Bioglass Bohong Atau Benar
Bioglass Bohong Atau Benar

Apakah Bioglass Bohong? Bagaimana Kebenaran Ilmiahnya?

Posted on

Ini adalah seri terakhir dari artikel mengenai penjualan air-air dengan harga bombastis. Sebelumnya, aku telah membahas mengenai Fenomena Air Hexagonal Bohong atau Benar? dan Manfaat Air Alkali adalah Menyehatkan Tubuh, Benarkah? Naah.. Sesuai janjiku, kali ini kita akan bahas mengenai Apakah Bioglass Bohong? Bagaimana Kebenaran Ilmiahnya?

Dulu ketika ada yang berjualan bioglass di laman Facebook-ku, sebenarnya aku agak penasaran, produk apaan ini? bagaimana cara kerjanya bisa membuat air menjadi begitu menyehatkan? Namun setelah mengetahui bahwa air hanya dilewatkan di atas kaca saja, rasa penasaranku hilang, tak berbekas. 

Apa itu Bioglass?

Seperti biasanya, kita harus mendefinisikannya dengan tepat, agar ulasanku nantinya tidak salah sasaran ke produk lain. 

Bioglass yang Ilmiah

Istilah bioglass sendiri di dalam dunia ilmu pengetahuan sains, muncul dalam kedokteran yaitu Bio Glass dan Bioactive Glass. Ini merujuk pada zat kimia campuran Silikon, Natrium, Kalium dan Fosfat. Zat ini dapat mengembalikan struktur tulang yang retak dan patah sehingga kembali seperti semula tak kurang apapun. 

Sebutan Bioactive diberikan karena zat ini baru bisa aktif ketika terkena cairan tubuh, setelah itu akan membentuk kristal komponen dasar tulang, sedangkan istilah Glass diberikan karena bahannya berasal dari Silikon yang merupakan bahan dasar gelas/kaca. 

Perhatikan baik-baik asal istilah di atas yak.

Bioglass di Indonesia

Aneh sekali, ketika aku menuliskan bioglass di laman pencarian Indonesia, maka yang ditemukan ialah piringan kaca semacam corong yang dijual dengan harga yang lumayan mahal. 

Pertama-tama, mari kita bahas istilahnya. Well… Kalian pasti sudah paham kan istilah Bio itu artinya berhubungan dengan makhluk hidup. Nah.. Si Piringan kaca ini, apa ada hubungannya dengan makhluk hidup? Apa pembentukan kacanya dihasilkan dari makhluk hidup? Tidak! Apakah aktif jika terkena cairan makhluk hidup? Tidak juga!

Penjelasannya justeru piring kaca ini dibuat dengan teknologi tinggi dan mengandung mineral tertentu. Kalau produksinya dan pembentukannya tidak berhubungan dengan makhluk hidup, Jadi ini tidak Bio donk?

Ups.. Tunggu dulu, setelah aku selidiki, bioglass yang wujudnya sama dengan yang dipasarkan di Indonesia itu banyak dijual di ebay. Salah satu keterangan yang paling masuk akal pada deskripsi produknya ialah Bioglass merupakan gelas yang terbuat dari bahan recycle.

Jadi kata “Bio” disitu artinya ramah terhadap makhluk hidup karena kacanya berasal dari recycled glass/ kaca daur ulang. Ini adalah penjelasan yang paling masuk akal, bahwa bioglass yang ada di Indonesia merupakan kaca hasil daur ulang yang dikemas ulang. 

Tapi apalah artinya sebuah nama, itu kalau kata pepatah lama, jadi mari kita berlanjut pada Bioglass Indonesia ini. 

Bioglass Bohong?

Berdasarkan pencarian paling populer di Google, “Bioglass MCI”, aku temukan halaman penjelasannya sebagai berikut:

Membaca penjelasan ini, sama persis seperti halaman produk-produk air hexagonal dan air alkali. Tidak karuan ngawurnya. 

Pertama-tama energi skalar positif itu tidak ada. Nah.. Frekuensi Beta Rhythm itu sebenarnya ada, itu frekuensi pada otak manusia dan besarannya hanya 12,5-30 Hz. Ketika frekuensinya lebih tinggi, seperti 30-100 Hz, disebutnya Gamma Rhythm. Jadi tidak ada itu 127 Megacycle of Beta Rhythm (MBR). 

Kalaupun, seandainya ini kita anggap benar adanya 127 MBR itu, maka jika dijadikan Hz akan sama dengan $1.27\times10^8$ itu sudah setara dengan radiasi televisi dan radio di rumah. Artinya, kalau mau membuktikan Bioglass ini memancarkan energi radiasi, tempatkan saja di jarak 5m dari TV atau Radio, kalau siaran TV dan Radio terganggu, berarti Bio Glass benar-benar memiliki energi radiasi. Tapi itu belum mengkonfirmasi bahwa efek energinya bisa menyehatkan manusia. 

Spektrum Radiasi dari Berbagai Sumber

Sampai di sini sebenarnya sudah jelas kesimpulannya bahwa bioglass bohong. Semua cerita ilmiahnya ialah rekayasa dan karangan belaka.

Di dalam promosinya, sering juga digunakan istilah Energi Chi, Energi Positif ataupun energi Alam. Nah.. Sebenarnya di dalam dunia sains, kita hanya mengenal energi saja.

Energi itu tidak kenal baik dan jahat. Jadi kalau saya tembakkan energi ke tubuh yang sakit karena bakteri. Sel bakterinya bisa mati, tetapi sel tubuh kita juga bisa mati, tergantung kekuatan dinding sel-nya. Energinya sendiri tidak bisa memilih agar hanya membunuh bakteri saja. Dia tidak bekerja seperti itu. 

Energi Chi/Energi Alam yang sering digunakan dalam pengobatan China, hingga saat ini masih berupa pseudosains, atau tidak ilmiah. Sama seperti penjelasanku sebelumnya, sekedar Placebo Effect.  

Energi positif dan energi negatif itu jika dalam termodinamika, hanya menyatakan arah energi. Jadi energi masuk dalam sistem kita sebut energi positif, sedangkan energi keluar dari sistem kita sebut energi negatif.

Contohnya memasak air, jika kita melihat ke panci air, maka energinya positif, sebab energi masuk ke dalam panci. Sebaliknya, jika kita melihat tabung LPG (yang untuk memasak) maka energi keluar, jadinya negatif. 

Sekali lagi, sifat energi positif dan negatif itu bukan diterjemahkan sebagai baik atau buruk. Energi alam dan energi buatan itu sama-sama energi, tidak ada yang lebih baik tidak ada yang lebih buruk. 

Itu tabiat manusia yang kalau positif artinya baik, negatif artinya buruk. Energi tidak begitu. 

Saya tidak tau dari mana inspirasinya, tapi pengarang istilah bioglass ini cukup pandai mengada-ada.

Manfaat Bioglass Bohong?

Kalau penjelasan istilahnya masih belum membuat kalian puas, sekarang mari kita berbicara tentang manfaatnya.


Yap… Seperti kebanyakan produk serupa, pasti manfaatnya tidak spesifik, banyak, bermancam-macam, beragam, bisa memerangi seluruh jenis masalah dan kebutuhan hidup manusia. Silahkan lihat dari halaman web yang sama:

Bioglass ini harganya murah sekali menurut saya. Sebab skill/kemampuan yang dimiliki itu sudah setara dokter spesialis berbagai bidang. Atau jangan-jangan bioglass bohong belaka? Klaimnya apakah ilmiah?

Untuk manfaat di bagian 1 saja, begini reviewnya:

  • Peremajaan sel-sel tubuh itu tugasnya antioksidan yang diperoleh dari mengkonsumsi buah dan sayur.
  • Kekebalan tubuh itu tugasnya Vitamin, juga dari buah dan sayur. 
  • Efek energi terhadap sel darah merah –> efek energi itu apaan?LOL
  • Pembuluh darah lebih baik + peredaran oksigen ini tugasnya antioksidan yang ada pada buah dan sayur bahkan rempah seperti kunyit dan jahe.
  • Detoksifikasi ini tugasnya liver manusia, kita diciptakan sudah lengkap.
  • Energi seimbang, autis dan epilepsi ini tugasnya dokter neurosurgeon.
  • Mengurangi penuaan dini pada kulit ini tugasnya dokter dermatologist.
  • Pergerakan tulang lebih baik ini tugasnya dokter fisioterapis. 

Untuk di bagian 2:

  • Makanan minuman lebih enak itu tugasnya Chef bintang lima
  • Memperlambat pembusukan itu tugasnya lemari es
  • Sayuran lebih sehat dan buahan lebih sehat itu tugasnya petani organik
  • Tumbuhan lebih subur itu tugasnya petani
  • Hewan lebih sehat itu tugasnya peternak
  • Lingkungan lebih harmonis itu tugasnya environmental scientist

Bayangkan saja, mungkin nggak sih ada alat yang memiliki kemampuan Ahli nutrisi, Dokter Neurosurgeon, Dokter Dermatologist, Dokter Fisioterapis, Chef Bintang lima, Petani organik, Peternak Hewan, dan Environmental Scientist hanya dalam satu alat? Makanya saya bilang kalau bioglas itu bohong.

Ingat!

To good to be true must be scam!

Terlalu bagus untuk jadi kenyataan pastilah penipuan

Tidak ada alat di dunia ini yang fungsinya bisa menyelesaikan seluruh permasalahan manusia.

Masih yakin karena ditunjukkan uji-uji “ilmiah”? Silahkan simak tulisan saya tentang Apakah Uji Betadine Bioglass Bohong?

Batu Ponari dan Cerita Lainnya

Dulu sebelum berangkat menuntut ilmu ke Jawa, di Kalimantan aku ingat menonton berita tentang bocah bernama Ponari. Ponari ini adalah seorang anak yang memiliki batu ajaib.

Hanya dengan mecelupkan batunya ke dalam air, maka ponari dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit hanya dengan minum air dari batu tersebut.

Saat itu penjelasan dari berbagai ahli medis ialah tentang efek placebo. Dan yang menarik ialah penjelasan dari ahli agama, ini merupakan praktek syirik. 

Saya jarang sekali menuliskan tentang agama di blog ini, tetapi saya tidak menemukan perbedaan antara batu ponari dan bioglass ini. Seberapapun saya berfikir, satu-satunya perbedaan ialah pada kasus Ponari itu ada dua keyakinan yaitu pada batu dan orangnya (yaitu Ponari) sedangkan pada bioglass ini murni keyakinan pada gelas kaca itu saja. Tetapi secara konsep ini sudah semacam jimat. 

Hal yang sama juga masih marak di Indonesia, yakni penjualan batuan-batuan untuk keberuntungan dan kesehatan.

Persis sama, dengan membawa batuan atau semacam mineral yang dapat memberikan energi Chi, energi positif, energi alam kita akan dapat kesehatan, lebih semangat, lebih beruntung, kerjaan sukses, dan lain-lain. 

Digadang-gadang sebagai “ini ilmiah” karena ada energi berfrekuensi sekian sehingga mendukung kinerja otak, tubuh. Pokoknya berbagai macam cerita lah agar laku produknya. Nyatanya? Bahkan kebanyakan hanya keramik yang bisa diproduksi massal oleh industri kecil di China!

Dari berbagai kajian, fenomena tersebut termasuk juga dalam syirik, persis seperti menyimpan jimat. 

Saya tidak ingin menjustifikasi bahwa praktek Bioglass ini sama dengan syirik. Karena itu adalah tugas MUI. Tetapi sangat sulit menemukan perbedaanya dengan praktek-praktek syirik menggunakan jimat. 

Satu hal yang bisa saya pastikan berhubungan dengan sains ialah Bioglass ini scam/penipuan. 

Air Menyimpan Energi?

Air sendiri tidak bisa menyimpan energi (apapun itu) kecuali temperaturnya berubah. Salah satu praktek paling umumnya ialah energi uap, dimana air dipanaskan sehingga menyimpan energi yang sangat besar, berubah menjadi gas dan dialirkan untuk menggerakkan turbin. 

Jadi air hanya bisa membawa energi panas jika temperaturnya meningkat. Kalau air biasa ($27^oC$) dilewatkan bioglass, kemudian diklaim memiliki energi, maka seharusnya temperaturnya berubah ke   $28^oC, 29^oC$ atau lebih. Kalau tidak ada perubahan temperatur maka tidak ada energi yang masuk pada air dan artinya tidak ada energi yang masuk ke tubuh peminumnya. 

Air itu tidak memiliki kemampuan sebagai sel kimia. Jadi dia tidak bisa seperti baterai yang diisi energi kemudian menyimpannya dan saat di dalam tubuh disalurkan energi tersebut. Itu tidak akan bisa dan tak akan pernah terjadi kecuali airnya diberi zat mineral tertentu. 

Penutup

Terakhir, aku tegaskan bahwa proses agar air itu menjadi sehat ialah melalui penyaringan fisika, penambahan mineral (agar tidak terlalu asam) dan penghilangan bakteri melalui sinar UV/pemanasan.

Tubuh manusia hanya memerlukan air yang bersih untuk bisa berfungsi dengan baik, tidak perlu berlebihan. Selebihnya perawatan kesehatan itu melalui makanan bergizi dan olah raga. 

Kembali sajalah ke perkataan lama, yang diulang-ulang pada zaman SD: “Mensana en korpore sano”, Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Minum air yang bersih, makan-makanan bergizi, olah raga dan aktivitas fisik yang teratur. Cukup untuk membuat tubuh anda prima. 

Thanks for reading, Silahkan share agar teman kalian tidak tertipu produk-produk palsu semacam ini. 

Penulis adalah pelajar Kimia Simulasi Molekular di Okayama University dengan pokok penelitian tentang Sifat Termodinamika Air. Bisa dihubungi melalui hudamahfuzh@gmail.com.

Pustaka:

  1. Jones, J. R., Brauer, D. S., Hupa, L. and Greenspan, D. C. (2016), Bioglass and Bioactive Glasses and Their Impact on Healthcare. Int J Appl Glass Sci, 7: 423-434. doi:10.1111/ijag.12252
  2. Milionair Club Indonesia, Detail Produk Bioglass MCI, http://www.mci-nanospray.com
  3. Wikipedia, Beta Wave, https://en.wikipedia.org/
  4. Wikipedia, Radiation, https://en.wikipedia.org/


Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

58 thoughts on “Apakah Bioglass Bohong? Bagaimana Kebenaran Ilmiahnya?

  1. Dulu saya sempat kaget liat teh botol terus di tuang ke gelas terus begitu di aduk2 langsung jadi bening…. Gara2 di celupin “KERIS”…… Setelah saya cari tau ternyata air betadin dimasukin botol teh botol terus waktu di tuang di gelas sambil di aduk sama “KERIS” di masukkan kayak bahan kimia bullet bening segede kacang ijo…. Saya dapet langsung tu bahan kimianya dari orang itu setelah lama negosiasi harga….. Sial memang dah tau ilmunya cuma begitu doang…. Melayang duit ma rokok sebungkus dah.

  2. Di kantor saya sdh banyak yg beli.. dan saya calon pembeli berikutnya,,untung cari referensi dlu… promosi dan bukti yg diberikan penjual luar biasa,,,misalnya. Vertigo 2 tahun lalu sering k bolak balik k dokter untuk berobat dan stlah pakai bioglass ini mengaku sdh tdk prnah vertigo lagi.. . Bukti gini kan bikin org percaya… alhamdulillah masih ada org pintar yg mau bahas ginian.

  3. Sangat bermanfaat….. rencananya mau beli paket mci, tp mau cari referensi dulu… dan akhirnya nemu ini…. makasiihh.. bang mahfutzz atas pencerahnnya….

    Mau tau juga tentang kacamata ion nano yg lagi booming sekarang….. benar apa tdk itu….

    Makasih banyak ya admin.. .

  4. Sangat bermanfaat….. rencananya mai beli pake mci, tp mau cari referensi dulu… dan akhirnya nemu ini…. makasiihh.. bang mahfutzz atas pencerahnnya….

    Mau tau juga tentang kacamata ion nano yg lagi booming sekarang….. benar apa tdk itu….

    Makasih banyak ya admin.. .

  5. Sama percaya dg kitab suci/Tuhan , ga bisa d. buktikan scr ilmiah , pokoknya percaya aja krn kita takut masuk neraka .

    Sy ga bilang penjelasan anda salah , sy jg tdk percy bgt sj , tp ada hal” yg sy “upayakan” utk tetap bertahan hidup , meski tdk masuk akal scr ilmiahbdan tdk masuk akal scr praktek Bioglass itu sndiri. Namun tetap sy lakukan , sy tempelkan sj bioglass saat anak panas , beneran 30 menit anaknya turun demam tanpa paracetamol sm sekali (sdh 3 X begini) , apakah yg tersugesti saya lalu anak sy yg 5 th dan 8 th yg sembuh. Amandel , yg menderita anak sy , dia yg sy kasih minum tiap hari dan tdk mengerti ttg bioglass , amandelnya bisa mengecil dan tdk pernah kambuh radang nya sejak 4 bulan (biasanya hampir sebulan – 2 bulan konsumsi antibiotik——
    sedih ya??)…ah sy tersugesti dan anak sy yg sembuh . Pengalaman teman yg om- nya sdh tdk bisa di upayakan dg cara medis ,sdh koma , dokter angkat tangan dan menyarankan bawa pulang , tinggal tunggu mujizat . Lalu semua barang” ajaib bioglass dan teman” nya itu di tempel , Semua keluarga lalu tersugesti , tp yg koma yg sembuh dan berangsur sehat . Nie lebih menggelikan lagi , kakak sy sama sekali tdk percaya dg Bioglass , dia asam urat dan kolesterol , sebulan sekali beli obat , krn istrinya prihatin dg obat terus yg katanya akan merusak ginjalny,dipaksa istrinya minum air bioglass, dia mau minum toh hny air putih , sambil ketawa” dan mengejek tdk percaya … di luar dugaan kaka sy membaik dan tdk konsumsi obat serta stabil kolesterolny smp skrg dan dia tetap tdk percaya selain menikmati kesembuhanny — ….tolong anda jelaskan dg teori anda yg cerdas atau dg batu ponirin atau siapa tadi namanya, faktanya kk sy TDK TERSUGESTI dan TDK PERCAYA sm
    sekali bahkan mengejek…atau ini hanya faktorr KEBETULAN sj , Luar biasa sekali “SUGESTI KEBETULAN” ini atau apa sj lah namanya bioglass atau tali pocong … …well I Take it “ without Bioglass ….sy buang bioglass nya lalu sy akan keluarkan jurus sugesti saya , tanpa pakai bioglass atau sy ganti bioglass dengan sandal jepit saja sbg media sugesti sy …. Toh medis yg sngt canggih sekalipun dengan keberadaan dokter specialistnya utk setiap potongan dan anggota bagian tubuh manusia nyatanya tdk mutlak bisa menyembuhkan …hny mengupayakan scr ilmiah dan disiplin ilmu mereka ….😝 Dan sy tidak menyalahkan mereka .

