Pengertian Biokimia dan Kedokteran
Pengertian Biokimia dan Kedokteran

Pengertian Biokimia dan Kedokteran

Posted on

Salah satu bidang kimia yang sangat populer ialah bidang biokimia. Ilmu biokimia memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat. Cabang dari ilmu kimia ini mempelajari tentang reaksi kimia dalam skala makro dan interaksinya dengan sel dan makhluk hidup lainnya. Jadi memahami pengertian biokimia dan hubungannya dengan ilmu kedokteran ialah hal yang penting. Simak dalam pembahasan di bawah ini:

 

Pengertian Biokimia

Definisi biokimia ialah Ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar sifat kimiawi yang menyokong kehidupan. Fokus pembahasan dalam biokimia ialah pada komponen kimia sel. Sel merupakan unit struktural dari suatu makhluk hidup.

Sehingga biokimia dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai sifat kimiawi sel hidup beserta reaksi dan proses yang dialami oleh sel tersebut. Ruang lingkup biokimia dapat mencakup biologi sel, biologi molekular dan genetika molekular. 

 

Tujuan Biokimia

Tujuan biokimia ialah menjelaskan dan menerangkan segala proses kimiawi yang terjadi pada sel hidup dalam lingkup molekular.

Untuk mencapai pemahaman yang baik, para ahli biokimia telah menciptakan berbagai teknik dalam upaya mengisolasi berbagai molekul dalam sel, menentukan strukturnya dan menganalisa fungsi-fungsinya.

 

Pengetahuan Biokimia

Pengetahuan Biokimia merupakan hal yang mendasar bagi semua ilmu pengetahuan tentang kehidupan. Fisiologi(ilmu faal) yaitu illmu yang berkaitan dengan fungsi tubuh, sangat berkaitan dan bertumpu pada biokimia.


Imunologi menggunakan berbagai teknik biokimia, dan berbagai pendekatan teori yang telah sering digunakan oleh para ahli biokimia. Farmakologi, bergantung pada pengetahuan mendasar mengenai biokimia dan fisiologi. Secara khusus hampir semua obat yang masuk dalam tubuh akan masuk dalam sistem metabolisme. Dalam sistem metabolisme hampir semua reaksi yang dikatalisis oleh enzim sehingga menjadi pokok bahasan biokimia.

Toksikologi, Patologi, Mikrobiologi, Zoologi dan Botani, kesemuanya memerlukan pendekatan biokimia dalam memperlajarinya. Sehingga tidak ada lagi tembok penghalang antar keilmuan tersebut.

 

Biokimia dan Kedokteran

Biokimia sangat erat kaitannya dengan ilmu kedokteran. Bahkan interaksi antar kedua bidang ini saling menguntungkan.

Jika kedokteran berfokus pada bagaimana memahami kesehatan dan memeliharanya, memahami penyakit serta terapi untuk mengatasinya, maka biokimia memiliki andil yang besar dalam memahami dan memberikan solusi untuk permasalahan kesehatan tersebut.

Hubungan antara biokimia dengan kedokteran ini bersifat timbal balik. Dimana ilmu kedokteran akan memberikan wawasan penelitian baru bagi biokimia, sedangkan biokimia mampu memberikan penjelasan logis dalam aspek kesehatan dan penyakit.

 

Proses Biokimia

Proses biokimia yang normal ialah dasar dari kesehatan. Secara biokimia, kesehatan merupakan situasi dimana semua reaksi intra dan ekstra seluler terjadi di dalam tubuh dengan kecepatan yang seimbang sehingga keadaan fisiologis makhluk hidup berfungsi maksimal.

Untuk mencegah penyakit menyerang tubuh makhluk hidup maka harus memiliki pertahanan(sistem imun yang baik). Sistem imun ini dapat berada pada keadaan baik jika mendapat asupan gizi yang memadai, diantaranya vitamin, asam amino, asam lemak, mineral dan air yang merupakan ruang lingkup biokimia molekular. Hal ini mempererat kaitan antara dunia medis kedokteran dengan keilmuan biokimia.

Pengertian Kedokteran

Pengertian kedokteran ialah ilmu yang berfokus pada penganan penyakit. Penyakit sendiri ada karena adanya kelainan molekul, kesalahan reaksi kimia, dan proses biokimia dalam tubuh makhluk hidup.  Ilmu biokimia mampu menjelaskan dasar terjadinya penyakit, dan dengan riset yang memadai dapat diperloleh metode terapi untuk mencegah maupun menangani terjadinya penyakit tersebut.

[text_with_frame id=”75bba06e03716e0355b32fff9999ddf2″ content=”‹¨›p‹˜›Sumber :‹¨›b‹˜›‹¨›i‹˜› Murray Robert K, Granner Daryl K, Rodwell Victor W, 2009, Biokimia Harper edisi 27, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta ‹¨›/i‹˜›‹¨›/b‹˜›‹¨›/p‹˜›” line_color=”rgba(78,201,197,0.96)” text_font=”body” heading_font=”heading” animation=”none” animation_speed=”2″ animation_delay=”0″ __fw_editor_shortcodes_id=”f2135b48ad40cf6ff99ab339b1005568″ _fw_coder=”aggressive”][/text_with_frame]

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

One thought on “Pengertian Biokimia dan Kedokteran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *