuk mengatasi perbedaan ini…yg percaya bumi bulat dan datar kedua duanya jadi astronot naik kebulan…adakah itu kalau ada sudah jelas…terus kudua duanya melintasi antartika tpi ijin dulu biar gk ditembak mati…kalau semua perbedaan itu diteliti bersama dgn mata mereka masing masing sudah terjawabkan….begini sobat..hargai pendapat mereka karna mereka orang orang jenius dengan berbagai teori jadi nyata…tpi nyatanya kita tidak tahu dengan mata kita sendiri….ingatlah kemampuan manusia tidak bisa melampoi kuasanya nya itu tuhan allah….apakah ada manusia bisa hidup selain di bumi…apakah planet lain punya unsur seperti dibumi….kadang kepintaran manusia ingin melampoi kuasa penciptanya…sampai sampai nenek moyang manusia bukan manusia…setahuku dari dulu monyet ya tetap monyet…bagi yg penasaran dgn kuasa ilahi carilah setinggi ilmumu pengetahuanmu, sampai matipun kamu tidak akan tahu rahasia ilahi…bicaralah seperti yg kau dengar dan kau lihat…walaupun kau mendengar dan melihat orang lain pun bisa beranggapan bohong….bila semua teori bisa dimentahkan belum tentu kebenaran…kalau manusia bumi langit dan seisinya saja banyak yg tidak percaya kalau allah itu penciptanya…apalagi bumi datar dan bulat….intinya bisa depahami sendiri sendiri jangan dipaksakan, karna aku anda dan kalian semua punya keyakinan yg berbeda beda…tpi ingat kita saudara…jadikan perbedaan untuk pelajaran dan jadi pertimbangan

  50. Untuk mas2 yg menggunakan ayat al-qur'an sebagai patokan, saya harap jgn lngsung menelan bulat2, lakukan penelitian dan pengkajian, kita dsini bknlah ahli tafsir, jd bsa jd dibalik kata "hamparan" di ayat2 qur'an, ada makna lain. Satu lg, jgn lngsung seenaknya mengkafirkan org lain…

  51. Tidak usah serius,untuk flat datar tinggal tunjukin saja pada dunia mana pucuk dan pangkalnya bumi kalau ada saya percaya.theory bumi datar sama dengan teory darwin hannya teory bukan fakta!

  52. Guys…
    -Ada kah foto asli bumi dr luar angkasa ? "Inget yg bukan CGI"
    -perlu di ingat setiap agama mempunyai kitab suci sbg petunjuk, sperti al-Qur'an yg menjelaskan bahwa bumi itu "di hamparkan"
    Its ok saya percya kalo bumi itu tidak bulat
    -tak ada yg bisa ke langit atau luar angkasa apalagi NASA, kecuali nabi Muhammad saw. & Itu pun atas izin ALLAH swt.

    -yg tidak percaya agama brarti anda salah satu dr "illuminati" alias "Dajjal" laknatullah

  53. Sebenarnya intinya sama aja sih…kalo fet pengin bantah klaim nasa lewat fotonya kalo bumi itu bulat…harusnya mereka bantah lewat foto juga, lewat krtinggian yang cukup utk melihat seluruh permukaan bumi yang katanya datar..

  54. saya tahu ada yg mengangatakan ini disebabkan gravitasi, namun seperti yang kita ketahui sifat air itu akan mengalir dari tempat tertinggi ke tempat terendah..!. tapi yang membuat saya bertanya2 ???, jika kutub selatan itu letaknya dbawah (pada posisi bumi bulat) mengapa air laut tidak mengalir (tumpah) ke kutub selatan.., mohon jawabannya.

  55. Ssst… ga ush ribut. mau datar atau bulat. silahakn saja bebas.

    Simak aja, anggap dua duanya sebuah pengetahuan. Toh bukan akidah, bukan kafir jika membantahnya:P.

    Silahkan kalau punya ilmu, teliti kembali, analisa kembali keduanya. sains akan di bantah dengan sains, dan kelak pengetahuan baru akan mengganti/menambah pengetahuan lama!

    Thumbs up, tulisannya, lanjutken:)

  56. Emang dah ada yang cek kalo antartika dijaga militer ? Kalo diliat diteori flat earth bahwa kutub utara ada di sekeliling bumi datar, kan sangat panjang sekali. Berapa banyak militer yang harus dikerahkan ?
    Lagi pula kalo bener ada militer yang menjaga, belum tentu karena bumi ini datar. Mungkin disana ada tambang mineral atau emas yg mau dikuasai negara2 tertentu.

  57. Satu2 ny sumber paling benar hanya Alquran, mau gak mau rujukannya musti ksana, Dan yg bisa menengahinya. Soalny yg bermasalah sbenarny adalah teori bumi bulat dan hukum sainsnya dengan teori flat earth beserta faktanya.

    Jika kita mnjawab dgan sains. Udah pasti benar dan masuk akal bahwa bumi itu bulat.

    tapi, karena mungkin saja ada benarny bahwa sains itu ada yg di propaganda (gak semuanya). Dan, fakta2 flat earth pun cukup masuk akal, mereka hati2 mnggunakan fakta sains, mereka memaparkan fakta dilapangan tanpa acuan sains yg mungkin hasil propaganda, makanya mereka mmbuat permodelan dan pngujian langsung bukan pndapat dari ahli sains.

    Bisa jadi sains yg kita pelajari ada beberapa yg propaganda, ada yg emang benar. Jika kita beracuan ilmu sains smua, ya pasti benar bumi itu bulat.

    Satu2 sumber yg benar ya cuman Alquran, dri situ bisa kita menengahi permasalahan apakah earth is flat or globe.

    Sejauh ini, fakta flat earth sesuai dgn alquran bahwa matahari dan bulan itu mngelilingi bumi. Dan itu tersurat, bukan tersirat (tafsir).

    1. Fakta flat earth dalam video2 itu sudah saya bahas kalau banyak yang tidak lengkap dan salah.

      Pada dasarnya tulisan ini saya buat bukan untuk membuat orang percaya bumi itu bulat atau datar. Tapi menyampaikan bahwa banyak sekali kesalahan dan persepsi sains dalam video tersebut. itu saja. silahkan dipahami dan dipelajari lebih lanjut.

  58. Yang membedakan USGS dengan NASA ialah USGS ga pernah bohongi umat manusia soal penerbangan luar angkasa dan mendarat di bulan. as simple as that, Vroh πŸ˜€

  59. menurut saya, pemaparan vidio ttg bumi datar cukup masuk akal alasannya knapa bumi datar.

    masalah ujungnya apa, dipaparkan bahwa sekeliling bumi adalah tembok es. kita belum tau di antartika itu ada apa. Betul karena sistem navigasi terutama kompas disana gak berfungsi, karena memang letaknya sangat menjauhi pusat kutub utara, kan?
    otomatis, kompas akan bingung menunjuk arah Utara.

    mungkin jika ada data spesifik tentang wilayah Antartika, baru bisa terpecahkan masalah ini. saksinya hanya Admiral Byrd itu, dan setelah eksplorasinya, lagsung di jaga ketat dan diisolasi tu Antartika. akhirnya, gak ada lagi orang yg bisa kesana. satu2nya saksi hanya Admiral Byrd saja,

    didalam Alquran banyak saya cek, bahwa yg bergerak sesuai peredarannya adalah matahari dan bulan, BUKAN bumi yang bergerak sesuai peredarannya, kan?

    saya, bergelut dibidang sains, tapi masih amatiran. saya ngerti masalah gravitasi, tapi yg gak saya ngerti dari dulu, bagaimana gravitasi mnarik benda. masuk akal jika yg ada adalah Massa Jenis. dan Matahari dan bulan beredar karena Elektromagnetik. jadi, semua benda menjauh atau mndekati bumi karena Massa Jenis benda. sedangkan benda yg "mengambang" sesuai jalurnya adalah karena elektromagnetik.

    bumi kita datar, tapi belum tentu dibatasi bulat kan? para penjelajah hanya sebatas antartika saja mengelilingi dunia, makanya peta datar berbentuk Bulat dibatasi antartika.

    bayangkan bumi itu datar tanpa batas? bagaimana jika diluar antartika itu ada lusinan benua lain seperti kata Admyral byrd?

    dalam Alquran, Allah Yang Agung sering berfirman tentang "Langit dan Bumi". kata Langit dan bumi sering bergandengan. jika bumi datar, itu ujungnya adalah batas langit, bisa jadi masuk akal. batas bumi = batas langit. 7 lapis langit = 7 lapis bumi. gambaran langit cembung melingkupi bumi lebih masuk akal dengan hal itu.
    secara tersurat, Alquran lebih dominan bahwa Bumi itu datar,.