    Dunia kedokteran mutlak HARUS DITEGAKAN dan TDK BOLEH DI CEDERAI , Krn semua melalui pembuktian yg ilmiah dan EMPIRIS .
    Praktek sugesti yg bisa menyembuhkan orang banyak dan menyelamatkan hidup tdk di perbolehkan/di praktekan (sprt anda bilang td dinatas kan?) tdk di akui atau di patenkan atau apalah namanya,
    padahal “it works “ — hny karena ke egoisan prinsip-prinsip medis …😢, Bayangkan jika di praktekan bubarlah dunia mereka semua , atau bisnis mereka jualan antibiotik/obat yg selangit utk penyakit” ttt, dan mereka membiarkan orang mati bgt saja , atau hny yg mampu beli obat yg bertahan hidup agak lama dg mengupayakan dan mempercayai bukan sugesti ya ….krn kalau minum obatbtdk boleh sugesti ya sederhananya bgt …. tetapi: obat ini bekerja krn kandungan nya bisa di pertanggung jawabkan secara ilmiah ….meski nnti kenyataannya juga bnyk yg tdk selamat setelah membeli dan di upayakan secara medis —— pd akhirnya alasannya : Kami hny mengupayakan secara medis dan sdh scr ilmiah dan empiris , selamat atau tidak bukan tanggung jawab kami , silahkan tanda tangan …..—- BINGO 👌🏻😉.
    Jadi tujuan dunia kedokteran sy pertanyakan juga apakah demi kualiatas dan dlm rangka kemanusiaan menolong hidup orang atau utk
    jualan obat , buat sy masih abu” ….pertahankan kode etik and the other side let some people die ….kalau
    mereka tdk memungkiri dg penjelasan ala mereka . Pdahal mereka tahu cara lain , yaah dg cara sugesti itu sprt kta anda di atas dan di larang di praktekan begitu kan ? maaf kalau salah paham.

    Kesimpulan buat saya , biarlah msyrkt memilih mana jalan yg dintempuh yg mnrt mereka baik dan di percaya , krn masing” individu akan upayakan apapun utk “mempertahankan hidup” dari seleksi alam ….Kita tdk perlu menjelek” an atau menghujat jalan yg dintempuh .

    Kalau sy memilih, sy akan tetap memilih jalan SUGESTI yg pernah di
    larang utk di pergunakan dlm dunia kedokteran itu krn mencederai dunia mereka – itu dunia mereka yg mereka anut , persetan dg dunia mereka , fuc*….!! sy tdk ada kewajiban utk menegakkan dunia dan kode etik mereka , sy butuh sembuh dan hidup …tanpa biaya lebih mahal , obat dokter dan efeknsamping yg dintimbulkan peduli amat dg penjelasan ilmiah ttg “sugesti” tadi yg menentang . Toh medis/obat dan efek samping msh jadi PR buat dunia kedokteran utk memberi pengobatan tanpa merusak organ yg lain — katakanlah kemo —- tetap di di lakukan bukan hnyn supaya hidup agak lebih lama .

    Atau jika seseorang sakit dan di upayakan scr medis , sdhnmengeluarkan bnyk biaya , dokter angkat tangan , tdk menemukan penyakitnya apalagi menyembuhkan , so ….let him die , atau mau upayakan cara lain yg di percaya ada kemungkinan sembuh —- silahkan , ….kita tdk perlu ngotot : HEY…..!!! ITU TIDAK ILMIAH ….ITU BULLSHIIIIT!!

    Jadi saya akan tetap menghotmati dan bila diperlukan akan tetap menggunkan dunia medisjuga,dan sy tdk menolak jalan alternativ BIOGLASS , krn sy punya dan sy sdh membuktikan sendiri : It works ….really works …. bodo amat dg klaim “tdk ilmiah” ala siapa sj .
    Dan sy tetap
    menghargai menghormati pendapat anda dan tdk akan protes dg “mystupidtheory” yg buat sy sprt nama blog utk merendah atau melindungindiri jika “salah” —- maka anda akan menjawab — makanya sy ksih nama mystupidtheory , sy kan tdk mengklaim genius ….sy juga manusia biasa ye kan ?? Yah semacam utk menyelamatkan diri , krn sy juga tdk lsg bgt sj percaya dg klaim anda 100 persen , ✌🏻🤣…..Krn sy juga tdk yakin klaim anda bisa dinpertanggung jawabkan seratus persen , yg lain mau percaya , itu hak mereka , sama sprt kepada Bioglass atau medis . Hooh! 🤮. Semua kembali pd individu , sy meyakini dan mpercayai apa yg sy yakini dannrasakan sj . 😊 Tdk memaksa orla utk se “iman” dg sy …

    Maaf bahasa sy berlepotan , sy tdk secerdas anda. Trmkasih …🙏🙏🙏

    1. Terimakasih sudah berkomentar dan mencerahkan saya.
      Saya tidak bilang kalau bioglass tidak manjur, saya bilang klaim ilmiahnya bohong.
      Jadi jika berjualan dengan bilang “Oh.. Beli ini bu, nanti ibu akan tersugesti dan menjadi baik” silahkan saja.
      Atau mau jualan dengan bercerita seperti yang Mbak sampaikan gitu, kemudian bilang “Saya nggak tahu penjelasan ilmiahnya, tetapi ini alatnya manjur kok”, ya itu juga silahkan saja.

