Pengertian Placebo Effect | Fenomena yang Membingungkan Sekaligus Menguntungkan Ahli Medis

Posted on

Salah satu fenomena alam yang masih menjadi pertanyaan sains modern ialah Placebo Effect atau bahasa indonesianya Efek Plasebo. Apa pengertian placebo effect? Kenapa berpengaruh pada sains? Mari simak pembahasanku ini:

Pernah nggak sih kamu mengalami hal-hal ini:
1) Perut sedang mules kemudian kamu ambil batu dan ditaruh di kantung atau digenggam, setelah beberapa saat, sakit perut kamu menghilang.
2) Sedang pusing, kemudian kamu mengkonsumsi vitamin C, beberapa saat kemudian kepala kamu terasa ringan seperti biasa, sembuh. Dua kasus tersebut ialah contoh paling sederhana dari Efek Plasebo yang efektif.

Pengertian Placebo Effect
Pengertian Placebo Effect

Apa Pengertian Placebo Effect ?

Kata Placebo berasal dari bahasa Latin yang artinya “Untuk Memuaskan Saya” atau “Untuk Kepuasan Saya”, jadi Placebo Effect secara bahasa berarti: efek yang diperoleh ketika keinginan seseorang terpuaskan.

Secara spesifik Efek Plasebo ialah kejadian medis ketika seorang pasien diberikan perawatan medis yang sebenarnya tidak efektif, tetapi berhasil mengalami perubahan fisik (perkembangan hingga sembuh) disebabkan karena pasien yang bersangkutan memiliki keyakinan akan bisa sembuh seketika setelah melalui proses medis tersebut.

Pada contoh pertama di atas, menggenggam ataupun mengantongi batu bukanlah perlakuan medis yang efektif. Tetapi karena adanya keyakinan akan sembuh, maka mules di perut bisa hilang.

Pada contoh kedua, mengkonsumsi vitamin C tidak akan bisa menghilangkan pusing di kepala. Sebab penyebab dari pusing bukanlah karena ketahanan tubuh yang lemah ataupun kekurangan vit. C. Tetapi karena adanya keyakinan bahwa vit. C bisa mengurangi sakit kepala, maka bisa tersembuhkan seketika.

Contoh kasus lain yang sering terjadi di masyarakat ialah pasien yang memiliki keluhan sakit, kemudian oleh dokter disuntik dengan hanya dengan vitamin, sesaat kemudian mereka merasa lebih sehat. Sebenarnya vitamin tidak akan bisa membuat sembuh seketika.

Illustrasi Efek Plasebo
Illustrasi Efek Plasebo | Sumber gambar: vox.com

Sejarah Efek Plasebo

Catatan medis penelitian pertama mengenai Placebo Effect dilakukan pada tahun 1799 yang menyebutkan bahwa: “Pelajaran penting dalam bidang medis, bahwasannya kekuatan pikiran memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap kondisi dan juga gangguan dalam tubuh manusia”.

Namun jauh sebelum penelitian itu, praktik penggunaan efek plasebo dalam dunia medis sudah dilakukan. Konsep penyembuhan dengan menggunakan jimat, benda pusaka, maupun dengan menggunakan ramuan ialah contoh penggunaan efek plasebo.

Pengobatan kepada ahli sihir yang dikenal hingga sekarang, juga merupakan penggunaan efek plasebo.

Di dalam penelitian, 90% dari pengobatan alternatif hanyalah efek plasebo saja. Termasuk pengobatan kuno dari India, Mesir dan yang paling terkenal Akupuntur dari Cina yang menggunakan ramuan-ramuan herbal.

Walaupun saat ini telah memasuki era pengobatan modern, namun konsep-konsep pengobatan kuno yang mengandalkan placebo effect ini masih banyak diyakini oleh masyarakat.

Penggunaan Placebo Effect

Setelah para ahli medis menyadari adanya efek plasebo (tahun 1799), penggunaanya dalam praktik pengobatan menjadi pertanyaan yang serius. Terutama mengenai etika penggunaanya di dalam praktek penyembuhan pasien.

Dengan menyuntikkan larutan saline (air infus) pada penderita sakit serius seperti TBC, kemungkinan untuk sembuh akan bertambah, namun ada penipuan di dalam perawatan medis tersebut. Sebab air infus tidak dapat menyembuhkan TBC.

