Pantulan cahaya kaca
Pantulan cahaya kaca

Jika Benda Berwarna Putih Memantulkan Cahaya, Mengapa Tidak Menjadi Cermin?

Posted on

Benar juga! Benda putih selalu memantulkan seluruh spektrum cahaya. Lalu kalau cahayanya memantul, mengapa tidak menjadi cermin? Bagaimana perbedaan fenomena benda berwarna putih dan cermin?

Diffuse reflection pada benda berwarna putih

Pemantulan cahaya oleh benda putih itu sifatnya menyebar, karena tidak memiliki fokus. Jadi pantulannya tidak sama dan terprediksi berdasarkan sinar datangnya. Ini disebut sebagai difuse reflection. Salah satu sebab utamanya ialah karena permukaannya tidak cukup rata.

Fenomena ini tergambarkan dengan jelas oleh ilustrasi di bawah ini:

Specular reflection pada kaca dan cermin

Nah.. Pada kaca pemantulan cahaya beraturan dan terfokuskan. Ini disebabkan karena permukaanya sangat halus yang terjadi ialah specular reflection. Maka pantulan cahayanya terprediksi berdasarkan sinar yang datang.

Bisa kalian bayangkan saja kalau menyenter kaca, cahaya yang kembali pasti fokus dan bisa dilihat arahnya dari sudut sinar datangnya.


Sekarang bandingkan dengan menyenter tembok yang putih, kalian pasti bisa melihat kalau cahaya senternya menyebar sehingga pantulan cahaya kembalinya nyaris tidak bisa kita lihat.

Itulah perbedaan mendasar dari kaca dan benda berwarna putih. Pada benda berwarna putih, pantulan yang terjadi ialah diffuse reflection, sementara pada kaca, pantulan yang terjadi ialah specular reflection.

Jika permukaan benda putih itu halus, misalnya pada mobil, maka cahaya yang datang bisa dipantulkan, semakin halus maka semakin bisa terlihat pantulan cahayanya. Pada kondisi ini kita bisa berkaca di permukaan putih tersebut. Tetapi masih tidak jelas karena level halusnya permukaan mobil tersebut masih belum sama dengan pada kaca ataupun stainless.

Join 10,722 other subscribers

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.