      Tapi kalau jualannya sambil mengarang-ngarang, kemudian mengklaim saintifik, ya nggak boleh gitu donk.

      Kalau keyakinan akan bioglas sudah sampai dibandingkan ke ketuhanan, ya saya nggak heran kalau pada sembuh.
      Semua cerita di atas itu sama persis dengan kejadian saat ponari populer dengan batunya yang dicelupkan di air. Penyakit orang-orang sembuh seketika. Manjur!
      Tetapi Saya secara pribadi, nggak papa sakit saja dan ke dokter daripada harus meyakini dan menyimpan jimat.
      Jadi pandangan saya dan Mbak memang cukup berbeda.

  6. Teman-temanku se-bangsa & se-tanah air.. memang sangat disayangkan kita sangat mudah termakan teori-teori yang khususnya datang dari luar. Ketika teori itu datang dari sesama kita orang Indonesia, akan dianggap enteng. Coba, berapa banyak diantara kita (bangsa Indonesia) yang lebih menyukai merk asing dari pada merk lokal… Lho kok?!

    BIOGLASS MCI adalah buatan Korea yang diadaptasi dari Jerman.

    Oke, sekarang waktunya serius. Kakak ipar saya anggota MCI dan entah knp saya sangat tidak suka dengan postinganya yg selalu sangat mengagungkan-agungkan Bioglass seolah-oalh orang yang tidak memiliki Bioglass itu adalah orang bodoh yang tidak ingin sehat. Posting di status FB, WA, VA.. lho kok..?! 😉

    Tapi whateverlah, saya tidak mau ikut campur, toh dia juga dapat bonus dari setiap penjualan Bioglass-nya.

    Benar seperti kata penulis. ITU SEMUA HANYA SUGESTI. Tidak peduli seberapa hebat Anda membawa teori dan fakta tentang Bioglass di depan saya, itu semua tetap saja HANYA SUGESTI.

    Cerpen (kisah nyata).
    Suatu ketika, ibu teman saya yang sudah cukup berumur (mungkin 50-an) dipaksa anak-anaknya untuk check-up ke dokter. HANYA CHECK-UP. Ibu teman saya tersebut sebenarnya sehat, tapi anak-anaknya tetap memaksa karena hanya ingin memastikan ibunya sehat karena sang ibu tidak terlalu menyukai yang namanya berobat ke dokter karena takut terungkap penyakit-penyakit dalam yang malah akan membuat sang ibu stress. Intinya sang ibu merasa sehat, tidak ada keluhan, dan tidak ingin ke dokter.

    Namun, karena anak-anaknya memaksa akhirnya dengan terpaksa sang ibu pergi CHECK-UP, sekali lagi CHECK-UP.. SEKALI LAGI.. CHECK UP.. ke dokter. Hasil diagnosa dokter mengatakan sang ibu mengidap penyakit komplikasi. Sang ibu kaget karena selama ini tidak merasa ada keluhan apapun dan merasa baik-baik saja.

    Hanya dalam hitungan bulan, sang ibu mulai terbebani pikirannya dengan diagnosa dokter terkait komplikasi yang diderita sang ibu. Lama kelamaan kondisi kesehatannya menurun.. dan BUKAN KARENA PENYAKIT KOMPLIKASI tapi karena pikirannya yang terbebani dengan diagnosa tersebut dan tidak lama kemudian akhirnya meninggal. Berita ini sangat kencang berhembus di kantor saya saat itu dan menjadi pelajaran bahwa obat yang sesungguhnya bukan dari dokter atau obat.

    Obat hidup yang sesungguhnya adalah PIKIRAN YANG JERNIH.
    Ya, PIKIRAN YANG JERNIH juga adalah sugesti. Tapi tahukah Anda, Otak kita memiliki kekuatan yang bahkan jauh lebih kuat dari yang kita bayangkan.

    Artikel di atas membahas secara ‘ilmiah’ dan buat saya sangat masuk akal.

    Sekarang mari kita berbicara secara ‘logika’.

    Berikut adalah daftar orang terkaya di dunia versi Forbes:
    1. Jeff Bezos $112 B 54 Amazon United States
    2. Bill Gates $90 B 63 Microsoft United States
    3. Warren Buffett $84 B 88 Berkshire Hathaway United States
    4. $72 B 69 LVMH France
    5. Mark Zuckerberg $71 B 34 Facebook United States
    6. Amancio Ortega $70 B 82 Zara Spain
    7. Carlos Slim Helu $67.1 B 78 telecom Mexico
    8. Charles Koch $60 B 83 Koch Industries United States
    9. David Koch $60 B 78 Koch Industries United States
    10. Larry Ellison $58.5 B 74 software United States

    Tolong bantu saya, sebutkan satu saja diantara 10 orang di atas yang membeli paket Bioglass? Apakah mereka orang bodoh yang tidak tahu bagaimana cara menjaga kesehatan?
    Menurut Anda, dengan duit sebanyak itu berapa banyak Bioglass yang dapat mereka beli, tapi saya tidak pernah mendengarkan motivasi dari mereka yang sepatah katapun menyebut kata ‘Bioglass’.

    So, the point is… ya.. you know lah..

    Enjoy your life my friend, with a beautiful mind.

  7. Saya baru saja liat video dimana ph drop diteteskan ke dalam air di gelas. Setelah dialirkan melalui bioglass, warna awal hijau berubah menjadi biru yang katanya menandakan bahwa level ph air meningkat dari 7 menjadi 9. Apakah anda bisa menjelaskan bagaimana air tersebut bisa berubah warna?

