Pengertian dan Contoh Unsur Radioaktif

Posted on

Salah satu materi paling dasar dalam ilmu kimia ialah tentang materi/zat. Berbicara tentang zat berarti membahas tentang atom, inti atom, neutron, proton dan elektron. Salah satu hal yang paling menarik tentang zat ialah unsur radioaktif. Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang Pengertian dan Contoh Unsur Radioaktif. Silahkan simak pada artikel di bawah ini:

Untuk mengawali pembahasan ini, sebaiknya sobat Myst sudah memahami tentang perkembangan teori atom dan pengertian atom dan struktur penyusun.

Pengertian dan Contoh Unsur Radioaktif
Pengertian dan Contoh Unsur Radioaktif

Baca Juga: Pengertian Reaksi Nuklir dan Klasifikasi

Pengertian Unsur Radioaktif

Pada tahun 1896 seorang fisikawan berkebangsaan perancis, Antoine Henri Bequerel, melakukan penelitian tentang kertas film yang dilapisi kertas penutup hitam kemudian diberi pantulan cahaya matahari dari uranium. Namun karena saat itu mendung dan cahaya matahari tidak terang, maka kertas film yang tertutup itu diletakkan di tempat gelap kemudian di atasnya diletakkan logam uranium.

Hal mengejutkan terjadi keesokan harinya, kertas film yang dia siapkan menjadi berwarna hitam, padahal tidak terkena sinar cahaya matahari. Artinya ada reaksi dari dalam uranium yang menyebabkan perubahan ini, Henri kemudian mengajak asistennya Marie Curie untuk meneliti lebih dalam fenomena ini.

Pancaran energi tinggi dari uranium ini kemudian disebut oleh Marie Curie sebagai radioaktifitas. Selanjutnya Bequerel bersama dengan Marie Curie dan suaminya Pierre melakukan penelitian dengan energi radiasi ini dan menemukan senyawa baru Plutonium dan Radium. Mereka kemudian memenangkan Nobel Prize atas penelitian ini..

Jadi pengertian unsur radioaktif adalah unsur yang bagian inti atomnya tidak stabil sehingga memancarkan energi untuk mencapai kestabilan. Energi yang dipancarkan ini disebut energi radiasi dan proses hingga unsur tersebut stabil disebut dengan Peluruhan Radioaktif.

Baca Juga: Limbah Radioaktif dan Contohnya

Contoh Unsur Radioaktif

Berikut ini empat contoh unsur radioaktif yang sering digunkaan dalam pembangkit listrik, di rumah sakit maupun untuk penelitian:

Uranium


Unsur radioaktif ini terdapat secara alami di pasir dan tanah. Namun kandungan unsur uranium di tanah dan pasir biasa sangatlah rendah. Oleh karena itu uranium yang dapat digunakan sebagai energi nuklir berasal dari mineral Uraninite.

Proses pemurnian dari Uraninite inilah yang sangat penting dan mahal (Uranium enrichment).

Polonium

Unsur radioaktif ini ditemukan oleh Marie Curie. Polonium terdapat pada mineral uraninite sebagai hasil peluruhan dari uranium.

Unsur Polonium termasuk dalam salah satu racun paling mematikan di dunia dan digunakan dalam pembunuhan rahasia.

Radium

Unsur radioaktif ini terdapat juga pada minearl uraninite. Pada 7 ton Uraninite setidaknya terdapat 1 gram Radium.

Radium merupakan unsur radioaktif yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan pada bidang kedokteran. Oleh karena itu produksi radium merupakan industri yang strategis.

Thorium

Unsur radioaktif ini sangatlah langka dan berharga di dunia. Ditemukan terdapat dalam mineral Thorite (ThSiO4). Unsur Thorium dalam kemurnian yang tinggi digunakan sebagai sumber energi listrik (ataupun bom).

Demikian artikel tentang pengertian unsur radioaktif dan contoh. Simak juga artikel berikutnya yang membahas tentang Rumus Waktu Paruh dan Contoh Soalnya. Semoga artikel ini bermanfaat memberikan ilmu pengetahuan baru.

Ref:

  1. Bos, Carole “Henri Becquerel – Discovers Radioactivity” AwesomeStories.com. Oct 07, 2013. Feb 21, 2018.
  2. Weil Ben, Uranium Mining and Extraction from Ore, Stanford.edu. March 21, 2012. Feb 21, 2018.
  3. Helmenstine, Todd. “List of Radioactive Elements.” ThoughtCo, Jul. 5, 2017. Feb 21, 2018.
  4. “Where is Uranium Found and How it is Processed for Nuclear Energy” iaea.org. Feb 15, 2018. Feb 21, 2018.
Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

4 thoughts on “Pengertian dan Contoh Unsur Radioaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.