Fenomena Air Hexagonal Bohong atau Benar?

Posted on

Kali ini Myst akan membahas tentang fenomena yang sedang sangat menjamur di masyarakat Indonesia, yaitu tentang air-air ajaib dengan harga mahal. Sebenarnya ada banyak sekali jenis air ajaib ini, tetapi untuk pembahasan kali ini aku batasi pada judul: Air Hexagonal Bohong atau Benar? Silahkan simak pembahasanku di bawah ini:

Kebetulan aku kuliah di bidang Simulasi Molekular dan laboraturiumku memang banyak melakukan penelitian untuk sifat molekular air dan es. Jadi untuk kasus kali ini, sedikit banyak akan bersinggungan dengan ilmu yang sudah aku pelajari tiga tahun terakhir.

Air Heksagonal Bohong atau Benar?
Air Heksagonal Bohong atau Benar?

Air minum hexagonal ini menjadi sorotan kalangan emak-emak di Indonesia, sebab mereka ingin memberikan nutrisi yagn terbaik untuk keluarganya. Dengan promosi berupa berbagai manfaat air hexagonal, harga yang mahal-pun rela dikesampingkan. Diantara manfaat-manfaat air hexagonal yang dipromosikan ialah:

  1. Lebih mudah diserap tubuh
  2. Menghasilkan lebih banyak energi
  3. Membuang sisa metabolisme tubuh
  4. Mempertahankan kesehatan tubuh

Lalu apakah manfaat air hexagonal ini benar adanya? atau hanya kebohongan agar produknya laris dibeli saja? Simak artikel ini lebih lanjut.

 

Rumus Kimia Air

Sebelum masuk ke pembahasan tentang air hexagonal, mari kita review sedikit materi kimia dasar.

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi kalau rumus kimia dari air ialah $\ce{H2O}$. Artinya air terdiri dari dua atom Hidrogen (H) dan satu atom Oksigen (O). Hidrogen dengan massa atom 1, memiliki satu elektron bebas, sedangkan Oksigen dengan massa atom 16, memiliki enam elektron bebas.

Oleh karena itu molekul $\ce {H2O}$ membentuk ikatan kovalen polar dengan oksigen sebagai pusat massanya. Silahkan lihat ilustrasi:

Struktur Ikatan Kovalen H2O
Struktur Ikatan Kovalen H2O

 

Bentuk Molekul Air

Setelah memahami bahwa air terbentuk dari ikatan kovalen antara dua atom Hidrogen dan satu Oksigen, maka saatnya kita melihat bentuk molekul air.

Berdasarkan teori VSEPR (Valence-Shell Electron-Pair Repulsion Theory), karena dua elektron Oksigen berikatan kovalen dengan sepasang elektron Hidrogen, maka tersisa empat elektron bebas pada Oksigen.

Keempat elektron bebas ini berpasangan (jadi dua pasang) menempati ruang pada dua kutub. Sehingga molekul $\ce {H2O}$ membentuk geometri tetrahedral seperti di bawah ini:

Bentuk Molekul Air
Bentuk Molekul Air

Bentuk molekul ini telah dikonfirmasi dalam eksperiment dengan menggunakan teknik spektroskopi molekular yang membuktikan bahwa ikatan antara H–O–H membentuk sudut $104,5^o$.

Perhatikan juga bahwa di dalam bentuk molekul ini, terlihat bahwa pusat massa terdapat pada atom Oksigen (O) yang seolah-olah memiliki empat tangan yang terdiri dari dua atom Hidrogen(H) dan dua pasang elektron bebas.

Keempat tangan dari molekul air ini akan membentuk ikatan hidrogen (H–O) ketika di dalam keadaan banyak (molekul). Simak pada gambar di bawah.

Baca Juga: Sifat-Sifat Air Sebagai Pelarut

 

Struktur Molekul-Molekul Air pada Temperatur Normal

Gambaran dari Ikatan Hidrogen antar molekul air ialah seperti berikut ini:

Ikatan Hidrogen Pada Air
Ikatan Hidrogen Pada Air

Gambar di atas hanyalah permisalan agar terlihat sederhana. Namun sebenarnya, pada fasa cair, molekul air memiliki susunan yang tidak beraturan. Gambaran simulasi yang paling tepat ialah seperti berikut ini:

Simulasi Molekular Air dalam keadaan cair
Simulasi molekular air dalam keadaan cair

Dalam keadaan cair, molekul ini tidak membentuk struktur yang khusus dan spesifik, dan setiap detiknya molekul terus bergerak membentuk dan memutus ikatan hidrogen.

 

Apakah Air Hexagonal Bohong atau Benar?

Penjelasan dari situs Hexagonalwater.com definisi dari Air Hexagonal adalah air dengan bentuk geometri persegi enam (hexagonal) dalam bentuk cairnya. Penjelasan ini serupa dengan banyak situs-situs serupa yang mempromosikan air hexagonal.

Pertama-tama, mari kita bahas mengenai kejelasan saintifik mengenai air hexagonal. Di situs hexagonalwater.com tersebut diungkapkan dengan sangat jelas bahwa ini “unconventional science”. Mengerti maksudnya?

Yap! Ini bukan sains! Gaya bahasa yang digunakan “unconventional science” berarti merujuk pada pseudosains atau kasarnya bualan belaka.

Situs tersebut juga berisi penjelasan-penjelasan yang ngaco dan asal. Silahkan lihat pada gambar di bawah.

Jangan tertipu jika di bagian bawahnya mereka menuliskan biografi dari  banyak saintis. Tetapi sebenarnya nama-nama saintis yang disebutkan itu tidak ada kaitannya sama-sekali dengan air hexagonal.

Adapun secara khusus Dr. Masaru Emoto, seorang penulis buku The True Power of Water memperoleh gelar Doktoralnya dalam bidang pengobatan alternatif bukan dari bidang sains. Semua bukti-bukti yang disajikan di dalam buku The True Power of Water terbukti palsu dan tidak dapat diuji ulang oleh saintis di seluruh dunia.

Sudah banyak buku yang menjelaskan bahwa penjelasan Dr. Masaru Emoto ialah pseudosains yang terbukti tidak ilmiah.

Situs hexagonal water
Situs hexagonal water

Ini agak membingungkan karena memang air hexagonal ini adalah kebohongan yang disematkan dalam sains. Jadi seolah-olah saintifik tetapi sebenarnya sangat jauh dari kebenaran. Perhatikan penjelasanku di tiga paragraf ini:

Air tidak mungkin membentuk struktur hexagonal yang sempurna (stabil). Namun, harus aku jelaskan kalau struktur hexagonal dari $\ce{H2O}$ itu memang mungkin.

Air tidak membentuk struktur hexagonal, tetapi air yang dibekukan (Es) dapat membentuk struktur heksagonal.

Jadi $\ce{H2O}$ dengan struktur heksagonal hanya bisa dibentuk pada temperatur rendah $<4^oC$ dan bentuk fisiknya ialah padatan Es.

Baca Juga: Sifat-sifat unik Air

 

Struktur Hexagonal dari $\ce{H2O}$

$\ce{H2O}$ yang dibekukan di tekanan normal pasti akan membentuk struktur heksagonal. Ini sudah menjadi pondasi dasar dalam sains air.

Semua yang bekerja di dalam penelitian air, pasti mempelajari dasar tersebut, karena terbentuknya struktur heksagonal saat air dibekukan dipengaruhi oleh ikatan hidrogen pada air.

Dan ikatan hidrogen merupakan fenomena yang menjelaskan hampir seluruh sifat kimia dan fisika dari air.

Dalam simulasi molekular, pembentukan Es dari cairan $\ce{H2O}$ digambarkan sebagai berikut:

Proses pembekuan air
Proses pembekuan air

Silahkan simak pada bentuk finalnya, yaitu padatan akan terbentuk struktur heksagonal (segi enam).

Artinya tidak mungkin terbentuk struktur heksagonal jika tidak dalam bentuk padatan.

Terakhir, untuk mengingat kembali pelajaran SD, silahkan lihat gambar ini:

Struktur air pada fasa padat, cair dan gas
Struktur air pada fasa padat, cair dan gas
  • (a). Fasa Padat: Strukturnya teratur, molekulnya sulit bergerak, tidak bisa mengalir, sulit berubah bentuk (keras).
  • (b). Fasa Cair: Strukturnya tidak teratur, molekulnya dapat bergerak, bisa mengalir, bentuknya mengikuti wadahnya.
  • (c). Fasa Gas: Strukturnya tidak teratur, molekulnya dapat bergerak sangat bebas, bisa mengalir ke ruang bertekanan rendah, bentuknya mengikuti ruang.

Dengan mengingat sifat-sifat dari tiga fasa di atas, maka kita dapat menyadari langsung bahwa air dalam keadaan cairnya memiliki pergerakan molekul yang sangat acak dan terus berubah-ubah dengan terjadinya pemutusan dan pembentukan ikatan hidrogen.

Struktur tertentu (seperti heksagonal) hanya bisa dibentuk ketika wujud dari air tersebut padatan.

Lalu bagaimana jika air tersebut dibekukan kemudian dicairkan kembali? Maka strukturnya akan mengikuti fasa cair, yaitu random.