  8. Makasih sharingnya. Saya bertemu bioglass ini krn saat itu saya harus operasi. Dan mencoba mencari cara lain agar tak operasi, dan bertemu teman yg menawarkan utk ikhtiar dgn bioglass ini. Saya tdk membeli awalnya hanya dipinjami. Dan seminggu kemudian saya balik k dokter, dan saya tdk perlu operasi. Akhirnya saya beli bioglass tsb. Krn anak saya yg biasanya demam (umur 1 tahun), klo saya tempeli bioglass, demamnya reda tanpa obat. Tp sblm ini selalu dgn obat.
    Tetangga saya yg harus operasi kencing batu jg saya pinjami bioglass saya. Dan alhmdulillah tdk jd operasi.
    Sama halnya yg lain. Awalnya dl saya tidak percaya. Tp waktu itu saat dipinjami, saya coba berikhtiar saja 🙂

  9. Saya mencari artikel2 seperti ini, ya karena saya enggak percaya efek yang terlalu “sempurna” untuk hal2 spt itu, tapi saya tidak bs menjelaskannya, makasih sudah sharing penjelasannya, sangat bermanfaat

  10. Mmmmhhh…ane golput aja ndan, wallahualam…mau itu batu kek, mau aer kek, percaya aja deh sm sang khalik, hihihi…
    Btw, air kehidupan yg diminum nabi khidir itu aer apa ya gan?
    Oot gpp lah yee, Penasaran beneran ini 😅

  11. Kan udah bahas ttg Bioglass kak, bs ngg bahas ttg Batu Germanuim lg. Kan ada tuh produk kalung yg ada batu Germanuimx. Coba deh pencerahanx ttg itu.

    1. cakep nih kalo diterusin, karena prinsip kerja dan sifat bioglas mirip-mirip dengan batuan alam seperti batu germanium, giok, tourmaline, gwi sa mun sok dkk. tapi sepertinya tetep gk bisa dijelaskan secara ilmiah (apalagi kalau pakai ilmu Thermodinamika).

  12. Terimakasih gun. Tolong terus mencerahkan pikiran masyarakat Indonesia. Biar gak banyak uang masyarakat Indonesia yg bocor keluar.

  13. Makasih sharingnya gun mahfuzhtnt … Tolong terus cerahkan pikiran masyarakat indonesia. Bayangkan berapa banyak duit orang Indonesia yang bocor keluar negeri gara2 org dari luar negeri pintar membuat product dan memainkan isu promosi yg berlebih yg belum tentu benar adanya.

    Sekali lagi terimakasih gun Mahfuzhtnt

  14. tapi gan kenapa alat di rumah sakit yg digunakan untuk menyinari /terapi penyembuhan berbagai macam penyakit itu bentuknya sama persis kayak bioglass..

  15. Pak, bapak coba dulu beli bioglass nya. Bioglass aja ngga usah kalungnya. Trus bapak uji coba semua yg bapak tulis di sini. Coba bawa air aliran Bioglass ke laboratorium dan bandingkan dengan air biasa, lihat secara mikroskopik. Coba juga pecahkan bioglass lalu tanam di pot bunga yg sudah lama tidak berkembang lagi (dengan catatan batang belum mati dan masih dalam musimnya berkembang). Ndak usah dikasih pupuk, cukup siram pakai AIR BIASA. Nanti setelah 2 minggu sampai sebulan, dicek lagi. Kalau tidak bertunas atau berbunga, mungkin bapak bisa bilang bioglass bohong. Tolong semua proses di video ya pak, tanpa proses rekayasa 😊

  16. Lebih pinter dari Dr.Masaru Emoto ya..

    Bioglass itu udah diuji juga oleh Dr. Masaru Emoto, jepang.
    Tanggal 13 januari 2019 hasil penelitian Dr.Masaru emoto, juga udah dijelaskan anak kandungnya (Dr.hiro emoto) di Medan @Regale international convention Center).

    Lebih percaya mana?

    Ya jelas lebih percaya hasil penelitian Dr.Masaru emotolah..

    1. Pertama-tama silahkan buka ini: http://lmgtfy.com/?q=is+masaru+emoto+real+water+scientist
      Kurang puas? Mari ke wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Masaru_Emoto

      Tidak paham bahasa Inggris? Saya terangkan lagi:
      Di dalam sains, kekuatan sebuah keterangan ataupun pendapat ilmiah diuji oleh review jurnal bukan popularitas buku.
      Buku-buku masaru emoto adalah karangan, tidak punya basis ilmiah sehingga tidak ada jurnal ilmiah atas nama Masaru Emoto untuk penelitian tentang air di jurnal sains. Foto-foto yang diambil adalah fabrikasi, tidak memiliki dasar metodologi penelitian ilmiah.
      Pasti masih mau menolak fakta kan ya?
      Masaru Emoto mendapat gelar Doktor bukan pada bidang sains tetapi pada bidang pengobatan alternatif di universitas terbuka di India. Pendidikan sebelumnya di bidang Hubungan Internasional. Tidak pernah mendapat pendidikan sains, mempublikasikan riset ataupun bertemu peneliti sains.

      Lebih percaya mana? Orang-orang yang belajar tentang air dan tidak berjualan bioglass.

      1. Aku sih lebih percaya, bicara dengan sains dan ada bukti keilmiahan, yah paling penerus seperti gelang power balance 😀

  17. Sama seperti paramex bohong, panadol bohong, dan obat lainnya juga bohong. Dokter juga bohong, rumah sakit juga bohong. Nyatanya orang yang minum obat ada yang tidak sembuh. Yang berobat ada juga yang meninggal. Tapi kenyataannya masih banyak yang minum obat. Masih banyak yang ke dokter dan ke rumah sakit. Bioglass hanya alternatif, mau percaya atau tidak kembali pada diri masing masing, karena buktinya banyak yang terbantu, tetapi ada juga yang tidak. Kesimpulannya Bioglass bukan Tuhan, hanya alat saja. Jadi tidak ada paksaan untuk menggunakannya. Yang sudah merasakan manfaatnya silahkan dilanjutkan, yang belum apa salahnya mencoba, toh obat kimia beracun saja anda telan, masa nempel kaca tidak berani.

