Contoh Limbah Radioaktif dan Klasifikasinya

Posted on

Sebelumnya kita telah membahas terkait pengertian unsur radioaktif dan contoh, yang merupakan pendahuluan dari topik ini. Artikel kali ini akan membahas tentang contoh limbah radioaktif dan klasifikasinya. Berikut pembahasannya di bawah ini:

Salah satu bidang ilmu kimia yang sangat penting di masa depan ialah mengenai kimia nuklir. Cabang kimia ini masih sangat lambat perkembangannya di Indonesia, tetapi di dunia ini sangat dibutuhkan. Di era modern ini, dari pembangkit listrik hingga di rumah sakit, semua menggunakan radioaktif. Oleh karena itu mempelajarinya akan memberikan kamu wawasan internasional.

Contoh Limbah Radioaktif
Contoh Limbah Radioaktif

Klasifikasi Limbah Radioaktif

Dalam sebuah proses reaksi inti, seringkali akan menghasilkan isotop radioaktif yang tidak stabil dan waktu luruhnya lama, unsur semacam ini tergolong ke dalam limbah radioaktif.

Limbah radioaktif dikategorikan menjadi tiga jenis, berdasarkan dari kekuatan radioatifitasnya. Berikut inilah jenis-jenisnya:

1. Limbah Radioaktif Level Tinggi (High Level Waste/HLW)

Limbah yang tergolong ke dalam radioaktif level tinggi ini memiliki energi radiasi peluruhan mencapai >2kW/m3.  Limbah ini terutama berasal dari reaktor nuklir pada pembangkit energi listrik.

Walaupun jumlahnya sangat sedikit (hanya 3% dari total limbah), namun energi radiasinya sangat besar (mencapai 90% dari keseluruhan radiasi limbah). Limbah radioaktif tinggi diklasifikasikan lagi berdasarkan lama waktu paruhnya. Pengelompokan lama waktu paruh limbah jenis ini sangat penting dalam manajemen limbah radioaktif.

Karena energinya sangat tinggi, diperlukan pelapisan dan pendingin untuk proses perpindahan dan penyimpanan limbah radioaktif berat.

2. Limbah Radioaktif Sedang (Intermediate Level Waste/ILW)


Limbah yang tergolong dalam radioaktif sedang ini memiliki energi radiasi peluruhan sekitar <2kW/m3. Limbah ini terutama berasal dari proses kimia dan perusahaan elektronik (baterai, microchip, dll).

Jumlah limbah ini tergolong sedikit (hanya 7% dari total limbah radioaktif), dan energi radiasinya tergolong kecil (hanya sekitar 4% dari total limbah radioaktif).

Karena energinya cukup tinggi maka pada penyimpanan limbah ini diperlukan pelapisan pada proses pembuangannya.

3. Limbah Radioaktif Ringan (Low Level Waste/LLW)

Limbah yang tergolong ke dalam radioaktif rendah ini biasanya berasal dari peralatan kesehatan di rumah sakit, industri pakaian, kertas dan yang lainnya.

Jumlah limbah radioaktif ini sangat banyak (mencapai 90% dari total limbah radioaktif) namun energi radiasinya sangat kecil (hanya mencapai 1% dari keseluruhan radiasi limbah).

Karena energi radiasinya sangat rendah, tidak diperlukan pelapisan saat pemindahan dan penyimpanan limbah ini. Umumnya radiasi dari limbah jenis ini memiliki waktu peluruhan yang singkat.

Contoh Limbah Radioaktif

Berikut ini beberapa contoh limbah radioaktif yang dihasilkan dari penggunaanya dalam industri maupun bidang kesehatan dan penelitian:

  1. Uranium 234: Limbah dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)
  2. Neptunium 237: Limbah dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)
  3. Plutonium 238: Limbah dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)
  4. Iodin 131: Limbah Medis Perawatan Kanker Tiroid
  5. Stronsium 29: Limbah Medis Perawatn Kanker Tulang
  6. Kobalt 60: Limbah Medis Radioterapi
  7. Ir 192: Limbah Medis Perawatan Kanker Prostat
  8. Cesium 137: Limbah Medis Radioterapi

Demikianlah contoh limbah radioaktif dan klasifikasi. Semoga artikel ini menjawab rasa ingin tahu sobat Myst dan memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat. Thanks!

Ref:

  1. World Nuclear Association, “Radioactive Waste Management”. http://www.world-nuclear.org/. June 2017. Feb 21, 2018.
  2. Japan Atomic Energy Agency, “Generation and Classification of Radioactive Waste”. www.jaea.go.jp. Feb 21, 2018.
  3. Wikipedia, “Radioactive Waste”. www.wikipedia.org. Feb 3, 2018. Feb 21, 2018.
  4. Australian Government Department of Industry, Innovation and Science. “Categories of Radioactive Waste”. Feb 22, 2018.
Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

One thought on “Contoh Limbah Radioaktif dan Klasifikasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.