Pesona Budaya Korakuen Garden di Okayama

Posted on

Jika kalian tidak suka dengan tempat wisata mainstream di Jepang yang hanya sekitaran Kyoto, Osaka, dan Tokyo saja, maka harus mencoba menjelajahi perfektur Okayama. Dan salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi di Okayama ialah Korakuen Garden. Kali ini kita akan melihat lebih dalam pesona budaya Korakuen Garden di Okayama:

Taman Korakuen merupakan salah satu wisata kebanggaan masyarakat Okayama. Tempat ini termasuk ke dalam list tiga taman terindah di Jepang (dalam bahasa Jepang disebu: Nihon Sanmeien). Tiga taman tersebut ialah:

  • Korakuen di Okayama
  • Kenrokuen di Kanazawa
  • Kairakuen di Ibaraki

Pesona Budaya di Korakuen Garden Okayama

Korakuen Garden di Okayama Jepang
Korakuen Garden di Okayama Jepang

Salah satu hal yang membuat Korakuen menjadi yang terindah di Jepang ialah karena taman ini masih menyimpan identitas budaya Jepang. Di dalam taman kita akan melihat rumah samurai, dari arsitektur luar hingga pembagian ruang di dalamnya masih asli berasal dari zama Edo.

Rumah Samurai di Korakuen Garden
Rumah Samurai di Korakuen Garden

Selain untuk menyimpan barang-barang bernilai budaya Jepang, rumah ini juga memiliki panggung untuk pentas Noh, kesenian topeng Jepang.

Desain Khas Jepang “Syakke”

Salah satu seni desain khas Jepang ialah Syakke, yaitu pembuatan taman dengan memperhitungkan keadaan sekitarnya. Kalau kalian pernah ke Kyoto, kalian pasti merasakan kalau suasana taman disana terhubung antara satu tempat dengan tempat lainnya. Seolah-olah semuanya ialah satu kesatuan. Nah.. itu sebenarnya merupakan teknik desain taman di Jepang, jadi mereka benar-benar membuatnya seperti itu.

Pada masanya, ketika melihat dari depan rumah samurai ke arah taman, maka akan terlihat keindahannya berikut dengan bangunan tradisional Jepang. Namun karena sekarang bangunan tradisional telah berubah menjadi gedung-gedung kota, maka bagian keliling dari taman Korakuen dipagari dengan pepohonan, sehingga gedung-gedung modern tertutup.

Foto di Salah Satu Spot Terbaik di Korakuen Garden
Foto di Salah Satu Spot Terbaik di Korakuen Garden

Bukit Yuishinzan

Bukit ini merupakan tempat paling menarik ketika masuk ke Korakuen Garden. Karena banyak sekali turis yang mendakinya untuk melihat taman secara keseluruhan. Letak bukit yang berada di tengah taman, membuatnya menjadi spot foto idaman.

Bukit di Taman Korakuen Garden Okayama
Ortu Saya di Bukit Yuishinzan Taman Korakuen Garden Okayama

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Musim Gugur di Okayama


 

Melihat Okayama Castle

Dari taman ini kita juga bisa melihat Okayama Castle. Kalau kalian penyuka fotografi, mengambil foto Okayama Castle akan lebih keren dari Korakuen Garden.

Menikmati Kemegahan Okayama Castle Di Korakuen Garden
Menikmati Kemegahan Okayama Castle Di Korakuen Garden

Pohon Bersertifikat

Semua tanaman di Korakuen Garden memiliki sertifikat perlindungan sehingga tidak bisa titebang ataupun digantikan. Karena awalnya ini adalah taman milik pribadi (Keluarga Ikeda), maka sebelum diserahkan ke Prefektur Okayama, semua pohon diberi sertifikat agar siapapun tak ada yang bisa mengubah tampilan taman. Sebegitu serius itulah mereka merawat keaslian taman ini, sehingga terwariskan sejak masa Edo.

Pohon Bonsai Bersertifikat di Korakuen Garden
Pohon Bonsai Bersertifikat di Korakuen Garden

Kolam Ikan Koi

Atraksi yang tak kalah menarik di Korakuen garden ialah memberi makan ikan Koi. Ikan koi merupakan salah satu simbol kemakmuran dan panjang usia bagi orang Jepang. Di tempat ini kita bisa menemukan ratusan ikan koi dan memberi makan.

Danau Ikan Koi di Taman Korakuen Garden
Danau Ikan Koi di Taman Korakuen Garden

Baca Juga: Wisata ke Naoshima – The Island of Art

Kegiatan Budaya di Korakuen Garden

Korakuen Garden memiliki kebun teh kecil yang masih memproduksi daun teh. Setiap tahunnya diadakan acara panen teh oleh pengelola taman, ini merupakan salah satu warisan budaya Jepang.

Korakuen Garden juga merupakan tempat paling terkenal untuk Hanami. Kegiatan di musim semi dimana orang-orang Jepang berpiknik melihat bunga sakura yang mekar.

Korakuen Garden memiliki sawah berukuran kecil yang menyimpan nilai filosofi dari Konfusius. Sawah ini digunakan pada acara menanam padi untuk anak SD di Okayama. Ini menjadi pendidikan bagi anak dan kegiatan yang menarik bagi pengelola taman.

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

3 thoughts on “Pesona Budaya Korakuen Garden di Okayama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *