Memahami Pengertian Formalin Kegunaan dan Bahaya Formalin

Posted on

Formalin merupakan senyawa kimia yang cukup populer di dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam penggunaanya pada proses pengawetan mayat dan spesimen makhluk hidup. Apa sih pengertian formalin? Apa saja Kegunaan Formalin? serta apa bahayanya? Simak pembahasanku di bawah ini:

Senyawa ini juga kerap digunakan secara ilegal untuk memproses dan mengawetkan makanan. Pengawetan makanan menggunakan bahan formalin secara hukum dilarang karena adanya potensi bahaya formalin terhadap tubuh manusia.

Pengertian Formalin 

Formalin adalah larutan tak berwarna yang berbau tajam dengan kandungan kimia 37% Formaldehid (metanal), 15 % Metanol, dan sisanya adalah Air. Oleh karena itu kandungan utama dari Formalin ialah Formaldehid sehingga formalin dapat disamakan dengan formaldehid. 

Pengertian Formalin dalam Ilmu Kimia, Formalin adalah senyawa organik yang termasuk dalam kelompok Aldehid dengan rumus molekulnya $CH_2O$ dikenal dengan nama Formaldehid atau metanal.

struktur kimia formalin
Rumus struktur Formalin
rumus kimia formalin
Geometri molekul formalin

Beberapa ciri-ciri fisis formaldehid ialah:

  • Formaldehid/formalin merupakan senyawa yang paling sederhana dari kelompok Aldehid dengan jumlah rantai karbon satu.
  • Senyawa ini tidak berwarna dan memiliki bau yang sangat tajam
  • Memiliki massa molekul, Mr = 30 g/mol
  • Tekanan uap jenuh formaldehid ialah 10 mm Hg pada $-88^o$
  • Secara komersial Formaldehid dijual dengan konsentrasi 37-50% berat. Contohnya: cairan formalin di pasaran. 

Pembuatan Formalin

Pembuatan Formaldehid pertama kali dilaporkan oleh ilmuwan kimia asal Rusia bernama Aleksander Butlerov(1828-1886) yang kemudian dikembangkan oleh August Wilhelm von Hofmann.

Formaldehid diproduksi pada skala industrial dengan reaksi oksidasi katalitik dari metanol. Senyawa Katalis yang paling sering digunakan dalam raksi ini adalah logam perak. Persamaan Reaksi yang terjadi ialah:
$\ce{2 CH3OH + O2 → 2 CH2O + 2 H2O}$
Reaksi ini terjadi pada temperatur 650o dengan katalis perak.

Setelah diperoleh formaldehid, kemudian dilakukan pembuatan formalin dengan mencampurkan 37% formaldehid dengan 15% methanol dan 48% Air. 

Kegunaan Formalin


Formalin biasanya digunakan sebagai bahan perekat kayu lapis. Formalin juga digunakan untuk desinfektan (pembersihan dari bakteri dan kuman) pada peralatan rumah sakit. Pengawetan mayat di rumah sakit dan pengawetan sel organisme (tubuhan & hewan) juga menggunakan larutan Formalin.

Selain itu, dalam skala besar, Formalin bisa digunakan sebagai prekursor (senyawa penghasil reaktan) untuk pembuatan beberapa senyawa kimia penting dalam skala industri.

Bahaya Formalin

Bahaya formalin ialah pada saat secara langsung terkonsumsi, baik itu terhirup ataupun terkena pada makanan yang kita konsumsi. Pada konsentrasi yang pekat, dampak dari formalin dapat berupa iritasi pada saluran pernafasan, reaksi alergi, pemicu kanker dan dapat pula menyebabkan kulit terbakar. Jika tertelan Formalin sebanyak 30ml atau 2 sendok makan, maka dapat menyebabkan kematian akibat keracunan.

Kejadian yang paling sering terjadi ialah pengguanan formalin sebagai pengawet bahan makanan. Dengan mendambahkan formalin dengan kadar cukup tinggi, bahan makanan akan dapat bertahan lebih lama. Tetapi karena dampak kesehatan fatal yang dapat disebabkan oleh formalin, maka penggunaannya sebagai pengawet makanan dilarang keras hampir di seluruh negara.

Dampak yang ditimbulkan dari konsumsi formalin yang terkandung dalam bahan makanan ini memang tidak langsung seperti keracunan, tetapi memiliki dampak jangka panjang berupa, iritasi saluran pencernaan, kerusakan tenggorokan dan yang paling berbahaya ialah terkena kanker.

Demikian artikel mengenai Pengertian formalin, bahaya serta kegunaanya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus membaca dan menuntut ilmu.

Sumber:

  • U. S. Environmental Protection Agency. 2000. Formaldehyde.  www.epa.gov (diakses Oct. 20, 2018)
  • National Center for Biotechnology Information. PubChem Compound Database; CID=712, https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/712 (diakses Oct. 20, 2018).

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

7 thoughts on “Memahami Pengertian Formalin Kegunaan dan Bahaya Formalin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.