Uji bioglass betadine
Uji bioglass betadine

Apa Uji Betadine Bioglass Bohong?

Posted on

Salah satu dari sekian banyak video pembuktian bahwa bioglass memiliki keajaiban luar biasa ialah kemampuannya dalam menjernihkan larutan betadine yang ditaruh di air. Pengujian ini saya tidak tahu maksudnya tetapi sepertinya banyak orang awam yang terkagum-kagum. Pertanyaannya ialah apakah uji betadine bioglass bohong? Simak penjelaanku di bawah ini:

Setelah menuliskan artikel tentang “Apakah bioglass bohong?”, ada banyak sekali yang datang ke blogku. Terutama dua kalangan, yang pertama ialah yang penasaran sebelum membeli bioglass, dan yang kedua ialah yang berjualan bioglass.

Yap! Penjual bioglass tentu saja datang untuk memberikan perlawanan atas artikelku. Sebab kalau orang nggak percaya bioglass, pendapatan mereka bisa berkurang. Apalagi kalau artikel berjudul “Apakah bioglass bohong” itu viral, bisa-bisa rencana liburan mereka gagal total.

Uji Bioglass

Nah… Dari berbagai komentar yang datang ke blog ini, ada banyak sekali uji bioglass yang disodorkan ke saya. Ada yang kasih air bioglass ke sayuran, kemudian jadi segar. Ada yang masukkan ikan lemas ke air kemudian dicelupin bioglass dan ikannya jadi bisa berenang kembali. Dan salah satu uji yang diklaim sebagai kebenaran keampuhan bioglass, yakni uji betadine bioglass. Lalu apakah ini benar membuktikan manfaat bioglass?

Dari uji sayuran dan ikan, aku langsung tanyakan pertanyaan paling mendasar. Sayuran dikasih air jadi segar, ikan dimasukkan ke air jadi bisa berenang kembali. Terus apanya yang wah? Dari zaman SD juga saya udah tahu kalau sayuran dikasih air bakalan jadi segar. Ikan lemas dimasukin ke air bersih juga jadi fit kembali. Nggak ada hubungannya sama bioglass.

Kemudian selanjutnya ialah uji betadine bioglass. Ada banyak sekali jenis uji betadine yang pernah dipraktekkan orang, seperti uji betadine pada beras, uji betadine pada makanan, semuanya terasa seru karena terjadi perubahan warna, namun kebanyakan orang gagal memahami proses kimia di dalamnya.

Apakah Uji Betadine Bioglass Bohong?

Kalian bisa cek di YT tentang uji betadine bioglass ini. Tetapi aku lihat belum satupun situs yang membahasnya. Maka akan aku jelaskan secara kimiawi.

Di dalam video diperlihatkan betadine diteteskan ke dalam segelas air, kemudian dilewatkan ke bioglass dan ditampung di gelas kedua. Hasilnya warna larutan betadine akan menjadi pudar.

Kemudian di bagian penjelasannya, disebutkan bahwa pH airnya berubah sehingga betadine teroksidasi dan hilang. Sebuah penjelasan yang seolah-olah benar. Ketika mendengarnya saya tertawa ringan.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Pernah dengar kan kalau di dalam betadine ada bahan aktif berupa ion iodine? Yang memberikan warna pada betadine ialah senyawa kimia ion iodine.


Nah… salah satu sifat menarik dari ion iodine ialah dia dapat bereaksi dengan cahaya. Artinya iodine dapat berubah secara kimiawi ketika terkena cahaya.

Ketika terkena cahaya, ion iodine yang terkandung di dalam betadine berubah menjadi iodine. Perbedaan antara ion iodine dengan iodine ialah hilangnya muatan negatif ketika bereaksi pada foton(cahaya). Perubahan bentuk dari ion iodine menjadi iodine ini menghasilkan perubahan warna dari cokelat ke kuning muda/ kuning pudar.

Jadi ketika betadine diteteskan ke segelas air, kemudian dikenakan cahaya dan diaduk, akan terjadi proses dekomposisi ion iodine menjadi iodine yang menghasilkan warna kuning pudar.

Artinya tidak ada pengharuhnya apakah digunakan bioglass atau tidak.

Eksperiment untuk membantah uji iodine bioglass

Mudah saja. Lakukan hal yang sama di rumah. Teteskan betadine ke segelas air. Kemudian larutan campuran air-betadine dituangkan ke gelas kedua, lalu kembali tuangkan ke gelas pertama. Ulangi penuangan larutan ini antara gelas pertama dan kedua.

Voila! Warna cairan betadine telah berubah warna tanpa menggunakan bioglass! Menakjubkan bukan? Luar biasa bukan? Yap! Chemistry is awesome!

Karena ion iodine dapat bereaksi dengan cahaya, maka perusahaan betadine menggunakan botol yang gelap untuk menyimpan cairan betadine. Hal ini meminimalisir dekomposisi pada ion iodine.

Kesimpulannya: Sama seperti percobaan sayur dan ikan. Betadine ditetes ke air, dikocok/ dipindahkan berulang diantara dua gelas, kemudian larutan betadine-air menjadi berwarna lebih pudar. Terus kenapa? Emang gitu kok! Pake bioglass ataupun enggak ya emang ion iodine bakalan terdekomposisi menjadi iodine yang berwarna kuning pudar karena terkena cahaya.

Yap itulah pembahasan sederhana tentang pertanyaan apakah uji betadine bioglass bohong?

Artikel ini termasuk di dalam proyek Ensiklopedia HOAX Nasional.

Semoga bermanfaat.

Thanks for reading!

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

8 thoughts on “Apa Uji Betadine Bioglass Bohong?

  1. sy mau nanya tentang anak yg deman terus di tempelin bioglass dan di kalungin kalung mci terus anaknya cepat sembuh dari deman, itu penjelasannya gmn ya ???

  2. terima kasih sdh menuliskan artikel ini. sy dr dulu penasaran setiap ada yg jualan alat2,baik gelang kalung,dll yg di klaim mempunyai ion positif /energi atauapapun yg katanya berdampak baik bagi kesehatan selalu menggunakan uji betadin ini. sy tidak percaya. satu hal yg mbuat sy tdk percaya adalah, kenapa mesti pakai betadin? apa cairan betadin itu sama sifatny dg hal negatif yg ditubuh kita yang mau dihilangkan dg energi/ion dr benda2 tsb, shg mudah dihilangkan begitu saja.

  3. Yang masalah ikan itu dulu saya pernah lihat di youtube.. cba aja search frozen fish.. ada banyak video yang memuat ikan beku/lemas fit kembali setelah di air..

  4. Assalamualaikum, bioglass jg diklaim menghasilkan ion negatif yg dikatakan bermanfaat bagi tubuh. Apakah saudara bsa membhas mengenai ion negatif itu? Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.