Pengertian Entalpi dan Kalorimetri

Posted on

Dalam mempelajari ilmu kimia, salah satu materi yang sangat penting ialah tentang termokimia. Materi ini membahas tentang proses reaksi kimia dilihat dari energinya. Salah satu konsep yang penting untuk menguasainya ialah dengan memahami pengertian entalpi dan kalorimetri. Simak materinya di bawah ini:

Pengertian Entalpi

Pengertian entalpi sebenarnya hanyalah angka yang menunjukkan jumlah panas. Entalpi sendiri tidak memiliki arti yang berguna dalam konsep kimia. Namun nilai dari perubahan entalpi reaksi merupakan hal yang penting dalam ilmu kimia.

Pengertian perubahan entalpi adalah sejumlah panas yang dilepaskan atau di serap oleh sistem. Perubahan entalpi dirumuskan oleh penjumlahan antara perubahan Energi dalam (ΔE) dengan hasil kali dari tekanan (P) dan perubahan volume (ΔV).

Dalam tekanan yang konstan, perubahan entalpi dari sistem sama dengan jumlah energi yang bergerak sebagai panas (masuk / keluar sistem)

Dalam reaksi kimia, perubahan entalpi dirumuskan dengan:

Pengertian Kalorimetri

Kalorimetri adalah ilmu yang mempelajari tentang pengukuran panas, berdasarkan perubahan temperatur suatu benda ketika menyerap atau melepaskan panas. Pengukuran panas dilakukan dengan alat yang disebut Kalorimeter. Salahsatu kalorimeter yang paling terkenal ialah kalorimeter bomb.

Skema Kalorimeter Bomb
Skema Kalorimeter Bomb

Setiap zat memiliki kemampuan menyerap panas yang berbeda-beda. Setiap zat memerlukan jumlah panas yang berbeda-beda untuk menaikkan temperaturnya sebanyak 1oC. Kemampuan setiap zat yang berbeda-beda dalam menyerap panas ini dirumuskan dengan kapasitas panas. Kapasitas panas dirumuskan dengan C:


Kalau kapasitas panas ini diberikan dalam bentuk per gram maka disebut dengan Kapasitas panas spesifik yang satuannya J/°C. g atau J/K. g, jika Kapasitas panas diberikan dalam bentuk per mol maka disebut dengan Kapasitas panas molar.

Pengukuran kalor yang dihasilkan suatu senyawa diukur dengan kalorimeter Bomb atau Kalorimeter Bervolume Konstan.

Energi yang dilepaskan pada reaksi dapat dihitung dengan mengalikan perubahan temperatur dengan kapasitas panas dari kalorimeter.

s= kapasitas panas spesifik
m= massa larutan
ΔT= peningkatan temperatur

Oke. Sekarang kamu sudah bisa mengukur Kapasitas Panas dari suatu benda dan menentukan jumlah energi yang dilepaskan saat reaksi.

Demikia materi tentang pengertian entalpi dan kalorimeter. Semoga membantu belajarmu.

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *