Cara Tercepat Mahir Bahasa Inggris
Cara Tercepat Mahir Bahasa Inggris

Cara Tercepat Mahir Bahasa Inggris

Posted on

Yap! Kalian sedang membaca blog, tulisan seorang pelajar yang menguasai Bahasa Inggris jadi isi tulisan ini bisa dipertanggung jawabkan. Sampai kalian mengunjungi blog ini, berarti aku dan kalian sepakat bahwa kita butuh cara tercepat mahir bahasa inggris, dan oleh karena itu tulisan ini ku buat. Mari simak:

Ada banyak sekali pelajar yang sedang berjuang keras untuk bisa belajar bahasa inggris dari nol. Aku tau persis akan hal ini, karena pernah mengalaminya.

Pada tahun 2013, setelah lulus kuliah, aku memutuskan untuk pergi ke Kampung Inggris Pare (di Kediri) untuk belajar bahasa inggris.

Secara statistik, tidak kurang dari 5000 orang datang ke Pare setiap bulannya untuk belajar Bahasa Inggris. Artinya mencapai 60.000 siswa pertahun dan jumlah ini terus bertambah.

Tetapi dari 5000 orang yang datang setiap bulannya itu, kemungkinan hanya sekitar 10% saja yang pulang dalam tiga bulan dengan membawa kemampuan bahasa inggris yang memadai. Artinya ada 90% yang gagal untuk bisa berbahasa inggris dalam waktu singkat.

Salah satu permasalahan utama dari kegagalan besar ini ialah: Karena mereka tidak menemukan cara paling cepat cepat mahir bahasa inggris. Aku sendiri pulang dari pare dalam 3 bulan dengan kemampuan yang meamdai untuk memulai percakapan dalam Bahasa Inggris.

 

Definisi Mahir Berbahasa Inggris

Awalnya, mari benarkan cara pandang kita tentang mahir berbahasa inggris. Banyak orang yang ingin bisa dan mahir dalam berbahasa inggris, tetapi yang mereka lakukan tak lebih dari hafalan ngawur dan tak karuan tentang kata benda, kata sifat, kata kerja dan puluhan grammar yang menyertainya.

Alih-alih bisa mahir berbahasa inggris, mereka bahkan tidak bisa memulai sebuah percakapan bahasa inggris. Ini nyata dan terjadi di seluruh dunia.

Dalam sudut pandangku, mahir berbahasa inggris itu artinya kamu bisa menggunakan bahasa inggris untuk percakapan dengan siapapun yang berasal dari negara berbahasa inggris.ย Sederhana dan jelas sekali targetnya.

Kita tidak lagi berbicara kamu bisa menghafalkan 99999 kosakata bahasa inggris atau tidak, atau kamu tau 16 aturan grammar bahasa inggris atau tidak. Semua itu point yang sia-sia, kalau kamu nggak bisa bercakap-cakap dengan “bule” asli.

Jadi point penting tulisan ini ialah agar kamu tahu langkah-langkah untuk bisa bercakap-cakap dengan “bule” dari negara berbahasa inggris.

Cara Tercepat Mahir Bahasa Inggris

Kalau kalian benar-benar ingin tahu cara paling cepat untuk mahir bahasa inggris, maka jawaban dari keinginan kalian ini, tak lain ialah “hiduplah di Inggris sana”.

Oke. Itu kemungkinan sudah diketahui semua orang. Tetapi untuk suatu keadaan, tidak semua orang bisa pergi ke luar negeri. Santai, aku akan berikan cara lainnya.

Mudahnya, cara tercepat mahir berbahasa inggris ialah dengan membiasakan diri dengan bahasa inggris.

Selama pengalamanku belajar bahasa inggris di sekolah, aku sendiri sama sekali tidak bisa berbahasa inggris, tetapi banyak temanku yang bisa menguasai bahasa inggris, karena mereka menggunakannya di keseharian.

