5 Kebiasaan Baru yang Harus Kamu Mulai untuk Sukses di 2018

Posted on

Sekarang sudah 14 hari kita hidup di tahun 2018, lalu apa bagaimana kabar resolusi tahun ini? Apa kalian sempat menuliskannya? Atau sudah ada yang berhasil mencapainya? Resolusi biasanya bukan hanya dalam bentuk prestasi yang wah! terkadang bisa saja hanya berupa harapan untuk memulai kebiasaan baru. Oleh karena itu aku sarankan untuk mulai melakukan 5 Kebiasaan Baru yang Harus Kamu Mulai untuk Sukses di 2018.

Motivation is what get you started. Habit is what keeps you going ~ Jim Ryun 

5 Kebiasaan Baru yang Harus Kamu Mulai

Kebiasaan Baru yang Harus Kamu Mulai

Aktivitas baru ini mungkin saja sudah kamu lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Kalau seperti itu maka di 2018 ini kamu bisa melanjutkan atau meningkatkan intensitasnya:

1. Masak Makananmu Sendiri

Apa kalian sudah sarapan pagi ini? Apa saja bahannya? Seberapa banyak minyak yang digunakan?.

Tidak banyak orang yang benar-benar tahu apa yang dia makan. Padahal makanan yang sehat merupakan salah satu penunjang penting dalam kesuksesanmu.

You are what you eat.

Memahami proses bagaimana makanan hingga dihidangkan di meja merupakan sesuatu yang sangat penting  agar memahami makanan sehat dan tidak.

Jika kamu pikir masak sendiri itu ribet banget, mungkin itu karena persepsimu tentang memasak saja yang rumit.

Cek resep salad yang mudah, atau kalau ingin membuat yang “nasionalis” silahkan buat pecel, yang harus kalian lakukan hanyalah memotong dan merebus sayuran. Mudah bukan?

Untuk urusan protein hewaninya, cobalah belajar bagaimana mengolah daging, ayam dan ikan tanpa menggorengnya. Di panggang (grill) ialah favoritku.

Kemampuan untuk mengurus diri sendiri ialah hal dasar yang pasti dimiliki oleh orang-orang sukses.

2. Berolah Raga

Adakah dari kalian yang sudah punya jadwal olah raga rutin? Beberapa orang mungkin sudah rutin bermain futsal setiap minggunya, bermain tenis ataupun badminton.

Namun masih banyak orang yang tak pernah melakukan olah raga semacam itu, karena tidak ada teman ataupun sulitnya menyewa lapangan.

Pengalamanku saat kuliah dulu juga seperti itu, sulit sekali untuk melakukan olah raga rutin mingguan karena tidak adannya lapangan ataupun jadwalnya tidak cocok dengan teman.


Tapi sebenarnya jogging, bersepedah, jalan kaki mengelilingi komplek juga merupakan olah raga.

Biasanya, kita sebagai anak muda masih memiliki pemikiran bahwa olah raga itu harus berupa bermain bola, raket ataupun di lapangan. Ini karena kita hanya ingin bersenang-senang.

Sudah saatnya mengganti pemikiran ini, olah raga bisa saja menyenangkan, tetapi point penting dari olah raga ialah merefresh pikiran dan menyehatkan badan.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat

Mulailah berolah raga secara rutin. Tak harus bersama teman, tak juga harus di lapangan. Cukup ambil sepatumu dan berlarilah keliling kompleks. Jangan lupa untuk menyapa orang-orang yang di jalan. 🙂

3. Membaca Buku

Tidak perlu lagi aku jabarkan apa saja manfaat dari membaca buku. Ini sudah ditegaskan oleh gurumu di sekolah, dosenmu di kampus, dan semua motivator pendidikan.

Hampir semua orang sukses memiliki kebiasaan membaca buku.

Karenanya, jika belum menjadi kebiasaanmu, maka mulailah. Membaca buku memperkaya pikiranmu dan membuatmu bisa melihat berbagai sudut pandang.

Oleh karena itu, mulai di 2018 ini, sisihkan uang jajanmu untuk membeli buku dan sempatkan waktumu untuk membaca buku.

4. Belajar Teknologi Baru

Salah satu hal yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia saat ini ialah IT. Hampir setiap harinya kita berinteraksi dengan IT.

Oleh karena itu pelajarilah hal-hal baru di dunia IT yang penting dan menarik.

Di 2003, membuat dokumen M. Word di kalngan pendidik ialah skill khusus yang tidak dimiliki oleh semua guru. Namun sekarang, semua guru mengerti setidaknya Word, Excel dan PPT.

Karena teknologi memang mempermudah kehidupan kita. Bahkan mungkin di masa yang akan datang, akan aneh sekali melihat orang tak mengerti editing gambar, video maupun cara membuat blog.

5. Menggali Informasi Lebih Dalam

Banyak sekali orang di sosial media yang hidup di era informasi, tapi buta informasi. Artinya mereka setiap harinya membaca hal baru, tetapi tak mampu mencerna dan melihat kebenaran di balik informasi tersebut.
Hampir setiap harinya aku menjumpai HOAX di dunia maya, dan yang menyebarkannya bukanlah orang-orang yang bodoh, hampir semuanya merupakan lulusan perguruan tinggi.
Alasannya sederhana, mereka tak mau menghabiskan waktunya untuk menggali informasi lebih dalam. 
Akibatnya bukan hanya membuat dirinya terlihat bodoh, namun juga menyesatkan lebih banyak orang (penyesatan berantai). 
Padahal kalau ingin melihat perbedaan antara kalangan terdidik dengan yang bukan ialah dari kebiasaanya untuk menggali informasi lebih dalam.
Biasakanlah menggali informasi lebih dalam baik itu dalam bidang akademis maupun hal-hal lainnya.
Habiskan waktu kalian menggali informasi sebelum mengungkapkannya. 
Edukasi dirimu untuk hal-hal yang menurutmu menarik dengan mendengarkan kuliah singkat di TED, MIT ataupun kursus keren lainnya. Ini adalah bentuk dari menggali informasi lebih dalam dari sumber yang terpercaya ataupun teruji. 

Nurturing a good habit is the key to gain a fruitful life.  ~ Huda 

Bagaimana pendapatmu? Apakah kalian juga memiliki rekomendasi kebiasaan lain harus dilakukan di 2018?

Let’s share!
Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.