Rumus Kimia Kloroform dan Penggunaanya

Posted on

Salah satu senyawa kimia yang sangat populer di era 80-an ialah Kloroform. Senyawa kimia ini memiliki fungsi sebagai pelarut senyawa organik. Apa rumus kimia kloroform? Mari simak pembahasan di bawah ini:

Kloroform merupakan senyawa organik yang pernah sangat populer digunakan sebagai obat bius. Namun belakangan diketahui bahwa penggunaanya sangat riskan dan berbahaya. Saat ini, senyawa kloform masih banyak digunakan karena sifatnya sebagai pelarut senyawa organik yang sangat mudah diperoleh.  Lalu bagaimana rumus kimia kloroform?

Rumus Kimia Kloroform dan Bahayanya
Kloroform Digunakan Sebagai Bius dalam Kasus Kejahatan

Rumus Kimia Kloroform

Rumus kimia kloroform adalah $\ce{CHCl_3}$. Berdasarkan rumus kimianya, nama lain dari kloroform adalah: Trikloro metan, Formil metan, dll.

Sedangkan rumus struktur dari kloroform juga sangat sederhana, bisa kalian bayangkan dengan sangat mudah:

Rumus Struktur Kloroform
Rumus Struktur Kloroform dan bentuk molekul 3 dimensinya

Reaksi Pembentukan Kloroform

Kloroform pertama kali diproduksi oleh seorang apoteker Jerman bernama Moldenhawer degnan mencampurkan Kalsium Hipoklorit (lime) dengan etanol.

Menariknya ialah, Kalsium Hipoklorit merupakan senyawa aktif yang digunakan dalam pemutih (Bayklin), sehingga mencampurkan Bayklin dengan Alkohol (etanol) sangatlah berbahaya karena dapat menghasilkan Kloform.

Reaksi kimianya:

$\ce {3 NaClO + (CH_3)_2CO –> CHCl3 + NaCl + NaOCOCH_3}$


Peringatan: Jangan campurkan Bayklin dengan Alkohol, sebab Kloroform dapat membius dan menyebabkan tidak sadarkan diri seketika.

Bahaya Kloform

Di masa lalu, senyawa kimia kloroform sangat populer digunakan sebagai obat bius. Penggunaan ini dirasa mudah dan efektif. Namun dibalik itu, ada beberapa pasien yang meninggal dunia karena penggunaan kloroform. Awalnya dikira hanyalah kebetulan, kematiannya tidak diketahui penyebabnya. Ternyata setelah dipelajari lebih lanjut, terdapat kerusakan fungsi biologis tubuh manusia ketika menghirup kloroform. Sejak studi tersebut, seluruh rumah sakit dilarang menggunakan kloform sebagai obat biusnya.

Senyawa ini juga banyak digunakan dalam kasus kejahatan penculikan, penyekapan dan pembunuhan. Dengan kemampuannya membius tubuh seseorang dengan seketika setelah menghirup senyawa ini (volatil), maka penjahat menuangkan sedikit kloroform pada sapu tangan kemudian di sekapkan ke tubuh korbannya.

Selain itu, kloform juga memiliki sifat karsinogen, yakni dapat menjadi penyebab kanker. Oleh karenanya penggunaanya sebagai pestisida dan parfum sudah banyak dikurangin.

 

Penggunaan Kloroform

Karena sifatnya sebagai pelarut organik yang sangat baik, senyawa kloroform memiliki fungsi yang sangat luas di dalam industri. Berikut ini beberapa kegunaan dari kloform:

  1. Digunakan sebagai pelarut organik dalam ekstraksi bahan aktif pada tanaman
  2. Digunakan dalam pembuatan penisilin
  3. Dahulu digunakan sebagai obat bius, namun telah digantikan karena diketahui berbahaya
  4. Digunakan sebagai pelarut dalam industri polimer (plastik)
  5. Prekursor dalam pembuatan Poli-tetrafluoro etilen (TEFLON)
  6. Sebagai pelarut dalam ekstraksi DNA
  7. Digunakan di laboraturium sebagai reagen untuk mendeteksi senyawa iodida, bromida dan amida.
  8. Digunakan sebagai pelarut dalam industri pestisida
  9. Digunakan untuk produksi freon $\ce {CCl_4}$

Selain yang telah aku sebutkan, ada banyak sekali penggunaan kloroform lainnya di laboraturium dan industri. Silahkan kalian temukan di referensi lainnya.

Yap, itulah rumus kimia kloroform dan penggunaanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian memahami ilmu kimia.

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.