Apakah Atom Terbelah Ketika Sebuah Pisau Memotong Suatu Benda?

Posted on

Pertama-tama, ujung dari pisau yang sudah kita anggap sangat tipis dan tajam itu masih memiliki ketebalan setebal ratusan atom. Jadi anggapan bahwa ujung pisau itu sangat tajam sehingga mungkin untuk membelah atom ialah pandangan yang keliru. Apakah mungkin membelah satu atom dengan ratusan atom? Tentu saja tidak mungkin kan?

Bayangkan saja kamu menggabungkan 100 mata pisau, kemudian menebaskannya ke satu mata pisau. Mungkinkah pisaunya terbelah? Tidak bisa.

Tentu saja atom-atom hanya akan bergeser ketika pisau membelah suatu bahan. Kalau atomnya terbelah ketika menggunakan pisau, maka setiap rumah makan akan jadi laboratorium fisi nuklir yang menghasilkan energi superbesar!

Ini ilustrasinya :

Jadi, kalau memotong suatu benda berarti membelah atom, pakaian seorang koki masak tidak akan seperti ini:

Pakaian chef level: 01


Alih-alih malah akan jadi seperti ini:

Pakaian chef level: 999999999@#$%^&

Bayangkan saja dilayani oleh chef dengan penampilan seperti ini. Pasti akan sangat menyenangkan bukan? lol

Jadi atom tidak akan terbelah ketika seseorang menggunakan pisau untuk memotong suatu benda. Seberapapun tajamnya pisau tersebut.

Pertanyaan semacam ini mungkin muncul karena kita gagal mengerti/membayangkan dimensi dari satu butir atom. Ini hal yang wajar karena begitu kecilnya suatu atom. Tak bayak orang yang memahami konsep bahwa pisau yang sudah tajam itu sebenarnya kumpulan dari banyak atom bahkan mungkin kumpulan dari beberapa molekul. Bahkan permukaan pisau yang terlihat sangat rata itu, ketika dilihat secara mikron akan terlihat sangat kasar dan bergelombang. Ini karena keterbatasan indera manusia dalam melihat dimensi yang sangat kecil.

Di dalam ilmu kimia material, para ilmuwan mempelajari tentang efek dari permukaan yang kasar tersebut terhadap kekuatan suatu material dan sifat anti korosinya.

Jadi bagaimana caranya kalau mau membelah atom? Aku akan bahas pada postingan berikutnya.

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

2 thoughts on “Apakah Atom Terbelah Ketika Sebuah Pisau Memotong Suatu Benda?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.