    sebenarnya, para Ulama dahulu juga ada perbedaan pendapat masalah bentuk bumi itu bulat atau datar. wajar, kita sekarang pun berbeda pendapat.
    https://muslim.or.id/28368-apakah-bumi-bulat-bola-atau-datar-menurut-pandangan-syariat.html

    dan bisajadi, kisah Sahabat Rasulullah Tamim Ad-Dari Radhiallahuanhu, terdampar di pulau dan bertemu dajjal, mungkin pulau itu ada dluar antartika

    Dan (apakah manusia tidak mau memikirkan) bagaimana bumi itu dihamparkan?” (Al-Ghasyiyah: 20)

    Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” [Al-Anbiya’ : 33]

    Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat,” [Al-A’raf : 54]

    Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” [Az Zumar : 5]

    Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengirinya,” [Asy-Syam : 1-2]

    wallahualam.

    1. Banyak mas yang menjelajah antartika, silahkan baca ulasan saya di part6.

      Gravitasi itu berbeda dari hukum archimedes dan elektromagnetik, saya bahas di part3.

      Untuk masalah ayat2 dalam Al-Qur'an saya tidak terlalu mengerti tafsir. Yang saya bahas di blog ini ialah kesalahan saintifik dari video2 tsb.

  60. bagus mas tulisanya,saya malah baru tau teori flat earth beberapa hari lalu,mind blowing bgt dan akhirnya sampai sini.. karena saya juga awam sama sains jadi ya cmn bisa browsing2 karena rasa ingi tau dan tadi saya nemu video ini https://www.youtube.com/watch?v=cNEUOnlcIAQ
    dari penjelasan diatas cmn ini yang mengganjal klo menurut saya,antartika juga sih tp setelah baca komen balasan diatas nggak jadi tanya
    dia nembakin laser ke kapal sejauh 5km tp tetep lurus,dan dikomen ada yg sampai 14km hasilnya sama

    1. Metode untuk nembakin laser itu nggak standard. Nggak ada publikasi ilmiah tentang metode itu, pun yang video cuma 5km, padahal lengkungan bumi itu 8 km.

      Metodenya tidak standard, tidak ada jurnal ilmiah yang dihasilkan dari eksperiment ini.

      1. Metode yg tidak standard itu juga digunakan oleh Stephen Hawking lho :).
        Sudah lihat video yg dikasi Nizar sampai selesai? Hawking juga pake jarak yg sama, yaitu 3miles(sekitar 5km), dan mengklaim (berdasarkan video) bahwa lasernya 6feer higher, shg mrpk bukti adanya lengkungan.
        Video terpisah yg cuman menampilkan percobannya Hawking juga ada.

      2. Aslinya saya nggak niat nonon, buang2 waktu saya. Tapi setelah saya tonton. Saya nggak tahu kebenarannya.

        Saya bilang tidak standard karena lassernya tidak cukup bagus. Perhatikan beda lasser yang digunakan, lasser yg digunakan dalam percobaan hawking itu fokusnya sangat tinggi, membuat satu titik. Bandingkan dengan yang digunakan pembuat video.

        Lagi pula pengukuran seperti ini seharusnya ada catatan sudut penembakan. Pada jarak 5km, pergeseran sudut 2 derajat saja akan memberikan hasil yang jelas-jelas berbeda. Jika sudut penembakan lasser miring ke bawah 2 derajat saja, maka lasser akan mengenai air dan terpantul lagi ke atas dengan persebaran cahaya (cahaya semakin tidak fokus)

        Oleh karena itulah dasar metode sains itu ialah pencatatan dan pengolahan data dengan tingkat kalibrasi yang tinggi. Kemudian dibuatlah jurnal penelitian yang menjadi bukti bahwa metode yang digunakan ialah standard.

        Belajarlah dari pengukuran Bedford experiment, jika pengukuran semacam ini dimasukkan jurnal, pasti akan ada saintis lain yang menguji hal yang sama. Jika memang benar hasilnya pasti sama.

  61. Dan Byrd meninggal tidak sampai 2 bulan setelah wawancara itu. Menurut Wikipedia meninggal dlm tidurnya karena serangan jantung.
    Cucoklogi dan gak ilmiah banget sih.
    Tapi kalo menurutku sih terlalu coincidence aja.

    1. Iya Mas. Jika tanpa data lain, dalam argumentasi sains itu masuk akal kok. Jangankan dua bulan, besoknya dia meninggal setelah wawancara itu, saya tetap mengatakan itu masuk akal.

      Kenapa? Karena usia rata2 pria terkena penyakit jantung ialah 66 tahun, dan Byrd telah mencapai usia 69 tahun.

  62. Hehehe….oke, kita sepakat untuk tidak sepakat.
    Cuman saya bingung aja, dunia mana yg belum dieksplorasi oleh manusia pada tahun 1940-1950an.
    Byrd menyebutnya : an area as big as the US that never been seen by human being, and that's beyond the pole in the other side of the south pole.

  63. Saya paling penasaran yg ttg Antartika. Kenapa terbang membelah Antartika tidak mungkin ? Padahal terbang ke bulan saja sudah bisa (yg menurut saya tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi)

    1. Pada penerbangan komersial tidak mungkin membelah antartika. Antartika dan Arktika merupakan pusat medan magnet bumi, artinya semua penerbangan tidak akan melaluinya karena navigasi tidak akan berfungsi. Mungkin dengan teknik tertentu bisa saja terbang melintasinya, tetapi saya sendiri juga belum tahu.

      Silahkan baca part 5 bagian pertengahan saya berikan link2 orang yang menjelajahi antartika

      1. Maaf Mas mau bales lagi :).
        Tentu yg saya maksud bukan penerbangan komersial, lha yg ke bulan kan juga bukan penerbangan komersial :).
        Yg dimaksud melintasi Antartika ini menembusnya. Misal terbang dari Chili lewat Antartika trus tembus di Australia.
        Blm pernah ada yg melakukan ini kecuali Admiral Byrd menurut wawancaranya.
        Dan menurut saya dia gak ada alasan utk bohong karena dia bicara bukan dlm kerangka kepentingan flat earth/globe, tapi utk memberikan awareness ttg kemungkinan bahaya dari "dunia lain yg blm dikenal di sebrang kutub selatan", secara dia kan org militer,jadi konteksnya ke keamanan. Coba dilihat di YouTube wawancara lengkapnya.
        Oya, biografi Admiral Byrd juga ada di Wikipedia.

      2. Iya, saya sengaja tidak berargumen menggunakan pendapat bukan karena dia berbohong atau bagaimana.

        Saya menolak berargumen menggunakan pendapat satu orang atau kesaksian (tunggal) karena persepsinya pendengar pasti berbeda2.

      3. Maaf Mas mau bales lagi, soalnya saya paling penasaran yaa sama Antartika ini.
        Kalo bicara persepsi, menurut saya kalimatnya Admiral Byrd lugas dan eksplisit banget sih,tdk ada multitafsir.
        Sama satu lagi, FET modern kan udah ada dari awal abad 20. Kalo NASA atau siapapun mau meruntuhkan FET kan tinggal ngajak mereka terbang menembus kutub, yg harusnya bisa dilakukan toh masih di bumi juga.
        Kan NASA juga bbrp kali menggunakan org sipil (yg dilatih dulu) sbg astronot.
        Dan pasti biayanya juga jauh lebih murah drpd terbang ke luar angkasa:)

      4. Iya, silahkan saja cari tentang itu..

        Menurut saya "dunia lain yg blm dikenal di sebrang kutub selatan" adalah dunia yang belum dieksplorasi oleh manusia.

        Setelah itu sampean akan berargumen lain. Saya menyangkal lagi. Nah Saya menolak memasukkan admiral berd karena alasan seperti itu.

        Untuk urusan NASA mengajak ke kutub itu masuk akal. Tapi NASA tidak melakukannya.

        Alasannya apa? saya enggak tahu.

      5. Numpang nambahin aja, sebenarnya penerbangan komersial pun ada kok yg "sedikit" melewati kutub selatan
        Misal dari Australia ke Amerika Selatan, atau ke Afrika Selatan
        Cuma memang jumlahnya tidak terlalu banyak

        Kenapa saya bilang sedikit, karena posisinya tidak persis berseberangan
        Sehingga jalur penerbangannya hanya lewat "di tepi" antartika

        Contohnya Qantas Flight QF-63, Sydney-Johannesburg
        Review http://www.gotravelyourway.com/2013/07/20/qantas-flight-qf63-from-sydney-to-johannesburg/
        Atau yg dari Australia ke Amerika Selatan pun jg bakalan lewat (transpolar flight)

        Thread bagus yg membahas soal ini https://www.metabunk.org/flat-earth-theory-debunked-by-short-flights-qf27-qf28-from-australia-to-south-america.t6483

