Rumus Kimia Boraks dan Penggunaanya

Posted on

Boraks adalah salah satu senyawa kimia yang sangat terkenal di Indonesia. Senyawa boraks seringkali disalahgunakan untuk pengawet makanan sehingga mengkhawatirkan bagi para konsumen makanan di Indonesia. Kenapa boraks berbahaya? Apa rumus kimia Boraks? dan Apa manfaat Boraks? Mari kita bahas di bawah ini:

Rumus Kimia Boraks

Rumus kimia boraks adalah Na4B2O7.10H2O sehingga memiliki nama IUPAC Natrium Tetraborat Dekahidrat.

Kegunaan Boraks
Kegunaan Boraks

Tetapi nama boraks atau ‘borax’ (dalam bahasa Inggris) sebenarnya juga merujuk pada Natrium Tetraborat Na4B2O7  dan Natrium Tetraborat Pentahidrat Na4B2O7.5H2O.  Walaupun begitu, karena terbentuknya kristal air (H2O) sangat mudah pada kondisi ruang, maka rumus kimia boraks yang paling tepat ialah Na4B2O7.10H2O

Berdasarkan rumus kimianya maka bentuk struktur kimia boraks ialah:

Rumus Kimia Boraks
Rumus Kimia Boraks

Mengapa Boraks Berbahaya?

Mungkin banyak dari teman-teman yang tidak tahu apa bahaya borax? Mengapa penggunaanya pada makanan sekarang sudah dilarang? Baiklah berikut ini uraiannya:


Boraks yang memiliki kemampuan membunuh bibit jamur dan bakteria sangat populer digunakan sebagai pengawet makanan sejak dahulu. Penggunaan boraks dalam makanan ini telah menjadi praktek umum di masa lalu untuk pengawetan dan memberikan efek lebih krispi.

Sejak tahun 1900-an para peneliti mulai meragukan keamanan praktik penggunaan boraks untuk keperluan pengawetan makanan. Sehingga setelah melalui proses penelitian panjang, pada tahun 1920 beberapa negara sudah mulai melarang penggunaannya untuk makanan.

Konsumsi boraks dalam jumlah kecil tidak berdampak parah bagi tubuh, namun dalam skala besar terjadi kerusakan jaringan tubuh. Boraks yang dikonsumsi akan menjadi asam borat, senyawa ini ketika dikonsumsi dalam tubuh  menyebabkan muntah, sakit perut, kerusakan ginjal dan otak.

Baca Juga: Rumus Kimia Asam Sulfat 

Kegunaan Boraks

Boraks atau Na4B2O7.10H2O banyak digunakan pada produk-produk rumah tangga hingga saat ini. Berikut ini beberapa kegunaan boraks  dalam kehidupan:

  1. Pengusir serangga yang efektif
  2.  Pembersih karat pada besi
  3. Senyawa tambahan untuk pembersih lantai
  4. Pengawetan organisme biologis (bunga dan serangga)
  5. Senyawa tambahan pada pembuatan lilin rumahan.

Demikianlah informasi mengenai kegunaan dan rumus kimia boraks. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan baru bagi sahabat pembaca.

Reff:

  • http://www.cfs.gov.hk/english/multimedia/multimedia_pub/multimedia_pub_fsf_37_01.html
  • http://foodauthority.nsw.gov.au/foodsafetyandyou/keeping-food-safe/other-topics/borax-and-boric-acid
  • https://www.sigmaaldrich.com/catalog/product/sial/b3545?lang=ja&region=JP&cm_sp=Insite-_-prodRecCold_xorders-_-prodRecCold2-2
  • https://www.diyncrafts.com/3220/home/top-10-most-creative-household-uses-for-borax/2
Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.