Salah seorang temanku mahir berbahasa inggris karena dia memainkan game-game berbahasa inggris. Maka hampir setiap harinya dia dihadapkan dengan Bahasa Inggris.

Ini merupakan latihan yang sangat baik, sehingga dia mampu membaca buku-buku bahasa inggris tanpa kesulitan ketika di SMA dan kuliah. Menurutku itu adalah hal yang luar biasa.

Temanku yang lainnya, bisa mahir bahasa inggris karena dia berlangganan membaca komik jepang (Manga) berbahasa inggris.

Dari kebiasaan ini, dia menguasai ribuan kosakata bahasa inggris dan tahu cara menggunakannya berikut dengan ekspresi yang tepat.

Latihan bahasa inggris seperti itu menjadi sangat menyenangkan bagi keduanya sehingga peningkatan level bahasa inggrisnya tak terbendung.

Mempelajari dari dua orang teman itu, aku juga menggunakan pendekatan yang sama dalam belajar bahasa inggris yaitu dengan membiasakannya (hanya saja aku terlambat memulainya). Maka inilah bagaimana cara tercepat mahir bahasa inggris versiku:

Stop Hafalan Kamus

Hal paling mendasar ketika ingin mahir berbahasa inggris ialah mengerti kosakata yang ada didalamnya. Dan mengerti di sini tidak sama dengan “menghafalkan beserta artinya”.

Walaupun telah (dipaksa) belajar di sekolah selama beberapa tahun banyak yang tak mampu menguasainya, ini karena mereka menghafalkan kata satu-persatu di kamus.

Hafalan kamus ialah metode kuno yang sangat tidak efektif dalam memahami bahasa.

Maka dari itu salah satu cara untuk mendapatkan pemahaman kosa-kata yang benar ialah dengan memperhatikan satu kalimat utuh.

Ketika membaca satu kalimat penuh (atau frasa) maka otak kita secara otomatis akan melakukan pembagian perkata dan penerjemahannya sekaligus.

Contoh sederhana bagaimana memahami frasa itu lebih penting dari hafalan perkata ialah ketika mendengar ucapan “Happy New Year”. Dengan hafalan dari kamus, kamu hanya bisa memahaminya sebagai “Senang”, “Baru”, “Tahun”. Tetapi ketika kalian melihatnya sebagai frasa yang utuh, maka dengan seketika kalian bisa faham bahwa ini artinya “Selamat Tahun Baru”

Nah.. Ini point pentingnya:

Cara tercepat dan termudah untuk mengerti frasa bahasa inggris ialah dengan membaca komik berbahasa inggris.

Ketika membaca komik, kamu belajar menerjemahkan teks berbahasa inggris dengan gambar yang menjelaskan kondisi dan ekspresi yang tepat.

Misalkan ada tulisan “Don’t eat my food!” dalam kolom bicara tokoh utama yang wajahnya marah, kemudian ada gambar bahwa tokoh lainnya makan di piring. Secara logika, dengan sangat mudah kita akan mengerti arti dari frasa “Don’t eat my food”.


Oke, mungkin terkadang penerjemahan kita ini meleset, tetapi sangat-sangat jarang sekali terjadi. Umumnya komik dirancang untuk bisa dimengerti dengan sangat mudah sehingga kita tinggal menikmatinya saja.

Jadi mulailah biasakan untuk membaca komik berbahasa inggris, ini akan meningkatkan pemahamanmu tentang kosakata dan frasa bahasa inggris dengan sangat cepat. Untuk mendapatkan komik (manga) Jepang, kalian cukup install App android buat baca komik, atau langsung mengunjungi situs penyedia komik. (keduanya ada banyak banget)

Oh ya, jika kalian belajar bahasa inggris pemula, maka mulailah dengan komik yang mudah terlebih dahulu. Komik-komik dengan topik yang mudah dipahami akan membuat progressmu lebih cepat, baru kemudian beralih ke komik yang lebih rumit.