      6. Bro,, tau banget klo navigasi gk fungsi di antartika… Pernah jadi sopir pesawat yah… Trus td kan bilang antartika ada medan magnet,, tp artik kn jg ada bro… Tp kenapa bisa lewat artik,, sedang klo lewat antartika navogasinya gk berfungsi menurut agan…? So confirm it…

        Maaf klo salah2 pendapat

  64. Assalamualaikum mas,
    Maaf mas, sya mau tanya,bgaimana dengan video penjelasan tentang benua antartika? Dan rute penerbangan yg lbh masuk akal apa bila bumi datar dibndingkan bumi bulat,dan apa yg disembunyikan oleh negara2 tntang benua antartika sehingga da larangan untuk melewati bnua tsb,mohon penjelasan nya krna sya sebgai org awan jd bingung mw percaya yg mna hehe trima kasih telah mmbuat blog yg bermanfaat

    1. Akan saya jelaskan di part5 mengenai jalur penerbangan dan peta bumi datar.

      Untuk larangan melewati benua antartika(jika memang ada larangan) mungkin tidak bs saya jawab/dan saya tidak tertarik mencari tahu. Tapi yang pasti untuk melalui Antartika dengan pesawat itu tidak mungkin karena medan magnet yang kuat di Antartika akan merusak sistem navigasi pesawat.

      1. Pusat medan magnet utara kali bro,, semakin jauh semakin ilang harusnya… Gimana sih,, wkwkwk… Just teori,, kalau medan magnet 2 tarik2 an kali… Wkkkk

      2. Waduh, ada yg sampe bahas medan magnet kutub cm 1 nih, tolong saya dijelasin dong kok magnet cm 1 kutub, soalnya semua magnet alam maupun sintetis itu setau saya cm magnet 2 kutub, mau seperti apapun bentuknya, mau batang, tapal kuda, koin?. Trus kalo cm 1 kutub gmn cara pembuktian medan magnetiknya?

      3. apakah memang benΓ r adanya larangan terbang di antartika? sejauh yg saya baca ga ada larangan untuk terbang disana. ingat vroh kutub selatan di wikipedia merupakan the coldest, driest, dsb suhu disana bs sgt ekstrem smpe -60 derajat C dan suhu tsb dpt membekukan bahan bakar mesin pesawat. ada pesawat yg rute kesana tp tergantung oleh cuaca, baca polar route di wikipedia. lalu antartika di tnd tangani oleh 53 anggota sbg tanda perjanjian antartica treaty. di sana trdpt jg populasi sbnyk 3000 – 5000 orang untuk penelitian dan bnyk jg orang yg sudah berekreasi disana, baca antartica treaty di wikipedia. ga disebutin larangan untuk terbang di antartica treaty, ada.a larangan untuk bahan uji coba nuklir dll krn antartica di setujui sbg tmpt penelitian dan kepentingan lain.a.

      4. Kenapa anda bilang medan magnet di selatan sangat kuat sehingga tidak bisa dilewati??
        Kslau bumi bulat, harusnya sama2 kuat, di utara maupun selatan.

  65. Saya yg ngga ngerti betul tentang sains jd mumet. Haha. Udah baca dr seri 1. Mumet tapi saya tertarik utk baca. Tt percaya bumi bulat krn dr sekolah bertahun2 dijejali itu. Seandainya diminta percaya bumi itu flat, trus penasaran, gimana yg tinggal di ujung bumi, ibarat tinggal di pinggir jurang dong. Bumi ada pagernya dong biar manusia yg ada di sana ngga jatuh. πŸ˜€

    Anyway, aku nunggu seri ke 3 dan lainnya. Utk tambahan ilmu krn aku punya anak yg banyak tanya πŸ™‚

    1. Iya. Pendapat bumi itu flat bukanlah pendapat bodoh, karena manusia zaman dahulu yang pintar2 juga bisa berpendapat seperti itu.

      Hanya saja itu baru bisa diterima ketika dapat dibuktikan. πŸ™‚

      Saya sendiri senang juga dengan adanya teori bumi datar ini, jadi mengecek ulang seluruh pemahaman saya tentang sains dasar. πŸ™‚

      1. Gampangnya silahkan dihitung mas, sambil digambar diatas kertas mm blok, keliling bumi itu 40.075 km, diameter 12.742 km, jadi jari2 bumi 6.371 km, terus letakan posisi p.jawa, atau yg kecil waduk jatiluhur, ada ga kelengkungannya, let's do the math, "real math"

  66. Ngomong apa Mbah? saya sampaikan sejauh pengetahuan saya, kalau logis silahkan diterima. Tak perlu lah komentar seperti "Kebenaran mutlak jika kita sandarkan dengan rasio dan empiris tidak akan tercapai".

