Kelebihan dan Kekurangan Linux
Menyimak Kelebihan dan Kekurangan Linux sebagai Operating System untuk pemula

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Posted on

Berbicara tentang laptop tidak sah rasanya tanpa membicarakan operating system (OS) yang digunakan. Ya operating system (OS) atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan sistem operasi, merupakan bagian software utama dari seperangkat laptop maupun komputer.

Yups, tentu saja tanpa OS laptop kita tidak akan dapat digunakan. Jika diibaratkan OS seperti roh dalam tubuh manusia. Karena tanpa OS kita tidak dapat menjalankan program maupun aplikasi yang ada pada komputer, kecuali program booting

Ada berbagai operating sistem yang dapat digunakan agar seperangkat komputer kita dapat berjalan. Dua diantaranya adalah OS Windows, dan, Linux. Dua pabrikan besar yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Dapat dikatakan bahwa dua pabrikan tersebut merupakan saingan dalam pasar.

Mari kita bahas salah satu dari kedua OS tersebut. Disini kita akan membahas apa itu Linux, apa kelebihan dan kekurangan Linux sebelumnya mari kita bahas dari hal yang paling mendasar. Pada artikel ini, kita akan membahas diantaranya:

Pengertian Linux

Tahun 1969 Ken Thompson dan Dennis Ritch mengembangkan sistem operasi bernama UNIX. Sebuah operating sistem yang menjadi embrio dari Linux. Ken dan Dennis adalah penemu bahasa pemrograman C, yang merupakan dasar dari bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Mereka mengembangkan UNIX menggunakan bahasa C dengan tujuan agar mudah jika ingin melakukan pemindahan di bermacam platform.

Linux sendiri merupakan operating system yang memakai kernel Linux. Kernel adalah bagian paling kecil dari operating sistem. Tugasnya memanage CPU, memori dan perangkat tambahan lain yang dapat digunakan


Linux bersifat open source, yang dapat diartikan bahwa kode-kode sumber Linux dapat digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Sederhanyanya semua orang boleh memakai dan mengembangkan Linux.

Artinya adalah semua orang tidak harus membayar untuk menggunakan Linux pada piranti laptop maupun komputernya. Berbeda dengan Windows, yang apabila ingin menggunakannya dengan legal, maka kita harus membayar sekitar dua juta rupiah. Karena open source Linux banyak dikembangkan oleh developer. Sekarang terdapat banyak distro Linux, misal Linux Ubuntu, Linux mint, Redhat, dan berbagai jenis lain pengembangan dari Linux

Baca juga : VPS Linux termurah di Indonesia

Kenapa Linux Digunakan Banyak Orang?

Kenapa Linux banyak digunakan orang? Pertanyaan ini mungkin telah kita jawab dalam pembahasan di atas, yups apalagi kalau bukan karena gratis.

Namun apakah cuma karena itu? Tentu saja tidak. Mari kita bahas lebih dalam kenapa banyak orang menggunakan Linux.

Banyak alasan, kenapa Linux digunakan oleh banyak orang. Kita bahas beberapa alasan tersebut disini

  1. Linux merupakan OS yang aman terhadap virus. Jadi, Linux tidak memerlukan software anti virus. Sistem operasi ini tidak sepenuhnya dijalankan mesin. Setiap pembaharuan pada program, Linux selalu meminta persetujuan dari pengguna. Selain aman dari antivirus tentu, saja privasi data anda aman.
  2. Linux adalah OS yang sangat ringan, sehingga apabila spesifikasi laptop kita minimalis. Linux akan tetap dapat berjalan normal.
  3. Linux mudah digunakan, dulu memang iya sangat sulit digunakan, namun sekarang Linux telah hadir dengan tampilan yang mudah dipahami oleh pemula.
  4. Linux dapat digunakan sesuai kebutuhan. Contohnya ada Linux yang dapat digunakan khusus hacker, ada Linux yang dapat digunakan khusus programmer, server dan berbagai kebutuhan lain, hingga Linux yang dapat digunakan oleh pemula saja juga ada.

Meskipun di awal pembahasan ini saya telah menyampaikan bahwa banyak alasan kenapa orang menggunakan Linux, kita tidak akan membahas seluruhnya. Karena kita kan membahas lebih lanjut pada bagian selanjutnya yakin apa sih kelebihan dan kekurangan Linux ?

Kelebihan Linux

  1. Linux menggunakan Kode 32 bit, kode tersebut berfungsi agar Linux dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya crash saat aplikasi berjalan
  2. Linux mempunyai tingkat keamanan tinggi. Sebenarnya bagian ini telah kita singgung sedikit di atas, dimana selain aman dari virus, Linux dapat melindungi privasi penggunanya. Keamananini juga menjamin bahwa data-data kita akan tetap aman
  3. Linux mempunyai grafik yang bagus.salah satu contohnya adalah Linux versi Ubuntu yang bagus dan enak dipandang. Sehingga pengguna tidak bosan ketika harus berlama-lama memandang layar computer
  4. Linux memungkinkan kode sumber untuk dimodifikasi, hal tersebut lantaran sifat Linux yang open source
  5. Linux dapat digunakan sebagai computer servis, hal demikian mengingat dimana Linux adalah OS yang ringan danstabil

Kekurangan

  1. Diperlukan keahlian khusus dalam menggunakan Linux
  2. Masih ada beberapa software populer yang tidak mendukung penggunaan OS Linux
  3. Linux mempunyai proses instalisasi dan konfigurasi yang rumit

Kesimpulan

Nah. Kita telah sampai pada ujung artikel. Kita telah membahas berbagai macam hal tentang Linux, khususnya pada kelebihan dan kekurangan Linux sebagai Operating System. Namun, kembali lagi di luar kekurangannya tersebut, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan Linux sebagi OS di perangkat komputer atau laptop anda. Apalagi mengingat sifatnya yang open source, sesuatu yang gratis dan mudah digunakan, merupakan tawaran menarik yang sayang jika dilewatkan

Ditulis Oleh: Ayoni Sulthon

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.