Teknik Pemisahan Campuran
Teknik Pemisahan Campuran

Teknik Pemisahan Campuran

Posted on

Sejak awal mula pembentukan pondasi ilmu kimia, yang dilakukan oleh Jabir Ibnu Hayyan (The Founder Chemistry), pertanyaan mengenai pemisahan campuran merupakan pokok bahasan yang penting. Jabir Ibnu Hayan dijuluki pendiri ilmu kimia karena jasa dan kerjanya dalam membuat metode-metode ilmiah dalam eksperimen kimia dan menemukan berbagai teknik pemisahan campuran kimia. Silahkan simak disini:

Jadi setelah mengenal apa itu campuran homogen, maka bahasan penting berikutnya ialah bagaimana cara melakukan pemisahan senyawa campuran homogen? Pertantyaan ini merupakan salah satu pertanyaan “tertua” dalam ilmu kimia yang akan kita jawab disini.

 

Teknik Pemisahan Campuran

Berikut ini merupakan beberapa metode pemisahan campuran dari yang paling sederhana hingga yang kompleks, yang dirumuskan pada era Jabir Ibnu Hayyan hingga era kimia

1. Adsorpsi

Pemisahan suatu senyawa dari larutannya dengan memanfaatkan sifat adhesi atom, ion, molekul gas padat maupun cairan pada permukaan

2. Sentrifugasi

Sentrifugasi memanfaatkan gaya sentripetal yang merupakan gaya yang dihasilkan oleh gerakan memutar. Pemisahan Sentrifugasi memanfaatkan perbedaan densitas pada tiap senyawa dalam

3. Kristalisasi

Kristalisasi adalah metode pemisahan campuran yang memanfaatkan proses pembentukan kristal. Dalam proses ini, kristal dapat dipisahkan dari pengotornya.

4. Dekantasi

Dekantasi merupakan proses pemisahan larutan yang memiliki dua atau lebih lapisan (umumnya karena perbedaan massa

5. Destilasi

Destilasi merupakan teknik pemisahan campuran dengan memanfaatkan perbedaan titik didih dari tiap-tiap element campurannya.

6. Elektroforesis


Elektroforesis adalah teknik pemisahan campuranmolekul organik berdasarkan interaksinya dengan gel tertentu ketika dialiri

7. Ekstraksi

Ekstraksi adalah metode pemisahan campuran senyawa dengan memanfaatkan kelarutan suatu senyawa pada pelarut-pelarut

8. Flokulasi

Flokulasi merupakan metode pemisahan campuran koloid dari larutan campuranya. Biasanya dengan menambahkan senyawa floculant yang dapat mengikat koloid membentuk gumpalan (flokulasi)

9. Filtrasi (Penyaringan)

Filtrasi merupakan cara pemisahan campuran molekul padatan yang terdapat di dalam larutan.

10. Kromatografi

Kromatografi merupakan metode pemisahan campuran berdasarkan perbedaan kecepatan pergerakan molekul pada fasa tertentu. Metode ini sangat populer digunakan dalam laboraturium kimia dan industri-industri sintetis senyawa kimia.

11. Pemisahan Magnetis

Pemisahan Magnetis dilakukan untuk memisahkan senyawa logam yang memiliki sifat magnet aktif dengan senyawa lain yang tidak memiliki sifat magnet.

 

Rangkuman

Seringkali dalam penanganan sample di laboraturium, sebelum melakukan analisis kimia, perlu dilakukan pemurnian senyawa, dasar dari pemurnian senyawa ini memanfaatkan teknik-teknik pemisahan campuran. Teknik-teknik ini telah dikembangkan sejak ribuan tahun silam, dan hingga sekarang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

Pada umumnya metode pemisahan campuran senyawa memanfaatkan perbedaan sifat fisik maupun kimia dari senyawa tersebut, sehingga dapat terpisah dengan perlakuan tertentu.

Keterangan lebih lanjut mengenai teknik-teknik pemisahan ini akan aku tuliskan satu persatu dalam postingan berikutnya.

 
Thanks for reading my article… You muggle!

5 thoughts on “Teknik Pemisahan Campuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.