5 Bukti Cewek Tidak Tahu Apa-Apa Tentang Kosmetik!

Posted on

Belakangan ini semakin marak sekali penjualan kosmetik online, bukan hanya di platform-platform online market tetapi juga memenuhi dinding Facebook dan Instagram. Karena itu aku tuliskan 5 alasan cewek tidak tahu apa-apa tentang kosmetik.

Sebenarnya tidak masalah jika kalian, para wanita ingin menggunakan kosmetik. Itu sepenuhnya hak kalian. Tapi melihat belakangan ini promosi produk kecantikan ini begitu ‘liar’, aku tuliskan beberapa hal yang menjadi kekhawatiranku:

Kosmetik Cewek berbahaya
Kosmetik Cewek

5 Bukti Cewek Tidak Tahu Kosmetik

Melihat bagaimana maraknya iklan kosmetik di dinding FB, Instagram dan bahkan di video Youtube, maka aku simpulkan inilah 5 bukti bahwa para wanita tidak tahu tentang kosmetik:

1. Tidak Perduli BPOM

Sepertinya untuk urusan ini, bukan hanya cewek, tetapi masyarakat Indonesia pada umumnya tidak terbiasa untuk mengecek sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)

Pada tahun 2015 BPOM merilis 67 kosmetik berbahaya, dan saat itu banyak sekali yang mengaku pengguna salah satu dari kosmetik tersebut.

Artinya para pengguna sama sekali tidak memperhatikan label sertifikasi BPOM untuk produk kecantikan yang mereka gunakan. Padahal kosmetik menggunakan bahan kimia yang berinteraksi langsung dengan kulit wajah, seharusnya ini menjadi perhatian serius.

2. Nggak Tahu Zat Pewarna

Banyak cewek yang menggunakan lipstik dengan warna-warna cerah dan menyala. Tetapi sejatinya mereka nggak tahu dari mana asal warna tersebut.

Hampir semua warna-warna terang berasal dari logam kompleks. Jika kalian melihat senyawa pigmen pewarna pada cat tembok, pewarna pakaian dan cat lukis maka pasti akan menemukan kandungan logam kompleks di dalamnya. Alasannya karena mayoritas logam kompleks memberikan warna yang kuat.

Namun kebanyakan dari logam kompleks ini berbahaya dan beracun. Jadi pada dasarnya kosmetik itu memang sama sekali tidak alami. Dari bahan berbahaya dan beracun inilah perusahaan kosmetik mencoba membuat warna-warni yang tidak terlalu beracun.

Karena ini perusahaan maka persaingan antara dana penelitian hingga sebuah pewarna dinyatakan benar-benar aman, akan berbanding terbalik dengan keuntungan yang dihasilkan. Oleh karenanya walaupun mereka berusaha membuatnya aman, tetapi tetap lebih mengejar profit untuk merelease produk.

Secara umum jika kosmetik berasal dari bahan alami, maka warna yang akan terbentuk biasanya pucat. Lihat saja, kuning pada ekstrak kunyit, merah pacar air, dan bunga sepatu. Bandingkan bedanya dengan warna-warna lipstik yang beredar di pasaran.

Baca Juga: Bahan Kimia Berbahaya pada Kosmetik Menurut BPOM

3. Termakan Iklan yang Liar

Kalau kalian memperhatikan belakangan ini, semakin banyak iklan kosmetik di sosial media. Perhatikan saja isi iklannya!

Apakah ada yang memberikan informasi sertifikasi BPOM-nya dahulu? Setelah itu apa bahan aktif kosmetiknya? Apakah aman standard EPA?

Kebanyakan cewek membeli kosmetik karena melihat di artis di TV, melihat gambar di IG, ataupun iklan di FB. Terobsesi dengan kemunculan cewek lain yang dandan menor dan terlihat beda.

Perusahaan kosmetik mengabiskan berjuta-juta dana untuk promosi produknya, mereka menyewa artis, membayar TV dan memasang iklannya di internet.

Iklan kosmetik di sosial media, rata-rata mengedepankan pilihan warna ataupun hasil make-up yang bisa dicapai. Padahal kalian tahu sendiri khan warna-warna yang cerah itu berasal dari apa?

4. Tanpa Panduan Professional

Cewek menggunakan make-up tanpa panduan professional. Padahal kulit manusia itu sensitif dan punya karakter yang bermacam-macam.


Kalau ingin mengkonsumsi obat, maka kita butuh resep dari dokter. Bahkan obat kulit oles sekalipun.

Lalu apakah ketika menggunakan kosmetik cewek-cewek sudah meminta saran dokter kulit ataupun ahli make-up?

Mayoritas cewek berganti produk ketika mengalami iritasi langsung(gatal perih, bengkak, dll), namun bagaimana kalau bahannya karsinogenik, ataupun berbahaya dalam jangka panjang. Apa udah tahu?

Di Jepang hampir semua toko yang menjual kosmetik wajah pasti memiliki ahli make-up. Mereka professional yang siap membantu dalam hal memilih dan menentukan kosmetik yang akan digunakan.

5. Menggunakan Make-up Untuk Siapa?

Cowok bahkan nggak bisa membedakan kalau kalian ganti warna lipstik, foundation, ataupun parfum sekalipun.

Bahwasannya cowok senang melihat cewek itu cantik, emang bener. Tapi bukan berarti kalian para wanita harus menggunakan kosmetik. Coba deh pikir lagi, apa benar kalian menggunakan make-up untuk cowok?

Melihat bibir yang merah bak habis menghisap darah itu cowok sebenarnya ngeri. Tapi karena lebih menakutkan lagi kalau berkomentar, maka pada diem aja.

Kalian tau apa? Omong kosong kalau wanita bermake-up buat cowok!

Wanita menggunakan kosmetik itu untuk wanita lain!

Mau buktinya?

Tuliskan di komentar kalau kalian pernah membahas perkara kosmetik ini dengan cowok dan mereka menanggapinya lebih dari dua kata. Oke paling banter tiga kata “iya, bagus kok”.

Atau mungkin kalian pernah membahasnya dalam diskusi panjang? Paling banter dibandingkan harganya yang paling murah. Pernah bersama membandingkan warna dan kualitas satu brand kosmetik dengan kosmetik lain?

No! Nggak ada cowok normal yang perduli kosmetik!

Tapi kalian pamerkan, ceritakan, dan bahas itu dengan cewek lain kan? Teman kalian sendiri.

Kalian bahas ketika hangout bareng, kalian review di toilet sambil ngaca, kalian umumkan betapa murah/mahal harganya.

Well.. Kalaupun ada cowok yang menuntut cewek untuk menggunakan kosmetik, kalian bisa gunakan dalih bahwa asal kosmetik itu sendiri dari logam berat yang beracun. 🙂

Aku akhiri, pada dasarnya postingan ini bertujuan agar para wanita lebih memperhatikan lagi kesehatan dibandingkan warna warni wajahnya. Pun bagi para pedagang kosmetik ataupun tukang endorse kosmetik, biasakan mendidik pembeli kalian dengan memberikan informasi kesehatannya terlebih dahulu dibandingkan dengan warna-warni polesan yang bisa dibuat.

Thanks for reading!

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

10 thoughts on “5 Bukti Cewek Tidak Tahu Apa-Apa Tentang Kosmetik!

  1. Alhamdulillah aku bukan make up jungkie… modal aku cuma pelembab, bedak lipstick..udah… urusan orang lain suka pa ga, bodolah.. masih banyak hal penting yg harus jadi prioritas hidup…hehehehe

  2. Setujuuuu banget :D. Kalo cewe itu dandan sbnrnya demi tidak merasa tersaingi dengan ce lain kok :p. Coba aja liat di rumah. Walo ga semua, tp banyaaak kan yg di depan suami malah dasteran, boro2 dandan :p. Giliran mau keluar, baru deh heboh hihihihi..

    Tp kalo utk urusan keamanan kosmetik aku sangat perhatian kok mas. Maap aja beli kosmetik yg blm ada bpom, itu mah ngerusak kulit sendiri :p. Mending mahal, tp udh terjamin aman lah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *