10 Contoh Senyawa Anorganik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Salah satu cabang paling penting dalam ilmu kimia ialah Kimia Anorganik. Berbicara mengenai senyawa anorganik, bukan berarti zat ini sangat berbahaya dan tak bisa kita gunakan sehari-hari. Justeru senyawa kimia anorganik sebenarnya sangat sering kita gunakan, namun kita sendiri tidak menyadarinya. Berikut ini adalah 10 contoh senyawa anorganik dalam kehidupan sehari-hari:

Kalau kalian masih belum memahami apa itu senyawa anorganik, silahkan membaca postingan mengenai perbedaan dari senyawa organik dan anorganik.

Contoh Senyawa Anorganik
Contoh Senyawa Anorganik

Baca Juga: Contoh Senyawa Organik Dalam Kehidupan

10 Contoh Senyawa Anorganik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Senyawa Anorganik pada umumnya tidak memiliki rantai karbon di dalam strukturnya, namun ini bukan berarti senyawa anorganik itu tidak ada dalam tubuh makhluk hidup. Berikut ini beberapa senyawa anorganik yang ada dalam kehidupan sehari-hari:

1. Air [ H2O ]

Air merupakan senyawa anorganik yang sangat sederhana dan kita pasti temui setiap harinya. Air merupakan salah satu senyawa anorganik yang menjadi molekul utama penyusun matriks kehidupan

2. Garam [ NaCl ]

Garam dapur merupakan senyawa anorganik yang hampir setiap harinya kita konsumsi. Setiap harinya kita membutuhkan kadar garam sekitar 500mg. Sedangkan terlalu banyak mengonsumsi garam akan menyebabkan tekanan darah yang terlalu tinggi.

3. Asam Sulfat [ H2SO4 ]

Asam Sulfat merupakan senyawa anorganik yang tidak boleh dikonsumsi dan bersifat merusak makhluk hidup. Asam sulfat sering  kita gunakan sebagai air aki untuk mobil atau motor.

4. Kalsium Karbonat [ CaCO3 ]

Kalsium Karbonat merupakan senyawa anorganik yang secara alami terdapat pada cangkang telur. Selain itu zat ini juga ada pada batu kapur, garnit rumah dan obat-obatan.

5. Natrium Hidroksida [ NaOH ]


Natrium Hidroksida merupakan senyawa anorganik berbentuk kristal padatan. Senyawa ini banyak digunakan pada detergen dan produk pembersih lainnya di rumah.

6. Silika [ SiO4 ]

Silika merupakan senyawa anorganik yang saat ini sering digunakan sebagai gel penyerap air (silica gel). Juga sering kita jumpai sebagai gel parfum.

7. Natrium Hipoklorit [ NaClO ]

Natrium Hipoklorit merupakan senyawa kimia yang paling populer digunakan sebagai agen pembersih baju (bleach/bayklin).

8. Silikon Dioksida [ SiO2 ]

Silikon dioksida sebenarnya adalah pasir yang kita temui sehari-hari. Silikon dioksida juga terdapat pada piring, perhiasan, dan beragam benda dari kaca.

9. Magnesium Hidroksida [ Mg(OH)2 ]

Magnesium Hidroksida merupakan senyawa anorganik yang bersifat basa. Senyawa ini paling umum digunakan pada obat sakit maag.

10. Boraks [ Na2B4O7.10H2O ]

Boraks merupakan senyawa anorganik yang oleh WHO dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Boraks saat ini banyak digunakan dalam produk kebersihan yang kita jumpai sehari-hari seperti cairan pembersih toilet dan lantai.

Demikianlah 10 contoh senyawa anorganik dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya masih banyak sekali contoh lainnya yang bisa kalian amati sendiri di sekitar kalian. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

One thought on “10 Contoh Senyawa Anorganik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.