Cara Menghitung Berat Bumi
Cara Menghitung Berat Bumi

Bagaimana Mengukur Berat Bumi / Massa Bumi

Posted on

Percaya atau tidak, ilmuwan telah mengetahui massa bumi lho. Coba ceritakan bagaimana mereka bisa tahu massa bumi? Menarik kan? Ketika aku baca di wikipedia bahwa ilmuwan telah mengetahui massa bumi, aku langsung kepikiran “Timbangan merek apa yang dipakai para ilmuwan?” Ok.. Aku akan share tentang timbangan merek apa yang digunakan para saintis untuk mengukur massa bumi, ehh.. sory, maksudnya bagaimana cara para ilmuwan mengukur massa bumi?

Gaya Gravitasi Newton

Memulai cerita ini, kalian tahu siapa penggagas gaya gravitasi kan? Yap.. Sir Isac Newton. Ada yang masih ingat rumus yang menjelaskan tentang gaya gravitasi?

Hukum Universal Gravitasi Newton
Hukum Universal Gravitasi Newton

Ini adalah salah satu persamaan yang paling penting di dunia. Ini merupakan persamaan yang sangat vital dalam revolusi industri karena prinsip hukum Newton untuk gravitasi ini sangat banyak digunakan dalam prinsip mesin industri.

Selain itu, ternyata persamaan ini juga sangat bermanfaat bagi para saintis, persamaan inilah yang digunakan untuk menentukan massa bumi. Bagaimana caranya? Oke sip.. Inilah ceritanya.

Persamaan ini dapat digunakan dengan memasukkan nilai massa benda pertama ialah Bumi dan massa benda kedua ialah sembarang objek.

Nilai konstanta gravitasi yang akan digunakan ialah berdasar pada eksperiment Cavendish (nanti coba aku bahas dengan keren). Berikut ini gambaran pengukuran konstanta gravitasi (G) oleh Cavendish:

 

Rancangan Percobaan Cavendish
Rancangan Percobaan Cavendish
Sumber: Wikipedia.org

Nilai G yang diperoleh ialah 6.67384×10−11 m3 kg−1 s−2. Hasil dari experiment Cavendish ini telah diakui kebenarannya dan digunakan secara universal. Maka ini akan digunakan dalam menentukan massa bumi.

Mengukur Berat Bumi

Selain itu, kita juga perlu informasi nilai percepatan gravitasi bumi, yang telah ditentukan oleh Galileo berdasarkan serangkaian percobaan. Nilai gravitasi bumi ini ialah g= 9.81 m/s2. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat menggunakan persamaan gaya berdasarkan percepatan, berikut ini penurunan rumusnya:


persamaan gravitasi

Kemudian disubstitusikan dengan persamaan  pertama untuk dua massa benda. Maka F kita ganti dengan (m x a) dan  massa benda pertama  kita ganti  dengan massa bumi M.

Penurunan persamaan

Kemudian dengan memasukkan konstanta-konstanta yang telah diperoleh berikut inilah hasilnya:

Berat bumi

Yap.. Sederhana bukan? Massa bumi ialah 5.97219 × 1024Kg atau dibulatkan menjadi 6 × 1024Kg . Jadi untuk mengukur massa bumi, kalian tidak perlu menggunakan timbangan super besar, atau timbangan raksasa.

Kalian hanya memerlukan persamaan hukum gravitasi Newton, konstanta-konstanta hasil penelitian dari para ilmuwan, dan matematika sederhana.

Berikutnya nanti aku akan sharing penggaris apa yang digunakan ilmuwan untuk menghitung diameter bumi (2r).

Sory banget lama nggak update blog, aku kayak kesulitan menentukan waktu blogging disini.. Seringnya habis dari kampus, masak, beres-beres kadang langsung ketiduran, paginya udah ngampus lagi.. Awrghh.. alasan!

Yaudah lahh sampai jumpa lagi.. Thanks udah baca.. 🙂

6 thoughts on “Bagaimana Mengukur Berat Bumi / Massa Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.