Pengertian Menyublim
Pengertian Menyublim

Pengertian dan Contoh Menyublim

Posted on

Peristiwa unik yang terjadi di alam ini salah satunya ialah perubahan wujud zat, dari cair, gas maupun padatan. Klasifikasi materi serta sifat dan perubahannya telah aku jelaskan pada postingan sebelumnya.

Perubahan yang jarang sekali kita amati ialah peristiwa menyublim. Maka kali ini aku akan menjelaskan tentang pengertian menyublim beserta contohnya.

Pengertian Menyublim

Pengertian menyublim ialah peristiwa perubahan wujud zat dari padatan menjadi gas tanpa melalui fasa cairan​1​.

Peristiwa menyublim ini dapat terjadi karena zat menyerap energi dengan sangat cepat atau zat memiliki fasa stabil sebagai gas.

Ada banyak zat volatil organik yang dapat dengan mudah membentuk gaas dari fasa cairnya. Salah satu yang terkenal ialah kapur barus yang berasal dari zat organik $\ce {C10H16O}$.

Contoh Menyublim dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak sekali yang sudah menyebutkan contoh menyublim yaitu kapur barus, kali ini aku paparkan beberapa contoh menyublim selain kapur barus. Berikut ini merupakan contoh-contoh peristiwa menyublim yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Es Kering (Dry Ice)

Es Kering merupakan gas $\ce{CO2}$ yang dibekukan sehingga menjadi padatan es.

Pada temperatur ruang, es kering atau padatan $\ce{CO2}$ ini akan menguap membentuk gas $\ce{CO2}$.

Penggunaan dari gas $\ce{CO2}$ ini sangat banyak diantaranya ialah pemadam kebakaran dan yang paling populer ialah sebagai efek dramatis yang digunakan di panggung pertunjukan dan film-film.

2. Kapur Barus

Kapur barus dibuat dari senyawa Naftalena dan Para-dichloro benzena yang dapat berwujud gas pada tekanan normal dan temperatur ruang.

Seperti yang sering kita lihat, jika mengeluarkan kapur barus dan membiarkannya pada di tekanan dan temperatur ruang, maka kapur barus akan berkurang massanya dan mengecil.

Hal ini dikarenakan terjadinya proses menyublim, perubahan dari padatan menjadi gas tanpa melalui fasa cairan.

Artinya massa kapur barus yang berkurang ialah karena telah menjadi gas.

3. Salju


Kristal salju merupakan wujud kristal air pada kondisi padat. Kristal ini memiliki permukaan yang sangat tipis.

Karena tipisnya itu maka ketika terkena udara, kristal tersebut akan menjadi uap air tanpa melalui proses mencair.

4. Es

Ketika kamu mengeluarkan es dari dalam kulkas kemudian mendiamkannya di luar selama beberapa saat, kamu pasti pernah melihat adanya uap air (dalam bentuk asap putih) yang keluar.

Peristiwa yang kamu lihat itu merupakan peristiwa menyublim

5. Pewangi Ruangan

Pernah membeli pewangi toilet atau pewangi ruangan yang bentukya padatan?

Jenis pewangi ini juga cukup populer dan sangat efektif menghilangkan bau tak sedap.

Proses yang terjadi pada pewangi padatan ini hampir sama dengan yang terjadi pada kapur barus dimana padatan akan menguap menjadi gas yang berbau wangi​1​.

7. Naftalena

Padatan naftalena yang merupaka bahan dasar lilin dapat menyublim ketika temperatur $ 80 ^{\circ}\text{C}$.

Naftalena digunakan pada banyak industri diantaranya pewarna, bahan dasar plastik, resin, dan bahan dasar pembasmi serangga yang berbentuk padatan​2​.

8. Padatan Arsenik

Padatan Arsenik mungkin bukanlah sesuatu yang sering kamu lihat. Tetapi arsenik padat dapat menyublim ketika dipanaskan.

Dari wujud padatannya, Arsenik akan langsung membentuk gas arsenik berwarna hitam yang beracun tanpa membentuk cairan (meleleh).

9. Padatan Iodine

Ketika dipanaskan, padatan iodine akan langsung menyublim menjadi gas iodine yang berwarna ungu. Peristiwa ini bisa kalian saksikan disini:

Itulah beberapa contoh dan pengertian menyublim yang dapat terjadi di sekitar kita

Thanks!

Pustaka

  1. (1)
    Foundation, N. The Sublimation of Air Freshener https://edu.rsc.org/resources/the-sublimation-of-air-freshener/404.article (accessed Feb 14, 2020).
  2. (2)
    Ja, G.; Boa, L.; Ko , B.; Do, S. Naphthalene General Fact Sheet http://npic.orst.edu/factsheets/naphgen.html. (accessed Feb 14, 2020).

2 thoughts on “Pengertian dan Contoh Menyublim

    1. Bukan. Salah satu penyusun udara ialah uap air. Nah uap air yang berada di udara ini mengalami penurunan temperatur sehingga berubah wujud menjadi embun. Embun ini menempel di pinggiran gelas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.