radiasi smartphone berbahaya
radiasi smartphone berbahaya

Apakah Radiasi Smartphone Berbahaya?

Posted on

Radiasi yang dihasilkan smartphone sebenarnya tergolong gelombang radio sehingga kemungkinan tidak berbahaya bagi manusia.

Semakin dekatnya interaksi kita dengan smartphone sebenarnya menimbulkan pertanyaan apakah radiasi smartphone berbahaya? Pertanyaan ini mungkin bisa dijawab dengan beberapa fakta yang ada saat ini.

Gelombang radiasi radio tidak memiliki cukup energi untuk memutus ikatan molekul dan menghasilkan ion (ionisasi). Bahaya dari peristiwa pemutusan ikatan molekul dan pembentukan ion ini sudah saya jelaskan sebelumnya di: Mengapa Radiasi Menyebabkan Kanker?

Lalu pertanyaan berikutnya, seberapa bahaya radiasi smartphone itu?

Radiasi Smartphone VS Radiasi UV

Sebagai komparasinya, sinar UV dari matahari yang mengenai kita setiap harinya lebih tinggi energinya dibandingkan gelombang radio yang dihasilkan smartphone. Bisa dilihat di gambar ini:

Gelombang radio pada smartphone berada pada $10^8$hz, sedangkan UV dan radiasi penyebab ionisasi ada pada $10^{18}$hz, cukup jauh perbedaanya.

Apakah Benar-benar Aman?

Namun karena interaksi antara manusia dan smartphone yang begitu intens, maka kemungkinan sel tubuh manusia mengalami kerusakan akibat gelombang radio ini meningkat.

Banyaknya jumlah smartphone dan semakin intens penggunaanya dapat meningkatkan potensi kanker. Beberapa studi yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan smartphone dengan tumor otak.


Namun ini juga masih menjadi perdebatan di kalangan saintis karena bukti nyata dan mekanisme terjadinya belum dapat dijelaskan.

Oleh karena itu WHO mengklasifikasikan smartphone sebagai barang yang kemungkinan meningkatkan potensi terkena kanker.

Radiasi Smartphone yang Berbahaya

Tetapi yang lebih pasti, belakangan ini ada yang disebut dengan smartphone refurbish. Ini adalah smartphone yang dibuat dari hasil daur ulang sampah elektronik. Biasanya berasal dari negara China dengan harga yang murah tidak masuk akal.

Smartphone daur ulang semacam ini memiliki gelombang radiasi yang tidak terkontrol, sehingga bisa saja mengeluarkan energi radiasi yang tinggi dan dapat menyebabkab ionisasi yang meningkatkan potensi kanker.

Join 10,725 other subscribers

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.