bagaimana cara kerja detergen
Apa itu gelembung sabun?

Bagaimana Cara Kerja Detergen?

Posted on

Mungkin saat kecil dulu, sembari menonton iklan, pernah terbersit pertanyaan: “Bagaimana cara kerja detergen?” Atau pada kesempatan lainnya, saat bermain gelembung sabun, terpikirkan “Apa sih yang membuat gelembung dan busa sabun?”

Berani Kotor itu Baik!

Iklan Rinso Anti Noda

Sedekat itulah posisi detergen dalam kehidupan kita. Sejak kecil kita sudah familiar dengan keberadaan detergen sebagai pembersih pakaian, pengepel lantai juga mungkin pembersih piring.

Tetapi mungkin karena mudahnya penggunaan detergen ini, kita jadi tidak sadar pertanyaan penting di atas.

Konsep Dasar Detergen

Hingga saat ini, detergen telah mengalami perkembangan jauh baik dari sisi teknik produksinya, bahan dasar, dan keamanan penggunaanya. Namun konsepnya masih tetap sama dengan yang digunakan oleh penemu pertamanya, yakni masyarakat peradaban Mesir ribuan tahun silam.

Detergen mengandung yang namanya surfaktan, senyawa kimia yang memiliki dua sifat yang berlawanan yaitu polar dan non-polar.

Sederhananya, sifat polar ialah kecenderungan untuk larut di dalam air (hidrofilik), sedangkan non-polar ialah kebalikannya, kecenderungan untuk tidak larut dalam air atau disebut juga hidrofobik.

Surfaktan dalam Detergen

Jadi surfaktan ini bisa dibayangkan seperti magnet panjang yang memiliki kutub, satu ujungnya ialah kutub polar dan ujung lainnya adalah non-polar. Persis gambar:

Ilustrasi diambil dari: University of Bristoll

Penggunaan istilah surfactant diambil dari singkatan surface active agent​1​, dimana menjelaskan fungsinya untuk mengurangi tegangan permukaan pada pelarut (air).

Micelle: Kumpulan Molekul Surfaktan

Nah surfaktan ini dikumpulkan sehingga membentuk yang namanya rangkaian supra-molekul atau molekul berukuran besar.

Karena kutub nonpolar akan berkumpul dengan nonpolar, dan yang polar berkumpul dengan polar, maka susunan molekul superbesar yang terbentuk ialah seperti ini:

Gambar Micelle diambil dari : Wikipedia

Dalam istilah ilmu kimia, supra-molekul ini dikenal dengan nama micelle.

Seperti terlihat di gambar, bagian luar lingkaran merupakan kutub yang polar/larut di air, sementara bagian dalamnya ialah kutub non-polar.

Bagian polar tentunya akan dengan mudah larut dengan air, sedangkan bagian nonpolarnya akan menjauhi air. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gelembung/busa pada sabun.

Terbentuknya Gelembung Busa


Pembentukan gelembung busa ketika detergen dilarutkan ke air, merupakan penanda awal bahwa tegangan permukaan air turun.

Dalam proses ini, micelle yang tadinya berbentuk bola, akan terpecah dimana bagian polarnya berikatan dengan air, sementara bagian nonpolarnya menjauhi air dan mengikat udara membentuk busa. Secara visual dapat dilihat seperti berikut​2​:

Gambar Gelembung Sabun dari: Cause of Color

Jadi dapat disimpulkan bahwa gelembung sabun dan busa adalah air yang diapit oleh surfaktan di kedua permukaanya.

Bagaimana Cara Kerja Detergen?

Saat proses mencuci, kutub polar dari detergen akan berikatan dengan air sementara kutub non-polarnya akan mengikat bahan non-polar pengotor baju.

Artinya ada ikatan antara bahan non-polar pengotor baju, detergen dan air. Karena jumlah air yang banyak, maka akan melarutkan pengotor dan melepaskannya dari serat baju.

Setelah diperas dan dibilas berulang, kotoran akan terlarut di air dan terlepas dari baju.

Salah satu contoh bahan yang tidak larut dengan air (non-polar) ialah lemak, oleh karena itu noda lemak biasanya hanya bisa dihilangkan dengan detergen.

Bahan dasar utama yang digunakan untuk membuat detergen terdiri dari dua bahan yakni bahan polar dan bahan nonpolar. Bahan nonpolar yang digunakan biasanya berasal dari lemak.

Bahan untuk memberikan sifat polar berasal dari unsur logam seperti natrium atau kalium. Jadi lemak dan ion logam, inilah dua komponen utama di dalam produksi detergent sejak zaman Mesir kuno.

Adapun zat pewangi, emulsifier, pengental, semuanya adalah tambahan saja.

Itulan penjelasan bagimana cara kerja detergen dan bagaimana terbentuknya gelembung busa. Semoga penjelasan ini bisa dipahami.

Thanks!

Join 10,724 other subscribers

Ref:

  1. (1)
    Bristoll, Univ. What Are Surfactants http://www.bristol.ac.uk/chemistry/research/eastoe/what-are-surfactants/ (accessed Feb 2, 2020).
  2. (2)
    Biggs, T.; McPhail, S. Estimating bubble lifetimes Bubbles http://www.webexhibits.org/causesofcolor/15E.html (accessed Mar 3, 2020).
Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

2 thoughts on “Bagaimana Cara Kerja Detergen?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.