Membaca 100 chapters komik berbahasa inggris, itu artinya kalian telah mengerti sekitar 400 hingga 600 kosakata dan ratusan frasa bahasa inggris. Sekarang bayangkan kalau 500 chapters?

100 atau 500 mungkin terlihat sangat banyak, tetapi ternyata tidak juga.ย  Aku sendiri setidaknya sudah membaca lebih dari 1500chapter komik hingga sekarang. Inilah keunggulan sistem belajar dengan komik, kalian nggak akan terasa kalau sudah membaca ratusan chapter.

Kalau membaca kamus? Jangankan 100 chapter, 100 halaman aja udah menyiksa.

Serap Materi Audio Visual Sebanyak Mungkin

Setelah kalian membaca komik berbahasa inggris dalam jumlah yang banyak, maka kalian sudah punya modal yang cukup untuk belajar kemampuan bahasa inggris berikutnya, yaitu listening bahasa inggris. Cara cepat mahir bahasa inggris listening ialah dengan latihan dari bule langsung.

Berbeda dengan pelajaran bahasa inggris di kelas, yang mungkin disampaikan oleh gurumu yang kurang fasih dalam bahasa inggris, mendengarkan langsung dari “bule” akan membuat kemampuan listeningmu sangat bagus.

Jadi setelah kalian membaca sekitar 100 chapter komik (dan tentu saja memahaminya), mulailah untuk menggunakan kosakata yang kalian miliki untuk mendengarkan bahasa inggris langsung dari “Si bule”.

Loh langsung dari “Bule”? Gimana maksudnya?

Nah.. Ini salah satu keuntungan dari generasi milenial, kalian bisa belajar bahasa inggris dengan guru “bule” langsung. Dan ini gratis-tis!

Cara paling gampangnya ialah kalian tinggal buka Youtube dan cari video bule lagi ngomong di sana. Itu sudah menjadi bahan listening yang menarik.

Nah.. Untuk memulainya, aku sarankan untuk memulai dengan video yang mudah seperti cerita anak. Cerita anak pasti menggunakan bahasa inggris yang mudah dipahami dan berbicaranya lambat agar anak-anak bisa mengerti. Salah satu contohnya bisa kalian lihat di sini: Kid Story.

Materi kedua ialah kalian buka om “bule” yang ngajarin aku Bahasa Inggris, secara tidak langsung beliau ini adalah guruku, karena dulu aku nonton materi belajarnya dan dengarkan audionya nyaris setiap hari. Silahkan lihat: AJ Hoge- Effortless english.

Setelah itu, kalian bisa explore untuk listening tutorial-tutorial di Youtube. Mendengarkan tutorial ini pasti mudah, karena kita mendengarkan arahan disertai dengan prakteknya. Sangat bagus untuk listening bahasa Inggris.

Kemudian yang terakhir kalau kalian mau mendengarkan audio koleksi yang aku gunakan untuk belajar bahasa inggris, silahkan buka:ย belajar listening bahasa inggris mp3.

Di sana aku siapkan materinya sekaligus dengan cara menggunakan file mp3-nya.

Memulai Percakapan Bahasa Inggris

Menguasai Speaking Bahasa Inggris itu sebenarnya sudah satu paket lengkap setelah belajar listeningnya. Dua hal ini nggak akan bisa kebalik ataupun dipisahkan. Maka cara tercepat mahir bahasa inggris speaking juga akan sama yaitu dengan berlatih.

Jadi gini, kesalahan lainnya yang dilakukan hampir semua orang ialah, untuk menguasai percakapan bahasa inggris, mereka membuat skenario percakapan, kemudian membacanya di depan kelas.

Ini adalah cara yang udah basi. Well.. Aku juga mengalaminya kok. Turuti saja keinginan guru dan menteri pendidikan.

Tapi sebenarnya, ketika mengobrol dengan”bule” asli, kita tidak dihadapkan dengan teks skenario yang kita rencanakan. Kalian tanyak “How are you” jawabannya bukannya “I am fine”, ehh.. Malah dijawab “Never Better”. Kan nggak cocok dengan skenario yang kamu buat?