Namun dalam perang dunia ke-2(PD-2), pertanyaan etis tersebut dikesampingkan, dan efek plasebo digunakan dalam merawat tentara yang terluka akibat perang.

Penggunaan placebo effect di dalam bius (anti rasa sakit) terbukti sangatlah efektif. Para dokter perang memiliki stok morfin untuk bius yang sangat terbatas.


Akhirnya mereka menggunakan larutan saline dengan mengatakan kepada pasiennya bahwa itu adalah obat bius yang sama.

Hasilnya, larutan saline dapat mengurangi rasa sakit prajurit hingga lebih dari 30%. Maka dari itu penggunaanya sangat banyak dalam PD-2.

Dengan diketahuinya efek plasebo, maka efektifitas dari sebuah obat terhadap tubuh seseorang menjadi pertanyaan yang sangat serius.

Jangan-jangan selama ini obat yang diberikan ke pasien hanya efektif karena efek plasebo? Pertanyaan ini menjadi sangat penting untuk perkembangan obat modern.

Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah sebuah metode pengujian klinis dari obat-obatan sebelum dijual.

Pengujian tersebut harus meminimalisir efek plasebo sehingga kemampuan sebuah obat untuk mengubah kondisi kesehatan seseorang dapat terbukti memberikan hasil yang konsisten.

Jadi dengan mengetahui adanya Efek Plasebo, para ahli medis membuat dua langkah medis. Yakni meminimalisir efek plasebo pada saat pengujian klinis untuk obat baru, dan yang kedua mencoba memaksimalkan efek plasebo pada saat praktek pengobatan terhadap pasiennya.

Itulah sebabnya tenaga medis akan selalu mencoba meyakinkan pasiennya bahwa metode penyembuhan yang dilakukan ialah sangat efektif dan juga memotivasi mereka agar cepat sembuh. Hal ini memiliki pengaruh lebih dari 30%, sangat besar!

Placebo effect ini juga yang menyebabkan tidak diperbolehkannya review seorang ahli medis (dokter) berdasarkan taraf kesembuhan pasien.

Misalkan mengatakan bahwa berobat ke Dokter A bisa sembuh dengan cepat atau berobat ke Dokter A sangat lama sembuhnya.  Review semacam ini sangat tidak etis dan dapat dipenjarakan.

Namun review untuk pelayanan dan kesopanan dari dokter tersebut diperbolehkan dan aman secara hukum. Misalkan review seperti ini: Datang ke Dokter A, pelayanan dari antrian hingga bertemu dokternya sangat ramah, ruangan prakteknya juga sangat nyaman dan luas.

Di era modern ini dan yang sangat ingin aku bahas ialah mengenai penipuan dengan placebo effect untuk memasarkan produk-produk kesehatan. Ini telah terjadi sejak lama, dahulu dijual batu yang memiliki kekuatan magnet yang memperlancar aliran darah, meningkatkan produksi enzim, dan banyak cerita bohong lainnya.

Setelah dibeli dan digunakan, dampak kebugaran itu benar-benar dirasakan oleh pembeli. Tetapi sebenarnya itu bukan efek dari batu magnet, tetapi placebo effect yang dihasilkan karena keyakinan Si pembeli.

Akhir-akhir ini yang sedang marak ialah adanya air-air ajaib yang disebut-sebut bisa meningkatkan kesehatan seseorang dengan konsumsinya setiap hari. Hal ini juga mungkin memberikan dampak kesehatan, namun sebagian besar hanyalah efek plasebo.

Hal ini merupakan penipuan yang merugikan orang banyak dan jahat. Akan aku bahas dalam artikel berikutnya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian efek plasebo yang membingungkan ahli medis. Semoga bermanfaat, silahkan tulis di komentar jika ada masukan dan kritikan.

Terimakasih.

Sumber :
Gambar dari vox.com
https://www.nature.com/articles/npp201081.pdf
https://www.annualreviews.org/doi/pdf/10.1146/annurev.psych.59.113006.095941
https://www.institutoeticaclinica.org/wp-content/uploads/A-history-of-the-placebo.pdf

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

5 thoughts on “Pengertian Placebo Effect | Fenomena yang Membingungkan Sekaligus Menguntungkan Ahli Medis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.