Radiasi menyebabkan kanker
Radiasi menyebabkan kanker

Mengapa Paparan Radiasi Menyebabkan Kanker?

Posted on

Kanker merupakan kondisi dimana mekanisme kerja sel terganggu. Kondisi ini bisa saja berawal dari satu sel yang mengalami kerusakan DNA kemudian memengaruhi sel lainnya dan menyebabkan kanker.

Berdasarkan penelitian medis, paparan radiasi menyebabkan kanker, oleh karena itu di dalam penelitian yang menggunakan bahan radioaktif, pengamanan yang digunakan sangatlah ketat.

Paparan radioaktif terhadap tubuh memang meningkatkan potensi/kemungkinan terkena kanker. Hal ini disebabkan karena dengan energi yang cukup, paparan radioaktif dapat menyebabkan suatu molekul berubah menjadi ionik (terionisasi).

Mekanisme terjadinya kanker akibat radiasi


Energi radiasi yang cukup tinggi dapat memutus ikatan kimia pada molekul dalam sel yang menyebabkan terbentuknya ion. Pembentukan ion ini menyebabkan terbentuknya radikal bebas yang menyebabkan reaksi berantai. Reaksi berantai kemungkinan bisa memutus banyak ikatan pada molekul sel. Secara langsung maupun tidak akan dapat mempengaruhi kromosom yang merupakan pusat ekspressi gen.

Di dalam sel kita telah memiliki mekanisme untuk memperbaiki kerusakan ini, tetapi ada kemungkinan untuk tidak kembali sempurna. Kerusakan ini terdapat pada level DNA sehingga seringkali tidak dapat diperbaiki.

Dampak Radiasi dari Cahaya Matahari

Radiasi UV atau cahaya matahari tidak memiliki energi yang cukup untuk terjadinya ionisasi pada molekul di dalam sel. Namun, karena energinya cukup tinggi, maka ada kemungkinan terjadinya ionisasi pada molekul di dalam sel. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kanker kulit ketika terpapar sinar UV.

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

One thought on “Mengapa Paparan Radiasi Menyebabkan Kanker?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.