Bahaya dari Karbon Monoksida
Keracunan karbon monoksida karena terperangkap asap

Mengapa Asap Karbon Monoksida Beracun?

Posted on

Seorang wanita 18 tahun ditemukan tak bernyawa di dalam sebuah mobil yang terkunci di garasi​1​.

Publikasi Ilmiah dari Research Gate

Sebenarnya aku pikir kejadian semacam itu sudah tidak akan terjadi lagi, sebab cerita meninggal di garasi mobil itu sudah masuk di dalam buku cetak kimia, karena begitu banyaknya kasus serupa di masa lalu.

Mengapa Karbon Monoksida Beracun bagi manusia?

Kasus Keracunan $\ce {CO}$

Jadi, saat mobil dihidupkan di dalam garasi yang dalam keadaan tertutup rapat, maka knalpot mobil akan menghasilkan karbon monoksida. Setelah beberapa saat kemudian, tanpa disadari, garasi yang tertutup rapat itu sudah dipenuhi karbon monoksida.

Orang di dalam garasi tidak mengetahui bahwa mereka sedang menghirup karbon monoksida. Sebab gas ini tidak berwarna, berbau ataupun berasa​2,3​.

Kemudian, ketika menyadarinya otak sudah dalam keadaan sulit bekerja dan pingsan, kemudian meninggal dunia, di dalam mobil, di garasi tertutup.

Selain kasus di garasi mobil, keracunan $\ce {CO}$ juga terjadi saat kebakaran, biasanya dalam keadaan tertidur, tidak menyadari kalau menghirup $\ce {CO}$.

Jadi kalau ada yang pernah befikir:

“Kenapa orang meninggal saat kebakaran? Bukankah mereka bisa melarikan diri saat panas”

Nah… Salah satu penyebab utamanya ialah, biasanya panas baru terasa ketika asap sudah memenuhi ruangan.

Jika kebakaran terjadi saat tidur pulas, maka asap akan dihirup dan menyebabkan keracunan. Ketika menyadari panas yang datang, otak sudah keracunan $\ce {CO}$ sehingga lemas dan tak bisa bergerak.


Inilah salah satu penyebab utama seseorang meninggal dalam kebakaran saat tertidur.

Lalu bagaimana $\ce{CO}$ bisa begitu beracun bagi manusia?

Kenapa Karbon Monoksida Beracun?

Di dalam sistem tubuh manusia, nutrisi dan makanan yang dibutuhkan sel semuanya diantarkan oleh darah. Di dalam darah terdapat zat hemoglobin yang bertugas untuk mengikat gas Oksigen $\ce{O_2}$ untuk diedarkan ke seluruh sel tubuh.

Ketika menghirup gas $\ce{CO}$ yang tercampur di udara, maka di paru-paru terdapat gas $\ce{CO}$ dan $\ce{O_2}$ dari udara. Pada proses transfer dari bagian cabang-cabang paru-paru (alveolus ), hemoglobin pada sel darah merah hanya akan mengikat gas $\ce{CO}$ dan meninggalkan gas $\ce{O_2}$​4​.

Ini terjadi, diantaranya karena beberapa alasan:

  1. Molekul $\ce{CO}$ yang lebih ringan dibandingkan $\ce{O2}$.
  2. Molekul $\ce{CO}$ memiliki bentuk yang tidak simetris sehingga dapat dengan cepat bereaksi dengan hemoglobin.

Karena hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah mengikat lebih banyak $\ce{CO}$, maka asupan Oksigen untuk sel berkurang, akibatnya metabolisme sel terganggu, produksi ATP berkurang dan akibatnya sel akan mati karena kehabisan energi.

Yang membuat keracunan $\ce {CO}$ begitu mengerikan ialah karena dampak di level selulernya itu baru bisa dirasakan ketika sudah dalam kondisi kritis. Sehingga ketika menyadarinya biasanya tidak bisa bertindak banyak.

Begitulah proses kematiannya. Ada yang bilang ini kematian paling tenang, tetapi bagi yang berhasil selamat mengatakan ini adalah kematian terburuk karena kerusakan otak secara perlahan.

Referensi

  1. (1)
    Kumar, A.; Rautji, R. Fatal Unintentional Carbon Monoxide Poisoning inside a Garage. A Case Report. J Ind Acad Forensic Med 2010, 32.
  2. (2)
    News, A. P. Coroner: Woman, 79, dead after car left running accidentally https://apnews.com/31ebc7d8a38ce150f54632454c997265 (accessed Feb 13, 2020).
  3. (3)
    News, A. P. Police: Elderly Florida couple die from carbon monoxide https://apnews.com/96055b2cc3579e9090015b8bc8315795 (accessed Feb 13, 2020).
  4. (4)
    OSHA, OSHA. gov. Carbon Monoxide Poisioning https://www.osha.gov/OshDoc/data_General_Facts/carbonmonoxide-factsheet.pdf (accessed Feb 13, 2020).
Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.