Yap! Itulah permasalahannya, seringkali menuliskan percakapan yang akan kamu lakukan, kemudian menghafalkannya itu sia-sia dalam konteks percakapan sebenarnya.

Jadi yang kalian perlukan untuk percakapan dengan orang bule, sebenarnya ialah kemampuan untuk bisa mendengarkan bahasa inggris.

Setelah bisa mendengarkan, kalian secara otomatis akan bisa mengucapkan bahasa inggris.

Latihan speaking bahasa inggris ini bisa kamu lakukan dengan menirukan semua yang kamu dengarkan dari mater audio visual pada pembahasan sebelumnya.

Mencontek, mengulanginya dengan sama persis kalimat yang diucapkan narasumber, akan memberikanmu pemahaman speaking bahasa inggris yang lebih mendalam.

Kemudian mengulang-ulang pelafadzan hingga semirip mungkin merupakan salah satu cara paling cepat mahir bahasa inggris speaking.

Sebagai contohnya ialah seorang anak muda Indonesia menjadi viral videonya karena bisa menirukan bahasa inggrisnya orang Inggris (british accent), trik-nya ialah dia mengulang-ulang mendengarkan dan melafadzkan yang diucapkan oleh karakter-karakter dalam film Harry Potter.

Videonya bisa kalian lihat disini: Bagaimana Cara Belajar British Accent

Terus Berlatih Agar Lebih Mahir Bahasa Inggris

Setelah kalian punya kemampuan dasar, terutama untuk kosakata, frasa dan listening, maka lakukan latihan secara terus menerus agar lebih mahir. Belajar Bahasa Inggris itu seru dan menarik, karena kamu bisa menonton tutorial menggambar sembari belajar bahasa inggris, kamu juga bisa menonton kuliah ilmu kimia sambil belajar bahasa inggris. Karena memang bahasa ini telah menjadi bahasa pengantar untuk pendidikan di seluruh dunia.

Terakhir ialah, kalau artikel Cara Tercepat Mahir Bahasa Inggris ini kamu sukai penjelasannya dan terasa logis sehingga membuat kamu mulai berlatih, maka jangan lupa klik tombol share agar teman-teman kamu juga mendapatkan manfaat yang sama.
Thank you.

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

14 thoughts on “Cara Tercepat Mahir Bahasa Inggris

  1. Wah ilmunya sesuai yang saya butuhkan. Apa mba punya rekomendasi judul komik berbahasa inggris yang mudah untuk dipelajari? Selain belajar dari komik, saya rasanya ingin belajar dari film yg berbahasa inggris juga. Semoga bisa membantu saya mahir juga

  2. Betul sekali, bahkan aku ketika di tanya tenses rada mikir beberapa menit baru ngerti, tapi buat ngartiin suatu percakapan atau memulai percakapan , at least aku ngerti dikit haha.. itu karena aku suka main game dari kecil sih, dan aku merasa memang dari game itulah aku ngerti bahasa inggris.

    Kesimpulannya, bisa karena terbiasa kali yaa mas…

    1. Iya mas, atau mungkin “bisa karena dibiasakan”.. ๐Ÿ˜€
      Intinya sih kalau niat belajar bahasa inggris, udah gak jaman yang bacain buku grammar atau ngehapalin kamus. Nyatanya yang dengarkan tutorial youtube bahasa inggris bisa lebih cepat bisa.. Teknologi udah sangat tjanggih buat belajar.. ๐Ÿ˜€

      Salam kenal Mas Firdaus, terimakasih sudah menyempatkan mampir.

      1. hehe, betul sekali mas, aku lagi belajar bahasa jepang di youtube juga sekarang, lewat channel japanesepod101,

        saya sering mampir kesini, tapi baru kali ini komentar haha, saya ngikutin blog ini dari masih pake platform blogspot :p ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.