Melihat Kemegahan Jembatan Seto Ohasi di Kojima, Okayama

Posted on

Salah satu tempat wisata paling menarik di Okayama selain Korakuen Garden dan Kota Kurashiki ialah Jembatan Seto Ohasi. Kali ini aku akan sharing tentang perjalananku melihat kemegahan Jembatan Seto Ohasi di Kojima, Okayama. Simak perjalananku di bawah ini:

Jembatan Seto Ohasi merupakan jembatan terpanjang ke-2 di Jepang dan peringkat ke-23 di dunia. Jembatan ini menghubungkan antara Pulau Honshu ke Shikoku dan pulau-pulau kecil diantara keduanya, terlintas dari Prefektur Okayama ke Kagawa.

Perjalanan ke Jembatan Seto Ohasi

Sebenarnya perjalanan ini sudah lebih dari setahun yang lalu. Perjalananku ini seperti biasanya berawal dari trip murah yang ditawarkan oleh orang Jepang dalam rangka promosi wisata. Aku nggak tau banyak tentang detil-nya tetapi karena ide utamanya ialah “trip murah” maka aku ikutan.

Perjalanan menggunakan Bus bersama dengan orang asing dan orang-orang tua di Jepang. Nah.. Itu! Aku nggak awalnya nggak tahu kalau program semacam ini sebenarnya untuk menghibur orang-orang tua yang tidak ada aktivitas. Mereka jadi bisa jalan-jalan dan menikmati hidup.

Bus sebenarnya bukan transportasi favorit di Jepang, namun untuk mengakses lokasi-lokasi pinggiran laut, biasanya bus jauh lebih umum dibandingkan kereta. Kereta di Jepang umumnya hanya bisa mengakses satu titik di pinggiran laut(stasiun), jadinya akan sangat sulit untuk pergerakan menyisiri pinggiran lautnya, oleh karena itu lebih nyaman bus untuk kali ini.

Paket perjalanan kali ini lengkap dengan Tiket speed boat dan makan di Hotel.

Baca Juga: Pesona Budaya Jepang di Korakuen Garden

Melihat Jembatan Seto Ohasi Lebih Dekat

Speedboat yang kami tumpangi terbilang cukup besar namun sudah tua. Jadi beberapa kali asapnya menggumpal di bagian belakang. Tapi itu tidak menghalangiku untuk tinggal di luar bersiap dengan kamera. Inilah beberapa foto yang berhasil aku tangkap:

Jembatan Seto Ohasi 1
Jembatan Seto Ohasi 1

Ketinggian jembatan ini sudah diperhitungkan agar tidak mengganggu lalu lalang kapal LPG dan Industri di sekitar pulau Honshu dan Shikoku.

Jembatan Seto Ohasi 2
Jembatan Seto Ohasi 2
Jembatan Seto Ohasi 3
Jembatan Seto Ohasi 3
Jembatan Seto Ohasi 4
Jembatan Seto Ohasi 4

Struktur baja yang digunakan berlapis-lapis karena selain digunakan untuk mobil dan bus, jembatan ini juga dilalui kereta api, transportasi utama di Jepang.

Jembatan Seto Ohasi 5
Jembatan Seto Ohasi 5
Jembatan Seto Ohasi 6
Jembatan Seto Ohasi 6
Jembatan Seto Ohasi 7
Jembatan Seto Ohasi 7
Jembatan Seto Ohasi 8
Jembatan Seto Ohasi 8
Jembatan Seto Ohasi 9
Jembatan Seto Ohasi 9

Gaya hidup sederhana nelayan di pinggiran laut juga ada di Jepang. Jadi nggak semua yang di Jepang itu Hi-Tech dan maju. Tetap ada gaya hidup yang santai dan ala lingkungan gini.

Jembatan Seto Ohasi 10
Jembatan Seto Ohasi 10

Hampir semua gambar ini aku edit setingan warnanya, maklum waktu motret pakai lensa kamera jelek jadinya nggak bisa bagus tanpa editan.

Setelah perjalanan melihat Jembatan Seto Ohasi lebih dekat dengan speedboat, selanjutnya kami ke hotel untuk makan siang.

Baca Juga: Tour Pembuatan Katana di Bizen Osafune

Makan siang di Hotel Washuzan Shimoden

Hotel ini letaknya sangat strategis berada tepat dipesisir pantai mengarah ke Seto Ohasi. Tempat paling strategis untuk melihat kemegahan Jembatan Seto Ohasi di Okayama ini. Beginilah kenampakan hotelnya dari arah laut:

Hotel Washuzan Shimoden 2
Hotel Washuzan Shimoden 2

Sedangkan di bagian dalam hotelnya kita bisa melihat Seto Ohasi dan pulau-pulau kecil dari jendela kamar. Sangat keren!

Hotel Washuzan Shimoden 3
Hotel Washuzan Shimoden 3
Hotel Washuzan Shimoden 1
Hotel Washuzan Shimoden 1

Saat makan siang ini aku kenalan dengan orang asing bernama Edward asal Perancis dan pasangan suami istri asal Bangladesh. Kami dijadikan satu meja karena muslim, sedangkan Edward karena dia Vegetarian (tapi makan ikan).

Makan Siang di Hotel Washuzan Shimoden
Makan Siang di Hotel Washuzan Shimoden

Baca Juga: Etika Makan Sushi di Jepang

Pihak hotel termasuk memiliki pelayanan yang sangat baik, sebab bisa menyiapkan full Halal Course Menu dengan rasa yang sangat enak. 🙂

Yap itulah perjalananku di Jembatan Seto Ohasi, selanjutnya aku akan meneruskan perjalanan ke Kojima Jeans Street. Simak pada postingan berikutnya!

See ya!

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

One thought on “Melihat Kemegahan Jembatan Seto Ohasi di Kojima, Okayama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.