4 Eksperimen Sains Sederhana Hanya Dengan Air

Posted on

Karena sudah mulai liburan semester di sekolah, jadi blog ini sepi pengunjung aku akan berbagi tentang beberapa eksperimen sains sederhana dengan bahan-bahan yang ada di lingkungan rumah. Ini bisa dijadikan aktivitas anak selama musim liburan. Jadi walaupun tidak berlibur ke luar kota, setidaknya bisa belajar sambil bermain dengan anak di rumah. Berikut ini aku tuliskan percobaan sains sederhana untuk anak:

Percobaan ini hanya akan menggunakan air sebagai bahan dasarnya. Air sendiri merupakan senyawa yang sangat penting dalam ilmu kimia dan dalam kehidupan sehari-hari. Ada lebih dari 55 sifat unik air yang telah diamati oleh ilmuwan dan beberapa diantaranya bisa secara langsung kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Eksperimen Sains Sederhana
Eksperimen Sains Sederhana

 

Penjernihan Air [anak usia 3-7 tahun]

Untuk percobaan pertama ini, aku yakin kalau semua orang dewasa sudah tahu. Tetapi kita akan coba untuk membuat step-by-step yang bisa menyusun pola berfikir anak. Jadi walaupun ini tidak terlalu menarik buat kalian yang sudah dewasa, tetapi ini bagus untuk anak kecil, bisa merangsang kemampuan berfikirnya.

Alat Bahan:

  • Air Keran
  • Sobekan kain/kertas yang keras
  • Batu kerikil (agak besar +- 1cm)
  • Pasir
  • 2 Gelas Bening /Wadah Air Bening
  • Corong
  • Kertas Saring / Saringan Teh
  • Sendok

Prosedur:

  1. Pertama-tama kalian masukkan air ke dalam gelas.
  2. Masukkan sobekan kain dan kertas. Kemudian tanyakan ke anak apa yang harus dilakukan untuk membersihkan airnya? Biarkan mereka berfikir sejenak.
  3. Kemungkinan anak akan memberikan ide untuk mengambil saja kain dan kertasnya menggunakan sendok. Ini pendekatan yang benar, sebab terkadang sampah plastik dan kertas memang harus dikumpulkan satu persatu [Saintis pun mengumpulkan sampah di lautan dengan satu persatu]
  4. Masukkan kembali kertas, sobekan kain, batu kerikil dan pasir. Kemudian tanyakan pertanyaan yang sama.
  5. Berikan jawabannya dengan melakukan penyaringan air. Taruh corong di gelas yang masih kosong, pasang kertas saring ataupun saringan teh, kemudian masukkan air melalui saringan dan corong. Persis seperti gambar:
    Penyaringan Air
  6. Diperolehlah air bersih.

Disarankan menggunakan kertas saring, karena ntuk pengguna saringan teh memang tidak akan diperoleh air yang benar-benar bening, tetapi setidaknya bisa lebih bersih.

Percobaan ini mungkin keseluruhannya hanya akan memakan waktu 15 menit. Tujuannya untuk memberikan pemahaman bahwa ada beberapa teknik yang digunakan ilmuwan untuk mendapatkan air bersih.

 

Air yang Mengembang [SD dan SMP]

Salah satu sifat air yang unik dan terus dibahas oleh saintis ialah kemampuannya menambah volume ketika dibekukan. Ini sangat unik dan jarang sekali ditemukan pada zat cair lainnya. Baiklah untuk mengamati venomena ini, silahkan siapkan:

Alat dan Bahan

  • 2 Aqua Gelas
  • Timbangan
  • Kulkas

Prosedur:

  1. Pertama-tama timbang kedua aqua gelas tersebut. Perhatikan berapa berat awal keduanya, kemudian buat tabel datanya di catatan kecil.
  2. Kemudian masukkan satu Aqua Gelas tersebut ke dalam kulkas [tanpa membuka kemasannya]. Simpan satu Aqua lainnya di tempat lain.
  3. Setelah membeku, keluarkan Aqua Gelas dari kulkas. Perhatikan perubahan pada bentuknya. Minta mereka mengamati perubahannya yang menyebutkan perbedaanya.
  4. Ya! Gelas Aqua akan menggembung, yang artinya airnya membesar. Lalu apakah ini berati jumlah airnya semakin banyak?
  5. Lakukan penimbangan Aqua yang beku. Catat berapa massa setelah membeku. Tetap sama persis kan?

Kebanyakan zat lain, volumenya akan berkurang ketika dalam bentuk padatan. Tetapi Es memiliki sifat yang sangat unik karena memiliki volume yang lebih besar daripada ketika dalam bentuk cairnya.

 

Mengambil Garam Yang Terlarut

Kalau sebelumnya kita sudah melakukan eksperimen sains sederhana yang menjelaskan tentang bagaimana memperoleh air bersih, maka kali ini ialah bagaimana mengambil garam yang tercampur dalam air.

Produksi Garam
Produksi Garam

Alat dan Bahan;

  • Air Garam
  • Spatula / Stik kayu
  • Batu Kerikil
  • Corong
  • Kertas Saring
  • Gelas
  • Pan untuk masak.

Prosedur:

  1. Pertama campurkan air dengan garam, dengan jumlah garam yang sangat banyak. Tetapi usahakan untuk semuanya terlarut (tidak ada yang mengendap). Kemudian suruh anak mencicipi air garam tersebut.
  2. Campurkan batu kerikil ke dalam campuran. Tanyakan ke anak, bagaimana mengambil garam dari larutan campuran tersebut. Minta mereka menuliskan langkah-langkahnya.
  3. Kemudian mulai langkah pemisahan dengan penyaringan menggunakan corong dan kertas saring. Batu kerikil akan terpisahkan dari larutan garam.
  4. Kemudian panaskan panci menggunakan kompor dengan nyala api paling kecil.
  5. Larutan garam dimasukkan ke panci. Diaduk perlahan hingga air mengering.
  6. Akan diperoleh garam putih yang kita inginkan.

Berhati-hatilah ketika memanaskan panci bersama anak-anak. Ketika akan memulai percobaan, sebaiknya kalian siapkan air garam tanpa diketahui anak-anak. Ini akan memberikan kesan magic dan keren karena bisa menghasilkan garam dari air(yang bening).

 

Destilasi Air Garam

Salah satu teknik pemisahan kimia yang bisa dipelajari anak-anak dalam eksperimen sains sederhana ialah proses destilasi air garam. Proses ini terbilang sederhana dan bahannya ada di dapur. Ide utama percobaan ini ialah menghasilkan air bersih dari air garam/air laut.

Alat dan Bahan:

  • Air Garam
  • Panci berukuran besar
  • Panci berukuran lebih kecil
  • Kain
  • Pemberat (bisa dari batu yang bersih)

Prosedur:

  1. Letakkan panci kecil di bagian tengah panci besar. Kemudian letakkan panci besar di atas kompor.
  2. Isi panci besar dengan air garam . Kemudian lapisi panci besar dengan kain (tahan panas). Rangkai seperti pada skema di bawah ini:
    Skema Destilasi air garam sederhana
  3. Lakukan pemanasan dengan api kecil.

Mekanisme yang terjadi ialah air garam yang dipanaskan akan terpisah menjadi uap air dan padatan gram. Kemudian uap air akan ditangkap oleh kain dan dialirkan ke bagian tengah panci kecil sehingga diperoleh tetes-tetes air murni.

Yap 4 eksperimen sains sederhana berbahan air ini merupakan seri awal aku menuliskan percobaan dan aktivitas anak yang menarik. Berikutnya aku akan lebih banyak menulis tentang ini. So stay tunes!

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

One thought on “4 Eksperimen Sains Sederhana Hanya Dengan Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.