Uji Bedak Mengandung Merkuri

Posted on
Amalgamasi, Pernahkah kalaina mendengarnya? Atau senyawa AuHg2, Au2Hg,
dan Au3Hg.

Peristiwa Amalgamasi  adalah reaksi antara Emas dan Raksa.

Amalgamasi merupakan teknik pemurnian Emas yang sangat kuno.

Emas
merupakan logam yang sangat sukar dipisahkan dari komponen senyawaanya,
namun keunikan dari Emas adalah Ia dapat bereaksi dengan mudah dengan
Hg(Merkuri) dan CN(sianida).

Emas bereaksi secara spontan dengan Merkuri(Hg) membentuk senyawa kompleks AuHg2 Au2Hg atau Au3Hg yang berwarna abu-abu kehitaman.

Dari reaksi Amalgamasi ini dapat dilakukan uji penentuan kandungan raksa dalam suatu bedak dengan menggosok bedak tersebut menggunakan emas.

Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan Cincin emas Anda ataupun gelang emas.

Bedak yang akan digunakan di usapkan di tangan hingga tebal.

Kemudian Gosokkan lapisan bedak tersebut dengan Emas(Cincin Atau gelang) yang anda miliki.


Jika terjadi warna abu-abu kehitaman, maka  terbukti bahwa bedak tersebut mengandung komponen Merkuri(Hg).

Uji ini dapat dilakukan oleh siapapun. Kakak saya telah melakukan uji ini pada beberapa kosmetik.

Beberapa mengandung Merkuri(*tak perlu disebutkan silahkan check sendiri).

Sedangkan yang tidak mengandung Merkuri adalah Bedak dari Wardah(*bukan promosi)

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa uji ini pasti mengurangi massa Emas di cincin atau gelang Anda.

Jadi jangan terlalu banyak menggosokkannya. Setidakknya kehilangan sedikit emas jauh lebih baik daripada harus kehilangan kesehatan ada.

Bahaya dari pemakaian merkuri adalah, merkuri dapat mengikis lapisan kulit Anda sehingga menjadi lebih putih, Namun ini dapat mengganggu kesehatan kulit Anda.

Bahaya lain dari merkuri pada tingkat kronis adalah dapat menyebabkan perubahan DNA(Mutasi DNA) yang akan berpengaruh pada keturunan Anda.

Merkuri merupakan zat kimia yang sangat berbahaya dampaknya bagi kesehatan manusia, ini disebabkan karena sifatnya yang radikal sehingga dengan mudah bereaksi dengan senyawa organik.

Akibat dari merkuri yang menyisakan trauma hingga saat ini adalah peristiwa minamata yang terjadi di jepang.

19 thoughts on “Uji Bedak Mengandung Merkuri

    1. Thanks!.. Saya menulis ini ketika pengetahuan saya masih dangkal.. Ternyata adanya warna hitam pada uji semacam ini disebabkan oleh oksida perak.. tidak ada hubungannya dengan reaksi merkuri.. Mohon maaf sekali lagi..

  1. Kenapa pada wardah juga hitam itu karena di dalam bedak wardah karena kandungan sunscreen dalam bedaknya. Bedak yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide punya kecenderungan menghitam jika digosok dengan cincin emas. Penyebabnya simpel, karena komponen sunscreen bereaksi dengan emas.

    Partikel emas dapat diserap oleh titanium dioxide /zinc oxide, kekuatan penyerapannya tergantung oleh pH dan kondisi lainnya. Reaksi antara emas dan sunscreen ini dapat menyebabkan alergi (contact dermatitis) pada sebagian orang. Gejalanya bisa gatal dan timbul ruam di permukaan kulit yang terkena sunscreen & perhiasan emas.

    Jika kulit kamu sensitif & gampang alergi, nggak usah deh coba-coba uji merkuri bedak dengan cincin emas.

  2. Mungkin, mungkin lho ya. Yg uji coba wardah hasilnya emasnya jd abu2 itu, belinya ga di counter nya ya. Biasanya kan ada di swalayan ada counter2 yg mbaknya pake seragam wardah, mungkin yg disitu asli. Kalo di toko2 kosmetik biasa mungkin ja barangnya palsu.

    1. Kalau saya sarankan gunakan yang cocok saja(kemarin kebetulan saya uji dengan bedak ward#h milik kakak saya(tidak tau tipe apa) itu aman saja, tidak ada perubahan warna).. Yang penting uji ini terbukti secara saintifik dan tidak salah.

    1. Silahkan tidak digunakan produknya jika memang berubah warnanya jadi hitam, ini merupakan fakta bahwa emas adalah innert dan hanya akan bereaksi pada sennyawa tertentu, salah satunya merkuri.. Karena produk wardah yang saya sebutkan hanyalah contoh, tidak semuanya bebas merkuri, saya lebih ingin menunjukkan metode menguji bedak merkuri itu, seperti yang telah teman-teman lakukan, terimakasih.

    2. selain merkuri bisa juga di sebabkan oleh kandungan sunscreen dalam bedaknya. Bedak yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide punya kecenderungan menghitam jika digosok dengan cincin emas. Penyebabnya simpel, karena komponen sunscreen bereaksi dengan emas.

      Partikel emas dapat diserap oleh titanium dioxide /zinc oxide, kekuatan penyerapannya tergantung oleh pH dan kondisi lainnya. Reaksi antara emas dan sunscreen ini dapat menyebabkan alergi (contact dermatitis) pada sebagian orang. Gejalanya bisa gatal dan timbul ruam di permukaan kulit yang terkena sunscreen & perhiasan emas.

      Jika kulit kamu sensitif & gampang alergi, nggak usah deh coba-coba uji merkuri bedak dengan cincin emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *