5 Eksperimen Kimia Paling Menakjubkan

Posted on

Sudah berapa lama kalian belajar kimia? Oke, cukup lama, dan selama itu, sudah berapa banyak reaksi kimia yang pernah kalian lihat? Berbagai reaksi kimia mungkin sudah pernah kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti pembakaran propana (pembakaran gas LPG), Hidrogenisasi Amilum (memasak nasi) dan berbagai reaksi yang sering terjadi di rumahmu. Ternyata selain itu beberapa reaksi kimia begitu menakjubkan. Simak penjabaran di bawah ini:

Percobaan Kimia Paling Unik

Asal kalian tahu, reaksi kimia itu nggak membosankan seperti itu saja, tetapi lebih dari itu, ada banyak sekali reaksi kimia yang bahkan belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Ada reaksi pembakaran yang justeru membentuk suatu materi (padatan) ada reaksi cairan yang langsung membentuk ledakan dan padatan sekaligus.

Apa saja dan bagaimanakah reaksi-reaksi kimia yang menakjubkan itu? yuk lihat di bawah ini:

1. Melelehkan Logam dengan Magnet

melelehkan magnet
melelehkan magnet

Percobaan ini menggunakan kumparan tembaga yang dialiri arus listrik AC, Arus listrik ini menyebabkan kumparan bersifat seperti elektromaget yang sangat kuat. Logam yang diletakkan ditengah kumparan ini menyebabkan aliran listrik di kumparan terhambat, aliran listrik yang terhambat ini berubah menjadi panas, tetapi panasnya hanya terfokus pada logam di bagian tengah saja, sehingga logam berubah menjadi warna putih dan meleleh.

Baca Juga: Eksperiment Kimia Sederhana Berbahan Air

2.Pembakaran Merkuri TioSianat

pembakaran tiosianat
pembakaran tiosianat

Reaksi ini merupakan reaksi yang terjadi ketika garam anorganik Merkuri Tiosianat dibakar. Garam ini bersifat stabil pada temperatur ruang berwarna putih atau abu-abu. Ketika dibakar, garam ini menghasilkan reaksi yang unik (atau menakutkan?) yang dahulu sering disebut sebagai Paraoh’s Serpent.  Reaksi ini sangat menarik perhatian sehingga sering digunakan untuk pamera sains, tetapi penggunaannya harus ekstra hati-hati karena reaksi ini menghasilkan gas beracun.

Baca Juga: Percobaan Sains Sederhana untuk Aktivitas Anak

3. Hidrogen Peroksida yang Dikatalisis Kalium Iodida.


reaksi kimia yang unik
Reaksi ini merupakan reaksi dekomposisi dari Hidrogen Peroksida yang sangat cepat karena dikatalisis oleh Kalium Iodida. Eksperimen ini sering dilakukan dalam pameran sains karena hanya memerlukan sedikit bahan baku, dan menghasilkan reaksi seperti erupsi gunung berapi yang dahsyat.

4. Polimerisasi p Nitro Anilin

reaksi kimia unik
Polimerisasi dari p Nitro Anilin Secara Spontan akan menghasilkan reaksi kimia berupa ledakan (explosive) yang dibarengi dengan terbentuknya polimer. Reaksi ini sangat unik kan?

Baca Juga: Percobaan Sederhana yang Asyik

5. Reaksi Natrium Polyakrilat dengan Air

reaksi kimia paling unik

Senyawa Natrium Poliakrilate ini bersifat Higroskopis yaitu mampu menyerap air. Karena sifatnya ini, Natrium Polikrilate digunakan sebagai popok bayi.Natrium polyakrilate memiliki sifat seperti spons yang dapat menyerap air. Ketika Natrium poliakrilate direaksikan dengan air akan menghasilkan padatan gel.

Bagaimana? Asik kan praktikum dan percobaan kimia? Bayangkan aja kalau kalian bisa melakukan semuanya di Laboraturium kimia, pasti menyenangkan. Reputasi pelajaran kimia yang horor itu bakalan berubah menjadi pelajaran yang menyenangkan dan membuat penasaran. Karena masih banyak sekali praktikum kimia yang menakjubkan di luar sana.

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

One thought on “5 Eksperimen Kimia Paling Menakjubkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.