Tidak ada alat apapun yang bisa membuat struktur air heksagonal, sebab ini adalah sifat fisika dan kimiawi dari air.

Kesimpulan: Air heksagonal dan alat pembuat air heksagonal hanyalah bualan belaka. Tidak mungkin membuat struktur air heksagonal kecuali dengan menjadikannya beku (Es).

 

Air Hexagonal Sudah Terbukti?

Air Hexagonal ini adalah penipuan marketing yang marak di seluruh dunia, oleh karena itu beberapa ilmuwan telah mencoba membuktikan. Dengan uji NMR (Nuclear Magnetic Resonance), diketahui bahwa tidak ada perbedaan mendasar antara struktur air biasa dengan yang diklaim sebagai air heksagonal.

Lalu kalau ini hanyalah bohong, lalu kenapa setelah meminum air hexagonal bisa memberikan dampak kesehatan?

Jawabannya sudah ada pada artikelku sebelumnya, yaitu Karena Placebo Effect. Sederhananya, keyakinan konsumen bahwa air tersebut berbeda dan berkhasiat akan membuat terjadinya perubahan fisik sehingga sesuai dengan pengharapannya. Silahkan baca lebih lanjut di artikelku: Pengertian Placebo Effect | Fenomena yang Membingungkan Saintis.

Intinya, khasiat yang dihasilkan bukan karena air heksagonal, melainkan karena pikiran kita yang ‘terhipnotis’ untuk bisa lebih sehat.

Baca Juga: Pengertian Efek Plasebo

Sekian pembahasanku tentang Fenomena Air Hexagonal Bohong atau Benar? Semoga penjelasan ini bisa memberikan pemahaman yang lengkap bahwa ini tidak lain hanyalah marketing produk palsu berkedok sains.

Silahkan disebarkan jika informasi ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan maupun diskusi, silahkan sampaikan di kolom komentar. Aku akan coba tanggapi satu persatu.

Berikutnya aku akan bahas juga mengenai air alkali dan jenis air ajaib lainnya (jika ada). Boleh request kalau memang ada marketing ajaib bertajuk sains yang marak didaerah kalian.

Penulis adalah pelajar Kimia Simulasi Molekular di Okayama University dengan pokok penelitian tentang Sifat Termodinamika Air.
Bisa dihubungi melalui hudamahfuzh@gmail.com.

 

Pustaka:

  1. gambar: https://www.researchgate.net/figure/Tetrahedral-Arrangement-of-Water-Molecules_fig4_283281366
  2. gambar: http://lycbascaneesl.tumblr.com/structure3D_eau
  3. gambar: https://socratic.org/questions/in-which-state-of-matter-do-molecules-have-the-highest-kinetic-energy
  4. Ben-Naim Arieh, 2009, Molecular Theory of Water and Aqueous Solutions, Singapore, World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.
  5. Philip Ball, 1999, H2O A Biography of Water, Great Britain, Clay Ltd, St. Ives plc
  6. Kauzmann and Eisenberg, 2005, The Structure and Properties of Water, Oxford, Oxford University Press.
  7. https://www.chem.purdue.edu/gchelp/liquids/character.html
  8. http://chemed.chem.purdue.edu/genchem/topicreview/bp/ch8/vsepr.html

 

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

26 thoughts on “Fenomena Air Hexagonal Bohong atau Benar?

  1. Empuuuuuuuuus…. baru ini diantara artikelnya teman2 yg kubaca full. Yang lain skimming. Hehehe maaf ya teman2…
    Btw, makasih banget informasinya, jadi tahu aku. Meski sebenarnya aku sempet shock kamu berani2nya mengatakan buku dr Masaru Emoto itu bohong. Tapi salut eh, ikhvy punya om hebat di Jepang. 🙂

    1. Lah berani, emang itu bohong kok, atau seenggaknya metode penelitiannya salah.

      Di kalangan ilmuwan air, tidak ada yg mengakui Masaru Emoto dan memang dia tidak punya publikasi ilmiah dalam bidang sains. Jadi yah wajar.

      Btw udah ada ilmuwan indonesia yg bantah Masaru Emoto jauh sebelum aku nulis ini kok. Cek aja. :3

  2. aku pun agak nggak percaya pas ada yg jualan begini dengan embel2 air heksagonal menjadikan tubuh lbh sehat. alasan utama sebenernya ya karna harganya yg gak masuk akal wkwkw (emak2 bgt).
    but, ini tulisannya menarik juga. bisa bgt jadi buku hehe

    1. Tepat sekali. Konsumen yang ‘buta’ sains akhirnya mengandalkan keyakinan. Pemasaran serupa ini udah marak dulu yg batu-batu dan gelang bisa bikin sehat itu loh Mbak. Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.