    Yulius O856’2212’981 MCI

    1. Silahkan saja terus menjualnya. Anda dapat untung Alhamdulillah, saya tidak ada urusan.
      Jika Anda mengarang-karang cerita dan menganggapnya sebagai sains kemudian menyimpannya (untuk diri Anda sendiri) saya tidak akan menuliskan artikel ini.
      Namun karena mengarang-karang cerita sebagai sains kemudian menyebarkannya ke orang lain agar membeli produk Anda, saya akan meluruskan bagian sainsnya. Kesalahan ataupun kebohongan di dalam metode penelitian sains bisa diterangkan dengan sejelas-jelasnya, seterang cuaca cerah pagi hari.

      Di dalam tulisan ini, saya tidak berbicara sedikitpun tentang efektifitas penyembuhan. Oleh karena itu ocehan mengenai obat-obatan dan dokter itu bohong karena ada yang tidak sembuh itu tidak nyambung.

      Saya berbicara tentang mekanisme penyembuhannya. Bahwasannya produk yang anda jual itu tidak ada mekanisme penyembuhan secara ilmiah. Pun saya yakin anda sendiri tidak mengerti bagaimana cara kerja alatnya.

      Saya tidak menulis ini dalam rangka memperoleh keuntungan. Jadi motivasi kita berbeda.
      Terimakasih telah berkomentar.

  18. Alhamdulillah akhirnya terjawab rasa penasaranku.terima kasih sharingnya.sangat bermanfaat.belum lama ini temen getol banget mromosiin ini.smp2 dlu slalu foto nampak punggung aja.skrg sdh hobi selfi2 breng produknya itu.lama nyari artikel yg isinya penjual semua.akhirnya Nemu ini.hihi

  19. Ada energi negatif itu, Fuzh. Supernaturally Anomaly Negative Transformational Energy Transfer.

    Disingkat SANTET

    Bwahahahhaha XD *jin dkk (baik jin baik atau buruk itu secara ilmiah sejenis energi jare? XD)

    ***

    Kalau misalnya, ikan yang udah mati lama berhari-hari gitu, dimasukin ke air bioglass bisa hidup lagi, mungkin orang baru percaya XD Atau gini aja deh, bandeng prestoku dimasukin ke bioglass bisa hidup lagi, nah itu baru magic XD

    ***

    Bahas powerstone, dong, Fuzh? :3 Dan sebenarnya secara ilmiah seberapa jauh sugesti ini bisa berpengaruh kuat ke tubuh manusia? 😮 Penyakit seberat kanker bisa sembuh hanya karena sugesti??? 0______0 Semua penyakit berbahaya itu? Heee?

  20. Saya pun sudah tertipu dengan produk ini (bioglas) saya beli satu paket lengkap. Pendant,bioglas, magic stik. Kalung saya pake karena saya selalu merasa lemas dan setelah memakai nya saya lebih bertenaga dan tidak mudah lelah. Awal beli saya merasa menyesal, tapi apakah ini karena efek sugesti? Kedua saya juga punya asam urat dan kolesterol, saya rutin minum air yg di aliri Bioglas sudah tidak pernah nyilu nyilu gitu, klo pun kumat pelan2 akan berangsur hilang. Apa ini juga sugesti?. Suami saya terkena tiroid, saya senterkan di tiroid nya? Suami tdk percaya sama sekali, 4 kali senter alhamdulillah mengecil tiroid nya..apakah ini juga sugesti?. Suami kmren juga batuk pilek, saya senter leher belakang dan kepala alhamdulillah sekali senter berangsur pulih…apakah ini jg sugesti?
    Kmren saya juga cobain rolling wajah nenek2 usia 60 an, wajah yg di rolling lebih kencang, kerutan pudar padahal hanya 5 menit di Rolling, dan nenek terlihat lebih muda. Apakah ini jg efek sugesti??
    Alhmdulillah dari yang katanya ini adalah sugesti keluarga saya bisa hidup lebih baik, tidak mudah sakit (bukan tidak pernah sakit). Dan bisa mengurangi pemakaian obat, karena saya seorang bidan jadi sakit sedikit minum obat dan sekarang alhamdulillah sudah sangat mengurangi pemakaian obat kimia. Yang belum tau manfaatnya silahkan di coba dulu,, (kalau belum ada uang untuk beli saya
    cobain produk bioglass nya gratis ). Yang sudah punya tapi belum merasakan manfaatnya, di coba lagi dengan cara yg benar jangan dengan emosi, orang Indonesia kan semua nya dsni??? Oke sudah biasa kalau terlalu over akan sesuatu yang belum terlihat.

    1. Itu cuma sugesti, sains telah menjelaskannya :).

      Cara pengambilan kesimpulan yang ibu gunakan itu sudah tidak lagi diterapkan dalam dunia sains dan medis karena adanya pengakuan akan dampak sugesti. Jangankan bioglas, air putih yang diberikan dukun saja bisa menyembuhkan berbagai penyakit kok, apakah karena ilmiah? Nggak lah! Apa karena sakti? Nggak juga. Sebagian besar karena sugesti.

      Sains melakukan pengamatan ini puluhan tahun yang lalu, perdebatan etika tentang menipu dan membohongi pasien itu sangat sengit dulunya. Misalkan pasien yang terkena kanker, dikatakan dia hanya terkena radang ringan, diberikan obat yang tidak ada hubungannya dengan kanker, tubuhnya bisa menjadi sehat dan fit kembali. Praktik “menipu pasien” ini dianjurkan dulunya, tetapi setelah perdebatan etika yang panjang, praktik semacam itu tidak diperbolehkan. Sebab kebohongan yang dilakukan seorang ahli medis mencederai profesinya.

      Intinya ialah, silahkan bertahan pada sugesti jika memang senang. Saya hanya menjelaskan bahwa secara ilmiah bioglass itu hanyalah kebohongan dan ilusi yang disampaikan penjualnya. Tidak lebih.

  21. Duuhhh baru tau dari adik tentang artikel ini. Dan sayangnya saya dah beli alat ini. Karena saya pikir ini jawaban Allah atas doa saya karena saya lagi butuh untuk penyakit yang sedang saya alami sambil menunggu hasil lab larena saya tidak mau dioperasi. So bagaimana solusinya ya. Terima kasih

    1. Mohon maaf sekali Mbak, saya hanya bisa menjelaskan secara sederhana dalam bidang sains yang saya geluti. Untuk permasalahan kesehatan, ada baiknya ke dokter ahli atau terapi dengan minuman/tanaman herbal saja. Saya sendiri tidak menguasai banyak tentang ilmu kesehatan. Hanya bisa menjelaskan bagian kimia dan sains sederhananya.