    Saya tidak sedang berkata2 manis dan membual disini, kalau mau membual dan berkata manis silahkan ke bagian puisi di blog ini. πŸ™‚

    1. Kalau anda yakin dengan pendapat anda yang seolah olah dipaksakan dan menggiring opini pembaca untuk mengikuti pendapat anda.
      Seberapa lama anda bergelut dibidang ini? Apakah anda sudah melahkukan penelitian sendiri? Pernah menerbitkan karya ilmiah yang bersangkutan dengan topik ini dan di akui? Kalau saya lihat-lihat anda juga sama saja memaksakan dan menggiring opini.
      Keilmuan anda menurut saya juga belum kompeten untuk hal-hal yang seperti ini yang p.Hd saja pikir-pikir dalam mengeluarkan argumen. Bisa jadi tulisan anda ini malah berdampak buruk. Bijaklah jangan menyombongkan diri atas apa yang anda kehendaki. Padahal ada yang lebih mengetahui (mudah mudahan anda percaya tuhan)

      1. πŸ™‚
        Silahkan dipikirkan, jika logis silahkan diterima. Jika tidak logis silahkan disampaikan pada poin mana yang tidak logis. Sejak awal saya sampaikan seperti itu.

        Kalau mau bahas hal-hal lain saya tidak tertarik. πŸ™‚

      2. apa yg dikatakan anonim benar, pemaparannya masih sangat kurang bijak.
        tersirat jelas kesombongan dan arogansinya yg tak jauh beda dari cara pemaparan para flat-earther.

        saya bukan pro atau kontra, saya juga tidak mau berargumen membahas teori yg ada, karena ini (ipa) bukan bidang saya (ips).saya tidak perduli bumi itu datar atau bulat, saya kemari hanya sekedar untuk membaca saja.
        saya memang tidak mengerti sebagian besar materi anda, tp terlihat jelas jika pemaparan anda sangat arogan dan tidak memiliki kebijaksanaan dalam penulisannya.

      3. Saya rasa lebih tersirat kesombongannya pemaparan di video flat earth 101 ,, dengan memakai animasi tertawa dan kata fake, hoax apakah itu tidak sombong..,, apalagi mengeclaim gravitasi itu tdak ada?? Wtf

      4. Saya rasa lebih sombong di video flat eart 101 ,, cobak cek lagi yah,, apa itu dengan animasi tertawa,, kata fak* , hoak
        Bilang nasa holywood,,
        Satu lg dengan men claim bahwa gravitasi tidak ada ,, ..
        Gimna??

      5. Saya rasa lebih tersirat kesombongannya pemaparan di video flat earth 101 ,, dengan memakai animasi tertawa dan kata fake, hoax apakah itu tidak sombong..,, apalagi mengeclaim gravitasi itu tdak ada?? Wtf

  67. Menurut saya yang dijelaskan anda diatas juga sumbyektifitas anda sendiri. Membuat kesimpulan yang dipaksakan agar sesuai dengan apa yang anda inginkan. Sehingga sama saja menggiring opini. Kebenaran mutlak jika kita sandarkan dengan rasio dan empiris tidak akan tercapai. Bijaklah terhadap ilmu

    1. Siklus saros di pake NASA dan karena NASA Tau Bahwa Posisi Matahari Dan Bulan Tidak Sejauh Yg Manusia Tau jadi bisa Dapat Menentukan Lokasi Titik Gerhana itu
      Mengapa NASA masih Menggunakan Metode Siklus Saros klo NASA punya itung2an Versi NASA sendiri,Hal Yg di Awal NASA telah 'Berbohong' maka Selamanya NASA akan jadi 'PEMBOHONG' πŸ™‚

    2. tapi para FE juga ingin pendapatnya mendoktrin orang awam agar mendapat follower gratis :v udh ada pembuktian juga masih ngeyel :v udh lha jangan percaya NASA lagi kalian para FE. trus jangan percaya lagi pada TUHAN kalian sendiri yg sudah menetapkan hukum alam sedemikian rupanya agar manusia memahami bahwa kuasa TUHAN tiada batasnya.. INGET FE hanyalah teori belaka, sedangkan hukum alam berbeda. Manusia hanya bisa mengamati dan menikmat juga mensyukuri karunia Tuhan YME.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *