manfaat air oksigen
Air beroksigen serta manfaatnya

Air Oksigen: Benarkah Bermanfaat?

Posted on

Setiap ibu di rumah ingin nutrisi terbaik untuk keluarga, termasuk bersedia membeli air yang mahal. Tetapi apakah air oksigen dengan harga mahal itu bermanfaat bagi kesehatan?

Salah satu produk yang marak dijual akhir-akhir ini ialah air minum dengan harga yang fantastis. Sebelumnya, aku sudah membahas mengenai: Apakah bioglass bohong?, Fenomena air hexagonal, dan Manfaat Air Alkali. Melengkapi tiga artikel tersebut, kali ini aku akan mengulas tentang Air Oksigen.

Apa itu air oksigen?

Air oksigen adalah air yang kandungan gas oksigen terlarut di dalamnya ditingkatkan melebihi kadar oksigen pada air alami. Penambahan oksigen terlarut ini diyakini dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Pada temperatur dan tekanan normal, jumlah oksigen terlarut di dalam air ialah $8$ mg/liter. Di dalam air beroksigen, jumlah kandungan oksigennya ditingkatkan mencapai $40$ mg/liter.

Kelarutan gas oksigen ini sangat-sangat kecil jika dibandingkan dengan gas karbondioksida pada minuman bersoda yang mencapai $4$g/L. Jadi pada dasarnya kelarutan oksigen dalam air lebih rendah setidaknya $100$ kali lipat dibandingkan kandungan CO2 pada minuman bersoda.

Fakta kelarutan oksigen yang minim ini, artinya sangat sulit untuk menambahkan oksigen ke dalam air, diperlukan teknik manipulasi sifat kimia yang maju. Ini juga berarti ketika di dalam botol minuman, gas oksigen dapat dengan mudah lepas dari air dan menguap ke udara.

Apakah air mineral mengandung oksigen?

Iya, dalam jumlah yang sangat kecil. Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, kelarutan gas oksigen di dalam air ialah $8$mg/L. Artinya dalam satu liter air ada $8$mg gas oksigen di dalamnya.

Jumlah ini juga yang terdapat di dalam air secara alami. Faktanya ialah peningkatan dari air alami menjadi air oksigen, tidak terlalu signifikan jika dilihat secara makro/umum. Perubahan dari $8$mg/L menjadi $40$mg/L terlihat besar, tetapi jika ditinjau kembali, ini tetap saja hanya di level miligram per liter, sangat-sangat kecil.

Apa manfaat air oxy?

Di dalam klaim-klaim yang digunakan oleh penjual air oxy atau air oksigen, diyakini bahwa air oxy memiliki manfaat sebagai berikut​1​:

  • Meningkatkan fungsi sistem pencernaan
  • Memperbaiki stamina
  • Membuat wajah dan kulit tubuh tampak awet muda
  • Membantu menurunan berat badan
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Membantu pemecahan asam laktat yang efeknya dapat meminimalisir cedera otot
  • Menurunkan risiko kanker
  • Mendorong proses pembentukan energi
  • Menjaga kekebalan tubuh

Apakah klaim-klaim manfaat tersebut benar adanya?

Air Oksigen Bohong


Dari sisi ilmu kimia, air oksigen yang dijual dengan harga fantastis itu, sebenarnya hanya mengandung oksigen sedikit lebih banyak dari air biasanya. Kalaupun di klaim bahwa kandungan oksigennya sangat banyak, itu tidak mungkin karena kelarutan gas oksigen di air sangatlah kecil​2​.

Dalam perspektif ilmu biologi, air yang masuk ke dalam tubuh akan masuk ke lambung dalam sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia tidak dirancang untuk menyerap gas oksigen terlarut di air. Sehingga gas oksigen yang jumlahnya sangat kecil itu tidak dicerna dan diserap masuk ke darah.

Lagipula, semua nutrisi yang masuk ke tubuh akan ditransportasikan oleh darah ke seluruh tubuh. Nah… Jika kita perlu gas oksigen di darah, tidak perlu meminum air beroksigen, cukup bernafas saja maka jauh lebih banyak gas oksigen yang bisa diserap darah.

Keberadaan gas oksigen di udara pada umumnya mencapai $21\%$ dari udara, artinya jika dibadingkan kelarutan gas oksigen di air yang sangat minim, menyerap oksigen dari udara jauh lebih efektif. Lagipula paru-paru dengan bronkiolusnya memang didesain untuk menyerap oksigen di udara ini.

Jadi sebenarnya, air oksigen tidak berdampak signifikan bagi kesehatan, kecuali manusia memiliki insang, yang bisa menyerap banyak oksigen dari air.

Dalam perspektif ilmu kesehatan, sebuah studi melaporkan bahwa konsumsi air beroksigen tidak ada pengaruhnya sama sekali dalam performa atlit​3,4​.

Pada umumnya, tidak ada penyakit yang disebabkan oleh kekurangan oksigen terlarut dalam air. Penyebab sakit dan masalah kesehatan di Indonesia bukanlah kekurangan oksigen, mungkin kekurangan nutrisi atau minuman yang tidak steril, tetapi pasti bukan karena kekurangan oksigen​5​.

Lagipula, kita tidak pernah membutuhkan oksigen lebih banyak, sebab tubuh kita secara otomatis akan bernafas lebih banyak ketika membutuhkan oksigen. Buktinya, ketika berolah raga dimana banyak energi diproduksi dengan oksigen, kita akan bernafas lebih cepat.

Jadi berdasarkan berbagai kajian dalam bidang studi ilmiah​2–5​, manfaat air oksigen ialah tidak benar. Sayangnya, dengan segudang manfaat yang ditawarkan oleh air beroksigen tersebut, semuanya bohong belaka.

Sumber Pustaka

  1. (1)
    Indonesia, G. “Oxygenated Water” Kaya Manfaat untuk Tubuh, Mitos atau Fakta? https://www.kompasiana.com/newgodokindonesia/58eaf44eef92734d5315add0/oxygenated-water-kaya-manfaat-untuk-tubuh-mitos-atau-fakta (accessed Feb 7, 2020).
  2. (2)
    Lower, S. Oxygenated water nonsense http://www.chem1.com/CQ/oxyscams.html (accessed Feb 7, 2020).
  3. (3)
    Piantadosi, C. A. “Oxygenated” Water and Athletic Performance * COMMENTARY. British Journal of Sports Medicine 2006, 740–741. https://doi.org/10.1136/bjsm.2006.028936.
  4. (4)
    Willmert, N.; Porcari, J.; Foster, C.; Doberstein, S.; Brice, G. The Effects of Oxygenated Water on Exercise Physiology during Incremental Exercise and Recovery. JEPonline 2002, 5, 16–21. https://doi.org/ISSN 1097-9751.
  5. (5)
    Barrett, S. More Oxygen Hype: The Millenium Cooler https://www.quackwatch.org/01QuackeryRelatedTopics/PhonyAds/oxygencooler.html (accessed Feb 8, 2020).
Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.