    1. Silahkan dibaca kembali penjelasan saya. Asal muasal bioglas itu bukan dari alam, tidak ada itu ion negatif yang dikandung bioglass. Tidak ada bukti empiris yang mengarah ke sana.

  22. awalnya saya mau coba tp karena saya tidak begitu yakin dgn kebenarannya jadi saya coba cari2 referensi tentang penjelasan dr cara kerja bioglass tsb tp Kebanyakan referensi dr penjual/ agen MCI pasti reviewnya bagus semua kan,, dan akhirnya terjawab sudah keraguan saya. Terima kasih atas penjelasannya,,

  23. Keren….keren….kalo memang hati lagi setengah2 utk ikut arisan yg satu ni,,,tpi sebelum benar2 ikut arisan sambil terus mencari referensi terkait bioglass ini….tanpa sengaja bincang dengan teman kantor (mksh dayah) atas obrolannya terkait tulisan mahfudz mengenai bioglass ini….. Alhamdulillah Allah masih sayang, dengan diberikan informasi ini….semakin manteb utk tdk jadi mengambilnya…. thanx yoo atas infonya mfudz…

    nnti kalo pulang ke berau, ada teman yang mau minta di teliti bioglassnya….siaplah ^_^

    1. Hehe.. Iya, ternyata banyak yang butuh artikel seperti ini. Ini dimintak ibu-ibu buat membahas tentang ini. Memang mengkhawatirkan sekali penipuan model seperti ini.

      Silahkan dibagikan agar temen2nya jadi tahu. 🙂

  24. wah, syok baca artikel ini. Sayangnya saya udah kena “tipu”?
    Pas sudah beli, tetiba mikir, kok kayak kaca biasa.
    Namun, sy tes air yang diberi betadine, setelah dialirin lewat bioglass tersebut air menjadi lebih jernih. Bisa jelaskan ini kenapa? secara ilmiah.

    Lalu, banyak testimoni, atau beberapa orang yang sembuh dari penyakitnya setelah memakai bioglass ini. seperti benjolan, bengkak, bahkan kayak diabetes dan kanker. Tolong jelaskan alasan ilmiahnya?

    1. Terimakasih komentarnya Mbak Winda, saya akan coba jawab.
      Pertama masalah testimoni orang yang sembuh dari penyakitnya, ini sudah pernah saya jelaskan sebelumnya. Gini sederhananya, pernah tahu Ponari? Semua yang berobat ke Ponari itu testimoninya sembuh dan berhasil. Terbukti ampuh. Apakah artinya pengobatan Ponari ini ilmiah? Ya tidak. Ini di dalam ilmu kedokteran bisa dijelaskan sebagai placebo effect. Silahkan simak artikel saya ini tentang apa itu placebo effect.

      Kedua, masalah percobaanya. Betadine itu bahan aktifnya ialah iodine, iodine memang mudah berubah warnanya. Saya agak sulit menerangkannya karena tidak tahu kandungan airnya. Kemungkinan kandungan airnya ada ion alkali yang membuat iodin berubah warnanya dari cokelat menjadi tidak berwarna. Jadi pengaruh airnya, bukan bioglassnya. Nahh.. Karena Mbak Winda punya barangnya, (bioglass dan betadine) saya usulkan untuk uji seperti ini:

      1. Lakukan uji yang sama, meneteskan betadine ke segelas air kemudian diaduk saja, diaduk2 terus, nanti akan berubah jadi tidak berwarna. (catatan: Jumlah betadinenya hanya beberapa tetes). Secara ilmiah betadine akan bereaksi dengan mineral alami yang sudah ada di air, kemudian membuatnya jadi tidak berwarna, ini butuh pengadukan dan waktu (beberapa detik). Artinya dilewatkan bioglass atau tidak, warna airnya akan menjadi bening, ini karena jenis airnya. Bioglass tidak memberikan efek apa-apa pada larutan air betadine.

      2. Ambil air satu sendok makan, kemudian teteskan betadine ke satu sendok makan tersebut 3-5 tetes, aduk sebentar, pastikan warnanya cokelat. Setelah itu lewatkan bioglass. Kemungkinan hasilnya berdasarkan semua pengetahuan kimia saya, warna air betadine tersebut tidak akan berubah. Karena bioglass memang tidak memberikan pengaruh apa2 pada air dan betadine.

      Jika dua percobaan di atas hasilnya berlawanan dengan yang saya berikan, silahkan kirim video lengkapnya ke hudamahfuzh@gmail.com, atau upload YT dan kasih saya link-nya.
      Karena saya tertarik membahas kebenarannya. Terimakasih. 🙂

  25. wah makasih sharingnya. dulu ngerasa aneh banget pas ada yang promosi tentang bioglass bisa buat sayuran segar lagi dia praktekin sayuran dah agak layu, dimasukkan ke dalam air yang ada bioglassnya. ditunggu sampe 2 jam ada perubahan tapi dikit (aku tp gak lihat perubahan apa2) dan si orang yang promosikan tetap ngotot bilang ada perubahan sedikit lebih segar. meski menurutku itu paling proses penyerapan air dari sayuran tadi siih. kan ada proses osmosis atau apa ya entah hehehe meski sayuran sudah dipetik dsb.

    1. Sebenarnya kalau sayuran yang layu dikasih air, ya pasti akan lebih segar. Nggak ngaruh apakah itu bioglas atau bukan. Tapi yaah.. Susah kalau ngomong sama orang yang udah ketipu atau penipu. :3

  26. Sudah kudugaaa, kalau Bioglass itu juga termasuk placebo effect.

    Manfaat yang diberikan terlalu wow ya, yang justru bikin “orang bener” ga percaya. Moso iya dengan ngalirin air biasa pake alat gitu aja airnya berubah jadi luar biasa :S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.