pengertian analisis kualitatif dan kuantitatif
pengertian analisis kualitatif dan kuantitatif

Pengertian Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Beserta Jenis-Jenisnya

Posted on

Analisa materi kimia pada intinya terdiri dari dua pekerjaan paling utama yang di kenal dengan analisa  kualitatif serta analisa kuantitatif. Untuk itu memahami pengertian analisis kualitatif dan kuantitatif menjadi sangat penting dalam belajar kimia. Penjelasan tetnang keduanya bisa langsung kalian baca disini:

 

Pengertian Analisis Kualitatif

Definisi analisis kualitatif yaitu pekerjaan yang bertujuan untuk menyelidiki dan mengetahui kandungan senyawa-senyawa yang terdapat dalam suatu sampel uji. Analisa kualitatif ini dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik pengujian standard di dalam laboraturium.

Memahami pengertian analisis kualitatif dan metodenya sangat penting dalam ilmu kimia. Pengujian pencemaran sungai, tanah, kasus keracunan makanan, semuanya menggunakan metode analisis kualitatif dalam ilmu kimia. Adapun beberapa teknik analisis kualitatif diantaranya:

Cara Klasik

Cara yang digunakan dalam melakukan uji analisa kualitatif ini dapat berupa cara-cara klasik maupun menggunakan instrumen canggih. Metode pengujian klasik yang paling penting yaitu analisa warna atau reaksi warna.

Analisis Kualitatif uji warna
Analisis Kualitatif uji warna

Dengan membakar senyawa uji kemudian melihat warna nyala spesifik yang dihasilkan maka dapat diketahui senyawa yang terkandung di dalamnya. Kedua metode itu merupakan uji pendahuluan.

Cara ini dapat digunakan untuk senyawa anorganik baik itu kation, anion, ataupun  juga untuk senyawa organik seperti teknik skrining fitokimia dalam pemilihan metabolit sekunder tumbuhan. Metode analisa kualitatif lainnya yang dapat digunakan untuk mengetahui kandungan zat ialah uji warna nyala.

Menggunakan Instrument

Instrumen analisa yang di kenal di masa sekarang ini dapat melakukan beragam analisa kualitatif tergantung dari spesifikasi instrumen.

Misalnya Spektrofotometer UV-Vis untuk senyawa organik yang mempunyai gugus kromofor, AAS untuk logam-logam, HPLC untuk senyawa-senyawa organik, Spektrofotometer IR untuk analisa gugus fungsi senyawa organik, dan masih banyak yang lainnya.

 

Analisa Kuantitatif


Pengertian Analisis kuantitatif ialah pekerjaan yang dilakukan untuk untuk mengetahui kadar suatu senyawa dalam sampel, dapat berupa satuan mol, ataupun persentase dalam gram. Teknik ini membutuhkan ketelitian yang tinggi karena kesalahan dalam pengukuran akan menghasilkan kesalahan data dalam penelitian. Analisa kuantitatif pada umumnya dilakukan setelah analisa kualitatif. 

Berbagai metode analisis kuantitatif telah dikembangkan oleh kimiawan yang terdiri dari:

Metode Klasik

Metode klasik analisa kuantitatif  yang paling sering digunakan yaitu titrasi atau metode volumetri dan metode gravimetri. Ini juga menjadi praktikum wajib di Universitas.

 

Analisis Kuantitatif Titrasi Volumetri
Analisis Kuantitatif Titrasi Volumetri

Cara analisa kuantitatif volumetri (titri metri), yakni tehnik analisa memakai titrasi. Titrasi ialah sistem menambahkan volume spesifik satu larutan pada larutan yang lain. Larutan yang telah di ketahui konsentrasinya yaitu larutan standard, sedangkan analit yaitu larutan yang akan segera ditetapkan konsentrasinya.

 

Analisa Kuantitatif Menggunakan Instrumen

Analisa kuantitatif dengan metode gravimetri didasarkan pada stoikiometri reaksi pengendapan. Umumnya senyawa yang ditambahkan dalam reaksi ini berlebih untuk menghasilkan endapan

Instrumen analisa yang saat ini paling banyak dipakai yaitu HPLC serta spektrofotometer UV-Vis untuk senyawa organik, sedang untuk logam – AAS masih tetap jadi pilihan utama, juga beberapa instrumen analisis kuantitatif lainnya, bergantung dari karakter senyawa yang akan segera ditetapkan kadarnya.

Semoga artikel Pengertian Analisis Kualitatif dan Kuantitatif ini memberikan pengetahuan penting untuk kalian yang akan mempelajari ilmu kimia lebih dalam. Jika ada komentar atau permintaan materi, silahkan tuliskan di komentar.

Thanks!

 

[text_with_frame id=”c633b42d03fcb21a1d40263c87c7499d” content=”‹¨›p‹˜›reff:‹¨›/p‹˜›‹¨›p‹˜›http://mtweb.mtsu.edu/nchong/CHEM4230-4630-6230-AC%20Introduction.pdf‹¨›/p‹˜›‹¨›p‹˜›https://www.thoughtco.com/definition-of-quantitative-analysis-604627‹¨›/p‹˜›” line_color=”#62d5db” text_font=”additional1″ heading_font=”heading” animation=”none” animation_speed=”2″ animation_delay=”0″ __fw_editor_shortcodes_id=”7eb13ecb9e2daef228ee721af04fdb46″ _fw_coder=”aggressive”][/text_with_frame]

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

3 thoughts on “Pengertian Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Beserta Jenis-Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *