Tips Agar Anak Suka Sains

Posted on

Banyak yang bilang kalau Sains itu sulit dan ribet. Tapi ternyata, setelah setahun membiasakan percobaan sains secara rutin, ternyata melakukan percobaan sains itu menyenangkan. Ada beberapa tips agar anak suka sains yang ingin kubagikan di sini. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

Ide ini berawal saat saya menjadi wali kelas satu. Salah satu kebiasaan saya saat menjadi walikelas adalah membuat agenda berbeda tiap harinya. Misal senin hari bercerita, selasa hari makan bersama, rabu hari percobaan sains, kamis hari membaca, dan seteruanya.

Sebenarnya saya ingin cerita kegiatan kami di masing-masing hari tersebut. Tapi karena saat ini saya nulis buat blog kimia, maka saya hanya akan bercerita tentang hari percobaan sains untuk anak saja.

Tips Agar Anak Suka Belajar Sains

Dasar dari sains ialah melakukan suatu percobaan, kemudian mengamati prosesnya dan menganalisa hasilnya. Oleh karena itu tips terbaik untuk membuat anak suka belajar sains ialah dengan mengajaknya melakukan percobaan sains sederhana. Oleh karena itu saya mendesain hari eksperimen sains yang telah disebutkan sebelumnya.

Tujuan saya mendesain hari erksperimen sains adalah agar anak-anak kreatif, bisa mengembangkan imajinasi dan berpikir logis, suka akan hal-hal baru, serta melatih kepercayaan diri mereka.

Jenis Eksperimen yang dilakukan anak-anak bebas. Dengan kata lain bukan saya yang menentukan. Mereka bebas melakukan percobaan apapun.

Misalnya Azizah membuat percobaan balon bisa besar sendiri, Lana mempraktikan teori magnet, Saif membuat gelembung sabun, dan percobaan yang lain.


Jujur, dari percobaan yang dilakukan anak-anak ada beberapa hal baru yang baru saya ketahui. Contohnya punya Saif, saya baru tahu kalau untuk membuat gelembung besar maka air sabun ditambahi gula bubuk.

Ehm.. Ternyata salah satu manfaat dari hari bereksperimen ini adalah anak-anak jadi membaca dan mencari tahu percobaan kimia.

Baca Juga: Percobaan Kimia Sederhana untuk Anak

Manfaat Percobaan Sains

Manfaat dari hari percobaan sains yang kami lakukan di kelas bagi pembelajaran ialah:

  1. Memberikan efisiensi waktu dan tenagamembantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
  2. Membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran
  4. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
  5. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik
  6. Membuat guru lebih kreatif, positif, dan produktif
  7. Menarik minat siswa terhadap materi  pembelajaran yang disajikan
  8. Meningkatkan motivasi dan pengertian anak didik terhadap materi yang disajikan
  9. Menyajikan data yang kuat dan terpercaya
  10. Dapat membangkitkan ide atau gagasan siswa yang bersifat konseptual, sehingga mengurangi kesalah-pahaman siswa dalam mempelajarinya
  11. Memberikan pengalaman-pengalaman nyata yang merangsang aktivitas diri sendiri untuk belajar, berpikir, dan beranalisis.
  12. Dapat mengembangkan jalan pikiran yang berkelanjutan.
  13. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa

Baca Juga: Eksperimen Sains untuk Aktivitas Liburan

Kegiatan sederhana yang hanya mengambil satu jam pelajaran ini ternyata mampu membuat siswa ketagihan dan selalu menunggu hari percobaan sains. Proses pembelajaran yang menyenangkan pasti akan lebih bermakna bagi siswa.

Education is not the learning of fact, but the training of the mind to think -Albert Einstein-

Fauziah Rachmawati

 

Mengaku-ngaku sebagai penulis sejak 2013, tak satupun buku yang berhasil dituliskan. Amatir Garis Keras!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *